film anak sekolah barat

Ada banyak genre film yang menarik untuk ditonton sebagai hiburan di rumah. Misalnya film anak sekolah Barat yang menceritakan tentang lika-liku kehidupan remaja. Tak sekadar menyajikan kisah romansa serta persahabatan, film bergenre serupa juga akan membawa Sedulur bernostalgia ke masa-masa sekolah.

Bagi Sedulur yang menyukai film-film box office, tentunya ini jadi genre yang tidak boleh dilewatkan. Penasaran apa saja rekomendasinya? Simak berikut ini.

BACA JUGA: 8 Film Drakor Pura-Pura Miskin, Dijamin Seru!

Rekomendasi Film Anak Sekolah Barat

Sebagai referensi hiburan Sedulur di rumah, berikut sudah dirangkum 20 judul film anak sekolah Barat terbaik yang seru untuk ditonton.

1. 10 Things I Hate About You

Disney+/10 Things I Hate Abou You

Rekomendasi film anak sekolah Barat yang pertama adalah 10 Things I Hate About You. Film ini menceritakan tentang kisah percintaan remaja yang berpusat pada sosok Kat, seorang siswi cantik dan pintar namun memiliki karakter anti-sosial.

Dia memiliki adik perempuan, yakni Bianca yang sedang jatuh cinta. Sayangnya, di rumah mereka ada aturan di mana Bianca tidak boleh berpacaran kecuali Kat juga memiliki kekasih.

2. Mean Girls

Film ini mengikuti kisah Cady Heron (Lindsay Lohan), seorang remaja yang berusaha menyesuaikan diri di sekolah barunya. Sebelumnya, dia tinggal di Afrika lantaran pekerjaan kedua orang tuanya.

Setelah kembali ke Amerika, Cady masuk ke sekolah baru dan berupaya menyesuaikan diri. Sayangnya, bukan hal mudah bagi Cady untuk mendapatkan teman dengan penampilan dan gayanya yang berbeda dengan kebanyakan murid di sana. Hingga kemudian, dia bergabung dengan geng anak populer yang juga suka menindas anak lainnya.

Situasi semakin rumit ketika Cady jatuh cinta dengan seorang siswa laki-laki. Tanpa disangka, siswa tersebut merupakan mantan kekasih rekan satu gengnya.

3. Clueless

Cher Horowitz (Alicia Silverstone) dikenal sebagai seorang siswi populer dan memiliki kecintaan pada fashion. Suatu hari, dia mendapati hasil ujiannya buruk dan hal itu membuatnya takut apabila sang ayah marah. Cher pun mulai menyusun rencana untuk membantu gurunya berkencan.

Tanpa disangka, kedua guru tersebut benar-benar berkencan berkat bantuan Cher. dia pun mulai berpikir bahwa membantu orang lain adalah panggilan jiwanya.

4. Easy A

Easy A menceritakan tentang Olive (Emma Stone), seorang siswi SMA yang terpaksa berbohong demi menjaga reputasinya di hadapan sang sahabat. Kebohongan Olive bermula ketika sahabatnya, Rhiannon mengajaknya berakhir pekan bersama keluarganya.

Lantaran malas, Olive berbohong dan mengatakan dia memiliki janji dengan seorang mahasiswa. Kebohongan Olive ternyata semakin menjadi-jadi ketika Rhiannon menanyakan soal hubungannya dengan mahasiswa yang diceritakan Olive. Bahkan, kebohongan Olive membuatnya mendapat label buruk dari teman-teman di sekolahnya.

5. The Perks of Being Wallflower

Film ini menyajikan kisah drama dan romantis tentang seorang siswa bernama Charlie (Logan Lerman). dia diceritakan mengidap depresi yang membuatnya sulit berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya.

Saat duduk di bangku SMA, dia memiliki dua orang teman, yaitu Sam dan Patrick. Di sisi lain, Charlie yang telah tumbuh menjadi anak remaja mulai mengalami beragam konflik. Termasuk soal percintaan.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Film Tentang Mental Health, Wajib Ditonton!

6. A Walk to Remember

film anak sekolah barat
Netflix/A Walk to Remember

Film lawas yang dibintangi oleh Shane West dan Mandy Moore ini menceritakan kisah romansa antara dua anak remaja. Diceritakan, Landon Carter (Shane West) adalah seorang siswa SMA yang kerap berbuat onar.

Suatu ketika, dia melakukan prank terhadap temannya yang membuat dirinya dijatuhi hukuman. Landon diwajibkan melakukan kegiatan sosial di sekolah. Hukuman tersebut ternyata mempertemukan Landon dengan Jamie Sullivan (Mandy Moore), putri seorang pendeta yang juga dikenal sebagai siswi kutu buku.

Lambat laun, hubungan mereka berkembang secara romantis. Sayangnya, Landon terlalu gengsi mengakui perasaannya. Di sisi lain, Jamie rupanya diam-diam menyimpan sebuah rahasia yang tidak pernah dibukanya kepada Landon.

7. Prom Pact

Cerita film ini berfokus pada Mandy Yang (Peyton Elizabeth), seorang siswi SMA yang bercita-cita untuk berkuliah di Harvard. Sayangnya, dia mendapati proposal penerimaannya ditolak.

Dia pun bertekad akan melakukan apapun demi diterima di kampus impiannya itu, termasuk mendekati seorang siswa yang amat dibencinya. Pasalnya, siswa tersebut adalah anak dari orang penting di Harvard.

8. Lady Bird

Lady Bird menceritakan tentang kehidupan Christine (Saoirse Ronan), seorang siswi dengan berbagai konflik yang dihadapinya di akhir masa SMA. Drama dalam hidup Christine dimulai dari hubungannya yang kurang harmonis dengan kedua orang tuanya.

Selain itu, dia juga mengalami kisah asmara yang membuat karakternya berubah. Bahkan dia kini menjauh dari Julie, sahabat baiknya. Puncaknya, Christine diam-diam mendaftar kuliah di universitas di luar kota tanpa sepengetahuan sang ibunda.

9. Wild Child

Hidup sebagai anak tunggal dari keluarga kaya raya, Poppy Moore (Emma Robberts) terbiasa mendapatkan apa saja yang diinginkannya. Kepergian sang ibunda juga membuatnya menjadi anak yang suka membuat onar. Hal itu mendorong ayah Poppy untuk mengirimnya ke sebuah sekolah asrama di Inggris.

Perbedaan budaya dan aturan sekolah yang ketat membuat hidup Poppy benar-benar berubah. Tak hanya itu, dia juga harus menyesuaikan diri dengan teman-teman yang baru sangat berbeda dengannya.

10. The Breakfast Club

Film lawas yang dirilis pada tahun 80-an ini menceritakan tentang lima orang siswa yang dihukum dengan ditahan di dalam perpustakaan. Selama menjalani masa hukuman, mereka diharuskan menulis esai tentang diri mereka masing-masing.

Tanpa disangka, hukuman tersebut malah membuat kelima remaja dengan karakter berbeda itu saling memahami satu sama lain.

BACA JUGA: Seru! 20+ Rekomendasi Film Indonesia Tentang Keluarga

11. Confessions of an Invisible Girl

film anak sekolah barat
Netflix/Confessions of an Invisiblie Girl

Menjadi murid pindahan tentu bukanlah hal mudah. Hal ini juga dialami oleh Teanira, seorang siswi yang terpaksa pindah sekolah dan tinggal di rumah neneknya. Apalagi dia memiliki karakter culun yang membuatnya kerap dirundung oleh siswa populer di sekolah tersebut.

Meski begitu, dia tidak lantas tinggal diam dan berupaya membela dirinya sendiri.

12. Tall Girl

Jodi Kreyman merasa tidak percaya diri dengan postur tubuhnya. Memiliki tinggi mencapai 1,8 meter, Jodi kerap menjadi sasaran perundungan oleh teman-temannya. Rasa tidak percaya diri yang dialami Jodi seolah makin menjadi-jadi ketika sang kakak dinobatkan sebagai pemenang kontes kecantikan.

Di sisi lain, dia diam-diam menaruh perasaan kepada seorang murid pertukaran yang tampan.

13. She’s The Man

Viola Johnson (Amanda Bynes) menyamar menjadi murid laki-laki demi menggantikan saudara kembarnya, Sebastian. Tanpa disangka, penyamarannya itu malah membuatnya menghadapi banyak drama di asrama. Terlebih ketika Sebastian yang tidak mengetahui penyamaran Viola mendadak kembali dari London.

14. High School Musical

Troy Bolton adalah seorang murid sekaligus atlet dari kota kecil. Suatu ketika, dia bertemu dengan Gabriella dan jatuh cinta kepadanya. Ternyata Gabriella adalah rekan satu sekolahnya yang juga mengikuti audisi musikal bersamanya.

15. Senior Year

Film ini menceritakan tentang seorang pemandu sorak yang mengalami kecelakaan dan koma menjelang perayaan prom. Beberapa tahun kemudian, dia terbangun dan ingin kembali ke masa-masa SMAnya untuk menjadi “Prom Queen”.

16. Angus, Thongs, and Perfect Snogging

film anak sekolah barat
Netflix/Angus Thongs & Perfect Snogging

Film ini mengikuti kisah Georgia, siswi SMA yang mengalami masa puber. dia bersahabat dengan Jas, Ellen, dan Rosie. Suatu ketika, dia bertemu dengan dua saudara kembar, Robbie dan Tom. Ketampanan Robbie ternyata membuat Georgia jatuh hati.

Sementara Jas bertekad mendekati Tom. Sayangnya, perjalanan Georgia untuk mendekati Robbie tidaklah mudah. Apalagi ada murid populer yang diam-diam juga menyukai Robbie.

17. Paper Towns

Quentin (Natt Wolff) yang merupakan siswa pemalu, diam-diam menaruh hati kepada teman sekolahnya, Margo (Cara Delevingne). Pada suatu malam, Margo mengajak Quentin menjelajahi kota.

Namun keesokan harinya, Margo tiba-tiba menghilang begitu saja. dia hanya meninggalkan sejumlah petunjuk yang tanpa disangka membawa Quentin masuk ke petualangan tak terduga.

18. The Duff

The Duff menceritakan tentang upaya balas dendam Bianca kepada orang yang telah merundungnya selama ini. Bianca merupakan siswi SMA yang mendapat julukan “DUFF” karena penampilannya.

Dibandingkan teman-teman sekolahnya, Bianca dinilai tidak menarik lantaran tidak pandai berdandan. Selain itu, Bianca juga memiliki karakter pemarah dan mudah meledak-ledak.

19. Prom

Bagi sebagian siswa sekolah menengah atas, “prom” merupakan acara penting yang menandai transisi mereka dari remaja menjadi orang dewasa. Apalagi, prom biasanya diadakan sebagai pesta perpisahan setelah lulus dari SMA.

Hal ini juga dirasakan oleh Nova Prescott (Aimee Teegarden) yang berupaya mendapatkan kenangan prom terbaiknya.

20. Another Cinderella Story

Warner Bros Entertainment Inc/Anotther Cinderella Story

Cerita film ini berpusat pada Mary Santiago (Selena Gomez), seorang siswi yang diadopsi oleh penyanyi Dominique Blatt (Jane Lynch). Mary memiliki cita-cita menjadi penari, namun dia kerap dihalangi oleh saudara-saudara tirinya yang memperlakukannya layaknya pembantu.

Suatu ketika, bintang terkenal bernama Joey Parker kembali ke sekolah. dia mengadakan kontes untuk mencari penari terbaik yang akan menjadi pasangannya di video klip terbarunya.

Itu dia 20 rekomendasi film anak sekolah Barat yang bisa menjadi pilihan hiburan untuk Sedulur. Film-film di atas juga sudah tersedia di berbagai platform streaming sehingga Sedulur bisa menontonnya di rumah.