Belakangan, drama Korea tentang persahabatan banyak menarik perhatian. Bukan tanpa alasan, drama-drama bertema serupa selalu sukses menyentuh emosi penonton lewat cerita persahabatan yang hangat. Selain itu, drama tentang persahabatan biasanya juga diwarnai dengan adegan komedi serta petualangan seru yang dilalui para tokoh.

Bagi Sedulur yang sedang mencari referensi hiburan di akhir pekan, berikut sudah dirangkum 7 rekomendasi drama tentang persahabatan yang seru, hangat, sekaligus mengocok perut.

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Drama Korea Horor Terbaru, Bikin Merinding!

Rekomendasi Drama Tentang Persahabatan

Ada banyak pilihan drama Korea tentang persahabatan yang bisa Sedulur tonton. Mulai dari Twenty Five, Twenty One yang seru hingga Reply 1988 yang menyentuh dan bikin kangen masa kecil.

Supaya tidak bingung harus menonton yang mana lebih dulu, berikut rangkuman sinopsis 7 rekomendasi drama tentang persahabatan yang bisa Sedulur simak.

1. Twenty Five, Twenty One

Netflix/Twenty Five Twenty One

Sekilas, cerita drama Twenty Five, Twenty One berpusat pada kisah tentang perjuangan meraih mimpi serta kisah cinta antara seorang atlet anggar bernama Na Hee Do (Kim Tae Ri) dan reporter muda, Baek Yi Jin (Nam Joo Hyuk).

Akan tetapi, di samping kisah romansa mereka yang manis, drama ini juga berhasil mencuri perhatian penonton lewat cerita tentang persahabatan yang kuat dan hangat antara Baek Yi Jin, Na Hee Do, Ko Yu Rim, Moon Ji Woong, dan Ji Seung Wan.

Apalagi cerita persahabatan mereka banyak diwarnai dengan konflik serta kisah komedi yang menggelitik yang membuat drama ini makin seru untuk ditonton.

2. Thirty-Nine

Sedulur penggemar drama dengan genre melodrama dan kisah yang menyentuh tak boleh melewatkan drama satu ini. Thirty Nine menceritakan tentang persahabatan tiga wanita berusia 39 tahun.

Mereka adalah Cha Mi Jo (Son Ye Jin) – seorang anak dari keluarga kaya raya sekaligus dokter kulit di sebuah klinik di Gangnam, Seoul, Jeong Chan Young (Jeon Mi Do) – seorang guru akting, dan Jang Joo Hee (Kim Ji Hyun) – seorang manajer di pusat perbelanjaan.

Di usia yang tak lagi muda, persahabatan mereka pun mulai diwarnai dengan berbagai konflik yang bakal menguras emosi Sedulur.

3. Hospital Playlist

Boleh dikatakan, Hospital Playlist ibarat paket lengkap yang menyuguhkan beragam kisah dalam satu drama. Mulai dari persahabatan, romansa, medis, komedi, hingga melodrama yang menyentuh.

Drama ini sendiri berfokus pada lima sahabat, yaitu Lee Ik Jun (Jo Jung Suk), Ahn Jeong Won (Yoo Yeon Seok), Kim Jun Wan (Jung Kyung Ho), Yang Seok Hyeong (Kim Dae Myung), dan Chae Song Hwa (Jeon Mi Do) atau biasa dikenal sebagai Geng Dokter 99.

Mereka pertama kali bertemu saat berkuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Seoul pada tahun 1999 hingga kemudian bekerja di rumah sakit yang sama, yakni RS Yulje. Di sisi lain, Hospital Playlist juga menampilkan cerita dari dokter-dokter lain, perawat, hingga pasien di sana.

BACA JUGA: Sinopsis True Beauty, Drama Korea Berisi Banyak Pesan

4. Itaewon Class

drama tentang persahabatan
Netflix/Itaewon Class

Cerita Itaewon Class berpusat pada Park Sae Ro Yi (Park Seo Jun), seorang remaja yang terlibat perkelahian dengan Jang Geun Won (Ahn Bo Hyun) yang merupakan teman sekelasnya semasa duduk di bangku SMA. Perseteruan mereka ternyata berbuntut panjang hingga membuat Park Sae Ro Yi dikeluarkan dari sekolah dan ayahnya dipecat.

Beberapa waktu kemudian, ayah Park Sae Ro Yi meninggal dunia akibat kecelakaan yang disebabkan oleh Jang Geun Won. Insiden itu pun memancing amarah Park Sae Ro Yi hingga mendorongnya untuk melakukan balas dendam kepada Jang Geun Won.

Di sisi lain, drama ini juga menceritakan persahabatan antara DanDam Squad yang terdiri atas enam pemuda dengan latar belakang berbeda. Mulai dari mantan narapidana, transgender, hingga sosiopat.

5. Rookie Cops

Rookie Cops menceritakan tentang mahasiswa baru di universitas kepolisian. Cerita drama ini terutama berpusat pada Wi Seung Hyun (Kang Daniel) yang merupakan mahasiswa pintar. Selain itu, ada pula Go Eun Kang (Chae Soo Bin) yang memutuskan masuk ke universitas kepolisian demi mendekati orang yang ia sukai.

Tak sekadar menampilkan kisah romansa, drama ini juga menyuguhkan cerita persahabatan yang manis antara mahasiswa universitas kepolisian yang berjuang untuk meraih cita-cita mereka.

6. Fight for My Way

Rekomendasi drama persahabatan lain untuk Sedulur yang menyukai cerita romansa, persahabatan, sekaligus komedi adalah Fight for My Way. Drama ini menampilkan kisah Ko Dong Man (Park Seo Jun), Choi Ae Ra (Kim Ji Won), Kim Joo Man (Ahn Jae Hong), dan Baek Seol Hee (Song Ha Yoon) yang bersahabat sejak kecil.

Hal itu dikarenakan mereka tinggal di lingkungan yang sama hingga tumbuh dewasa. Drama Fight for My Way juga diwarnai dengan kisah perjuangan para tokoh dalam meraih impian mereka.

Mulai dari Ko Dong Man yang merupakan mantan atlet bela diri dan bermimpi menjadi petarung hingga Choi Ae Ra yang memiliki obsesi tersendiri dengan mikrofon lantaran bermimpi menjadi pembawa berita.

7. Reply 1988

drama tentang persahabatan
Viki/Reply 1988

Bicara soal drama persahabatan rasanya tak lengkap jika tidak memasukkan Reply 1988 dalam daftar. Drama ini berkisah tentang persahabatan antara lima remaja yang telah terjalin sejak mereka berusia belia, yaitu Duk Sun (Hyeri), Jung Hwan (Ryu Jun Yeol), Sun Woo (Go Kyung Po), Dong Ryong (Lee Dong Hwi), dan Taek (Park Bo Gum).

Persahabatan mereka dimulai sebagai teman bermain lantaran hidup bertetangga di daerah Ssangmundong. Tak heran, di mata K-Drama Lovers mereka juga dikenal sebagai Ssangmundong Squad. Di sisi yang lain, drama ini juga menyajikan cerita hangat tentang hubungan antar keluarga yang tinggal di kawasan tersebut.

Itu dia 7 rekomendasi drama persahabatan sebagai referensi hiburan untuk Sedulur. Kabar baiknya, drama-drama tersebut telah tersedia di berbagai platform streaming sehingga Sedulur bisa menontonnya di rumah.