drama korea detektif

Genre misteri biasanya kerap digambarkan dengan sebuah penyelidikan atau pemecahan kasus oleh polisi atau detektif. Pekerjaan ini memang cukup menarik dan menjadi salah satu profesi yang cukup sering diangkat dalam drama Korea. Jadi tak heran ada banyak drama Korea detektif yang menarik untuk disimak.

Drama Korea detektif sendiri tidak hanya menampilkan banyak adegan aksi saja, tapi para penonton juga diajak untuk menikmati setiap pemecahan kasus dan misteri yang diulas secara intens. Tak harang ada banyak plot twist yang muncul sehingga membuat penonton kagum.

Berikut ini derean rekomendasi drama Korea detektif terbaik yang bisa Sedulur tonton!

BACA JUGA: 27 Drama Korea Perselingkuhan, Seru Bikin Geregetan!

1. Witch’s Court

drama korea detektif
Netflix

Drama Korea detektif ini mengisahkan tentang Ma Yi Deum yang menuntut kejahatan kekerasan seksual. Ma Yie-Deum (Jun Ryo-Won) merupakan seorang jaksa penuntut yang sering kali bekerja untuk kasus ilegal maupun legal.

Dia bahkan tak segan melakukan apapun untuk memperlancar semua rencananya dalam mencari keadilan. Bahkan, dirinya tidak segan untuk memalsukan bukti hingga melakukan sumpah palsu.

2. Shadow Detective

Kisah Taek Rok, seorang detektif veteran yang dijebak atas pembunuhan dan diperas oleh seseorang yang mengaku sebagai teman lama. Dalam drama Korea terbaru 2023 ini, Sedulur akan diajak untuk mengikuti berbagai macam aksi memecahkan misteri kejahatan dengan sangat intens dan seru.

Apalagi di musim baru Shadow Detective kali ini, Sedulur juga akan mengikuti serangan balik Taek Rok menyelidiki dan menyelesaikan berbagai misteri kriminal. Detektif Lee Seung Min juga kembali, bersama dengan rekan-detektif Kyung Soo Jin dan Lee Hak Joo.

3. Partner of Justice

Partner of Justice sendiri adalah salah satu drama Korea detektif dari kacamata tim forensik. Drama Korea detektif ini mengisahkan tentang seorang dokter forensik yang mendapatkan tuduhan malapraktik.

Setelah kejadian itu, ia kemudian harus dimutasi ke suatu lembaga kepolisian. Di tempat barunya itu, ia kemudian bertemu dengan seorang seorang polisi pemula yang cerdas dan berbakat tapi kurang percaya diri.

4. Rugal

Rugal adalah salah satu drama Korea yang diadaptasi dari Webtoon. Drama Korea ini menceritakan kisah detektif yang menggunakan teknologi canggih untuk menyelesaikan kasusnya. Rugal menjadikan sosok Kang Ki Bum yang ingin mengungkap kejahatan sebuah sindikat kriminal sebagai karakter utamanya.

5. Vagabond

Drakor action terbaik selanjutnya adalah Vagabond. Vagabond mengisahkan sosok bernama Cha Dal-Gun yang menyelidiki kasus kematian ponakannya Cha Hoon. Dirinya mencurigai bahwa kematian keponakannya bukan karena kecelakaan. Cha Dal-gun terus menyelidiki dan memecahkan teka-teki tersebut.

6. Tunnel

drama korea detektif
CNN

Drama Korea detektif selanjutnya yang cukup seru dan menegangkan adalah Tunnel. Namun, uniknya drama ini ternyata terinspirasi dari sebuah kasus pembunuhan paling mengerikan yang pernah terjadi pada tahun 1986.

Tragedi pembunuhan ini semakin memakan banyak korban sehingga membuat ceritanya begitu intens dan misterius. Tokoh utama yang merupakan seorang detektif akhirnya dipaksa untuk memecahkan kasusnya dengan cepat.

7. Criminal Minds

Serial Criminal Minds mengisahkan kehidupan anggota khusus bagian investigasi kriminal dalam upaya mereka mengungkap kasus kejahatan yang terjadi. Sama seperti serial aslinya, drama Korea detektif satu ini menyuguhkan jalan cerita menarik dengan sangat detail.

Selain itu, ada berbagai teknologi canggih yang digunakan dalam memecahkan kasusnya. Bukan hanya akan terhibur dengan sajian ceritanya, Sedulur akan memperoleh banyak informasi baru jika mengikuti alurnya dengan lengkap.

8. Voice

Voice adalah salah satu drama Korea detektif yang patut untuk disaksikan. Alur yang seru membuat drama ini memiliki 4 musim dengan jalur cerita yang berbeda.

Drama Korea detektif ini mengisahkan aktivitas call center 112 pusat panggilan darurat dan anggota tim pengiriman saat mereka melawan kejahatan menggunakan suara yang mereka dengar. Voice juga penuh teka-teki, sehingga akan membuat para penontonnya berpikir lebih keras dan sama-sama mengidentifikasi siapa pelaku kejahatan sebenarnya.

9. The Girl Who Can See Smell

Drama Korea detektif yang satu ini menyuguhkan cerita yang berbeda. Pasalnya drama ini mengisahkan Oh Cho Rim yang mendapatkan indera penglihatan. Namun, indera penglihatannya justru membuat dia bisa melihat bau yang tajam.

10. Mouse

Tokoh Lee Seung-gi tampil berbeda 180 derajat dari biasanya dalam drakor action berjudul Mouse. Ia memang identik dengan citra yang baik, sehingga memperoleh julukan Nation’s Uhm-Shin-Ah. Namun, dalam Mouse dia dapat memperlihatkan kapabilitas akting yang memukau yang berhasil menghidupkan keadaan yang mencekam dan menegangkan.

BACA JUGA: 50+ Drama Korea Terbaru 2023 Rating Tinggi, Tonton Sekarang!

11. Longing For You

drama korea detektif
Cineverse

Drama Korea detetktif terbau 2023 selanjutnya adalah Longing For You. Drama satu ini mengisahkan tentang Detektif Oh Jin Seong. Bekerja di Kantor Polisi Woojin, Oh Jin memiliki hasrat untuk membalas dendam atas kematian adiknya karena sejumlah penjahhat.

Namun, dia dipindahkan ke tim investigasi khusus ketika sebuah kasus pembunuhan berantai terjadi di wilayah tersebut. Siapa sangka, ketika melakukan penyelidikan, dia harus berhadapan dengan sekelompok orang jahat dan kuat yang terlibat dalam pembunuhan adiknya.

12. Mad Dog

Drama Korea detektif Mad Dog mengisahkan tentang sebuah tim investigasi yang dibentuk oleh seorang mantan polisi dan seorang peretas. Kecelakaan pesawat yang menewaskan keluarga dari mantan polisi tersebut bisa dibilang menjadi awal dari kisahnya.

13. Stranger

Jika Sedulur menyukai drama Korea detektif yang melibatkan seorang jaksa, maka “Stranger” atau “Secret Forest” patut ditonton. Drama ini menceritakan tentang seorang jaksa, Hwang Shi Mok (Cho Seung Woo) yang kehilangan kemampuan merasakan emosi setelah menjalani operasi otak saat masih kecil.

Dia kemudian tumbuh menjadi pria yang rasional, dingin, dan cerdas. Makanya dirinya menjadi satu-satunya jaksa yang bersih dan tidak korupsi.

14. My Fellow Citizen

Drama Korea detektif ini menceritakan tentang Kim Mi Young yang patah hati karena pasangannya selingkuh. Usai move on, ia pun dekat dengan Yang Joong Kook dan mulai merencanakan pernikahan.

Kim Mi Young sendiri adalah seorang detektif yang menyembunyikan profesinya dari calon suaminya sendiri.

15. Inspector Koo

Seorang mahasiswa yang merupakan pembunuh merencanakan kasus pembunuhan yang tidak disengaja untuk menipu uang asuransinya. Drama komedi investigasi ini mengisahkan seorang penyelidik asuransi Koo Kyung Yi yang tajam dan bersemangat mengungkap kebenaran di balik setiap kasus asuransi. Koo Kyung Yi dikenal seorang wanita cerdas yang lebih fokus memecahkan kasus.

16. The Bait

drama korea terbaru 2023
Koreanboo

Drama Korea terbaru 2023 selanjutnya adalah The Bait. Serial ini menjadi rekomendasi, karena pada tahun ini akan rilis season keduanya. The Bait season kedua akan mengisahkan tentang seorang mantan pengacara bernama Gu Do Han yang beralih profesi menjadi detektif.

Namun, siapa sangka setelah menjadi seorang detektif, Gu Do Han mulai menyelesaikan kasus-kasus yang masih belum terpecahkan sejak lama. Pekerjaannya pun mulai memunculkan banyak kejutan baru dalam dunia kriminal.

17. Tell Me What You Saw

Drama Korea detektif ini memiliki genre thriller. Mengisahkan tentang usaha seorang profiler kriminal terkenal yang berusaha mencari pembunuh tunangannya. Kasus pembunuhan itu pun kembali terjadi beberapa tahun kemudian dan membuat pihak kepolisian kembali menyingkap kasus ini.

18. The Good Detective

Drama Korea Detektif ini menceritakan Lee Dae Chul yang dihukum atas tuduhan yang salah. Dia dituduh sebagai pembunuh berantai. Ketika tanggal eksekusi sudah ditentukan, detektif menemukan bukti baru yang mengungkap pelaku sebenarnya dari pembunuhan berantai itu.

19. Beyond Evil

Drama Korea detektif ini menceritakan tentang dua detektif yang menyelesaikan kasus pembunuhan berantai. Keduanya bahkan sempat menaruh kecurigaan. Namun bukti-bukti yang ada justru membuat keduanya bekerjasama untuk mengungkap misteri yang sudah ada 20 tahun terakhir.

20. Police University

Drama Korea detektif ini berkisah tentang kehidupan akademi kepolisian di National Police University yang kacau balau.  Kekacauan ini terjadi lantaran Yoo Dong Man (Cha Tae Hyun) adalah kepala investigasi bidang pembunuhan dan kejahatan siber.

Dia lantas bekerja sama dengan mantan peretas bernama Kang Sun Ho (Jin Young) yang bertobat dengan masuk kepolisian.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Film Thriller Jepang yang Menegangkan

21. The First Responders

The First Responders kdrama
Dramabeans

Karyawan di kantor polisi dan stasiun pemadam kebakaran bekerja sama menyelesaikan kasus-kasus. Drama ini menampilkan kerja sama yang meningkat antara departemen pemadam kebakaran yang memadamkan api dan kepolisian yang memecahkan kejahatan.

National Force Service (NFS) yang mengumpulkan bukti saat mereka berurusan dengan keadaan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Kim Rae Won akan kembali berperan sebagai Jin Ho Gae, detektif yang sangat berdedikasi dari tim investigasi Kantor Polisi Taewon.

22. Jirisan

Jirisan adalah salah satu drama Korea penuh misteri yang seru untuk diikuti. Mengisahkan tentang penjaga gunung Jiri yang berusaha mengungkap pembunuh dari orang-orang yang mendaki gunung tersebut. Banyak bukti yang mengarah bahwa pelakunya justru berada di antara para penjaga gunung sendiri.

23. Gyeongseong Creature

Drama ini akan menghadirkan Park Seo Joon dengan Han Seo Hee yang akan beradu akting. Latar tempat drama ini menampilkan situasi di tahun 1945 yang bisa dibilang kelam di sejarah Korea. Secara garis besar, drama ini berkisah tentang dua orang yang bertahan hidup dari ancaman monster.

Monster tersebut lahir karena keserakahan manusia. Tokoh dalam drama ini merupakan seorang pria kaya di Seoul sekaligus pemilik pegadaian yang bertemu dengan detektif hebat yang bisa melacak orang mati.

24. Flower of Evil

Flower of Evil mengisahkan tentang Baek Hee-sung (Lee Joon-gi) yaitu seorang pria yang menyembunyikan identitas dan masa lalu istrinya, Cha Ji-won (Moon Chae-Won) yang berprofesi sebagai seorang detektif. Sekilas mereka seperti keluarga yang sempurna, pasangan penuh kasih sayang dengan putri cantik yang patuh pada orang tuanya.

25. The Guest

The Guest merupakan drama Korea detektif yang diperankan Kim Jae-wook yang berkisah tentang pengusiran setan dan perdukunan. Drama ini mengisahkan Yoon Hwa-pyung (Kim Dong-wook) yang terlahir dari keluarga dukun.

Kini dirinya mencari seorang paranormal yang memburu orang yang sedang kesurupan. Hwa-pyung kemudian bertemu dengan Choi Yoon (Kim Jae-wook), seorang pendeta Katolik yang dikenal sebagai seorang pengusir setan.

26. Signal

drakor detektif
KDramaLove

Signal bercerita mengenai seseorang yang menemukan sebuah walkie-talkie misterius yang mampu membuat dirinya bisa berkomunikasi dengan Lee Jae Han yang hilang selama 15 tahun. Walkie-talkie akhirnya menjadi alat penting untuk dirinya memecahkan misteri ini dan mengungkapkan siapa pelaku pembunuhan tersebut.

27. Team Bulldog: Off-duty Investigation

Drama Korea detektif ini dibintangi Cha Tae Hyun yang berperan sebagai seorang detektif. Ia ditugaskan untuk menangkap penjahat. Namun sifat ambisiusnya membuat dia tak akrab dengan sesama detektif. Kisah ambisiusnya kemudian dipadukan dengan seorang produser program investigasi yang punya tujuan sama dengannya yaitu menangkap penjahat.

28. You’re All Surrounded

Drama Korea detektif yang sudah cukup lama tapi tetap menarik untuk ditonton adalah You’re All Surrounded. Film ini rilis pada tahun 2014 silam dengan sosok Cha Seung Won sebagai karakter utamanya. Dia didapuk menjadi Seo Pan Seok yang merupakan detektif kepala di sebuah kantor kepolisian Gangnam.

Seo lantas diminta untuk membimbing empat detektif baru untuk menyelesaikan sebuah kasus misterius yang selama 11 tahun belum terpecahkan. Dengan bantuan detektif tersebut, Seo akhirnya menemukan titik terang tentang kasus tersebut.

29. Hello Monster

Hello Monster menjadi salah satu drama Korea detektif yang tidak bisa dilewatkan. Mengambil sudut pandang  yang unik, karena karakter utamanya adalah seorang detektif yang sudah lama bekerja di Amerika Serikat. Dia lantas memutuskan pulang kampung tetapi dihadapkan dengan sebuah kasus kejahatan paling misterius di Korea.

30. Big Bet 2

Big Bet Season 2 telah tayang di Netflix sejak 15 Februari 2023  di Disney+ Hotstar. Jika di season 1 menceritakan tentang sosok pria yang mengorbankan tenaga dan materi untuk kesuksesan di dunia kasino. Season 2 bercerita mengenai perjuangan Cha Mu Sik yang menyelamatkan diri sendiri dan kehidupannya. Ceritanya pun patut kamu simak!

31. Decoy

drakor action terbaik
Amazon Prime

Drakor action terbaik ini mengisahkan tentang Gu Do Han, seorang mantan pengacara yang menjadi seorang detektif. Dia bertekad mengungkap kasus dan kebenaran di balik kejahatan yang belum terpecahkan di masa lalu.

Dalam perjalanannya, ia bertemu dengan reporter Jung Na Yeon dan seorang penipu bernama No Sang Cheon. Drama ini sudah memiliki dua season dan sudah tayang pada tahun 2023 ini.

32. Brain Works

Brain Works telah tayang pada 02 Januari 2023 lalu yang menceritakan tentang Ha Ru selaku dokter bedah dan Geum Myung Se selaku detektif. Keduanya memiliki sifat yang 180 derajat berbeda. Perbedaan sifat keduanya membuat mereka harus dijadikan satu untuk menyelesaikan sebuah kasus. Tak action, drama ini juga mengkombinasikan unsur komedi di dalamnya. 

Demikian tadi deretan drama Korea detektif terbaik yang bisa Sedulur tonton. Rekomendasi di atas tak hanya bisa membuat Sedulur tercengang dengan plot twist yang ada, tapi juga bisa memberikan gambaran tentang sebuah film secara lebih luas. Jadi selamat menonton ya!