anime sad ending

Tahukah Sedulur, jika menonton anime sad ending dapat memberikan sensasi yang berbeda, lho. Alur cerita semacam ini, biasanya akan memberi bagian ending atau akhir yang tidak bahagia. Seperti jagoan yang kalah, kisah cinta yang kandas, atau lain sebagainya.

Ya, kebanyakan anime series Jepang sendiri biasanya menyajikan cerita dengan ending yang bahagia. Namun bagi beberapa orang, ending bahagia terasa sudah biasa dan membosankan. Untuk itu, anime sad ending bisa menjadi referensi tontonan yang segar.

Namun sebelum itu, pastikan Sedulur menyiapkan tisu terlebih dahulu, ya! Pasalnya, mungkin ada beberapa adegan yang akan membuat air mata mengalir deras karena terbawa oleh suasana. Jika sudah, langsung saja berikut rekomendasi film anime sad ending yang wajib ditonton.

BACA JUGA: Anime Komedi Terbaik! 12 Urutan Nonton Gintama

1. Grave of the Fireflies

anime sad ending
Looper

Grave of the Fireflies menjadi salah satu karya terbaik dari Studio Ghibli, yang cerita di dalamnya terinspirasi dari momen Perang Dunia ke-2. Ya, anime ini mengangkat cerita tentang kesengsaraan masyarakat Jepang akibat peperangan yang terjadi.

Cerita dalam Grave of the Fireflies ini, berfokus pada kisah dua orang kakak beradik, Seita dan Setsuko. Setelah kedua orang tua mereka meninggal karena kapal laut yang dinaiki tenggelam, mereka harus bertahan hidup dan tinggal di bunker bekas prajurit perang.

2. Kimi No Na Wa

Kimi No Na WA karya animator ternama, Makoto Shinkai, bercerita tentang pertemuan antara Mitsuha dan Taki pada tempat dan waktu berbeda. Menariknya, secara tanpa sadar setiap hari mereka selalu bertukar tubuh. Mereka pun saling bertukar pesan karena penasaran antara satu sama lain.

Akan tetapi, mereka berdua sama-sama tidak dapat saling mengingat namanya, hingga pada akhirnya sudah tidak dapat lagi bertukar tubuh. Nah, Taki menemukan fakta jika desa tempat tinggal Mitsuha sudah hancur akibat meteor, dan mencoba menolongnya.

3. Japan Sinks: 2020

Anime sad ending yang satu ini diangkat dari novel karya Sakyo Komatsu, hanya saja latar waktunya dibuat dan disesuaikan dengan tahun 2020. Cerita dari Japan Sinks: 2020 sendiri berpusat pada sebuah keluarga dari orang yang bernama Muto.

Sebelumnya keluarga tersebut menjalankan aktivitas sehari-hari seperti biasanya. Namun tak berapa lama, Jepang pun mengalami bencana gempa bumi yang sangat dahsyat. Bencana tersebut memisahkan keluarga Muto dan mereka harus berjuang untuk menemukan satu dengan lainnya.

4. Cowboy Bebop

Serial Jepang Cowboy Bebop menjadi anime legendaris dengan ending menyedihkan yang wajib ditonton. Cowboy menceritakan kelompok bounty hunter yang gemar berburu buronan, yakni Spike Spiegel, Edward Wong Hau Pepelu Tivrusky IV, Faye Valentine, serta Jet Black.

Ya, kisah petualangan dari kelompok pemburu ini memang sangat seru dan juga menegangkan. Namun, siapa sangka jika anime ini menghadirkan ending yang sangat menyedihkan dan mampu membuat para penonton sampai meneteskan air mata.

5. Shigatsu Wa Kimi no Uso (Your Lie in April)

Anime sad ending yang dirilis pada tahun 2014 ini, menggambarkan kisah tragis yang dikemas dalam bentuk musikal. Your Lie in April mengisahkan tentang Arima Kousei, seorang pianis muda berbakat yang tidak ingin bermain musik lagi usai meninggalnya sang ibu.

Hingga akhirnya ia bertemu dengan pemain biola bernama Miyazono Kaori, yang juga merupakan teman satu sekolahnya. Kaori pun berusaha membujuk agar Kousei mau kembali bermusik. Namun di sisi lain, ternyata Kaori menyimpan rahasia besar di dalam hidupnya.

6. 5 Centimeters Per Second

anime sad ending
Hogh on Film

Perlu untuk diketahui, bahwa anime berjudul 5 Centimeters Per Second karya Makoto Shinkai ini cukup fenomenal pada zamannya, lho. Anime sad ending ini mengisahkan tentang persahabatan dari Shinohara Akari dan Tono Takaki yang telah bersahabat sejak SD.

Pada suatu hari Akari pun harus pindah dan menetap di kota lain, sehingga mereka saling berkirim surat dan berjanji untuk bertentu di suatu tempat. Hingga pada akhirnya, mereka berdua sadar jika sudah tidak bisa saling bertemu kembali.

7. Violet Evergarden

Violet Evergarden menceritakan seorang purnawirawan tentara usai berakhirnya perang dunia. Secara bertahap, Violet belajar untuk mengingat Gilbert, yakni seseorang dari masa lalunya yang benar-benar berarti baginya.

Pada dasarnya, Violet Evergarden menceritakan kisah mengenai pemulihan untuk menemukan kembali empati dan rasa kemanusiaan setelah peristiwa traumatis yang telah merenggutnya.

8. Your Name

Tanpa disadari, Mitsuka Miyamizu dan Taki Tachibana adalah sepasang remaja yang ada di posisi satu sama lain. Fenomena yang aneh, memungkinkan mereka untuk mewujudkan impian masing-masing, hanya saja melalui tubuh orang lain.

Untuk menemukan jawaban dari hal aneh yang mereka lalui, mereka pun mulai mencari satu sama lain. Ya, dalam anime ini, Sedulur akan menemukan banyak ide menarik tentang takdir, hubungan, dan cinta.

9. I Want To Eat Your Pancreas

Bercerita tentang Shiga Haruki, anak laki-laki yang tumbuh sendiri hingga bertemu dengan Sakura Yamauchi, teman sekolahnya. Pertemuan tersebut terjadi setelah Haruki menemukan buku harian sad girl yang menceritakan bahwa perempuan tersebut ternyata menderita kanker pankreas.

Pada awalnya Haruki tidak peduli, pandangannya pun berubah setelah melihat bagaimana seorang gadis yang memiliki sisa waktu sedikit, berjuang untuk tetap menikmati hidup.

10. Plastic Memories

Tsukasa Mizugaki adalah seorang yang bekerja untuk sebuah perusahaan pembuat Android atau yang disebut dengan Giftias bernama Isla. Dalam anime ini, Sedulur mungkin akan menemukan banyak momen lucu selama jalan cerita berlangsung.

Akan tetapi, Plastic Memories mampu membuat para penonton masuk kedalam ‘angin puyuh’ emosional. Dimana percintaan antara manusia dan robot akan membuat air mata terus jatuh.

BACA JUGA: 45+ Rekomendasi Anime 90an Terbaik yang Wajib Ditonton!

11. Clannad: After Story

anime sad ending
Whatefan!

Clannad menceritakan kisah anak laki-laki bernama Tomoya Okazaki, yang terjebak di dalam kebimbangan di masa SMA. Sampai akhirnya Okazaki bertemu dengan seorang gadis yang aneh bernama Nagisa Furukawa. Dimana keanehan Furkawa justru berhasil menarik perhatiannya.

Ya, keresahan mereka mendorong mereka ke dalam kenyataan pahit dari kehidupan orang dewasa layaknya kebanyakan orang pada umumnya.

12. A Silent Voice

Rekomendasi film anime sad ending berikutnya adalah A Silent Voice. Anime yang satu ini menceritakan tentang seorang siswi tuli dan korban bullying yang bernama Shoko. Sejak SD, Shoko sudah sering dirundung oleh teman-temannya sampai harus berpindah-pindah sekolah.

Hingga pada suatu hari, sang pelaku dari bullying tersebut menyesali perbuatannya. Orang itu bernama Shouya, yang berusaha menebus kesalahan di masa lalunya dengan mencari Shouko Nishimiya.

13. Mirai no Mirai

Mirai no Mirai menceritakan tentang kehidupan Kun Oota, anak kecil berusia 4 tahun yang sebelumnya disayangi semua orang. Hingga ia merasa dilupakan saat memiliki seorang adik perempuan yang bernama Mirai.

Kun yang merasa kesal, akhirnya berlari sekuat tenaga ke taman belakang rumah. Hingga tanpa disadari, Kun Oota berada di masa lalu dan juga masa depan secara bersamaan. Pada saat itulah, ia menyadari jika sang adik benar-benar berharga baginya.

14. Spirited Away

Rekomendasi film anime sad ending selanjutnya adalah Spirited Away. Anime ini memang tidak pernah gagal dengan kisah super sedih yang dihadirkan. Dimana di sini diceritakan kisah perjalanan dan juga perjuangan dari seorang anak kecil yang bernama Chihiro.

Chihiro berusaha keras untuk menyelamatkan dirinya serta kedua orangtuanya pada saat tersesat di dalam sebuah tempat yang benar-benar misterius.

15. Wolf Children

Wolf Children menceritakan tentang kisah Hana, yang menikah dengan teman kuliahnya. Tanpa disadari, ternyata suami Hana sendiri adalah manusia setengah serigala terakhir yang ada di bumi. Sampai akhirnya mereka dikaruniai oleh dua orang anak bernama Yuki dan Ame.

Suatu saat, sang ayah terbunuh dan Hana pun harus berjuang seorang diri untuk membesarkan kedua anaknya dan terus menyembunyikan mereka dari kejamnya dunia ini.

16. Tokyo Magnitude 8.0

anime tentang bencana
Pinterest

Tokyo Magnitude 8.0 merupakan anime sad ending dengan latar waktu pasca-bencana alam berupa gempa bumi berkekuatan 8.0 SR yang telah mengguncang Kota Tokyo, Jepang. Nah, anime ini berfokus pada sosok Mirai.

Mirai yang mengajak adiknya untuk pergi ke Odaiba dan berusaha menemukan orang tua mereka setelah terpisah karena bencana yang melanda.

17. Anohana: The Flower We Saw That Day

Series Jepang Anohana bercerita mengenai kisah sahabat kecil yang berusaha berdamai dengan setelah kepergian salah satu teman kecil mereka yang bernama Menma. Di sepanjang alur cerita, Sedulur akan dibuat takjub dengan pengaruh kematian dari seseorang bagi teman-temannya.

Mereka harus berusaha untuk bisa saling berdamai dan juga menerima keadaan, dimana kini sudah tidak ada lagi orang yang disayangi.

18. Colorful

Colorful benar-benar mampu mengajak para penonton untuk mengetahui cara terbaik dalam menjalani hidup. Yakni dengan berusaha untuk melaluinya, tidak dengan nekat mengakhirinya. Seberapa berat masalah yang dihadapi, Sedulur harus berusaha untuk menghargai setiap hal kecil yang ada.

Dengan begitu, maka hidup terasa jauh lebih berwarna. Jadi jangan lupa untuk mempersiapkan diri dan juga tisu sebelum menontonnya, ya!

19.  The Wind Rises

Anime sad ending yang satu ini menceritakan kisah dari sosok Jiro Horikoshi, seorang pemimpi yang ingin membuat sebuah pesawat terbang. Hingga pada akhirnya ia berhasil menciptakan Mitsubishi A6M Zero Fighter.

Nah, kisah yang dilaluinya benar-benar penuh perjuangan, ada masa-masa yang indah sekaligus memilukan. Tentu saja anime ini akan membuat Sedulur bisa lebih paham akan berbagai pelajaran dan makna hidup tentang harapan, mimpi, bahkan sampai kehilangan.

20. Whisper of the Heart

Whisper of the Heart menceritakan seorang perempuan berjiwa bebas dan juga periang yang bernama Shizuku Tsukishima. Saat itu, Shizuku masih berusia 14 tahun dan terus berusaha keras untuk menggapai mimpinya, yakni menjadi penulis buku handal.

Rintangan berat dan juga kisah memilukan yang ada di dalamnya, tentu akan membuat penonton merasakan kesedihan yang mendalam akan sebuah mimpi yang harus diraih sekuat tenaga.

BACA JUGA: 25+ Rekomendasi Anime Movie Terbaik, Wajib Ditonton di 2023!

21. The Girl Who Leapt Through Time

anime sad ending
Medium

Membawakan genre drama fantasi, The Girl Who Leapt Through Time menceritakan kisah seorang gadis SMA bernama Makoto. Makoto baru saja menemukan kelebihan yang ada di dalam dirinya, yakni dapat menjelajahi waktu.

Namun karena sikapnya yang gegabah, tanpa disadari ia telah merugikan banyak orang di sekitarnya. Akhirnya Makoto pun berusaha untuk menebus kesalahan yang telah diperbuatnya.

22. The Place Promised In Our Early Days

The Place Promised In Our Early Days mengisahkan persahabatan antara 3 murid SMP yang bernama Hiroki Fujisawa, Sayuri Sawatari, serta Takuya Shirakawa. Mereka berjanji untuk melintasi perbatasan menaiki pesawat terbang yang mereka rangkai sendiri.

Akan tetapi, ternyata janjinya tersebut sangat sulit untuk terwujud. Hal ini karena Sayuri jatuh sakit, sampai suatu saat mereka berusaha untuk bangkit dan menepati janji yang sudah dibuat.

23. Perfect Blue

Berkisah tentang sisi gelap dari dunia hiburan pertunjukan, anime sad ending yang diperuntukkan bagi penonton dewasa ini menceritakan sosok penyanyi terkenal bernama Mira Kirioge, yang ternyata berkeinginan untuk menjadi seorang aktris.

Mira Kirigoe sendiri tergabung ke dalam grup J-Pop CHAM!. Rintangan yang harus ia hadapi begitu banyak, mulai dari dikuntit sampai image lamanya yang seketika terbongkar.

24. Fullmetal Alchemist: Brotherhood

Elric bersaudara mempunyai tujuan di dalam hidup mereka untuk memperbaiki kesalahan besar yang pernah dilakukan di masa lalu. Akan tetapi, mereka harus mengorbankan sesuatu yang sangat berharga demi harapan yang ingin dicapai.

Mulai dari kasih sayang keluarga, kisah romansa, dan rasa kemanusiaan pun dapat Sedulur saksikan di dalam anime satu ini.

25. Boku dake ga Inai Machi

anime sedih
Reel Rundown

Boku dake ga Inai Machi menceritakan kisah seorang laki-laki bernama Satoru yang kembali ke masa lalu. Dengan kemampuannya tersebut, ia berusaha untuk menyelamatkan orang-orang yang dicintai, namun pada kenyataannya takdir tidak dapat diubah.

Seberapa keras Satoru berusaha mencoba, ia tetap tidak bisa mengubahnya dan hal itu justru membuatnya depresi sekaligus ngeri karena melihat secara langsung situasi seperti itu.

Itulah beberapa rekomendasi anime sad ending yang wajib untuk Sedulur saksikan. Ya, anime sendiri memang bukan hanya sekadar film animasi dengan cerita-cerita ringan. Ada banyak hal penting yang bisa dipetik dari kisah yang diceritakan di dalamnya. Bahkan beberapa judul anime yang ada di atas, dijamin mampu membuat Sedulur meneteskan air mata berkat kisah sedih dan juga pelajaran yang diberikan.