Jujutsu Kaisen merupakan manga shonen karya Gege Akutami yang terbit melalui majalah Weekly Shōnen Jump. Seiring dengan Popularitasnya yang meningkat secara pesat, banyak orang yang penasaran tentang urutan nonton Jujutsu Kaisen.

Seperti yang telah diketahui, anime shonen selalu mempertahankan tren tiga besar dari setiap dekade. Kini, gelar tiga besar telah diakuisisi oleh Boku no Hero Academia, Kimetsu no Yaiba: Demon Slayer, dan tentu saja Jujutsu Kaisen.

Nah, dari tiga besar tersebut, sepertinya Jujutsu Kaisen berhasil mengambil tempat paling atas. Popularitas anime yang dikerjakan oleh studio MAPPA ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Gojo Satoru menjadi salah satu karakter dari Jujutsu Kaisen yang ikonik dan berhasil menggemparkan dunia.

Jujutsu sendiri sebenarnya merupakan bentuk seni bela diri, sedangkan Kaisen memiliki arti perbaikan. Bagi Sedulur yang tertarik untuk mengetahui urutan nonton Jujutsu Kaisen, ada baiknya untuk menyimak informasi yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: Urutan Nonton Saiki Kusuo no Sai Nan Sesuai Alur Cerita, Catat!

Informasi Detail Jujutsu Kaisen

Netflix/Jujutsu Kaisen

Sebelum kita bicara tentang urutan nonton Jujutsu Kaisen, tidak ada salahnya untuk mengetahui anime yang sedang dibahas ini. Berikut ini informasi detail mengenai anime tersebut!

  • Judul: Jujutsu Kaisen
  • Genre: Petualangan, Fantasi gelap, Supernatural
  • Sutradara: Sunghoo Park
  • Skenario: Hiroshi Seko
  • Musik: Hiroaki Tsutsumi, Yoshimasa Terui, Arisa Okehazama
  • Studio: MAPPA
  • Pelisensi: Crunchyroll, SEA Medialink
  • Saluran asli: JNN (MBS, TBS)
  • Tayang: 2 Oktober 2020 – sekarang
  • Episode : 47 episode

Karakter Dalam Jujutsu Kaisen

  • Yūji Itadori (虎杖 悠仁, Itadori Yūji)
  • Megumi Fushiguro (伏黒 , Fushiguro Megumi)
  • Nobara Kugisaki (釘崎野 薔薇, Kugisaki Nobara)
  • Satoru Gojō (五条 , Gojō Satoru)
  • Maki Zen’in (禪院 真希, Zen’in Maki)
  • Toge Inumaki (狗巻 , Inumaki Toge)
  • Panda (パンダ)
  • Kento Nanami (七海 建人, Nanami Kento)
  • Kiyotaka Ijichi (伊地知 潔高, Ijichi Kiyotaka)
  • Shoko Ieiri (家入 硝子, Ieiri Shoko)
  • Masamichi Yaga (夜蛾 正道, Yaga Masamichi)

Urutan Jujutsu Kaisen Sesuai Tanggal Rilis

urutan nonton jujutsu kaisen
Netflix/Jujutsu Kaisen

Untuk saat ini, telah dirilis 2 seri dan 1 film Jujutsu Kaisen. Berikut ini akan dijelaskan sinopsis lengkap dari ketiganya!

1. Jujutsu Kaisen Season 1 (2020-2021)

Musim pertama Jujutsu Kaisen mengikuti perjalanan Yuji Itadori, seorang siswa SMA biasa yang terlibat dalam dunia supranatural. Secara tidak sengaja, dia telah membebaskan sebuah Jar Curse yang berisi salah satu dari 20 jari kutukan Raja Penyihir yang kuat.

Saat Jar Curse itu terbuka, Yuji harus memilih antara membiarkan roh jahat itu berkeliaran atau menyegelnya kembali. Tanpa ragu sedikitpun, Yuji memilih untuk menyegelnya kembali dan mengorbankan dirinya sendiri ke dalam prosesnya.

Akan tetapi, pilihannya ini membawanya ke dalam dunia para Jujutsu Sorcerer, di mana ia bertemu dengan Satoru Gojo. Gojo adalah seorang Jujutsu Sorcerer yang kuat, dan dia menyadari bakat alami Yuji dalam melawan makhluk supranatural.

Kemudian Gojo mengajak Yuji untuk bergabung dengan Sekolah Jujutsu Tokyo untuk melatih kemampuannya lebih lanjut dan membantu menyegel semua jari kutukan Raja Penyihir yang tersisa. Di sekolah, Yuji bertemu dengan teman sekelasnya, Megumi Fushiguro, seorang Jujutsu Sorcerer berbakat.

Dia juga berteman dekat dengan Nobara Kugisaki, seorang siswi Jujutsu yang tangguh. Bersama-sama, mereka menghadapi berbagai tantangan, termasuk bertarung melawan makhluk-makhluk kutukan yang kuat dan berbagai musuh yang mengancam kehidupan manusia.

Sementara itu, ada juga plot yang berkembang di luar kehidupan sekolah, dengan organisasi jahat yang dikenal sebagai “Sukuna’s Fingers Collectors” yang berusaha mengumpulkan semua jari kutukan Sukuna untuk menghidupkan kembali Raja Penyihir yang kuat ini.

Di musim yang pertama ini memperkenalkan berbagai karakter utama, menampilkan pertarungan epik, dan membawa penonton ke dalam dunia yang gelap dan berbahaya dari Jujutsu Kaisen.

2. Jujutsu Kaisen 0 Movie (2021)

Jujutsu Kaisen 0 merupakan sebuah film anime yang dirilis pada 24 Desember 2021 di Jepang. Film ini merupakan prekuel dari serial Jujutsu Kaisen dan mengadaptasi cerita sampingan yang juga berjudul Jujutsu Kaisen 0 yang ditulis oleh Gege Akutami.

Film yang satu ini mengisahkan tentang Yuta Okkotsu, seorang siswa SMA yang memiliki kemampuan supranatural yang kuat. Yuta dulu memiliki teman dekat bernama Rika Orimoto, yang meninggal dalam sebuah kecelakaan yang tragis.

Akan tetapi, Rika kembali sebagai kutukan yang melekat pada Yuta, memberinya kekuatan yang luar biasa tetapi juga mengancam kehidupan orang-orang di sekitarnya. Untuk melindungi orang-orang yang dicintainya, Yuta bergabung dengan Sekolah Jujutsu Tokyo.

Di sanalah dia bertemu dengan Satoru Gojo, seorang Jujutsu Sorcerer yang kuat. Bersama Gojo dan teman-temannya di sekolah, Yuta berjuang melawan ancaman kutukan yang semakin memburuk, sambil berusaha memahami dan mengendalikan kekuatan yang ada di dalam dirinya.

Nah, film yang satu ini menampilkan pertarungan yang intens, karakter-karakter yang menarik, dan pengembangan dunia yang lebih dalam dari seri Jujutsu Kaisen.

3. Jujutsu Kaisen Season 2 (2023)

Jujutsu Kaisen season 2 ini bercerita mengenai Kaigyoku Arc dan Shibuya Arc, yang mengambil latar waktu di masa lalu, tepatnya pada saat Gojo Satoru serta Geto Suguru masih menjadi pelajar di SMA Jujutsu pada di tahun 2006.

Hal ini berarti latar waktu berjalan 11 tahun sebelum kisah Yuuji Itadori yang memakan jari Sukuna dan juga petualangan bersama teman-temannya. Tidak hanya Gojo dan Geto, ada juga Riko Amanai, yang merupakan sahabat hingga akhirnya Geto Suguru memilih jalan yang berbeda dari kedua temannya.

Ya, Geto dan Gojo mendapatkan tugas untuk menjaga Star Plasma Vessel yang akan diantar menuju ke Master Tengen. Namun tentu saja tugas ini tidak akan berjalan dengan mudah, karena mereka harus menghadapi begitu banyak kutukan di sepanjang perjalanan.

Salah satu yang menyerang mereka dalam perjalanan adalah Toji Fushiguro, yaitu ayah dari salah satu murid di sekolah yang bernama Megumi. Dia juga merupakan seorang tentara bayaran terkenal, dan juga banyak yang menyebutnya sebagai Sorcerer Killer.

Dengan begitu, sudah pasti pertarungan pun tak bisa terelakkan. Dan seperti di musim pertamanya, penonton akan diperlihatkan berbagai adegan seru dan jurus yang menakjubkan dari para karakter. Bukan hanya itu, persahabatan antara Geto dan Gojo pun juga dipertaruhkan di dalam season ini.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Anime Genre Dungeon Terbaik, Seru Abis!

Urutan Nonton Jujutsu Kaisen Berdasarkan Kronologi

Netflix/Jujutsu Kaisen

Menonton anime Jujutsu Kaisen sesuai dengan waktu rilis mungkin akan membuat sebagian penggemar merasa bingung. Ya, hal ini bisa terjadi karena adanya plot yang tidak berurutan.

Oleh sebab itu, Sedulur dapat menonton anime yang satu ini berdasarkan pada kronologi ceritanya. Nah, untuk urutan nonton Jujutsu Kaisen adalah sebagai berikut!

  • Jujutsu Kaisen 0 Movie (2021)
  • Jujutsu Kaisen Season 1 (2020-2021)
  • Jujutsu Kaisen Season 2 (2023)

Mengapa Jujutsu Kaisen Sangat Menarik?

urutan nonton jujutsu kaisen
Netflix/Jujutsu Kaisen

Mungkin di sini masih ada yang bingung mengapa Jujutsu Kaisen begitu disukai banyak orang. Ya, tentu saja hal itu bukan karena tanpa alasan, melainkan karena beberapa hal yang ada di bawah ini!

  • Plot yang unik

Cerita dari Jujutsu Kaisen menawarkan campuran yang seru antara aksi, supranatural, dan elemen horor. Dari awal, dengan konsep sederhana tentang kutukan dan roh jahat, cerita ini berkembang menjadi alur yang kompleks dengan intrik politik, misteri, dan pertarungan yang menegangkan.

  • Karakter beragam

Seri ini memiliki karakter-karakter yang mendalam dan beragam. Setiap karakter memiliki latar belakang dan motivasi yang kuat, membuat penonton terhubung dengan mereka dan ingin tahu lebih banyak tentang perjalanan hidup mereka.

  • Pertarungan yang Spektakuler

Adegan pertarungan yang ada di dalam Jujutsu Kaisen benar-benar dirancang dengan indah dan penuh kegembiraan. Animasi yang halus dan gerakan yang dinamis membuat setiap pertarungan menjadi sangat memikat dan seru untuk ditonton.

  • Tema yang relevan

Meskipun seri ini berlatar belakang supranatural, namun Jujutsu Kaisen juga menyentuh tema-tema yang relevan dengan kehidupan nyata, seperti persahabatan, pengorbanan, keberanian, dan moralitas. Dengan begitu, banyak penonton yang merasa anime ini “relate” dengan kehidupan mereka di dunia nyata.

  • Visual yang indah

Baik dalam manga maupun anime, seni dan desain karakter dalam Jujutsu Kaisen sangat menarik dan menampilkan detail yang kaya. Hal ini membuat dunia seri ini terasa hidup dan mengundang penonton untuk tenggelam lebih dalam ke dalamnya.

Nah, itu dia urutan nonton Jujutsu Kaisen dan juga beberapa informasi mengenai anime tersebut. Semoga informasi yang ada di atas membantu Sedulur dalam mendapatkan pengalaman terbaik dalam menyaksikan anime Jujutsu Kaisen, ya!