Salah satu rekomendasi tontonan yang bisa Sedulur saksikan adalah drama dari China. Apalagi dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan industri film di China terus mengalami peningkatan dan tidak kalah dengan film dari Korea atau Hollywood. Bahkan dari pada drama China terbaru beberapa aspek seperti kualitas cerita, sinematografi hingga akting dari para aktornya juga semakin baik.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama daftar rekomendasi drama China terbaru yang bisa Sedulur tonton di tahun 2023 ini. Apa saja daftarnya? Yuk, mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: 16 Anime China Terbaik yang Nggak Kalah dengan Anime Jepang

1. Love in Time

iQiyi

Rekomendasi drama China terbaru yaitu Love in Time yang tayang pada Oktober tahun 2022 yang lalu. Drama ini diperankan oleh Yang Xuwen dan Xiang Hanzhi sebagai pemeran utama. Drama Love in Time menceritakan seorang pengacara bernama He Zhengyu (Yang Xuwen).

Pengacara tersebut tengah mengalami kemunduran karir setelah dirinya menangani kasus perceraian seorang artis. Hal tersebut pun membuatnya memutuskan untuk pensiun dini menjadi pengacara. Di dalam kehidupan barunya tersebut, He Zhengyu mulai mengalami banyak kejadian aneh.

2. Mr. BAD

iQiyi

Mr. BAD adalah drama China yang dirilis pada 2022 lalu. Drama yang dibintangi oleh Shen Yue dan Chen Zhe Yuan ini mengusung genre romantis komedi dengan bumbu fantasi.

Diceritakan, Nan Xing (diperankan oleh Shen Yue) adalah seorang penulis cerita fiksi idola atau fan fiction. Ia semua merupakan seorang atlet namun memutuskan pensiun demi mengejar impiannya untuk bekerja di perusahaan milik sang idola.

Suatu ketika, kejadian aneh menimpa Nan Xing di mana karakter fiksi yang dibuatnya, yakni Xiao Wudi (Chen Zheyuan) tiba-tiba muncul di kehidupan nyata. Xiao Wudi yang datang dengan penampilan layaknya karakter dalam film kerajaan itu muncul setelah Nan Xing membuat sebuah permohonan. Meski diwarnai konflik, mereka akhirnya harus bekerja sama untuk menyembunyikan identitas Xiao Wudi serta membawanya kembali ke dunianya.

3. Lighter and Princess

Rakuten

Rekomendasi drama China terbaru selanjutnya yaitu Lighter and Princess, yang dibintangi Chen Feiyu dan Zhang Jingyi. Drama yang dikemas dalam 36 episode ini diadaptasi dari novel The Lighter and the Princess’ Gown karya Twentine.

Lighter and Princess menghadirkan kisah percintaan dua tokoh utamanya, yakni Li Xun (Chen Feiyu), seorang ahli pemograman komputer yang suka menyendiri, dan Zhu Yun (Zhang Jingyi), mahasiswa baru yang lugu. Drama ini dijiman memberikan kisah cinta yang seru dan wajib Sedulur tonton.

4. New Life Begins

iQiyi

Drama ini tayang pertama kali pada November 2022 yang lalu. New Life Begins berhasil menjadi salah satu drama China hits di tahun 2022. Drama China terbaru mengadaptasi cerita dalam novel Qing Chuan Ri Chang karangan Duo Mu Mu Duo.

Dikisahkan bahwa Yin Zheng (Bai Jingting), salah satu dari enam tuan muda di Xin Chuan, hidup dengan rendah hati dan tidak menonjolkan diri. Ia lalu dipertemukan dengan gadis pekerja keras bernama Li Wei (Tian Xiwei). Keduanya saling melengkapi dan bekerja sama menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.

5. She and Her Perfect Husband

Pinterest

Bagi Sedulur yang tengah mencari drama China dengan tema “noona romance”, kamu mungkin bisa mempertimbangkan untuk menonton She and Her Perfect Husband. Drama ini mengangkat cerita mengenai Qin Shi (Yang Mi), pengacara wanita yang tanpa sengaja menikah dengan pemuda bernama Yang Hua (Xu Kai).

Drama ini terdiri dari 40 episode dan Sedulur bisa menyaksikan drama ini di beberapa platform streaming online kesayangan Sedulur.

6. Wild Bloom

iQiyi

Drama China terbaru ini berlatar tahun 1990-an. ild Bloom mengisahkan tentang Xu Banxia (Zhao Liying), wanita tangguh yang berhasil mendobrak industri baja dengan kecerdasan dan keberaniannya. Wild Bloom ditayangkan dengan 36 episode sepanjang 27 November hingga 14 Desember 2022.

Drama ini merupakan hasil adaptasi dari novel Bu De Wang Sheng yang ditulis oleh A Nai. Salah satu rekomendasi tontonan dari negeri China yang bisa jadi tontonan untuk mengisi waktu luang Sedulur di rumah bersama keluarga.

7. Once We Get Married

Dailysia

Sedulur yang menyukai drama romantis dengan latar pernikahan kontrak wajib memasukkan Once We Get Married dalam daftar tontonan. Drama yang dibintangi oleh Wang Yu Wen dan Wang Zi Qi ini menceritakan hubungan kontrak antara seorang CEO dengan perancang busana.

Kisah keduanya bermula ketika Gu Xi Xi (Wang Yu Wen) yang merupakan perancang busana pemula memiliki impian untuk membangun labelnya sendiri. Di sisi lain, ia juga membuka toko daring yang menyediakan layanan belanja untuk klien.

Suatu ketika, ia mendapat pesanan gaun pengantin dari desainer kenamaan. Untuk mendapatkan gaun tersebut, ia perlu menemui sang desainer yang kebetulan akan mendatangi suatu acara privat. Tanpa diduga, ia malah terlibat insiden dengan Yin Si Chen (Wang Zi Qi) yang merupakan CEO dari sebuah perusahaan besar di bidang retail. Yin Si Chen juga memiliki misi tersendiri untuk mendekati desainer tersebut.

Pertemuan tak terduga itu ternyata membawa Gu Xi Xi pada takdir yang tidak pernah ia sangka sebelumnya. Sebab, ia akhirnya harus terlibat dalam hubungan kontrak dengan Yin Si Chen demi mewujudkan mimpinya.

8. Love Scenery

Grid

Love Scenery merupakan drama China romantis terbaru yang menceritakan tentang seorang mahasiswa bernama Lu Jing. Ia memiliki bakat dalam bermain gim secara daring. Selain itu, Lu Jing juga diceritakan merupakan penggemar dari penyanyi perempuan bernama Liang Chen.

Lantaran sedang mengalami kebuntuan ide untuk menulis lagu, Liang Chen mencoba untuk bermain gim. Di sana ia berkenalan dengan seorang laki-laki yang ternyata adalah Lu Jing. Akan tetapi, Lu Jing tidak menyadari jika teman yang ditemuinya secara daring itu adalah penyanyi idolanya sendiri.

9. The Bond

Rakuten

Drama China terbaru yang berkisah tentang suami istri dengan 5 anak ini. Namun, semua kebahagiaan itu lenyap saat sang istri memilih untuk meninggalkan Zu Wang, sang suami membesarkan kelima anaknya sendiri.

Tak kuat dengan tekanan itu, Zu Wang pun makin sering mengabaikan anak-anaknya. Sang anak tertua akhirnya menjadi pengganti sosok orangtua untuk adik-adiknya. Mereka berlima pun bekerjasama bertahan hidup sendiri hingga usia dewasa dan uniknya hingga besar mereka masih punya ikatan persaudaraan yang kuat. Heartwarming, cocok buat Sedulur yang suka dengan cerita bertema keluarga yang penuh makna.

10. Unforgettable Love

Kumparan

Unforgettable Love adalah drama China romantis yang mempertemukan konglomerat dengan seorang psikiater. Semua berawal dari He We Fei, putra CEO kaya raya yang punya kepribadian unik. Sang ayah pun meminta bantuan seorang psikiater anak untuk membantunya membesarkan si putra kecil.

Sudah bisa ditebak, keduanya pastinya diharapkan akan berjodoh seiring plot cerita berjalan. Tentunya dengan argumen kocak di sana sini yang akhirnya berakhir dengan kesadaran kalau mereka sebenarnya saling peduli dan cinta. Sedulur bisa menonton semua episodenya di layanan streaming iQIYI.

BACA JUGA: 32 Drama Korea Terbaik Sepanjang Masa, Nggak Bikin Nyesel!

11. Count Your Lucky Stars

Rakuten

Sedulur yang menggemari serial lawas Meteor Garden wajib menonton drama satu ini. Sebab, Count Your Lucky Stars dibintangi oleh dua pemeran utama drama tersebut, yaitu Jerry Yan dan Shen Yue, di mana keduanya didapuk untuk bermain sebagai pemeran utama dalam drama Meteor Garden, namun berbeda generasi. Jerry Yan diketahui berperan sebagai Dao Ming Si pada Meteor Garden 2001, sedangkan Shen Yue memerankan karakter Dong Shancai untuk versi remake yang dirilis pada 2018.

Adapun Count Your Lucky Stars menceritakan tentang Lu Xing Cheng (Jerry Yan) dan Tong Xiao You (Shen Yue). Lu Xing Cheng merupakan seorang pemimpin redaksi majalah mode ternama. Meski dikenal dengan karakter angkuh, ia seolah tak pernah mengenal kata gagal dalam hidupnya. Dengan kata lain, ia selalu mengalami keberuntungan yang tentu menjadi keinginan banyak orang.

12. The Letter from the Cloud

DramaList

Rekomendasi drama China terbaru yaitu The Letter from the Cloud yang terdiri dari 26 episode dan tayanng pada bulan Desember tahun lalu. Drama ini dibintangi oleh Xie Binbin, Wu Jiayi, Jinna Fu, dan Zhang Sifan sebagai pemeran utama.

Cerita dalam The Letter from the Cloud berpusat pada keempat tokoh utamanya. Shen Yu (Wu Jiayi), yang merupakan putri dari pejabat korup, menikah dengan bangsawan Zhou Yue (Jinna Fu) yang ternyata merupakan seorang perempuan.

Setelah insiden ini, Shen Yu dan Zhou Yue sepakat untuk menjadi saudara perempuan yang disumpah. Mereka menggunakan pernikahan palsu untuk melindungi identitas dan rahasia masing-masing.

13. Song of the Moon

iQiyi

Rekomendasi drama China yang paling baru selanjutnya yaitu Song of the Moon yang hadir dengan genre angst. Sejak tayang perdana pada Desember 2022 lalu, drama ini menarik banyak perhatian. Drama ini diadaptasi dari novel Ben Yue karangan Shu Ke ini mempersembahkan kolaborasi antara Zhang Binbin, Xu Lu, Wang Youshuo, Zhenghe Huizi, dan Riley Wang.

Liu Shao (Xu Lu) hidup tanpa beban usai bertemu dengan seorang pria misterius ketika dirinya masih belia. Namun hidupnya berubah saat dirinya terlibat dalam pertempuran antara abadi dan iblis. Ia kemudian juga menemukan keterikatan antara dirinya dan seorang abadi misterius bernama Lu Li (Zhang Binbin).

14. Hi Venus

CDrama Addict

Hi Venus hadir dengan 24 episode yang disiarkan melalui platform Youku sejak 16 Desember 2022. Drama ini mengangkat kisah romansa antara seorang dokter anak yang bekerja di Klinik Desa Taoyuan, Ye Shilan (Liang Jie), dan direktur rumah sakit yang baru, Lu Zhaoxi (Zeng Shunxi). Drama ini bisa jadi salah satu rekomendasi tontonan Sedulur, terutama yang menantikan kisah romantis dalam sebuah drama.

15. The Blood of Youth

Wuxia Indonesia

Rekomendasi drama China terbaru selanjutnya yaitu The Blood of Youth. The Blood of Youth merupakan drama wuxia yang dibintangi oleh Li Hongyi, Liu Xueyi, Lin Boyang, Ao Ruipeng, Flora Dai, dan Li Xinze. Drama ini resmi tayang pada 26 Desember 2022 dan dijadwalkan tamat pada akhir Januari 2023 dengan 40 episode.

Diadaptasi dari novel Shao Nian Ge Xing yang ditulis Zhou Mu Nan, The Blood of Youth bercerita mengenai sekelompok pemuda dengan latar belakang berbeda yang melalui berbagai petualangan bersama.

16. Unchained Love

Rakuten

Rekomendasi drama China terbaru lainnya yang bisa jadi tontonan Sedulur adalah Unchained Love. Drama ini merupakan drama terbaru dari Dylan Wang dan Chen Yuqi. Drama yang merilis episode pertamanya pada 27 Desember 2022 ini mengadaptasi kisah dalam novel Fu Tu Yuan karangan You Si Jie.

Bu Yinluo yang diperankan Chen Yuqi merupakan wanita yang seharusnya dimakamkan bersama dengan mendiang kaisar. Namun, ia diselamatkan oleh Xiao Duo (Dylan Wang). Bu Yinluo akhirnya tinggal di Manor Xiao untuk mencari perlindungan.

17. Romance of a Twin Flower

Soompi

Bagi Sedulur yang mendambakan drama China yang menyuguhkan kisah cinta dengan alur yang ringan, drama satu ini sangat cocok jadi tontonan Sedulur. Alur ceritanya diadaptasi dari novel karya Bai Lu Cheng Shuang. Dramanya mengisahkan kehidupan Haifang yang tiba-tiba terbangun sebagai istri Adipati Ning Yu Xuan.

18. Nothing but You

iQiyi

Nothing but You menjadi salah satu drama China terbaru yang bisa kamu tonton. Drama ini dibintangi oleh si tampan Leo Wu dan aktris cantik Zhou Yu Tong sebagai pemeran utamanya. Meski terkesan complicated, ternyata drama garapan sutradara Chen Chang ini memiliki alur yang ringan.

Bahkan berbagai adegan romantis hingga komedinya berhasil membuat penonton merasa gemas.  Drama yang ditayangkan iQiyi ini menceritakan pertemuan seorang gadis dengan mantan atlet profesional. Lian You An ingin mencari suasana baru dari pekerjaannya yang membosankan.

19. Little Mad Doctor

Dailymotion

Selanjutnya adalah drama genre xianxia, yang merupakan drama yang menyuguhkan chemestry pasangan June Wu dan Chen Xin Yu. Sedangkan untuk alur ceritanya, drama ini menyuguhkan kisah fantasi mengenai seorang dokter modern yang tidak sengaja kembali ke masa lalu.

Kisahnya berawal ketika Chu Jin Hong yang dikenal sebagai dokter berbakat mengalami sebuah insiden. Bayangkan saja, dokter yang berasal dari zaman modern ini tiba-tiba melakukan perjalanan waktu ke ribuan tahun yang lalu.

20. Promise in The Summer

OtakuKart

Kisahnya berupa adaptasi dari web novel remaja berjudul “Master Devil Don’t Kiss Me” karya Jin Xia Mo yang sangat populer. Tak hanya itu, drama yang ditayangkan oleh WeTV ini dibintangi oleh aktor muda seperti Ma Hao Dong dan Liu Nian.

Drama ini menceritakan Tuan Muda Han Qi Lu yang merasa aneh dengan kondisinya sendiri. Pria muda ini mengidap sebuah penyakit aneh yang membuatnya tidak bisa berdekatan dengan orang lain. Anehnya, penyakit Tuan Muda Han Qi Lu ini tidak kambuh saat ia berdekatan dengan An Chu Xia. Ingin tahu apa yang terjadi padanya, Tuan Muda Han Qi Lu meminta An Chu Xia untuk hidup bersamanya.

BACA JUGA: 16 Rekomendasi Drama China yang Cocok Ditonton Saat Libur

21. Time and Him Are Just Right

DramaList

Diadaptasi dari novel Time Is Just Right With Him karya Jiang Mu Tong, Time and Him Are Just Right menyajikan kisah mengenai hubungan yang sehat antara kedua tokoh utamanya, yakni Lin Xi (Lu Yuxiao) dan Ji Junxing (Wu Junting).

Lin Xi dan Ji Junxing, dua remaja jenius, menghabiskan masa muda mereka bersama. Lin Xi merupakan gadis yang aktif dan pemberani. Sedangkan Ji Junxing berkepribadian dingin dan selalu berbicara terus terang. Keduanya memiliki kepribadian yang berbeda, namun saling melengkapi.

Time and Him Are Just Right resmi tayang pada 25 Desember 2022 lalu. Drama ini dijadwalkan tamat pada 11 Januari 2023 mendatang dengan 25 episode.

22. Flight to You

ChineseDrama

Flight to You merupakan rekomendasi drama selanjutnya. Drama ini diadaptasi dari novel  Yun Guo Tian Kong Ni Guo Xin karya Mu Qing Yu. Drama yang mengudara dengan 39 episode ini dibintangi oleh dua artis China ternama, yakni Tan Songyun dan Wang Kai.

Flight to You menceritakan tentang calon pilot penerbangan sipil yang memiliki perselisihan pribadi dengan kaptennya. Meski demikian, keduanya tetap harus bekerja sama. Setelah mengalami beberapa insiden penerbangan bersama, perasaan cinta mulai tumbuh di antara mereka.

Nah itu daftar rekomendasi drama China terbaru yang bisa jadi tontonan Sedulur. Semoga dari daftar drama di atas, terdapat rekomendasi drama yang bisa menjadi tontonan menghibur Sedulur di akhir pekan atau di waktu senggang. Selamat menonton ya, Sedulur!