cimoy montok

Cimoy Montok adalah sosok yang familier bagi pengguna TikTok Indonesia. Sayangnya ia bukan karena kontennya yang mengedukasi, tetapi justru karena sosoknya yang penuh kontroversi. Ia sering disandingkan dengan Kekeyi sebagai selebgram yang sering jadi bahan hujatan warganet. 

Dari rekam jejaknya, dara muda ini memang mengalami beberapa perubahan. Dari penampilannya yang biasa, berubah jadi berwajah lebih cerah, berhijab, dan kini Cimoy lepas hijab kembali. Berikut beberapa fakta dan hal menarik yang bisa kita petik dari eksistensi influencer belia ini. 

BACA JUGA: Mengenal Sisca Kohl, Profil dan Sumber Kekayaannya, Crazy Rich!

1. Cimoy dulu dirundung karena penampilannya yang dianggap tidak memenuhi standar kecantikan pada umumnya 

cimoy
instagram.com/cimoynuraini_wjy

Gadis bernama asli Nuraini yang dulu dikenal lewat video-video joget dan lipsync-nya di TikTok. Ia juga kerap membuat skit-skit komedi dengan tema percintaan anak muda. Sepintas tak ada yang salah dengan kontennya saat itu.

-->

Kebanyakan hujatan yang menimpanya justru berkaitan dengan Cimoy umur dan penampilannya yang tidak memenuhi standar kecantikan Indonesia pada umumnya. Selain itu, ia sering “diserang” karena latar video yang jauh dari kesan mewah. 

2. Sempat mengubah penampilan dan dibilang mirip Lesti Kejora 

instagram.com/cimoynuraini_wjy

Di akhir 2020, menurut biodata Cimoy yang lahir pada 2005 ini mulai mengubah penampilannya. Wajahnya tampak lebih bersinar. Bahkan banyak yang berspekulasi ia melakukan operasi atau perawatan medis khusus untuk mencerahkan kulitnya.

Namun, ia tak menggubris komentar warganet dan menyakinkan mereka bahwa wajah glowing-nya ia dapat dengan belajar merias wajah. Sebagian orang bahkan menganggapnya mirip penyanyi dangdut muda yang sedang naik daun, Lesti Kejora. 

3. Sempat dapat simpati warganet saat memutuskan tampil dengan hijab 

cimoy
instagram.com/cimoynuraini_wjy

Selang beberapa bulan setelahnya, selebgram ini memutuskan untuk tampil dengan hijab. Warganet beramai-ramai memuji dan mendukungnya. Meskipun sebenarnya tidak ada perubahan pada konten yang ia buat di platform media sosial. Cimoy bahkan kadang hanya menampilkan wajahnya dengan diiringi lagu-lagu yang sedang hits di platform tersebut. Dengan begitu, sebenarnya kecenderungan netizen Indonesia menilai seseorang dari fisik jadi makin terbukti. 

BACA JUGA: 6 Fakta Dita Karang Secret Number, Idol Korea Asal Indonesia

4. Cimoy juga menjalani operasi untuk mengubah bentuk hidungnya 

instagram.com/cimoynuraini_wjy

Siapapun memang berhak melakukan operasi atau prosedur perawatan wajah sesuai dengan kemampuan dan kehendak masing-masing. Namun, Cimoy sekarang mendapat perhatian karena umurnya yang masih sangat belia. Pada awal 2021 saat menjalani operasi untuk mengubah bentuk hidungnya, ia masih berusia 16 tahun. 

Hal yang sama juga sempat menimpa Kylie Jenner yang mendapat cemooh karena keputusannya melakukan banyak perubahan pada wajah dan tubuhnya di usia yang masih belia. Banyak yang kemudian menyalahkan peran sang ibu yang suka membanding-bandingkan fisik Kylie dengan sang kakak, Kendall. Begitu pula dengan Cimoy yang bisa jadi melakukan operasi akibat tekanan warganet yang mencemooh dan meremehkan penampilan aslinya.

5. Menjelang akhir 2021, ia kembali melepas hijab dan membuatnya jadi bahan hujatan lagi 

cimoy
instagram.com/cimoynuraini_wjy

Tanpa disangka, Cimoy ternyata memilih untuk melepas hijab yang sempat ia kenakan. Remaja ini kembali tampil dengan rambut pendek andalannya. Ini diikuti pula dengan perubahan pada latar videonya yang kini tampak lebih mewah dan elegan. Melihat perubahan ini, warganet kembali menghujatnya di kolom komentar. Namun, ia membalasnya dengan sikap masa bodoh. 

6. Cimoy dan Kekeyi jadi contoh bagaimana warganet bisa melakukan framing pada citra seseorang 

instagram.com/cimoynuraini_wjy

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, nasib dan tangga karier Cimoy mirip dengan cerita Kekeyi. Bedanya Kekeyi sempat mendapat simpati di awal kemunculannya tetapi baru dihujat saat ia mulai populer dan melakukan beberapa blunder fatal.

Cimoy di sisi lain sejak awal dihujat karena videonya yang sebenarnya hanya dibuat untuk iseng atau hiburan mendadak viral dan ia tidak memenuhi kriteria selebgram yang ideal menurut warganet. Sempat beredar gosip jika Cimoy hamil, hal itu tidak membuat dirinya goyah.

Mengingat mereka kini mencari nafkah dari engagement di media sosial,  warganetlah yang seakan menjadi juri dalam karir mereka. Uniknya di Indonesia, mendapat citra buruk tidak menghalangimu untuk tetap meraup untung dari endorsement dan panggilan untuk tampil di acara talkshow.

BACA JUGA: 7 Potret Rumah Nathalie Holscher Hadiah dari Sule, Rezeki Calon Buah Hati

7. Masa depan masih panjang, ia masih bisa memilih jadi apapun ketimbang hidup di bawah sorotan warganet 

cimoy
instagram.com/cimoynuraini_wjy

Tidak ada yang tahu sampai kapan karier Cimoy dan selebgram kontroversial lainnya akan bertahan. Viral memang bisa memberikan keuntungan finansial dan jika beruntung akan menaikkan status sosial.

Namun, kelanggengannya tidak bisa ditentukan. Ia mungkin sedang mendaki tangga karier yang tampak menjanjikan. Namun, sudah banyak contoh kasus sosok viral yang akhirnya terlupakan dan kembali menjadi orang biasa. Ia diuntungkan dengan usianya yang masih belia. Ia bisa berpindah jalur kapan saja. 

8. Kadang kita lupa kalau Cimoy masih berusia sangat belia 

instagram.com/cimoynuraini_wjy

Hujatan yang disematkan bertubi-tubi pada selebgram merupakan konsekuensi atas keputusannya mengekspos diri ke media sosial. Ini membuat orang lupa bahwa Cimoy hanyalah remaja belasan tahun yang belum matang secara psikologi. Ia masih mencari jati diri dan mungkin belum secure dengan dirinya sendiri. Ia masih punya banyak waktu untuk belajar dan mencari pengalaman. 

Itu tadi beberapa hal tentang Cimoy yang bisa kita petik. Suka atau tidak, tak ada alasan bagi kita untuk melakukan online bullying padanya. Ingat bahwa setiap orang punya perjuangan dan masalah masing-masing yang tak pernah kita tahu. Yuk, jadi warganet yang bijak.