Business Proposal, drama Korea dengan pemain Kim Sejeong dan Ahn Hyo Seop ini menarik perhatian banyak warga net. Pasalnya, banyak adegan-adegan viral yang lucu sehingga semakin banyak orang yang penasaran dengan keseluruhan ceritanya. Selain kisah cinta pemain utama, kehadiran karakter pendukung juga mewarnai alur cerita drama Korea yang satu ini.

Drama ini berakhir hampir bersamaan dengan drama Korea populer lain yang ditayangkan di Netflix, seperti Thirty Nine, Twenty Five Twenty One, dan Forecasting Love and Weather. Business Proposal episode pertama ditayangkan pada 28 Februari dan berakhir pada 5 April 2022. Kini inilah sinopsis Business Proposal berapa episode yang seluruhnya berjumlah 12. Cukup singkat ya, Sedulur.

BACA JUGA: Sinopsis Stranger from Hell, Kost Berisi Tetangga Aneh

Sinopsis Business Proposal

business proposal
Jurnalistika

Sinopsis Business Proposal webtoon ini menceritakan tentang Shin Ha Ri yang diperankan oleh Kim Sejeong yang merupakan seorang karyawan perusahaan. Ia bekerja sebagai peneliti yang bertugas mengembangkan makanan atau menu-menu baru untuk makanan yang diproduksi oleh perusahaan tempatnya bekerja.

-->

Shin Ha Ri memiliki sahabat bernama Jin Young Seo yang diperankan oleh Seol In Ah yang merupakan anak orang kaya yang memiliki karir cemerlang. Hal itu juga yang menyebabkannya sering diminta kencan buta dengan pewaris perusahaan lainnya oleh keluarganya. Namun, Jin Young Seo sangat muak dengan perjodohan tersebut dan lebih memilih untuk memperjuangkan cinta yang ingin ditemukannya sendiri.

Oleh karena itu, Jin Young Seo kerap kali mengutus Shin Ha Ri untuk menggantikannya. Shin Ha Ri sendiri selalu datang menggantikan sahabatnya dan melakukan hal-hal konyol sehingga orang lain tidak mau memilihnya. Hingga pada suatu hari, hal itu kembali terjadi. Shin Ha Ri yang membutuhkan uang pun memutuskan untuk menggantikan temannya. Namun ternyata, laki-laki yang ditemuinya ini adalah CEO perusahaan tempat Ha Ri bekerja.

Pada hari itu, Kang Tae Moo baru saja datang ke Korea Selatan dan menghadiri kencan buta karena alasan tertentu. Ia sendiri merupakan seorang pria yang memiliki kepribadian menarik dan sering membangkang, misalnya dengan tidak menghadiri pesta meriah yang sudah diselenggarakan keluarganya untuk menyambut kepulangannya.

Drama ini terus berlanjut mengisahkan cinta karyawan dan bosnya ini. Selain itu, perjalanan asmara teman-teman karakter utama juga turut menjadi perhatian para penonton karena sama-sama menarik untuk diikuti. Business Proposal ending membuat para penonton mencari-cari lagi drama serupa yang bisa semenghibur drama yang satu ini. Sekilas, itulah sinopsis Business Proposal. Yuk, kita cari tahu lebih banyak tentang pemainnya!

Pemain Business Proposal

Mpotimes

Business Proposal pemain yang pertama kita awali dengan Ahn Hyo Seop yang memerankan sebagai Kang Tae Moo. Pemeran utama pria dalam drama ini besar di Toronto, Kanada, setelah pindah bersama keluarganya saat ia berumur 7 tahun. Ia kembali ke Korea Selatan saat berumur 17 tahun, sedangkan keluarga masih menetap di sana.

Ahn Hyo Seop pernah menjalani masa trainee K-Pop di JYP Entertainment. Namun karirnya berlanjut di dunia akting dengan debutnya pada mini drama tahun 2015 berjudul Splash Splash Love. Ia kemudian mulai populer setelah muncul dalam drama lain seperti Still 17, Dr. Romantic, dan Lovers of The Red Sky.

Selanjutnya ada lawan mainnya, yaitu Kim Sejeong. Ia dikenal banyak orang sejak kemunculannya pada Produce 101 dan berhasil masuk final line up grup I.O.I dan menempati peringkat kedua. Karena kemampuannya, Sejeong mulai dijuluki ‘God Sejeong’. Terbukti ia berhasil meraih peringkat atas pada ajang kompetisi dunia K-Pop, mampu berakting, pandai membawakan acara dan mampu tampil baik dalam variety show.

Selain drama ini, Kim Sejeong pernah menjadi pemeran utama pada School 2017 bersama Kim Jung Hyun dan The Uncanny Counter. Sejeong juga tampil di beberapa variety show, salah satunya variety show original Netflix berjudul Busted bersama Lee Jae Seok, Park Min Young, Oh Sehun, dan pemain-pemain lainnya.

Alasan kenapa harus menonton Business Proposal

business proposal
Sanepo

Pada review Business Proposal, banyak yang mengatakan ini sebagai drama lucu yang tidak boleh dilewatkan. Namun secara ringkas, beberapa hal yang menjadi alasan mengapa drama ini worth to watch akan kita ringkas sebagai berikut.

  • Cerita yang ringan, berasal dari kisah cinta klise namun membuat tontonan tidak membutuhkan pemikiran yang berat sehingga nyaman ditonton kapan saja. Saat Sedulur merasa penat, drama ini mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk melepaskan beban sejenak.
  • Aktor-aktor dalam drama ini masih sangat fresh dan mereka menunjukkan penampilan terbaiknya. Visual dari para pemain pun dijamin membuat penonton betah berlama-lama melihat penampilan mereka. Untungnya, mereka pun dapat tampil dengan baik melalui aktingnya.
  • Dalam Nielsen Korea, drama ini meraih rating yang tinggi yaitu mencapai 8,7% saat memasuki episode ke-4. Bahkan mereka pernah mencapai rating 10, 1% pada salah satu episodenya.

BACA JUGA: Sinopsis & Review Drama Korea It’s Okay To Not Be Okay

Rekomendasi drama mirip Business Proposal

Mpotimes

Bagi Sedulur yang tertarik dan memilih untuk menonton drama ini, masih banyak pilihan drama lain yang memiliki cerita kurang lebih sama. Diantara, ada What’s Wrong with Secretary Kim yang diperankan oleh Park Min Young dan Park Seo Joon. Kemudian ada The Secret Life of My Secretary, hingga Strong Woman Do Bong Soon.

Demikian seputar drama Korea Business proposal. Semoga ini membantu Sedulur untuk memutuskan apakah akan menonton dramanya atau tidak ya. Sampai jumpa di sinopsis drama Korea lainnya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!