bae suzy

Buat penggemar K-Pop dan K-Drama, nama Bae Suzy pasti sudah tidak asing. Ia salah satu selebritas papan atas yang wajah rupawannya sering menghiasi layar kaca.

Belakangan, ia dikenal karena perannya di serial Start-Up dan Vagabond. Namun, sepak terjangnya tidak terbatas di situ. Ada banyak fakta menarik tentang Bae Suzy yang wajib Sedulur tahu. Simak kalau mengaku jadi penggemarnya.

BACA JUGA: Sinopsis Vagabond, Kisah Penyelidikan Kecelakaan Pesawat

1. Biodata lengkap 

bae suzy
Instagram @skuukzky

Suzy bernama asli Bae Su Ji dan lahir di Gwangju pada 10 Oktober 1994. Ia adalah anak tengah yang peduli dengan keluarganya, bahkan dikenal dermawan dan tidak tanggung-tanggung saat memberikan hadiah atau sekadar menelepon mereka meski jadwalnya padat. Bae Suzy tinggi adalah 5 kaki 6 inci atau sekitar 167 cm. Lumayan tinggi untuk ukuran orang Asia.

-->

Tidak ada keterangan resmi tentang Bae Suzy agama. Beberapa sumber menyatakan ia seorang penganut ajaran Kristen, tetapi tidak jelas apakah Protestan atau Katolik. 

2. Pernah jadi model di usia belia 

Instagram @skuukzky

Wajahnya yang rupawan membuat Suzy sudah diminati berbagai brand untuk menjadi model. Iklan pertamanya adalah sebuah shopping mall. Saat itu sang artis baru berusia 15 tahun. Tak heran bila dari situ, bakat modelingnya makin terasah.

3. Memulai kariernya sebagai idol 

bae suzy
Instagram @skuukzky

Sebelum membintangi banyak drama dan film, Suzy adalah seorang penyanyi atau idol K-Pop. Ia pernah mengikuti sayembara Superstar K di tahun 2009, tetapi gagal di tengah jalan. Meski begitu, ia menarik perhatian para pencari bakat dari manajemen artis yang akhirnya merekrutnya sebagai trainee. Di tahun 2010, Suzy debut bersama girl group Miss A yang berada di bawah naungan JYP Entertainment. 

Di sana, Suzy disatukan dengan ketiga talent lainnya, yakni Fei, Jia, dan Min. Bersama ketiga rekannya, Suzy berhasil merilis dua album studio yang sebenarnya cukup sukses. Namun, Miss A akhirnya resmi bubar di tahun 2017 setelah dua anggotanya, Jia dan Min memutuskan untuk keluar dari grup sehingga menyisakan Suzy dan Fei. Pihak manajemen tidak menyangkal bahwa alasan pembubaran tak lain karena kesibukan para member dengan proyek solo mereka.

4. Suzy pertama kali tampil di drama Dream High

Instagram @skuukzky

Drama tersebut bergenre musikal dan memang diisi beberapa nama-nama idol pendatang baru. Termasuk Suzy yang saat itu masih berusia 16 tahun. Ia dipertemukan dengan para debutan lain yang tak kalah keren seperti Kim So Hyun, Ok Taec Yeon, Jang Wooyoung, dan IU. Selain berakting, banyak adegan menyanyi dan menari di drama tersebut. Selain itu, di tahun yang sama Suzy juga dapat tawaran menjadi cast reguler untuk sebuah reality show berjudul Invincible Youth 2.

5. Film pertamanya berjudul Architecture 101

bae suzy
Instagram @skuukzky

Setahun setelahnya, ia kembali berakting di film Architecture 101 yang menjadi film debutnya. Ia memerankan versi muda salah satu protagonis utama dan beradu akting dengan Lee Je Hoon yang juga dikenal sebagai aktor prominen di Korea Selatan.

Mereka memerankan dua mahasiswa arsitektur yang berkawan baik dan sebenarnya saling jatuh cinta, tetapi tidak bisa bersatu karena lain hal. Sampai akhirnya bertemu kembali di usia akhir 30-an. Film ini sukses berat dan termasuk salah satu yang terlaris di Korsel pada tahun 2012. Otomatis melambungkan nama Je Hoon dan Suzy sebagai dua aktor pendatang baru yang kariernya menjanjikan.

BACA JUGA: Sinopsis Sweet Home, Saat Manusia Berubah Menjadi Monster

6. Terlibat dalam drama Big di tahun 2012 

bae suzy
Instagram @skuukzky

Selain film, Suzy juga tampil sebagai pemeran pendukung di drakor berjudul Big yang dibintangi aktor kawakan Gong Yoo dan Lee Min Jung sebagai pemeran utama. Meski posisinya hanya second lead actress, Suzy tampil di 14 episode. Drama ini bergenre komedi fantasi dengan plot yang cukup menarik. Kang Kyung Joon, seorang murid SMA mengalami kecelakaan dengan seorang dokter yang merupakan tunangan sang guru di sekolah. Saat terbangun, Kyung Joon justru bangun di tubuh sang dokter dan harus menjalani kehidupan sebagai orang dewasa.

7. Pertama kali dipertemukan dengan Lee Seung Gi di drama Gu Family Book 

Instagram @skuukzky

Setahun setelahnya, Bae Suzy kembali ke layar kaca lewat drama Gu Family Book atau yang dikenal pula dengan judul Kangchi, the Beginning. Di sini ia mendapat peran yang signifikan, bersama protagonis laki-laki yang diperankan Lee Seung Gi. Lee memerangkan sosok Choi Kang Chi, seorang manusia setengah “gumiho” yang ingin menjadi manusia seutuhnya. Sementara, Suzy memerankan love interest Kang Chi, yaitu seorang instruktur bela diri yang jatuh cinta pada Kang Chi dengan segala rahasia dan keadaan yang menyertai pujaan hatinya.

7. Kembali jadi pemeran utama di serial Uncontrollably Fond 

bae suzy
Instagram @skuukzky

Setelah beberapa tahun mengisi pos pemeran pendukung di beberapa drama dan film layar lebar, Suzy kembali didapuk menjadi pemeran utama di drama Uncontrollably Fond di tahun 2016. Kali ini, sang aktris dipasangkan dengan Kim Woo Bin. Keduanya memerankan teman kecil yang dipertemukan kembali di usia dewasa mereka dan bekerja di bidang yang mirip. Bae Suzy meraih dua nominasi penghargaan dan memenangkan salah satunya, yaitu kategori Asia Artist Award.

8. Tampil lagi di melodrama While You Were Sleeping 

Instagram @skuukzky

Di tahun 2017, Suzy kembali kedapatan peran utama di drama While You Were Sleeping. Ia menjadi seorang perempuan bernama Nam Hong Joo yang memiliki kemampuan melihat masa depan lewat mimpinya. Namun, selama ini ia tak pernah bisa mencegah kejadian tersebut. Hingga suatu hari, tetangganya yang bekerja sebagai jaksa mendapat kemampuan yang sama. Bersama, mereka mencoba mencegah sebuah kejadian tragis terjadi. Sang jaksa diperankan oleh aktor Lee Jong Suk. Selain itu, ada nama tenar lain seperti Kong Sung Hee, Lee Sang Yeob, dan Jung Hae In di melodrama laris ini.

9. Dipertemukan kembali dengan Lee Seung Gi di Vagabond

Instagram @skuukzky

Di tahun 2019, drama Bae Suzy yang berjudul Vagabond rilis. Ia kembali dipertemukan dengan Lee Seung Gi dan keduanya memerankan protagonis utama yang saling jatuh cinta. Vagabond mengisahkan upaya seorang aktor menginvestigasi kecelakaan pesawat yang menewaskan keponakannya. Ia kemudian bertemu dengan seorang pegawai badan intelijen Korea yang diperankan Bae Su Ji.

10. Membintangi drama Netflix berjudul Start-Up 

bae suzy
Instagram @skuukzky

Setelah selesai dengan film berjudul Ashfall di tahun 2019, Suzy fokus menggarap proyek Start-Up, sebuah drakor tvN yang tayang secara internasional lewat Netflix. Tayang di masa pandemi, Start-Up menjadi salah satu tontonan yang hits secara internasional, termasuk di Indonesia. Ia berperan sebagai tokoh utama Seo Dal Mi, perempuan muda yang bekerja di industri teknologi dan beraspirasi menjadi Steve Jobs. Dalam prosesnya, ia bertemu dengan dua sosok laki-laki yang entah berniat tulus atau tidak padanya. Nam Joo Hyuk dan Kim Seon Ho memerankan dua pria yang mengelilingi karier Seo Dal Mi.

BACA JUGA: The World of My 17, Kisah tentang Kehidupan Anak SMA

11. Pernah menjalin asmara dengan Lee Min Ho dan Lee Dong Wook 

Instagram @skuukzky

Kebanyakan selebritas Korea menyimpan rapat-rapat kisah asmara mereka. Ini karena berbagai hal dan faktor yang diharapkan tidak mengganggu kariernya. Namun, Bae Suzy justru beberapa kali terpergok menjalin asmara dengan beberapa nama tenar di industri hiburan Korsel.

Pacar pertama Bae Suzy dari kalangan artis adalah aktor Lee Min Ho. Hubungan mereka bertahan cukup lama yaitu 2 tahun. Sebelum akhirnya berpisah di tahun 2018. Spekulasi yang beredar menyebut, keretakan hubungan itu muncul karena kedekatan Suzy dengan Kim Woo Bin di salah satu proyek yang mempertemukan mereka. Tak berapa lama, Suzy kembali dikonfirmasi menjalin hubungan dengan Lee Dong Wook. Namun, hubungan mereka tak berjalan lama. Kini, belum ada kabar terbaru terkait pacar baru maupun suami Bae Suzy.

12. Di tahun 2022, Suzy kembali merambah musik 

Instagram @skuukzky

Setelah drama Start-Up di tahun 2020, Suzy justru dikabarkan sedang getol menggarap karier musiknya sebagai penyanyi solo. Ia baru saja merilis single baru berjudul “Satellite” yang juga sudah dirilis bersama video musiknya. Ini adalah comeback-nya di dunia musik setelah vakum lebih dari 4 tahun.

13. Sedang menggarap proyek drama berjudul Anna 

bae suzy
Instagram @skuukzky

Sementara di ranah akting, Suzy dikabarkan sedang menggarap drama berjudul Anna. Drama psikologi ini mendapuknya sebagai sosok Yu Mi yang hidup dengan kebohongan, tetapi berhasil membuatnya mendapatkan kehidupan nyaman. Rahasia itu bahkan ia simpan rapat-rapat dari sang suami dan hanya ada satu orang yang tahu, yakni sahabatnya. Selain Suzy, Kim Joon Han dan Park Ye Young dikabarkan juga terlibat di sini. Anna diprediksi akan dilepas ke publik musim panas 2022 ini. Namun, penundaan mungkin saja terjadi.

14. Aktif di media sosial 

bae suzy
Instagram @skuukzky

Bisa dibilang, tidak semua artis Korea aktif di media sosial. Beberapa bahkan tidak memilikinya sama sekali. Namun, Suzy termasuk aktris yang aktif di jagat maya. Kalau mau menengok lebih jauh tentang kegiatannya, Sedulur bisa cek Bae Suzy Instagram dengan nama pengguna @skuukzky. Sejak aktif di platform media sosial tersebut, sang aktris sudah mengumpulkan belasan juta pengikut.

15. Meninggalkan JYP dan bergabung dengan manajemen baru

Instagram @skuukzky

Di tahun 2019, Suzy memutuskan untuk mengakhiri kontrak dengan JYP Entertainment dan bergabung dengan Management SOOP. Kepergiannya menjadi tanda bahwa Suzy ingin fokus berakting mengingat SOOP adalah rumah untuk beberapa aktor dan aktris papan atas Korsel seperti Gong Yoo, Choi Woo Shik, dan Nam Joo Hyuk.

Berbagai hal tentang Bae Suzy, mulai umur, riwayat karier dan percintaan sudah dibahas tuntas. Sang aktris memang punya faktor X tersendiri yang bikin ia dicintai fans dan kariernya langgeng. Tentunya tak hanya modal tampang, tetapi etos kerja dan bakat yang alamiah di bidang hiburan. Sukses terus buat Bae Suzy!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!