anime tentang mangaka

Anime tentang mangaka memang memiliki tempat tersendiri di hati para penggemar. Terdapat banyak sekali halangan dan rintangan yang harus mereka lewati untuk bisa sampai ke titik saat ini. Tentu saja perjuangan dan kerja keras mereka sangat cocok dijadikan sebagai tontonan anime.

Bagi yang belum tahu, mangaka sendiri adalah sebutan bagi para pembuat manga, komik khas Jepang yang umumnya terdiri dari beberapa volume. Tidak hanya harus pintar menggambar, mereka juga harus dapat menghidupkan imajinasi mereka ke dalam cerita yang dituliskan.

Bagi yang penasaran, berikut ini beberapa rekomendasi anime yang menceritakan tentang perjalanan dan perjuangan seorang mangaka!

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Anime Fantasy Terbaik di 2023

1. Bakuman (2010)

anime tentang mangaka
B-Station/Bakuman

Anime tentang mangaka pertama adalah Bakuman. Anime ini mengikuti kisah dua siswa SMA, Moritaka Mashiro dan Akito Takagi. Moritaka, seorang siswa yang berbakat secara artistik mengetahui bahwa teman sekelasnya, Akito ingin menjadi penulis manga.

Akito meyakinkan Moritaka untuk bekerja sama dengannya, membentuk kolaborasi untuk menciptakan manga dan mencapai impian mereka untuk diserialkan di majalah manga populer Shonen Jump. Untuk mencapai tujuan, Moritaka mengambil peran sebagai seniman, sedangkan Akito menangani penulisan.

Seiring berjalannya waktu, Moritaka dan Akito menghadapi berbagai tantangan, termasuk persaingan sengit, tuntutan editorial, dan tekanan untuk menghasilkan karya yang resonan dengan para pembaca. Anime ini mengeksplorasi tema-tema seperti dedikasi, persahabatan, persaingan, dan hasrat artistik.

2. Sakura Sou No Pet Kanojo (2012)

Menceritakan tentang Sorata Kanda, seorang siswa SMA yang dipindahkan ke asrama untuk murid-murid bermasalah, Sakura-sou, karena memungut anak kucing. Di Sakura-sou, Sorata bertemu dengan animator, Misaki Kamiigusa, penulis naskah, Jin Mitaka, programmer, Ryuunosuke Akasaka, dan guru seni, Chihiro Sengoku.

Suatu hari, Sorata diminta oleh Chihiro untuk menjemput keponakannya, Shiina Mashiro, yang datang dari Inggris untuk belajar menggambar manga di Jepang. Shiina sangat berbakat dalam seni, bahkan sudah diakui dunia, tetapi tidak bisa mengurusi keperluannya sendiri, sehingga Sorata pun harus mengurusnya.

3. Comic Girls (2018)

Seorang siswi SMA bernama Kaoruko Moeta yang juga dikenal dengan nama panggilan Chaos, adalah seorang mangaka pemula yang telah debut di usia muda. Meskipun memiliki bakat dalam menggambar, Chaos merasa kesulitan menangkap esensi cinta dalam karyanya.

Suatu hari, dia terbangun dan menemukan dirinya terlempar ke dalam sebuah asrama khusus yang ditinggali oleh empat mangaka perempuan lainnya. Asrama tersebut dihuni oleh karakter-karakter dengan kepribadian yang berbeda dan memiliki pengalaman dalam membuat manga.

Bersama-sama dengan teman sekamar di asrama, Chaos menjalani kehidupan sehari-hari layaknya dua orang sahabat yang sangat dekat, sambil berusaha meningkatkan keterampilan dan mencapai kesuksesan sebagai mangaka.

4. Kakushigoto (2020)

Gotou Kakushi merupakan  seorang mangaka terkenal yang sukses dengan karyanya. Namun, dia memiliki rahasia besar yang dia sembunyikan dari semua orang, termasuk anaknya yang bernama Hime. Kakushi sangat ingin melindungi putrinya dari sisi gelap dunia manganya yang penuh dengan konten dewasa.

Ceritanya berfokus pada upaya Kakushi untuk menyembunyikan pekerjaannya yang sebenarnya sebagai mangaka yang menulis manga dengan konten dewasa dari putrinya yang masih remaja. Setiap hari, Kakushi berusaha menjaga rahasia ini dan membuat alasan kreatif tentang pekerjaan yang sebenarnya.

Di samping itu, Kakushigoto juga memperlihatkan kilas balik tentang kehidupan Kakushi dan bagaimana dia meraih kesuksesan. Serial ini menyentuh berbagai aspek kehidupan seorang mangaka, seperti tantangan, tekanan industri, dan kesulitan dalam mempertahankan kehidupan yang normal.

5. Otonari no Ginga (2023)

Sejak kedua orang tuanya meninggal, mangaka yang bernama Ichiro Kuga harus mengurus dan juga membiayai hidup dari kedua adiknya. Masalahnya, dia hanya seorang lulusan sekolah menengah saja. Ichiro pun tidak dapat mempelajari cara untuk menggunakan komputer dengan benar.

Dia hanya dapat bergantung pada pena yang dimilikinya. Di tengah keputusasaannya, Ichiro tiba-tiba juga ditinggalkan oleh asisten yang selama ini mendampinginya. Namun, dia dikejutkan dengan kedatangan dari seorang gadis yang tiba-tiba menawarkan diri untuk menjadi asistennya.

Dia pun menyadari jika prospek masa depannya mulai terlihat cerah. Akhirnya semangatnya mulai kembali, dan dia mulai berjuang menjadi seorang mangaka yang sukses. Tidak hanya itu, dia juga sadar bahwa kehadiran asisten barunya tersebut sangatlah berarti.

BACA JUGA: 50 Anime Reinkarnasi Overpower Rating Terbaik, Harus Nonton!

6. Gekkan Shoujo Nozaki-kun (2014)

iQiyi/Gekkan Shoujo Nozaki

Anime tentang mangaka ini menceritakan sosok Chiyo Sakura, seorang siswi SMA yang jatuh cinta pada sesama teman sekelasnya, Umetarou Nozaki. Namun, ketika ia mencoba mengungkapkan perasaannya kepada Nozaki, situasinya malah berubah menjadi lucu dan kacau.

Chiyo akhirnya menemukan bahwa Nozaki adalah seorang mangaka terkenal yang menggunakan nama pena Sakiko Yumeno dan menciptakan manga shoujo yang populer. Meskipun Chiyo tidak dapat menyatakan perasaannya dengan jelas, Nozaki, yang menganggapnya sebagai penggemar yang baik.

Dia pun mengundangnya untuk membantu dalam pekerjaannya. Chiyo akhirnya menjadi asisten mangaka-nya, dan keduanya bersama-sama menjalani kehidupan sehari-hari yang penuh dengan kekonyolan dan  juga kejutan yang lucu.

7. Eizouken ni wa Te wo Dasu na! (2020)

Midori Asakusa adalah seorang siswi SMA yang sangat terobsesi dengan dunia animasi dan ingin membuat karyanya sendiri. Suatu hari, dia bertemu dengan Sayaka Kanamori, seorang teman sekelas yang memiliki pandangan praktis terhadap keuangan dan anggaran.

Bersama dengan Tsubame Mizusaki, seorang siswi yang memiliki bakat di dunia seni dan bercita-cita menjadi animator profesional, mereka membentuk klub eksplorasi animasi. Ketiga gadis ini, dengan keahlian dan minat mereka yang berbeda-beda, bergabung untuk menciptakan anime.

Dengan semangat dan imajinasi yang tinggi, mereka mulai merancang dunia mereka sendiri, menciptakan karakter, dan mengeksplorasi berbagai teknik animasi. Mereka berjuang dengan sekuat tenaga untuk bisa meraih mimpinya selama ini.

8. Shirobako (2014-2015)

Lima teman perempuan, Aoi Miyamori, Ema Yasuhara, Shizuka Sakaki, Misa Toudou, dan Midori Imai, bermimpi membuat sebuah anime bersama saat mereka masih di klub animasi di sekolah menengah. Setelah lulus, mereka mengambil jalur yang berbeda dalam industri, namun impian mereka tetap hidup.

Aoi Miyamori memulai karirnya di Musashino Animation, sebuah studio animasi. Di sana, dia merasakan kegembiraan dan tekanan yang terlibat dalam membuat sebuah anime. Dia bekerja sebagai produser dan berusaha mengatasi berbagai tantangan yang muncul, termasuk deadline ketat dan masalah produksi lain.

Walaupun tidak secara langsung menjadi anime tentang mangaka, namun Shirobako mampu memberikan pandangan mendalam ke dalam industri animasi Jepang. Anime ini benar-benar menyoroti upaya dan perjuangan yang terlibat dalam pembuatan anime dan manga.

Nah, itulah beberapa anime tentang mangaka yang bisa direkomendasikan. Selain menghadirkan alur cerita yang menarik, setiap anime di atas tentu juga memiliki banyak pelajaran yang dapat diambil.

Bahkan judul-judul anime tersebut juga memiliki pendekatan unik terhadap tema terkait dengan pembuatan karya seni. Selain itu, anime-anime tersebut juga mampu memberikan pandangan yang menarik tentang dunia kreativitas dan industri yang berhubungan dengan manga.