anime movie romance

Bagi para penggemar film bergenre romantis tampaknya harus merasa bahagia. Pasalnya, belakangan ini genre tersebut tidak hanya didominasi oleh serial drama Korea saja. Negara tetangganya, Jepang juga turut menghadirkan cerita romantis dalam banyak judul anime movie romance.

Tentu saja alur cerita yang dihadirkan tidak kalah seru dan juga buat baper (terbawa perasaan). Bahkan ada juga anime yang berhasil membuat para penonton sampai meneteskan air mata, karena cerita yang dibawakan olehnya.

Nah, apakah Sedulur juga merupakan penggemar film dengan genre romance? Kebetulan, kali ini ini kita akan mengulas sederet anime movie romantis yang terbaik dan wajib untuk ditonton. Langsung saja, berikut ini daftarnya!

BACA JUGA: Urutan Nonton Hellsing Terlengkap, Jangan Sampai Salah!

-->

1. Kimi no Nawa

VOI

Mitsuha Miyamizu adalah seorang gadis yang tinggal di desa Itomori. Dia merasa terjebak dalam kehidupan pedesaan yang monoton, dan bermimpi untuk hidup di kota besar Tokyo. Sementara itu, Taki Tachibana yang merupakan seorang siswa pria di Tokyo, justru ingin hidup di desa pedesaan yang damai.

Tanpa disadari, Mitsuha dan Taki mulai mengalami pertukaran tubuh yang misterius. Mereka bangun di tubuh satu sama lain, dan merasa bingung karena perubahan identitas tersebut.

Walau awalnya terkejut dan bingung, keduanya mulai saling berkirim pesan dan petunjuk untuk menavigasi kehidupan masing-masing. Akan tetapi, situasi menjadi lebih kompleks saat mereka sadar jika pertukaran tubuh yang terjadi berkaitan dengan peristiwa besar yang akan datang.

2. Howl’s Moving Castle

Gadis muda yang bekerja di toko topi bernama Sophie, secara tak sengaja bertemu dengan Howl, sosok penyihir misterius. Secara tidak sengaja, pertemuan tersebut mengakibatkan kutukan yang mengubah diri Sophie menjadi wanita tua yang lemah.

Sophie yang sekarang berusia tua, akhirnya meninggalkan kota dan menemukan rumah berjalan ajaib milik Howl atau yang dikenal sebagai Howl’s Moving Castle.

Di dalam rumah tersebut, Sophie bisa menemukan Howl yang ternyata merupakan seorang penyihir tampan dan misterius. Mereka berdua pun membentuk ikatan khusus dan berusaha untuk mengatasi berbagai tantangan dan ancaman bersama, termasuk menghilangkan kutukan pada diri Sophie.

3. Rascal Does Not Dream of a Dreaming Girl

Sakuta Azusagawa menemukan dirinya telah dihadapkan dengan fenomena yang aneh yang disebut sebagai Puberty Syndrome. Fenomena tersebut mempengaruhi orang-orang muda dengan cara-cara unik.

Dia mendapati dirinya berurusan dengan masalah baru terkait dengan masa lalu dan hubungannya dengan seorang gadis yang bernama Shoko Makinohara. Nah, Shoko sendiri adalah seorang gadis misterius yang mempunyai koneksi secara mendalam dengan Sakuta.

Ketika secara tiba-tiba Shoko menghilang dari kehidupan Sakuta, dia berusaha untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Dia juga terus bertanya-tanya dan mencari jawaban kenapa Shoko menjadi sosok yang begitu penting di dalam hidupnya.

4. Violet Evergarden: The Movie

Setelah perang berakhir, seorang mantan prajurit yang bernama Violet Evergarden kini bekerja sebagai Auto Memory Doll alias penulis surat profesional. Dia melanjutkan pencariannya untuk memahami arti kata-kata serta perasaan yang dimiliki oleh manusia.

Selama perjalanan pribadi dan profesionalnya, Violet terus tumbuh dan juga mengalami perubahan secara emosional yang mendalam. Dalam anime movie romance ini, Violet menghadapi masa lalu yang sulit dan sebuah rahasia yang tersembunyi.

Bahkan ketika Violet menemukan bahwa seseorang yang dia cintai mungkin masih hidup, dia memutuskan untuk memulai perjalanan dan menemukannya.

5. Castle in the Sky

Sheeta adalah gadis muda yang tiba-tiba diculik oleh sekelompok penjahat udara. Mereka melakukannya karena sedang mencari sebuah batu kristal misterius yang sedang dipegang oleh Sheeta.

Batu tersebut diyakini mempunyai kekuatan besar yang berkaitan dengan keberadaan Laputa, sebuah kastil terbang yang legendaris. Selama perjalanan udara mereka, Sheeta berhasil melarikan diri dari para penjahat dan jatuh ke bawah.

Di bawah, dia bertemu anak yatim piatu bernama Pazu. Pazu memutuskan untuk membantu Sheeta dalam perjalanan untuk menemukan Laputa. Mereka juga harus berjuang bersama menghindari kejaran kelompok penjahat udara yang dipimpin oleh Muska.

6. I Want To Eat Your Pancreas

Anime Trending

Anime movie romance ini mengisahkan seorang siswa SMA dan teman sekelasnya yang bernama Sakura Yamauchi. Sakura adalah gadis yang penuh semangat dan ramah di kelasnya.

Suatu hari, si tokoh utama menemukan buku harian Sakura yang tertinggal di dalam kelas. Dalam buku tersebut, Sakura mengungkapkan jika dia menderita penyakit pankreas yang parah. Walau awalnya terganggu oleh sikap Sakura, namun kemudian keduanya membentuk ikatan yang kuat.

Sakura yang memutuskan untuk menjalani sisa hidupnya dengan penuh semangat, membawa tokoh utama dalam perjalanan yang menyentuh hati dan juga penuh makna. Seiring waktu berlalu, si tokoh utama mulai memahami arti hidup dan hubungan manusia melalui perjuangan dan keberanian Sakura.

7. To the Forest of Firefly Lights

To the Forest of Firefly Lights menceritakan tentang seorang gadis kecil bernama Hotaru Takegawa, yang tersesat di hutan ketika masih kecil. Hotaru diselamatkan oleh seorang makhluk gaib bernama Gin yang hidup di hutan tersebut.

Gin mempunyai sifat yang unik, yakni tidak boleh disentuh oleh manusia. Jika hal itu terjadi, dia akan lenyap untuk selamanya. Jadi walaupun Gin dan Hotaru menjadi teman dekat, mereka harus selalu menjaga jarak fisik karena sifat Gin yang unik tersebut.

Namun ketika Hotaru tumbuh dewasa, perasaannya kepada Gin juga tumbuh. Hal ini menjadi rumit karena menyangkut sifat dan hubungan antara mereka.

8. Whisper of the Heart

Shizuku Tsukishima merupakan seorang siswi sekolah menengah yang gemar membaca buku. Suatu hari, dia mengetahui bahwa semua buku yang dipinjam dari perpustakaan, ternyata pernah dipinjam oleh anak laki-laki bernama Seiji Amasawa.

Shizuku pun menjadi penasaran tentang Seiji, apalagi di saat yang sama dia menemukan lonceng perak di bentuk kucing di antikvariat. Nah, lonceng tersebut menjadi inspirasi untuk menulis ceritanya sendiri.

Dalam perjalanannya untuk menemui Seiji dan mengetahui makna lonceng dari yang ditemukan, Shizuku menemui berbagai kejadian yang mengubah hidupnya.

9. Given Movie

Rekomendasi anime romance yang berikutnya adalah Given Movie. Film yang satu ini diadaptasi dari serial manga musik BL, karya Kizu Natsuki dengan judul yang sama. Dalam film ini, diceritakan sebuah band musik bernama Given dengan empat orang anggota.

Mereka adalah Satou Mafuyu, Uenoyama Ritsuka, Nakayama Haruki, serta Kaji Akihiko. Mereka berempat berhasil menunjukkan penampilan perdana terbaik secara live dan debut tersebut dianggap berhasil. Akan tetapi, di tengah-tengah keadaan tersebut, anggota band Given memiliki masalahnya masing-masing.

Terutama masalah yang berkaitan dengan kisah cinta, antara perasaan yang tak berbalas dan juga pengembangan perasaan.

10. Dou Kyu Sei: Classmates

Hikaru Kusakabe adalah siswa SMA yang memiliki bakat dalam bidang musik. Karena kepribadiannya yang juga ceria, dia pun ditunjuk sebagai vokalis utama untuk band sekolah. Ya, meskipun terlihat santai, ternyata dia mampu menunjukkan bakat yang luar biasa.

Satu ketika, dia harus berbagi meja di kelas dengan Rihito Sajou, siswa pendiam dan serius yang cenderung suka menyendiri. Mereka berdua mulai mengembangkan hubungan yang unik dan mendalam setelah mereka terlibat di dalam proyek musik bersama.

Kendati memiliki kepribadian yang berbeda, mereka menemukan banyak kesamaan dan akhirnya mulai saling mendukung. Ketika semakin dekat, perasaan romantis di antara mereka mulai tumbuh.

BACA JUGA: 17 Rekomendasi Drama Sekolah China, Lucu Romantis Terbaik!

11. The Wind Rises

anime movie romance
Netflix

The Wind Rises mengisahkan tentang Jiro Horikoshi, seorang pemuda yang memiliki cita-cita untuk menjadi seorang insinyur pesawat terkenal. Sejak kecil, dia sudah memimpikan keindahan terbang dan berusaha keras untuk mewujudkan mimpinya.

Selama perjalanan ke Tokyo, Jiro bertemu dengan seorang gadis muda yang menjadi bagian integral dari kehidupannya. Gadis itu bernama Nahoko Satomi, dan berhasil menarik hatinya. Akhirnya mereka menjalani hubungan spesial.

Namun hubungan mereka terus diuji oleh berbagai tantangan, termasuk peristiwa sejarah dramatis yang melibatkan Jepang dalam periode pra-Perang Dunia II.

12. The Girl Who Leapt Through Time

Seorang siswi SMA bernama Makoto Konno memiliki sifat yang ceria namun agak impulsif. Secara tak sengaja, dia menemukan kemampuan untuk melakukan perjalanan waktu setelah mengalami kejadian yang aneh dan diluar nalar.

Makoto memutuskan untuk menggunakan kekuatan tersebut untuk mengubah kejadian sehari-hari dalam hidupnya. Dimulai dari menghindari ulangan, sampai memperbaiki momen-momen yang membuatnya merasa malu.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, Makoto menyadari jika setiap perubahan dilakukan menimbulkan konsekuensi yang tidak terduga. Kekuatan perjalanan waktu yang semula digunakan untuk keuntungannya sendiri, berubah jadi suatu hal yang rumit.

13. Only Yesterday

Only Yesterday adalah anime movie romance yang mengikuti kisah Taeko Okajima, seorang wanita yang bekerja di Tokyo dan merasa kelelahan dengan rutinitas sehari-harinya. Ketika dia mendapat kesempatan untuk berlibur di pedesaan, Taeko pun memutuskan untuk pergi ke tempat yang bernama Yamagata. Yamagata sendiri adalah tempat di mana bibinya tinggal. Nah, selama perjalanan Taeko terus mengenang masa kecilnya, khususnya pada saat dia masih muda dan bersekolah.

Dalam perjalanannya, Taeko bertemu dengan Toshio, pria muda yang tinggal di desa. Toshio memiliki pandangan yang unik mengenai kehidupan.

14. Josee, the Tiger and the Fish

Anime movie romance yang berikutnya ini, mengikuti kisah Tsuneo Suzukawa. Tsuneo adalah mahasiswa yang bekerja paruh waktu di sebuah stasiun kereta api. Suatu ketika, dia bertemu dengan Josee yang merupakan gadis muda yang menggunakan kursi roda.

Josee mempunyai pandangan yang pesimis terhadap dunia dan lebih suka tinggal di dalam rumah. Dia suka membaca buku dan juga menulis cerita pendek.

Walaupun kepribadian dari Tsuneo dan Josee berbeda, mereka mulai membentuk ikatan persahabatan yang kuat. Tsuneo membantu Josee untuk menjelajahi dunia luar. Seiring dengan berjalannya waktu, perasaan romantis pun mulai berkembang di antara mereka.

15. 5 Centimeters Per Second

5 Centimeters Per Second terdiri dari tiga bagian. Bagian Pertama adalah Cherry Blossom, yang menceritakan masa lalu Takaki dan Akari. Keduanya menjadi teman dekat dan saling mencintai, hingga takdir memisahkan mereka ketika Akari harus pindah karena pekerjaan orang tuanya.

Bagian kedua adalah Cosmonaut, adalah ketika Takaki sudah menjadi remaja dan tinggal di kota untuk mengejar cita-citanya. Sementara itu, Akari menjalani kehidupan yang baru, dan masih merindukan waktu yang telah berlalu dan berharap bisa bertemu dengan Takaki kembali.

Dan untuk bagian ketiga yakni 5 Centimeters Per Second, Takaki yang bekerja sebagai programmer dan terus merenungkan kenangan masa lalu. Namun kini Akari telah menikah dan hidup dengan keluarga kecilnya.

16. Love, Chunibyo & Other Delusions the Movie: Take on Me

anime movie romance
ONE Esports

Yuuta Togashi dan Rikka Takanashi, dua remaja yang pernah mengalami fenomena “Chunibyo” di mana mereka percaya bahwa diri mereka mempunyai kekuatan supernatural. Rikka memutuskan untuk melanjutkan perjalanannya mencari Eternal Horizon.

Dia yakin jika Eternal Horizon adalah kunci untuk menghentikan semua masalah yang terjadi. Yuuta dan Rikka yang sekarang bersekolah di sekolah menengah, harus mengatasi tantangan berupa hubungan jarak jauh. Hal ini karena Rikka memutuskan untuk pindah ke Italia bersama dengan kakaknya.

Namun tak lama setelah kepindahannya, Yuuta dan teman-temannya memutuskan untuk memulai perjalanan ke Italia dengan tujuan untuk membawa pulang Rikka.

17. Weathering with You

Hodaka Morishima adalah seorang remaja laki-laki yang melarikan diri dari rumahnya ke pulau terpencil. Kemudian dia mencoba mencari kehidupan yang lebih baik di Tokyo. Akan tetapi begitu tiba di kota besar, dia mendapati dirinya kesulitan untuk bertahan hidup.

Di sana Hodaka bertemu dengan Hina Amano, gadis muda dengan kekuatan khusus yang bisa mengendalikan cuaca. Mereka berdua pun membentuk ikatan yang kuat ketika mereka mencoba mencari nafkah dengan memanfaatkan kemampuan unik dari Hina.

Namun, ternyata kekuatan Hina mempunyai rahasia dan konsekuensi. Seiring berjalannya waktu, Hodaka sadar jika keputusan yang mereka buat berdampak besar pada dunia.

18. Higashi no Eden Movie I: The King of Eden

Saki Morimi kembali ke Amerika Serikat dan menjalani hidup normal. Akan tetapi, ketidakpastian tentang nasib Akira Takizawa terus mengganggu pikirannya. Suatu hari, Saki menemukan sebuah ponsel di luar apartemennya.

Ponsel tersebut yang dulunya adalah milik Akira, dan di dalamnya terdapat pesan yang mengisyaratkan jika Akira ada di Jepang dengan identitas palsu. Merasa penasaran, Saki memutuskan untuk kembali ke Jepang dan mencari tahu keberadaan Akira.

Sementara itu, organisasi rahasia Seleção yang mengatur permainan misterius terus beroperasi. Saki pun harus berhadapan dengan intrik dan juga bahaya yang mengancamnya.

19. The Anthem of the Heart

anime movie romance
Rice Digital

The Anthem of the Heart mengikuti kisah dari Jun Naruse, siswa yang ceria dan bersemangat. Tapi kebahagiaan Jun berubah secara drastis, saat dia tanpa sengaja menjadi saksi percakapan rahasia antara orang tuanya.

Kejadian tersebut membuat malaikat muncul di hadapannya dan mengutuknya, sehingga Jun tidak bisa berbicara tentang perasaannya. Ketika tumbuh dewasa, Jun memutuskan untuk mengisolasi diri dan tidak pernah berbicara.

Namun takdir membawanya untuk terlibat ke dalam sebuah proyek sekolah drama musikal, bersama dengan tiga teman sekelasnya yang memiliki kepribadian berbeda-beda.

20. The Garden of Words

The Garden of Words mengikuti kisah Takao Akizuki, siswa sekolah menengah yang bermimpi menjadi pembuat sepatu terkenal. Suatu saat, Takao memutuskan untuk bolos sekolah dan pergi ke taman di Tokyo ketika hari sedang hujan.

Di taman, dia bertemu dengan seorang wanita yang sedang mengalami kesulitan dalam pekerjaannya. Wanita tersebut bernama Yukari Yukino, dan sedikit lebih tua darinya. Mereka pun mulai bertemu secara teratur di taman setiap kali hujan turun.

Hal itu menghadirkan kehangatan satu sama lain di dalam hidup mereka. Namun hubungan mereka tidak sepenuhnya bebas dari rahasia dan juga kesulitan yang mungkin akan mengubah segalanya.

21. Kawaii dake ja Nai Shikimori-san

Seri anime ini mengisahkan tentang kehidupan sehari-hari dari pasangan remaja, Izumiya dan Shikimori. Izumiya adalah seorang pemuda yang biasa, sementara Shikimori adalah gadis yang cantik dan populer di sekolah.

Walaupun Shikimori tampak sempurna di mata kebanyakan orang, dia mempunyai sisi lain yang hanya terungkap di depan Izumiya saja.

Ya, sebenarnya Shikimori memiliki sifat yang sangat pemalu. Jadi walau tampak sempurna, dia tidak suka dengan perhatian secara berlebihan. Dia juga sering merasa canggung ketika berada di tengah banyak orang.

22. Kaichou wa Maid-sama!

Narukami

Mizaki Ayuzawa merupakan ketua OSIS di sekolahnya. Dalam melaksanakan tugasnya, dia memiliki peran ketua yang sangat penting dan dihormati oleh banyak siswa. Akan tetapi, Mizaki punya rahasia besar, yakni kenyataan bahwa dia juga bekerja paruh waktu sebagai pelayan di sebuah kafe butler.

Hal itu dia lakukan untuk mendukung ekonomi keluarganya yang sedang berada dalam kesulitan. Rahasia tersebut terungkap oleh Usui Takumi, siswa tampan dan cerdas di sekolah yang secara diam-diam menyukai Mizaki.

Meski sudah tahu rahasia Mizaki, Usui memutuskan untuk tetap menjaga rahasia tersebut. Dia pun juga menjadi pelanggan tetap cafe dan membangun hubungan yang lebih dekat dengan Mizaki.

Mungkin hanya itu deretan judul anime movie romance yang direkomendasikan pada kesempatan kali ini. Bisa dibilang sebenarnya masih ada banyak anime lain dengan genre romance yang juga layak dijadikan hiburan di waktu luang.

Namun sebelum mulai menonton berbagai judul anime movie romance lainnya, pastikan Sedulur telah menonton semua judul di atas, ya!