drama china sekolah lucu romantis

Drama China tentang anak sekolah dengan cerita komedi yang lucu sekaligus romantis selalu punya daya tarik tersendiri. Penonton seolah tak pernah gagal dibuat baper dan gemas dengan kisah para tokoh di dalamnya.

Bagi Sedulur yang menyukai drama romantis komedi dengan latar kehidupan anak sekolah, berikut ada beberapa rekomendasi yang bisa menjadi referensi hiburan di rumah. Yuk, langsung simak informasi selengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Sinopsis My Little Happiness, Kisah Cinta Sepasang Teman Kecil

Drama China Sekolah Lucu Romantis

Ada banyak judul drama China romantis lucu tentang anak sekolah yang menarik untuk ditonton. Drama-drama tersebut biasanya juga diwarnai kisah persahabatan yang akan membawa penonton bernostalgia akan kenangan masa sekolah. 

Berikut beberapa rekomendasi yang bisa Sedulur pilih sebagai hiburan di akhir pekan.

1. Hidden Love (2023)

SOCO

Rekomendasi yang pertama ada Hidden Love. Drama yang dibintangi Zhao Lusi dan Chen Zhe Yuan ini diangkat dari novel berjudul Secretly, Secretly, but Unable to Hide It karya Zhu Yi.

Hidden Love mengisahkan tentang Shang Zhi (Zhao Lusi), seorang gadis remaja yang diam-diam mengagumi Duan Jia Xu (Chen Zhe Yuan). Duan Jia Xu merupakan teman kakak laki-laki Shang Zhi dan kerap datang ke rumahnya untuk bermain gim. Namun perbedaan usia yang terpaut jauh membuat Duan Jia Xu hanya menganggap Shang Zhi layaknya seorang adik.

Beberapa tahun kemudian, Shang Zhi yang telah lulus SMA memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke universitas yang sama dengan Duan Jia Xu. Ia ternyata diam-diam masih menyimpan rasa suka kepada Duan Jia Xu meski keduanya sempat lama tidak bertemu bahkan hilang kontak.

2. When I Fly Towards You (2023)

Berikutnya ada When I Fly Towards You, drama yang diangkat dari novel berjudul She’s a Little Crazy dan dibintangi oleh Zhang Mao Yi dan Zhou Yi Ran. Diceritakan Su Zai Zai (Zhang Mao Yi) adalah seorang siswi pindahan di SMA Yuchai.

Di sana, ia bertemu dengan Zhang Lu Rang (Zhou Yi Ran), seorang siswa yang dikenal pintar namun memiliki karakter dingin. Hal ini sangat bertolak belakang dengan sosok Su Zai Zai yang selalu ceria. Meski begitu, Su Zai Zai diam-diam jatuh cinta kepada Zhang Lu Rang.

Di sisi lain, Zhang Lu Rang menyimpan rahasia yang tidak diketahui orang lain. Di balik penampilannya yang selalu terlihat percaya diri, ia ternyata kerap meragukan dirinya sendiri. Hal ini dikarenakan ia selalu dibandingkan dengan adik laki-lakinya yang jenius. Adapun pertemuannya dengan Su Zai Zai secara perlahan mulai mengubah hidupnya.

3. The Old Dreams (2022)

The Old Dream mengisahkan tentang sekelompok anak muda dengan impian mereka. Cerita dimulai ketika Chen Yi Duo (Jelly Lin) berusia 9 tahun. Kala itu datang seorang anak laki-laki bernama Bi Lai Fu (Gao Zhi Ting) yang menginap di rumahnya untuk sementara waktu. Keduanya kemudian berteman akrab bersama anak-anak lainnya di sana.

Setelah lulus SMA, anak-anak yang telah beranjak dewasa itu berusaha mengejar impiannya masing-masing. Mereka juga menghadapi berbagai permasalahan layaknya orang dewasa.

Beberapa tahun kemudian, industri otomotif semakin berkembang dan orang-orang mulai meninggalkan sepeda. Penurunan penjualan pada bisnis sepeda pun memunculkan ide bagi Lai Fu untuk membuka workshop. Ia juga mengajak teman-teman lamanya untuk membuat inovasi bisnis agar sepeda kembali diminati masyarakat.

4. Shining for One Thing (2022)

Drama dengan alur perjalanan waktu atau time travel ini mengisahkan tentang Lin Bei Xing (Karlina Zhang), seorang perempuan berusia 30-an yang kembali ke masa lalu. Perjalanan Lin Bei Xing bermula saat tunangannya, Zhan Yu (Caesar Wu) mendadak membatalkan rencana pernikahan mereka.

Lin Bei Xing yang tidak rela hubungannya berakhir begitu saja lantas mengajak Zhan Yu mengunjungi sekolah mereka untuk mengenang kisah mereka dulu. Saat menunggu Zhan Yu, ia mencoba mengaktifkan kembali ponsel lamanya. Tanpa disangka, ia malah kembali ke masa lalu, tepatnya saat ia duduk di bangku kelas 3 SMA.

Lin Bei Xing pun mencoba mengingat kembali masa-masa sekolahnya dulu. Ia kembali mengikuti ujian seleksi perguruan tinggi dan berusaha melupakan Zhan Yu untuk sejenak. Saat itulah ia kemudian bertemu Zhang Wan Sen (Qu Chu Xiao) yang menjadi titik balik dalam perjalanan waktunya tersebut.

5. A River Runs Through It (2021)

Rekomendasi drama China romantis lucu tentang anak sekolah yang berikutnya adalah A River Runs Through It. Drama ini mengikuti kisah Xia Xiao Ju (Hu Yi Xuan), seorang gadis remaja yang harus pindah sekolah karena mengikuti orang tuanya.

Pada hari pertama kepindahannya ke rumah baru, keluarga Xia Xiao Ju mengadakan pesta bersama para tetangga. Acara yang semula berjalan dengan penuh suka cita itu mendadak berubah menjadi kenangan buruk bagi Xia Xiao Ju.

Saat itu petasan yang dinyalakan tidak sengaja mengenai sepeda Lu Shi Yi (Richards Wang). Kesialan Xia Xiao Ju seolah tak berakhir begitu saja. Sebab ia harus kembali bertemu dengan Lu Shi Yi sebagai teman satu sekolah.

Kehidupan Xia Xiao Ju di bangku SMA pun mendadak diwarnai dengan beragam drama termasuk persahabat dan percintaan. Di sisi lain ia juga harus berjuang keras untuk mempersiapkan diri mengikuti ujian seleksi universitas yang akan segera digelar.

6. Our Secret (2021)

drama china sekolah lucu romantis
Rubber

Our Secret merupakan drama yang diadaptasi dari novel Secrets in the Lattice. Drama ini mengikuti kisah Zhou Si Yue (Chen Zhe Yuan) dan Ding Xian (Xu Meng Jie).

Kisah keduanya dimulai ketika Ding Xian mengikuti orang tuanya pindah ke kota lain. Di sana ia bertemu dengan Zhou Si Yue, seorang siswa pintar yang sekaligus merupakan anak kenalan orang tua Ding Xian.

Ding Xian dan Zhou Si Yue yang kini hidup bertetangga dan menjadi teman satu kelas pun mau tak mau harus sering bertemu. Padahal keduanya memiliki karakter yang begitu kontras dan tidak cocok kepada satu sama lain. Tak ayal mereka pun kerap terlibat konflik. Meski begitu seiring berjalannya waktu mereka mulai mendukung satu sama lain.

7. Please Classmate (2021)

Berikutnya ada Please Classmate, drama China romantis lucu yang menceritakan tentang perseteruan antar siswa di sebuah sekolah. Diceritakan SMA Senyong memiliki dua kampus, yaitu Kampus Utara dan Kampus Selatan. Para siswa dari kedua kampus tersebut tidak pernah akur dan selalu terlibat konflik.

Mendengar masalah tersebut, pihak sekolah pun mengambil langkah dengan menggabungkan para siswa dari kedua kampus dalam satu kelas. Keadaan semakin memanas ketika Yuan Cai Xi (Dai Lu Wa) dan Ning Ze Yu (Yan Xu Jia), murid terkenal dari Kampus Utara disatukan dalam satu kelas yang sama dengan Li He (Xia Zhi Guang), siswa terkenal dari Kampus Selatan. Perseteruan pun seolah tak bisa dihindari, apalagi kini mereka tergabung dalam kelas yang sama.

8. Don’t Disturb My Study (2021)

Drama ini menceritakan tentang Nan Xiang Wan (Landy Li), seorang wanita berusia 28 tahun yang bekerja sebagai Direktur HRD di sebuah perusahaan ternama. Dari luar, ia terlihat sebagai sosok wanita sukses dengan karier cemerlang. Akan tetapi ia sebenarnya menyimpan trauma masa lalu.

Untuk menyembuhkan trauma tersebut, Nan Xiang Wan mengikuti terapi dengan teknologi tinggi yang membuat ingatannya kembali ke 10 tahun lalu, tepatnya saat ia duduk di bangku SMA. Saat itu Nan Xiang Wan yang berambisi untuk melanjutkan pendidikan ke universitas bergengsi kerap merasa kehadiran teman-teman sekelasnya merupakan sebuah gangguan.

Hingga kemudian ia bertemu dengan Lin Xiao Ran (Lai Kuan Lin), seorang anggota klub basket. Pertemuan itu ternyata menjadi titik balik bagi Nan Xiang Wan di mana ia mulai memahami bahwa menjalin pertemanan bukanlah hal yang buruk. Ia juga mulai berubah dengan berusaha menjalin hubungan baik dengan teman-teman yang semula hanya dianggap sebagai pengganggu.

9. Remember My Boy (2021)

Cerita tentang dua teman sekelas dengan kepribadian bertolak belakang juga ditampilkan dalam drama Remember My Boy. Kisahnya terutama mengikuti Zhang Yang (Daniel Zhou) dan Zhou Jing Mang (Bubble Zhu).

Zhang Yang merupakan siswa nakal yang kerap menjahili teman-temannya. Namun ada satu orang yang kerap menjadi targetnya, yaitu Zhou Jing Mang, seorang siswi baik hati yang naif. Meski hubungan keduanya dimulai dengan tidak baik, lambat laun Zhang Yang dan Zhou Jing Mang mulai menunjukkan ketertarikan kepada satu sama lain.

10. Lovely Us (2020)

Cerita drama Lovely Us mengikuti persahabatan sekelompok anak muda. Mengambil latar tahun 2007, lima orang anak dari Rumah Sakit Keluarga Shu De melanjutkan pendidikan ke SMA yang sama.

Kelima anak tersebut adalah Tan Song (Marcus Li), Huang Cheng Zi (Tian Xi Wei), Chen Zui (Li Ming Yuan), Zhu Jin Xiao (Li Ying Ying), dan He Jin Zhao (You Hao Ran). Mereka menyebut kelompoknya sebagai “No. 1992.”

Layaknya anak remaja lainnya, mereka mereka juga mengalami beragam petualangan seru dalam mengejar impian. Selain itu drama ini juga menampilkan persahabat hangat sekaligus kisah romansa dari kelima sahabat tersebut.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Film Tentang Pertemanan dengan Anak Kecil

11. Soft Memory (2019)

TV Time

Rekomendasi drama China sekolah romantis dan lucu berikutnya adalah Soft Memory. Cerita drama ini dimulai dari seorang siswi bernama Sun Xiao Rou (Xin Rui Qi) yang naksir teman satu sekolahnya. Di sisi lain, ada murid populer, yakni Ouyang Yu Sheng (Yi Heng) yang juga menyukai orang yang sama.

Bahkan gara-gara hal itu, Yu Sheng sempat mempertanyakan kepribadiannya sendiri karena menyukai seorang murid laki-laki. Meski begitu sebenarnya terjadi kesalahpahaman di antara mereka.

Sebab, sosok murid yang mereka sukai sebenarnya merupakan seorang anak perempuan, yakni Chu Lu (Ni Yan). Ia memang kerap dikira sebagai anak laki-laki karena memiliki paras tampan. Kesalahpahaman itu pun membuatnya ketiganya terlibat hubungan yang canggung.

12. All I Want for Love is You (2019)

All I Want for Love is You menceritakan tentang hubungan manis antara Gu Xiao Man (Lu Zhao Hua) dan Zuo An (Liu Yu Han). Xiao Man merupakan murid perempuan yang juga menggeluti beladiri sanda.

Meski berprestasi dalam bidang tersebut, ia mengalami kesulitan dalam akademiknya. Hal itu pun membuatnya khawatir tidak bisa memperoleh nilai yang cukup untuk lulus dan masuk universitas.

Namun Xiao Man ternyata cukup beruntung. Di tahun ketiganya di SMA, ia bertemu dengan salah satu murid terpintar di sekolahnya, yakni Zuo An. Tak hanya menjadi rekan satu kelas, mereka bahkan menjadi teman sebangku. Xiao Man pun meminta bantuan Zuo An untuk menjadi tutornya.

Menariknya, tanpa Xiao Man dan Zuo An sadari, mereka berdua sebenarnya sama-sama saling menyukai. Keduanya pun sering merasa salah tingkah ketika belajar bersama.

13. A Little Thing Called First Love (2019)

A Little Thing Called First Love menampilkan kisah romansa manis seorang siswi yang menyukai siswa populer di sekolahnya. Ia adalah Xia Miao Miao (Zhao Jin Mai), gadis pemalu dengan prestasi akademik biasa saja.

Suatu ketika ia bertemu dengan Liang You Nian (Lai Kuan Lin), siswa populer yang tidak hanya tampan tapi juga berprestasi. Xia Miao Miao pun tak bisa menampik perasaan sukanya kepada Liang You Nian. Namun ia juga menyadari bahwa keduanya memiliki latar belakang yang sangat berbeda.

Xia Miao Miao lantas memutuskan untuk mengubah dirinya demi menarik perhatian Liang You Nian. Tidak sekadar mengubah penampilannya, ia juga bergabung dengan klub sekolah dan belajar dengan keras demi memperbaiki nilai akademiknya. Tanpa disadari, hidup Xia Miao Miao yang semula biasa-biasa saja berubah menjadi lebih berwarna.

14. My Huckleberry Friends (2017)

drama china sekolah lucu romantis
VIKI

Drama ini menceritakan tentang kisah dua sahabat bertemu kembali setelah sempat terpisah. Yu Zhou Zhou (Landy Li) dan Lin Yang (Steven Zhang) pertama kali bertemu saat duduk di bangku sekolah dasar. Keduanya kemudian berteman akrab dan selalu bersama.

Namun suatu ketika muncul rumor kurang menyenangkan tentang keduanya. Hal itu pun membuat orang tua mereka khawatir. Lambat laun, Yu Zhou Zhou dan Lin Yang yang semula begitu dekat mulai menjauh.

Saat memasuki SMA, Yu Zhou Zhou telah membulatkan tekadnya untuk memulai lembar hidup yang baru. Ia berusaha menghindar dari teman-teman sekolahnya. Namun tanpa disangka, ia malah bertemu dengan Lin Yang yang ternyata juga diterima di sekolah yang sama. 

15. Rush to The Dead Summer (2017)

Drama yang juga dikenal dengan judul Love ’til the End of Summer ini menceritakan tentang lika-liku persahabatan dengan bumbu cinta segitiga. Cerita dimulai dari sosok Li Xia (Zheng Shuang), seorang gadis pintar yang berasal dari keluarga biasa. Namun berkat kerja kerasnya, ia dapat diterima di sekolah bergengsi dengan beasiswa.

Di sekolah tersebut, ia bertemu dengan Fu Xiao Si (Cheney Chen) dan Lu Zhi Ang (Bai Jing Ting), dua siswa populer dari keluarga terpandang yang tidak hanya tampan tapi juga cerdas. Fu Xiao Si dan Lu Zhi Ang yang dikenal bersahabat karib ternyata sama-sama menyukai Li Xia.

16. A Love So Beautiful (2017)

A Love So Beautiful merupakan salah satu drama China romantis lucu tentang anak sekolah paling populer. Cerita drama ini sendiri berpusat pada Chen Xiaoxi (Shen Yue), seorang siswi dengan karakter ceria yang lemah dalam akademik. Ia telah lama menyukai teman masa kecil sekaligus tetangganya, yaitu Jiang Chen (Hu Yitian).

Jiang Chen adalah salah satu murid terpintar di sekolahnya. Namun kepergian sang ayah membuatnya tumbuh menjadi sosok pendiam dan lebih suka menghabiskan waktu untuk belajar.

Perbedaan karakter ini pun membuat Chen Xiaoxi kesulitan mendekati Jiang Chen. Apalagi ia malah lebih sering dianggap sebagai pengganggu. Meski begitu sebenarnya Jiang Chen diam-diam memberikan perhatian kepada Chen Xiaoxi. Ia juga membantunya memahami materi dan bahkan menyelesaikan masalah yang dialami Chen Xiaoxi di sekolah.

17. With You (2016)

drama china sekolah lucu romantis
VIKI

Rekomendasi drama China romantis lucu tentang anak sekolah yang terakhir adalah With You. Drama ini mengisahkan tentang Geng Geng (Tan Song Yun), seorang gadis biasa yang berusaha beradaptasi dengan berbagai hal baru dalam hidupnya.

Ia baru saja diterima di sekolah elit yang membuatnya merasa kesepian. Sementara itu, ayahnya menikah kembali dan ia berusaha menyesuaikan diri dengan keluarga barunya tersebut.

Pada hari pertamanya di sekolah, Geng Geng bertemu dengan Yu Huai (Liu Hao Ran) dan tidak sengaja terlibat konflik dengannya. Hal itu menimbulkan kesalahpahaman di antara mereka. Di sisi lain, Geng Geng ternyata mencuri perhatian seorang murid berandal bernama Lu Xing He (Wang Yue Xin).

Lu Xing He bahkan secara terang-terangan mengungkapkan perasaan sukanya kepada Geng Geng di depan semua orang.

Itu dia 17 rekomendasi drama China sekolah dengan genre romantis komedi. Drama-drama di atas bisa menjadi referensi pilihan hiburan di rumah karena sudah tersedia di berbagai platform streaming. Selamat menonton!