anime masa kecil

Serial kartun Jepang alias anime memang pernah merajai dunia pertelevisian Indonesia di era 90-an. Hampir setiap hari, banyak stasiun TV yang menayangkan serial-serial tersebut. Tentu saja anime masa kecil ini menjadi salah satu hal yang sangat menarik di masa kanak-kanak, bukan?

Saking seringnya anak-anak menonton anime di TV, menjadikan tokoh-tokoh yang ada di dalamnya terasa sangat ikonik. Tidak hanya itu, tokoh-tokoh tersebut juga abadi, yang mana keberadaannya terus dipelihara dan selalu ada di ingatan generasi 90-an.

Mungkin untuk saat ini masih ada beberapa anime yang ditayangkan di TV. Hanya saja, jumlahnya tidak sebanyak dulu. Nah, bagi Sedulur yang ingin bernostalgia dengan menonton anime masa kecil, langsung saja berikut ini daftar rekomendasinya!

BACA JUGA: 12 Anime Mecha Terbaik yang Seru, Buat yang Suka Robot!

-->

1. Dash! Yonkuro

anime masa kecil
Plex/Dash! Yonkuro

Rekomendasi anime masa kecil yang pertama adalah Dash! Yonkur. Dash! Yonkuro adalah anime yang berkisah tentang balap mini 4WD. Cerita mengikuti Yonkuro Hinomaru dan teman-temannya yang terlibat dalam kompetisi balap mini 4WD yang intens dan penuh tantangan.

2. Shulato (Tenku Senki Shurato)

Tenku Senki Shurato mengisahkan petualangan Shurato Hidaka, seorang prajurit yang tiba-tiba diseret ke dunia Surga. Di sana, dia menjadi pejuang yang terpilih untuk melindungi Surga dari berbagai macam kejahatan yang mengancam.

4. Kickers

Kickers merupakan anime bergenre olahraga yang mengikuti kisah sekelompok siswa, yang bersatu untuk membentuk tim sepak bola di sekolah mereka. Mereka menghadapi berbagai tantangan dan bersama-sama berjuang untuk mencapai impian mereka, yakni menjadi tim sepakbola terbaik.

5. Time Quest (Time Travel Tondekeman)

Time Travel Tondekeman merupakan anime masa kecil dengan genre petualangan yang melibatkan perjalanan waktu. Diceritakan ketika tiga anak-anak menemukan jam kuno, mereka dihadapkan pada petualangan yang membawa mereka ke berbagai periode sejarah.

6. Doraemon

anime masa kecil
Netflix/Doraemon

Doraemon mengisahkan tentang seorang robot kucing bernama Doraemon yang dikirim dari masa depan untuk membantu seorang anak bernama Nobita. Doraemon membawa berbagai gadget ajaib untuk membantu Nobita menghadapi tantangan dan mengubah juga nasib yang selalu saja sial.

7. Minky Momo

Minky Momo mengikuti kisah seorang gadis muda bernama Momo, yang memiliki kekuatan untuk memenuhi keinginan orang lain. Setelah mendapatkan tongkat ajaib, Momo memulai petualangan untuk membantu orang-orang dan memberikan kebahagiaan di antara mereka semua.

8. Hachi

Cerita utamanya dari anime masa kecil yang satu ini sebenarnya sangat sedih. Anime ini mengisahkan perjalanan Hachi, seekor lebah madu yang pergi mencari ibunya. Ya, harus berjuang melewati berbagai macam halangan dan rintangan, demi menemukan sang ibu yang pergi entah ke mana.

9. Wedding Peach

Wedding Peach adalah anime mahou shoujo yang mengikuti tiga gadis remaja yang memiliki kekuatan sebagai “Love Angels.” Dengan masing-masing kekuatan spesial yang dimiliki, mereka memiliki tugas berat untuk melindungi Bumi dari berbagai kekuatan jahat yang ingin menghancurkan cinta.

10. Saint Seiya

Saint Seiya atau yang juga dikenal sebagai Knights of the Zodiac, mengisahkan tentang kelompok prajurit yang disebut Saints. Para Saints sendiri memiliki misi untuk yang melindungi dewi Athena di dalam pertempuran melawan kekuatan jahat dan dewa-dewa mitologi.

BACA JUGA: 11 Anime Tentang Pembunuh Bayaran Terbaik, Sadis tapi Keren!

11. Ranma

rekomendasi anime 90an
Apple TV\Ranma

Ranma ½ adalah kisah komedi romantis yang mengikuti petualangan Ranma Saotome, seorang remaja yang dapat berubah menjadi perempuan setiap kali terkena air dingin, kemudian kembali menjadi laki-laki ketika terkena air panas. Ceritanya melibatkan humor, pertarungan, dan dinamika romantis yang unik.

12. Flame of Recca

Flame of Recca mengikuti kisah Recca Hanabishi, seorang ninja muda yang memiliki kekuatan manipulasi api. Dia terlibat dalam turnamen pertempuran dengan tujuan untuk melindungi seorang gadis bernama Yanagi, dan petualangannya membawanya mengungkap konspirasi dan misteri masa lalu.

13. Kung Fu Boy

Kung Fu Boy adalah anime masa kecil yang berkisah tentang Kenichi Shirahama, seorang siswa SMA yang lemah dan diintimidasi. Kemudian dia memutuskan untuk belajar seni bela diri dari beberapa master untuk melindungi dirinya sendiri.

14. Pokemon

Anime masa kecil Pokemon, mengikuti petualangan seorang pelatih Pokemon bernama Ash Ketchum dan teman-temannya Pikachu, Misty, dan Brock. Mereka bepergian melintasi dunia Pokemon, menangkap Pokemon, menghadapi gym leader, dan mengejar impian menjadi Master Pokemon.

15. Yu Yu Hakusho

Yu Yu Hakusho mengisahkan tentang Yusuke Urameshi, seorang remaja nakal yang mati saat menyelamatkan seorang anak kecil. Dia diberikan kesempatan kedua hidup sebagai detektif roh, dan petualangannya melibatkan pertempuran roh, makhluk supernatural, dan penjelajahan alam roh.

16. Gundam

anime robot
Netflix/Mobile Suite Gundam

Anime Gundam mempunyai beberapa seri, tetapi yang paling terkenal mungkin adalah Mobile Suit Gundam. Anime masa kecil ini, mengisahkan tentang perang robot raksasa, dikenal sebagai Mobile Suits, yang melibatkan konflik politik dan pertempuran di antara koloni manusia di luar angkasa.

17. Sailor Moon

Sailor Moon mengikuti kisah Usagi Tsukino, seorang siswi SMP yang secara tak sengaja menemukan kekuatan untuk berubah menjadi Sailor Moon, pelindung cahaya dan kebenaran. Bersama dengan Sailor Scouts lainnya, dia bertarung melawan kekuatan kegelapan untuk melindungi Bumi.

18. Kobo Chan

Kobo Chan adalah sebuah anime yang mengisahkan kehidupan sehari-hari seorang anak kecil bernama Kobo. Dengan kepolosannya, Kobo menghadapi berbagai macam situasi yang lucu dan menggemaskan di sekitar keluarganya dan juga teman-temannya.

19. Lady Oscar (Rose of Versailles)

Lady Oscar atau yang juga dikenal sebagai Rose of Versailles, berlatar belakang Prancis pada masa Revolusi Perancis. Ceritanya mengikuti kehidupan Lady Oscar, seorang wanita muda yang dibesarkan sebagai pria dan bertugas sebagai kapten pasukan pengawal Marie Antoinette.

20. Magic Knight Rayearth

Magic Knight Rayearth menceritakan kisah tiga gadis SMA yang secara ajaib dipanggil ke dunia fantasi bernama Cephiro. Akan tetapi, di dunia tersebut mereka diberi tugas untuk menjadi Magic Knights dan menyelamatkan Putri Emeraude dari ancaman kegelapan.

BACA JUGA: 18 Judul Anime dengan Grafik Terbaik yang Siap Manjakan Mata

21. Dragon Ball

urutan nonton dragon ball
Hulu/Dragon Ball Z

Dragon Ball adalah kisah petualangan Son Goku, seorang Saiyan muda yang memiliki kekuatan luar biasa. Bersama teman-temannya, Goku mencari Dragon Balls untuk menghadapi berbagai musuh yang kuat dan melindungi Bumi dari berbagai ancaman, terutama ancaman dari luar angkasa.

22. Cardcaptor Sakura

Cardcaptor Sakura mengikuti kisah Sakura Kinomoto, seorang siswi SD yang tanpa sengaja melepaskan kartu-kartu ajaib yang disebut Clow Cards. Bersama teman-temannya, Sakura bertugas untuk menangkap kembali kartu-kartu itu dan mencegah kekacauan yang mungkin ditimbulkan.

23. Beyblade

Beyblade adalah anime olahraga yang berkisah tentang pertarungan antara para pemilik “Beyblades,” yaitu alat berputar yang dikendalikan oleh para Blader. Setiap Blader memiliki Beyblade unik dan berusaha menjadi juara dalam turnamen Beyblade.

24. Let’s & Go

Let’s & Go yang juga dikenal sebagai “Bakusou Kyoudai Let’s & Go!!”, adalah anime masa kecil yang berkisah tentang balap mini 4WD. Anime ini mengikuti petualangan dua saudara, Retsu dan Gou, yang berkompetisi dalam balap mini 4WD untuk mencapai impian mereka.

25. Fruits Basket

Fruits Basket mengisahkan Tohru Honda, seorang siswi SMA yang tanpa tempat tinggal setelah kehilangan ibunya. Dia tinggal dengan keluarga Souma yang ternyata memiliki kutukan, mereka berubah menjadi hewan zodiak jika dicium oleh lawan jenis.

26. Nube

anime masa kecil
B-Station/Jigoku Sensei Nube

Anime masa kecil berikutnya adalah Nube alias Jigoku Sensei Nube, yang bercerita tentang Meisuke Nueno, seorang guru sains yang memiliki kemampuan supranatural untuk melawan makhluk-makhluk jahat. Dia melibatkan dirinya dalam melindungi murid-muridnya dari berbagai ancaman supernatural.

27. Full Metal Panic

Full Metal Panic mengikuti kisah Sousuke Sagara, seorang prajurit muda yang berasal dari organisasi militer rahasia. Tugasnya adalah melindungi seorang siswi SMA bernama Kaname Chidori, yang secara tak sengaja memiliki kekuatan khusus yang diincar oleh kelompok teroris.

Sousuke menyusup ke sekolah Kaname dengan menyamar sebagai siswa, mencoba menjaga rahasia dan melindungi gadis itu dari berbagai ancaman. Namun, tugasnya seringkali memicu kekonyolan sementara dia harus  terus berjuang melawan musuh-musuh yang mengancam keamanan Kaname dan dunia.

28. Shaman King

Shaman King mengikuti perjalanan seorang anak bernama Yoh Asakura, seorang Shaman yang berkompetisi dalam turnamen untuk menjadi Shaman King, yang merupakan individu paling kuat dan memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan roh.

29. Hunter x Hunter

Hunter x Hunter mengisahkan tentang perjalanan seorang anak bernama Gon Freecss yang ingin menjadi seorang Hunter seperti ayahnya. Di sepanjang perjalanan, Gon bertemu dengan berbagai karakter dan menghadapi ujian-ujian yang menantang.

30. Ninja Rantaro (Nintama Rantarou)

Nintama Rantarou merupakan anime masa kecil yang menceritakan kehidupan seorang ninja cilik bernama Rantarou, yang belajar di Akademi Ninja Iga bersama teman-temannya. Anime ini menampilkan petualangan kocak dan seru para ninja muda dalam menjalani pelatihan mereka.

BACA JUGA: 16 Rekomendasi Anime Petualangan Terbaik dengan Kisah Seru

31. Captain Tsubasa

anime masa kecil
Netflix/Captain Tsubasa

Captain Tsubasa menceritakan tokoh utamanya yang bernama Tsubasa Ozora, seorang anak yang memiliki hasrat besar untuk sepak bola. Dengan bakat dan semangatnya yang besar, Tsubasa berusaha mencapai impian menjadi pemain sepak bola terbaik di dunia.

32. Slam Dunk

Slam Dunk mengisahkan tentang Hanamichi Sakuragi, seorang siswa SMA yang awalnya tidak tertarik pada basket. Namun, setelah jatuh cinta pada seorang gadis, Hanamichi bergabung dengan tim basket sekolah dan memulai perjalanan untuk menjadi pemain basket terbaik.

33. Samurai X (Rurouni Kenshin)

Samurai X atau Rurouni Kenshin, mengikuti kisah Kenshin Himura, seorang mantan pembunuh hitokiri yang kini berusaha hidup damai sebagai wanderer. Kenshin menggunakan pedangnya untuk melindungi orang-orang yang disayanginya, sambil menghadapi masa lalunya yang kelam.

34. Detective Conan

Detective Conan bercerita tentang Shinichi Kudo, seorang detektif SMA yang secara tidak sengaja diubah menjadi seorang anak kecil setelah diracuni. Dengan identitas baru sebagai Conan Edogawa, dia terus memecahkan berbagai kasus kriminal sambil mencari cara untuk kembali ke bentuk aslinya.

35. Ninja Hattori

Ninja Hattori mengikuti petualangan Hattori, seorang ninja muda yang datang dari desa ninja di luar negeri untuk membantu seorang anak bernama Kenichi. Hattori berusaha menjaga Kenichi agar tetap aman sambil menyelidiki kehidupan di kota.

36. Inuyasha

anime masa kecil
Netflix/Inuyasha

Inuyasha berkisah tentang Kagome Higurashi, seorang siswa SMA yang terperangkap di zaman Sengoku Jepang dan bertemu dengan setengah iblis bernama Inuyasha. Mereka berdua bersama-sama mencari Shikon Jewel untuk mencegah kejahatan dan memulihkan keadaan.

37. Ghost at School (Gakkou no Kaidan)

Ghost at School mengisahkan tentang Satsuki Miyanoshita, seorang siswi yang bersama saudara laki-lakinya, Keiichirou dan juga teman-temannya. Mereka semua menjelajahi dan mengungkap misteri yang melibatkan hantu dan aktivitas paranormal di sekolah tempat mereka belajar.

38. P-Man

P-Man atau yang juga biasa disebut dengan Perman, mengikuti kisah dari seorang anak kelas 4 SD yang ditugaskan buat untuk menjadi seorang superhero penjaga bumi. Cerita menjadi makin seru karena sebagai seorang anak SD, P-Man juga harus menjalani kewajiban utamanya, yakni belajar.

39. Hamtaro

Hamtaro menceritakan petualangan lucu dan menggemaskan dari Hamtaro, seekor hamster, dan teman-temannya di Ham-Ham Club. Mereka semua menjalani berbagai petualangan dan juga membantu satu sama lain dalam berbagai macam situasi.

40. Chibi Maruko Chan

Chibi Maruko Chan adalah anime masa kecil yang mengisahkan kehidupan sehari-hari dari seorang gadis kecil bernama Maruko Sakura. Anime ini menggambarkan kelucuan, keceriaan, dan petualangan Maruko bersama keluarganya, teman-temannya, dan guru-gurunya.

BACA JUGA: 42+ Anime Slice Of Life Terbaik, Ceritanya Ringan & Menyenangkan!

41. Digimon

Anime movie
B-Station/Digimon

Digimon mengisahkan tentang sekelompok anak-anak yang tiba-tiba diangkut ke dunia digital dan menjadi mitra dengan makhluk-makhluk digital yang disebut Digimon. Bersama dengan Digimon mereka, mereka berjuang untuk melindungi dunia digital dan dunia manusia dari berbagai musuh yang jahat.

42. Crayon Shinchan

Crayon Shinchan mengikuti kehidupan Shinchan Nohara, seorang anak taman kanak-kanak yang energetik dan juga nakal. Anime masa kecil ini, menampilkan humor khas dan tingkah laku unik Shinchan serta interaksi dengan keluarganya dan juga teman-temannya.

43. One Piece

One Piece mengisahkan perjalanan Monkey D. Luffy dan kawan-kawannya dalam mencari harta karun legendaris yang dikenal sebagai One Piece untuk menjadi Raja Bajak Laut. Mereka berlayar melintasi Grand Line dan menghadapi berbagai petualangan dan pertempuran.

Tidak hanya itu, petualangan Luffy dan kawan-kawan juga membawa mereka menemui teman-teman dan musuh-musuh baru. Tahukah Sedulur, jika anime One Piece sampa saat ini belum tamat dan ceritanya sendiri masih terus berlanjut.

44. Death Note

Death Note berkisah tentang Light Yagami, seorang siswa yang menemukan Death Note, buku catatan kematian yang memberikan kemampuan untuk membunuh siapa pun hanya dengan menuliskan nama mereka di dalamnya. Light menggunakan Death Note untuk menciptakan dunia yang ia anggap sempurna.

45. Shingeki no Kyojin (Attack on Titan)

Attack on Titan mengambil setting di dunia yang dihuni oleh raksasa humanoid pemakan manusia yang dikenal sebagai Titan. Anime ini mengikuti perjalanan Eren Yeager dan teman-temannya yang bergabung dalam Survey Corps untuk melawan ancaman Titan dan mengungkap misteri di balik mereka.

46. Bleach

Bleach menceritakan kisah Ichigo Kurosaki, seorang remaja yang secara tak terduga mendapatkan kekuatan Shinigami. Bersama dengan teman-temannya, Ichigo melindungi dunia manusia dari roh jahat dan makhluk-makhluk lainnya, serta terlibat dalam pertempuran melawan musuh-musuh kuat.

47. Astro Boy (Tetsuwan Atom)

Tubi/Astro Boy

Astro Boy mengisahkan tentang Astro Boy atau Atom, robot anak laki-laki yang diciptakan oleh Dr. Tenma setelah kehilangan putranya. Astro Boy memiliki kekuatan luar biasa dan berusaha untuk memahami arti kehidupan manusia sambil melibatkan diri dalam petualangan yang menarik.

Nah, itulah dia beberapa serial anime masa kecil dari era generasi 90-an sampai zaman sekarang yang bisa dibilang benar-benar laris. Lantas, kira-kira judul anime mana yang sangat membekas dan juga mampu membawa Sedulur bernostalgia dengan masa kecil dulu?

Oia, supaya suasana menonton film semakin seru, tentu perlu cemilan ringan yang bisa disantap setiap saat. Sedulur bisa mencoba rekomendasi snack ringan seperti Udalado, Yumikez, hingga minuman menyegarkan Liven Up. Sedulur bisa menemukan makanan-makanan ini dengan mudah di toko kelontong dan di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp. Selamat mencoba!