anime petualangan

Seperti yang telah diketahui, terdapat banyak sekali genre anime yang bisa dijadikan hiburan di waktu senggang. Salah satunya adalah genre anime petualangan, dimana para penonton akan diajak berkeliling dan berpetualang di dunia anime tersebut.

Anime petualangan alias adventure sendiri memang menjadi salah satu genre yang banyak disukai. Bahkan kebanyakan anime besar dengan rating tinggi memiliki genre petualangan.

Tentu saja Sedulur tidak ingin ketinggalan untuk menyaksikannya, bukan? Oleh sebab itu, langsung saja berikut ini rekomendasi anime adventure alias anime petualangan yang wajib ditonton!

BACA JUGA: 25 Rekomendasi Anime Hantu Rating Tertinggi, Bikin Merinding!

1. One Piece

Netflix/One Piece

Siapa yang tidak tahu anime petualangan yang satu ini? Ya, anime ini menceritakan sosok Monkey D. Luffy, yang bermimpi menjadi Raja Bajak Laut dan menemukan harta terbesar, One Piece, yang dapat membuatnya menjadi Raja Bajak Laut sejati.

Namun, dalam upaya untuk mendapatkan kekuatan setelah makan buah iblis Gomu Gomu, Luffy kehilangan kemampuan untuk berenang. Bersama kru bajak lautnya yang dikenal sebagai Kru Topi Jerami, Luffy menjelajahi Grand Line, lautan yang berbahaya dan misterius.

2. Hunter x Hunter

Hunter x Hunter bercerita tentang Gon Freecss, seorang anak laki-laki bersemangat berusia 12 tahun yang memulai perjalanan untuk menjadi Hunter, seseorang yang memiliki kemampuan khusus dan hak istimewa untuk menjelajahi dunia yang penuh dengan makhluk berbahaya, harta karun misterius, dan rahasia gelap.

Gon memiliki motivasi pribadi untuk menjadi seorang Hunter, yani untuk menemukan ayahnya, Ging Freecss yang juga seorang Hunter legendaris. Selama perjalanannya, Gon mengunjungi berbagai tempat, menghadapi berbagai tantangan, dan bertemu dengan berbagai karakter.

3. Fullmetal Alchemist: Brotherhood

Edward dan Alphonse Elric adalah dua bersaudara yang mengalami tragedi saat mencoba menggunakan alkimia untuk menghidupkan kembali ibu mereka yang telah meninggal. Proses tersebut berakhir buruk, mengakibatkan Edward kehilangan satu lengan dan satu kaki.

Sementara Alphonse kehilangan seluruh tubuhnya dan hanya tersisa sebagai roh yang diikat pada zirah besi. Demi mengembalikan tubuh asli Alphonse dan mencari Batu Filsuf yang legendaris, mereka memulai perjalanan untuk mengungkap rahasia di balik Batu Filsuf dan konspirasi negara yang besar.

4. Dragon Ball

Dragon Ball adalah anime petualangan klasik yang mengikuti kisah anak bernama Goku. Suatu hari, Goku bertemu dengan seorang gadis bernama Bulma yang sedang mencari Dragon Balls, tujuh bola ajaib yang ketika dikumpulkan dapat memanggil naga Shenron yang dapat mengabulkan satu permintaan.

Bersama-sama, Goku dan Bulma memulai petualangan untuk mengumpulkan Dragon Balls. Di sepanjang perjalanan, Goku melibatkan diri dalam turnamen bela diri, pertarungan melawan musuh-musuh kuat seperti Piccolo, dan akhirnya mengungkap warisan dan kekuatannya sebagai seorang Saiyan.

5. Made in Abyss

Made in Abyss berlatar di suatu tempat yang disebut Abyss, suatu lubang raksasa yang menganga di dalam dunia. Abyss dipenuhi dengan tingkatan yang disebut Layer. Cerita mengikuti petualangan seorang anak yatim piatu bernama Riko dan temannya, robot humanoid bernama Reg.

Riko berasal dari Orth, sebuah kota yang berada di sekitar Abyss. Ibunya adalah seorang penjelajah Abyss yang terkenal, dan dikabarkan hilang dalam ekspedisi. Akhirnya Riko dan Reg memutuskan untuk memulai perjalanan ke dalam Abyss untuk mencari ibu Riko.

BACA JUGA: 11 Rekomendasi Anime Tinju, Buat yang Suka Kisah Baku Hantam!

6. Nanatsu no Taizai (The Seven Deadly Sins)

anime petualangan
Netflix/Nanatsu no Taizai

Dalam dunia yang dihuni oleh manusia dan makhluk supernatural, kerajaan Liones dijatuhkan oleh kelompok ksatria legendaris yang disebut The Seven Deadly Sins. Mereka diasingkan setelah dituduh melakukan kudeta terhadap kerajaan yang sebenarnya dilakukan oleh Holy Knights, militer yang korup.

Ketika putri kerajaan, Elizabeth Liones melarikan diri untuk mencari bantuan. Dia menemui seorang pria bernama Meliodas, yang ternyata adalah pemimpin Nanatsu no Taizai, Sins dari Kemarahan. Bersama dengan anggota Sins, Elizabeth berusaha untuk menyelamatkan kerajaan dari ancaman yang lebih besar.

Selama petualangan mereka, Sins harus menghadapi musuh-musuh kuat, mengungkap rahasia masa lalu mereka, dan melawan kekuatan jahat yang mengancam dunia.

7. Magi: The Labyrinth of Magic

Aladdin adalah anak lelaki dengan tongkat ajaib yang bisa memanggil Jin. Aladin bertemu dengan Alibaba Saluja selama petualangan di sebuah desa. Mereka memutuskan untuk menjelajahi dunia dan menemukan Dungeon, struktur misterius yang mengandung harta dan bahaya.

Dalam perjalanannya, mereka bertemu dengan Morgiana, seorang budak yang memiliki kekuatan fisik yang luar biasa, dan mereka membentuk ikatan yang kuat. Setiap Dungeon yang mereka temui menghadirkan tantangan dan kejutan baru, mengungkapkan kekuatan magis dan rahasia alam semesta.

8. Log Horizon

Cerita dimulai ketika ribuan pemain terjebak di dalam game MMORPG populer bernama Elder Tale. Para pemain tidak dapat keluar dari permainan, dan dunia virtual yang biasanya hanya dihuni oleh karakter dan monster kini menjadi nyata bagi mereka.

Shiroe, seorang ahli strategi dan pemain veteran bermitra dengan teman-temannya Naotsugu dan Akatsuki untuk memahami fenomena aneh ini dan menavigasi hidup mereka dalam dunia Elder Tale yang sekarang menjadi nyata. Mereka menyadari bahwa dunia game ini telah mengalami beberapa perubahan kompleks.

9. Akame ga Kill!

Anime petualangan ini mengisahkan sosok Tatsumi, pemuda desa yang penuh semangat yang pergi ke ibukota dengan harapan menyelamatkan keluarganya dan mendapatkan kekayaan untuk desanya yang terkena kemiskinan.

Namun ketika tiba di ibukota, dia mengetahui kebusukan dan korupsi yang merajalela di dalam sana. Tatsumi kemudian bergabung dengan sekelompok pembunuh pemberontak yang dikenal sebagai Night Raid yang bertujuan untuk menggulingkan pemerintahan korup dan memulihkan keadilan.

10. Dr. Stone

Suatu hari, seluruh umat manusia di dunia tiba-tiba berubah menjadi batu setelah terkena cahaya misterius yang disebut Petrification. Ribuan tahun berlalu, dan seorang remaja jenius bernama Senku Ishigami tiba-tiba bangun dan menjadi manusia pertama yang berhasil mengatasi efek Petrification.

Senku menyadari bahwa dia hidup di dunia yang kembali ke zaman batu, di mana peradaban manusia telah runtuh. Dengan pengetahuannya dalam ilmu pengetahuan dan tekadnya untuk membangun kembali peradaban, Senku memulai misinya untuk menghidupkan kembali seluruh umat manusia.

BACA JUGA: 12 Anime Mecha Terbaik yang Seru, Buat yang Suka Robot!

11. The Rising of the Shield Hero

anime petualangan
Netflix/The Rising of the Shield Hero

Naofumi Iwatani, seorang mahasiswa biasa tiba-tiba dipanggil ke dunia fantasi bersama dengan tiga orang lainnya untuk menjadi Pahlawan dari empat alam semesta. Setiap Pahlawan diberikan senjata legendaris. Naofumi dipilih menjadi Pahlawan Pembawa Perisai, awalnya merasa optimis dengan petualangannya.

Namun, kebahagiaannya berubah menjadi keputusasaan ketika Naofumi dituduh melakukan kejahatan yang tidak dilakukannya dan dicap sebagai Pahlawan yang curang. Dipandang rendah oleh orang-orang di sekitarnya, Naofumi ditinggalkan tanpa teman dan tanpa dukungan.

12. Fairy Tail

Fairy Tail mengikuti petualangan sekelompok penyihir muda yang menjadi anggota Guild Sihir Fairy Tail. Cerita berpusat pada Natsu Dragneel, yang mencari naga Igneel bersama dengan teman-temannya. Mereka menjalani berbagai misi, pertempuran, dan petualangan yang penuh dengan sihir dan keajaiban.

Guild Fairy Tail terkenal karena kekuatan dan semangat anggotanya, meskipun kadang-kadang kekacauan terjadi selama misi. Cerita ini juga menyelidiki latar belakang masing-masing karakter, termasuk konflik dan hubungan pribadi mereka.

13. KonoSuba: God’s Blessing on This Wonderful World

Anime petualangan ini menceritakan kisah Kazuma Satou, seorang gamer, yang meninggal secara tragis setelah menyelamatkan seorang gadis dari insiden tabrakan. Namun setelah kematiannya, dia bertemu dengan dewi cantik bernama Aqua yang menawarkan kepadanya dua pilihan.

Dari keduanya, Kazuma memilih untuk pergi ke dunia fantasi dan membawa Aqua bersamanya. Setelah tiba di dunia baru, Kazuma dan Aqua menemui berbagai kesulitan, mulai dari kekurangan dana hingga pertarungan dengan monster-monster aneh.

14. Sword Art Online

Di dunia dimana pemain permainan virtual reality yang sangat dinanti-nantikan, Sword Art Online memasuki dunianya yang baru. Seorang pemain bernama Kirito yang merupakan seorang beta tester permainan, bergabung dengan para pemain lainnya dalam eksplorasi dunia fantasi Aincrad.

Namun, mereka menyadari bahwa keluar dari permainan ini tidak mungkin. Pembuat permainan juga mengungkapkan bahwa pemain yang mati dalam game juga akan mati di dunia nyata. Kirito bersama dengan teman-temannya memulai perjalanan untuk mengalahkan bos terakhir untuk membebaskan diri mereka.

15. Inuyasha

Kagome Higurashi, seorang siswa SMA tanpa sengaja terlempar ke zaman Sengoku Jidai Jepang ketika ia menemukan sumur di kuil keluarganya. Di sana, Kagome bertemu Inuyasha, setengah manusia setengah siluman anjing yang terjebak oleh kalung mutiara Shikon no Tama.

Kalung tersebut pecah menjadi banyak pecahan. Kagome dan Inuyasha pun bersama-sama memulai perjalanan untuk mengumpulkan pecahan tersebut agar kalung bisa disatukan kembali dan menghindari jatuh ke tangan kejahatan. Selama perjalanan, mereka bertemu dengan teman-teman baru.

16. The Promised Neverland

anime petualangan
Netflix/The Promised Neverland

Cerita berfokus pada sebuah panti asuhan bernama Grace Field House, yang dihuni oleh sekelompok anak-anak yatim piatu yang dipimpin oleh seorang wanita bernama Isabella. Panti asuhan ini tampak sebagai tempat yang indah dan penuh kasih sayang.

Namun, kehidupan anak-anak tersebut berubah drastis ketika mereka menemukan sebuah rahasia gelap. Tiga anak tertua yang ada di panti asuhan tersebut menyadari bahwa sesungguhnya mereka tidak hidup dalam dunia biasa.

Mereka menemukan fakta bahwa anak-anak yang meninggalkan panti asuhan tidak dikirim ke keluarga adopsi. Namun dijadikan sebagai makanan untuk makhluk-makhluk misterius yang dikenal sebagai demon.

Nah, itu dia beberapa anime petualangan yang direkomendasikan. Judul-judul anime di atas memang sangat populer dan telah memilih banyak sekali penggemar dari seluruh dunia. Tidak hanya memiliki rating yang tinggi, bahkan ada beberapa yang menjadi anime terbaik sepanjang masa.

Jadi jangan sampai Sedulur tidak menonton satu pun dari 16 judul anime yang ada di atas, ya! Siapkan minuman dan makanan ringan, langsung putar judul yang diinginkan!