anime basket terbaik

Anime yang berfokus pada olahraga, pasti selalu mempunyai tempat tersendiri untuk para penggemarnya. Hal itu karena anime olahraga selalu menghadirkan pertandingan yang seru, menegangka, dan juga memiliki intensitas yang tinggi disetiap episodenya. Termasuk salah satunya adalah anime basket, karena di Jepang basket merupakan salah satu olahraga yang cukup terkenal dan juga digemari. Tidak hanya di Jepang, beberapa negara pun menggerami anime basket, termasuk di Indonesia.

Bukan hanya menyajikan pertandingan yang seru disetiap episodenya, anime basket juga selalu menyajikan kisah yang inspiratif dan juga pantang menyerah. Anime basket juga mengajarkan tentang sportivitas dan juga persahabatan. Berikut ini rekomendasi anime basket yang bisa Sedulur jadikan watch list.

BACA JUGA: 18 Anime Tentang Sepak Bola Terbaik, Sangat Menginspirasi!

1. Slam Dunk

anime basket terbaik
Geek Culture

Anime pertama yang bisa Sedulur saksikan adalah Slam Dunk. Diproduksi oleh Toei Animation dan rilis pada tahun 1993 dengan total episode berjumlah 101, anime ini mengusung genre sport, shounen, dengan campuran komedi di dalamnya. Hal ini pasti akan membuat Sedulur terhibur saat menyaksikannya. Anime yang satu ini berpusat pada tokoh utama bernama Hanamichi Sakuragi.

-->

Remaja laki-laki yang terdaftar sebagai siswa SMA Shohoku tersebut tak hanya memiliki badan yang tinggi dan besar, tapi juga terkenal temperamen, sudah puluhan kali ditolak cewek, dan dijauhi oleh banyak murid di sekolahnya. Hanamichi Sakuragi juga membenci olah raga basket, tapi semuanya berubah ketika ia bertemu dengan seorang gadis bernama Haruko Akagi yang sempat menantangnya melakukan slam dunk.

Hanamichi yang jatuh cinta pada Haruko dan ingin membuatnya terkesan, akhirnya melakukan slam dunk walau tidak berakhir baik. Haruko justru terkesima dengan kemampuan fisik Hanamichi dan mengabarkan hal tersebut pada kapten tim basket sekolahnya. Sejak saat itulah Hanamichi terseret dalam permainan basket yang awalnya ia benci dan menemukan persahabatan di sana.

2. Hoop Days (Dear Boys)

Selanjutnya adalah anime basket yang berjudul Dear Boys diproduksi oleh studio A.C.G.T, anime ini rilis pada tahun 2003 dan terdiri dari 26 episode. Berkisah tentang Aikawa Kazuhiko yang awalnya adalah kapten tim basket SMA Tendoji yang sangat bergengsi. Aikawa kemudian pindah ke luar kota dan masuk ke sekolah baru bernama SMA Mizuho.

Aikawa memutuskan bergabung dengan tim basket sekolah ini, tapi sayangnya tim basket SMA Mizuho jauh dari kata bagus. Aikawa tidak mau menyerah dan berusaha membangkitkan tim basket barunya. Anggota tim yang lain mulai tergerak melihat semangat dan kerja keras Aikawa, sampai akhirnya mereka sepakat untuk kembali berlatih keras demi menjadi tim basket yang solid. Kini mereka punya tujuan baru, yaitu bermain di turnamen nasional dan menjadi pemenangnya.

3. Buzzer Beater

Pada tahun 2005 terdapat anime basket yang dirilis oleh TMS Entertaiment, mengusung genre sport dan shounen, Buzzer Beater terdiri dari 13 episode. Anime ini ber-setting di masa depan ketika golongan alien menjadi mayoritas penduduk alam semesta, bahkan permainan bola basket pun sudah dikuaasi oleh mereka. Di masa ini, nyaris tidak ada lagi pemain basket yang berasal dari bangsa manusia.

Sementara itu, ada seorang anak laki-laki bernama Hideyoshi yang hidup di jalanan dan sering bermain basket. Hideyoshi memiliki kemampuan yang luar biasa, terutama dalam hal kecepatan. Suatu hari ia direkrut oleh sebuah tim basket pro yang punya tujuan besar. Mereka tertarik dengan Hideyoshi yang memiliki gerakan super cepar saat bermain basket.

Tim yang merekrut Hideyoshi juga merupakan tim yang sangat langka karena anggotanya hanya terdiri dari manusia. Tim ini akhirnya menjadi satu-satunya tim beranggotakan manusia yang berlaga di kompetisi basket luar angkasa. Mereka bertanding dengan impian agar manusia bisa kembali berjaya dalam permainan basket.

BACA JUGA: Daftar Anime Terbaru 2023, Jangan Sampai Kelewatan!

4. Anime I’ll/CKBC

anime basket terbaik
Otaku

Anime basket kali ini berfokus pada dua karakter utama, yaitu Akane Tachibana dan Hitonari Hiragi. Anime yang dirilis pada tahun 2002 dan diprduksi oleh studio M.S.C ini berkisah tentang dua karakter utama yang mana Tachibana adalah pemain basket yang kemampuannya ia dapatkan dari latihan keras. Sebaliknya, Hiiragi adalah tipe pemain yang memang sudah memiliki bakat natural dalam bermain basket.

Dengan kemampuan tinggi yang mereka  punya, kedua pemuda ini menjadi rival dan selalu bersaing dalam hal basket. Suatu haru Hiiragi pindah ke sekolah Tachibana, ia juga bergabung dengan tim basket sekolah tersebut sehingga kedua pemain ini berada dalam satu tim yang sama. Menyatukan 2 pemain yang selalu bersaing tentu bukanlah sesuatu yang mudah, namun keduanya sama-sama belajar bahwa mereka harus mengesampingkan persaingan dan bekerja sama demi memenangkan pertandingan.

5. Kuroko no Basuke

Anime ini dirilis pada tahun 2012 dengan julam episode 25 diiringi dengan dua movie tambahan. Diproduksi oleh studio production I.G anime basket ini bercerita tentang kejayaan tim basket SMP Teiko yang sangat kuat dan selalu jadi juara. Mereka dijuluki sebagai Generasi Keajaiban atau Kiseki no Sedai.

Tiga tahun kemudian, anggota tim basket ini lulus sekolah dan menempuh jalannya masing-masing, termasuk Tetsuya Kuroko yang disebut-sebut sebagai pemain ke-6 yang misterius. Dengan tubuhnya yang relatif lebih kecil  ketimbang pemain basket lainnya, gerakan Kuroko seperti hantu dan tak terlihat. Kuroko lalu masuk ke SMA Seirin dan bergabung dengan tim basket di sekolah itu.

Di waktu yang sama, seorang murid lainnya juga masuk ke tim basket di sekolah tersebut. Ia adalah Taiga Kagami, murid baru yang dulunya bersekolah di Amerika. Meski awalnya kurang akur, Kuroko dan Kagami akhirnya bekerja sama dengan tim basket Seirin untuk mengalahkan tim-tim dari sekolah lain, termasuk tim yang anggotanya adalah mantan kelompok Kiseki no Sedai.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Anime Romance Comedy Bikin Baper dan Lucu

6. Basquash!

anime basket terbaik
Anime Ministry

Anime yang dirilis pada tahun 2009 dan diproduksi oleh studio Satelight ini mengusuh genre sport dan mecha dengan berlatar belakang dunia yang futuristic. Anime basket ini menampilkan robot besar uang dikendalikan oleh manusia untuk bermain basket di lapangan yang besar dan dibuat khusus untuk robot-robot bermain basket.

Dengan jumlah episode sebanyak 26, anime ini berkisah tentang anak laki-laki yang suka bermain basket tapi sangat membenci BFB. Yang mana BFB adalah singkatan Big Foot Basketball kompetisi bergengsi yang mempertandingkan robot-robot bermain basket. Bersama dengan robot Big Foot miliknya yang bernama Dangan, Dan awalnya berencana untuk mengacaukan BFB dengan cara masuk ke pertandingan di bawah nama samaran Dunk Mask.

Akan tetapi, kemampuannya justru memukau penonton dan membuat basket makin populer. Sejak saat itu, Dan akhirnya terus bermain basket dengan tujuan mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya.

7. Ahiru no Sora

Anime yang dirilis pada tahun 2019 memiliki jumlah episode sebanyak 50. Berkisah tentang remaja laki-laki yang sangat menyukai olahraga bola basket Bernama  Sora Kurumatani. Yang menariknya, Sora memiliki kekurangan tinggi badan dan memiliki fisik yang jauh berbeda dengan kebanyakan pemai  basket pada umumnya.

Hanya saja dengan keterbatasan yang Sora miliki tidak membuatnya berputus asa dan menyerah, Ia terus bermain basket dan bahkan bergabung dengan klub basket sekolah SMA Kuzuryuu. Sayangnya, di SMA Kuzuryuu klub basket telah lama vakum dan banyak berisi beradalan yang sama sekali tidak berminat pada basket. Semangat juang yang ditunjukan oleh Sora perlahan mulai membuat klub basket di SMA Kuzuryuu bangkit. Dengan kemampuan dan kelincahan yang Sora miliki ditambah semangat tinggi yang Sora bawa berhasil menghidupkan Kembali klub basket yang telah lama vakum itu.

8. Breakers

Mengusung kisah yang cukup menarik dan jarang ditemukan dalam serial anime lain. Anime basket ini bercerita tentang atlet-atlet disabilitas tetapi memiliki berbagai kemampuan diberbagai bidang olahraga, salah satunya adalah olah raga basket. Anime ini berjumlah 16 episode dan mulai rilis pada tahun 2020.

Secara umum anime ini tidak hanya berfokus pada satu cabang olahraga, melainkan 4 cabang olahraga. Basket kursi roda, lompat tinggi, bola gawang, dan renang. Berawal dari bertemunya Ren Narita, seorang ilmuan olahraga yang terbuang kemudian bertemu 4 para-atlet (atlet disabilitas) yang nantinya akan membantu para-atlet menggapai impian mereka. Anime ini juga sarat akan makna dan menunjukan sisi lain deri para penyandang disabilitas pun punya potensi yang besar di bidang olahraga.

9. Dash! Kappei

Anime ini terbilang lawas yang mana dirilis pada tahun 1981 dengan jumlah 65 episode. Berkisah tentang anak bernama Kappei Sakamoto yang memiliki tubuh pendek, yang bahkan tidak sampai 1 meter. Yang menariknya Kappei bersekolah di SMA Seiring yang memiliki klub bola sangat mumpuni, kemudian ia mampu tampil luarbiasa dan bersinar di klub basket sekolahnya.

Tak hanya olahraga basket, Kappei juga memiliki kemampuan yang baik dalam menguasai berbagai cabang olahraga dengan mudah. Plot twist dari anime basket satu ini adalah kelainan aneh yang dimiliki oleh Kappei yaitu Ia sangat terobsesi dengan celana dalam Wanita yang berwarna putih. Kelainan ini membawa Kappei mendapatkan berbagai masalah. Ini akan membuat Sedulur terhibur dalam menyaksikan anime Dash! Kappei.

10. Ro-Kyu-Bu

Bilibili

Anime ini dirilis pada tahun 2011 dengan berjumlah 12 episode. Bercerita tentang tokoh utama Bernama Subaru Hasegawa, yang mempunyai mimpi menjadi pemain basket terbaik. Namun sangat disayangkan karena SMA tempat Subaru bersekolah diberhentikan dan vakum untuk waktu yang cukup lama sampai bertahun-tahun disebabkan masalah yang diterima kapten klub basket sekolahnya.

Di dalam masa keterpurukan itu, Subaru ditawari oleh bibinya untuk menjadi pelatih basket di sebuah Sekolah Dasar (SD) khusus perempuan. Meski awalnya menolak tawaran tersebut, pada akhirnya Subaru bersedia menjadi pelatih di sana.

Hal ini didasari rasa empati Subaru setelah mengetahui bahwa klub basket di SD tersebut hendak dibubarkan, sedangkan para anggotanya menganggap klub basket tersebut sangat berarti bagi mereka. Dari sinilah perjuangan Subaru sebagai pelatih dimulai agar klub basket tersebut terus menang dalam tiap pertandingannya sehingga tidak jadi dibubarkan.

11. Mitsu x Mitsu Drops

Anime basket satu ini memiliki cerita yang cukup menarik. Berkisah tentang Kai Renge, pemain bintang klub bola basket di Akademi Houjou, dan juga master Hagino Yuzuru seorang siswa yang berjuang untuk membayar biaya sekolah.

Yang membuat menarik adalah sistem permainan bola basket yang mempertaruhkan antara “tuan” dan “madu” nya. Seorang “madu” yang dikenal juga dengan ”budak” harus melakukan apa pun yang diminta tuannya. Sebagai gantinya madu akan dibebaskan dari membayar biaya sekolah. Menarik untuk Sedulur saksikan kelanjutan dari kisa tuan-budak dalam anime basket satu ini.

12. Onagawa Chuu Baske Bu: 5-nin no Natsu

Anime special yang rilis pada tahun 2017 ini mungkin akan menarik hati Sedulur untuk menyaksikannya. Onogawa Chuu Baske Bu: 5-nin no Natsu ini berkisah tentang klub bola basket SMP Onagawa yang terus bertanding dengan penuh semangat dan ketangguhan pasca gempa yang melanda Tohaku pada tahun 2011.

Dianggap sebagai salah satu bencana alam yang sangat mematikan di Jepang, dengan korban yang tercatat sebanyak 15.899 jiwa. Dengan kondisi yang terjadi tim bola basket putri SMP Onagawa terus bertanding dan menunjukan ketangguhannya.

13. Anime Barangay 143

Anime basket yang terakhir ini bercerita tentang Bren Park, yang berhenti bermain basket setelah kehilangan keluarga dalam kecelakaan yang tragis. Kemudia Bren mengetahui bahwa ayah kandungnya masih hidup.

Dia pun memutuskan untuk mencarinya, dalam perjalan yang dia lakukan Bren bergabung dengan tim bola basket lokal Bernama Puzakals of Barangay 143. Meskipun plotnya berfokus pada cinta dan keluarga, tetapi tetap menyajikan banyak pertandingan basket dan juga aksi aksi yang seru untuk disaksikan.

Demikianlah beberapa rekomendasi anime basket yang bisa Sedulur nikmati. Bisa dimulai dengan memilih salah satu judul anime untuk ditonton dan saksikan.