rekomendasi mukena trend 2023

Salah satu di antara syarat sah shalat adalah menutup aurat. Bagi wanita muslim batas aurat tersebut adalah seluruh tubuh, kecuali wajah dan telapak tangan. Nah, mukena merupakan salah satu busana syariat yang bisa dikenakan untuk menutupi aurat dengan lebih sempurna saat melaksanakan shalat. Sebagaimana layaknya busana wanita pasti memiliki pelengkap gaya pada setiap desainnya, begitu juga dengan mukena memiliki trend setiap tahunnya baik dari segi model desain, motif warna, ataupun bahan yang digunakan. Pada trend mukena tahun 2023 menawarkan kombinasi desain simpel anti ribet yang menghadirkan kesan elegan dan modis bagi Sedulur.

Mukena dengan desain minimalis, sentuhan warna cerah, detail bordir, kombinasi kain sutra dan katun, aksen renda, pola batik modern, warna pastel, dan desain praktis dengan tali pengikat menjadi sorotan dalam dunia fashion muslim. Khusus buat Sedulur yang mau tampil lebih cantik, anggun, dan kekinian saat beribadah. Intip yuk deretan trend mukena tahun 2023 berikut ini!

BACA JUGA: 12 Inspirasi OOTD Kulot Jeans Hijab Kekinian dan Stylish

1. Model Mukena Ponco

Tatuis Jakarta

Dari segi desain atau modelnya, mukena dengan model ponco atau yang juga dikenal sebagai mukena abaya menjadi salah satu jenis yang masuk trend mukena tahun 2023 dengan sebutan mukena abaya di pasaran. Model mukena ini memiliki beberapa ciri khas yang membedakan dengan model lainnya, yaitu:

-->
  • Mukena ponco didesain berlubang di daerah leher tanpa memiliki penutup kepala, sehingga kerudung modis Sedulur tetap terlihat.
  • Mukena ponco seringkali dilengkapi dengan resleting pada bagian depan, sehingga memudahkan Sedulur saat menggunakannya.
  • Mukena ponco terbilang cukup unik dan sangat praktis dipakai, jadi nggak perlu repot-repot untuk merapikan kembali jilbab yang dipakai Sedulur.

Ada dua jenis mukena ponco, yaitu model terusan one piece dan model twi piece. Model terusan merupakan jenis mukena yang memiliki kemiripan dengan baju gamis tapi panjangnya menjuntai, hingga menutupi kaki dan kedua tangan.

Sedangkan ponco two piece yaitu mukena yang terdiri atas dua potong bahan, yakni bagian atas dan bagian bawah. Bagian atas mukena ini berbentuk mirip seperti hijab instan (bergo) akan tetapi ukurannya jauh lebih panjang dan lebar hingga menutupi tangan. Adapun bagian bawahnya biasa dibuat seperti layaknya rok elastis yang menjuntai hingga menyentuh lantai. 

2. Sakura Traveling

Pinterest

Model mukena ini sangat cocok untuk Sedulur bawa saat bepergian, selain sebagai mukena premium pemilihan bahannya pun menggunakan bahan rayon sehingga menampilkan karakter kain yang tipis memberikan sentuhan yang lembut ketika Sedulur gunakan.

Meski hadir dengan corak warna yang senada pada bagian atas dan bawahan, mukena ini juga dilengkapi dengan border renda yang premium. Maka model ini layak menjadi salah satu trend mukena tahun 2023 yang bisa dipilih juga oleh Sedulur.

Selain itu, Sedulur nggak perlu khawatir akan terlihat helaian rambut, sebab mukena ini memiliki head cover yang dapat berfungsi menutupi dan menahan rambut Sedulur agar tidak keluar, sehingga saat beribadah Sedulur semakan tentram dan tenang.

Kemudian dengan penambahan bentuk lace yang minimalis pada bagian ujung mukena atau bahkan diberikan detail accesories kecil pada mukena. Selain dari sisi model, untuk di tahun 2023 dengan mobilitas yang sudah hampir pulih, diperlukan mukena yang dikemas dengan praktis dibuat set dengan pouch yang dapat dibawa untuk aktivitas travelling.

3. Desain Minimalis dengan Sentuhan Warna Cerah

Miraya Mukena

Mukena dengan desain minimalis menjadi trend mukena tahun 2023. Desain yang simpel dengan pola yang sederhana membuat mukena terlihat elegan dan modern. Mukena-mukena ini biasanya didominasi oleh warna-warna cerah seperti merah, biru, hijau, atau kuning. 

Sentuhan warna cerah pada mukena memberikan kesan yang segar dan memikat. Warna-warna cerah juga memberikan energi positif dan semangat saat beribadah. Dalam desain minimalis ini, penggunaan detail yang minimal, seperti garis-garis sederhana atau aksen simpel, menambahkan kesan keanggunan dan kesederhanaan pada mukena. 

Dengan menggabungkan desain yang simpel dan warna-warna cerah, mukena ini sangat cocok digunakan untuk beribadah sekaligus menjaga penampilan yang modis.

4. Mukena dengan Detail Bordir

Pinterest

Mukena dengan detail bordir juga menjadi salah satu tren yang menarik di tahun 2023. Bordiran pada mukena memberikan sentuhan artistik dan keindahan pada busana ini. Motif bordir yang digunakan dapat bervariasi, mulai dari motif bunga yang cantik hingga motif lainnya yang modern. 

Proses pembuatan bordir ini memerlukan ketelitian dan keahlian tangan yang tinggi, sehingga mukena dengan detail bordir seringkali dianggap sebagai karya seni yang bernilai tinggi. Mukena dengan detail bordir ini memberikan kesan mewah dan eksklusif, dan menjadi pilihan yang populer bagi para muslimah yang ingin tampil anggun dan elegan saat beribadah. Keindahan bordiran ini juga memberikan kesan feminin yang memikat menjadi salah satu trend mukena tahun 2023. 

Dengan memilih mukena dengan detail bordir, Sedulur dapat menambahkan sentuhan keanggunan pada penampilan saat melaksanakan salat di rumah atau saat menghadiri acara formal lainnya.

5. Kombinasi Kain Sutra dan Katun

Ibylcb

Trend mukena tahun 2023 juga menghadirkan kombinasi kain sutra dan katun. Kombinasi ini memberikan kelebihan pada mukena, yaitu kenyamanan dari kain katun dan keindahan dari kain sutra. 

Kain sutra memberikan kesan mewah dan elegan, sedangkan kain katun memberikan kenyamanan saat digunakan. Kombinasi ini menjadikan mukena terasa lebih ringan dan nyaman saat digunakan oleh Sedulur. Kain sutra memberikan kilau yang indah dan memberikan sentuhan istimewa pada mukena. 

Dengan kombinasi kain sutra dan katun, mukena ini tidak hanya menonjolkan keindahan dari bahan yang digunakan, tetapi juga memberikan kenyamanan saat digunakan untuk beribadah. 

Mukena dengan kombinasi kain sutra dan katun ini sangat cocok digunakan untuk beribadah di rumah maupun di luar rumah, sehingga pengguna dapat tetap tampil anggun dan nyaman saat beribadah.

6. Pola Batik Modern

Seradia

Pola batik modern menjadi salah satu pilihan trend mukena tahun 2023. Pola batik yang digunakan memiliki desain yang lebih simpel dan modern, sehingga mukena tetap terlihat trendi dan sesuai dengan perkembangan zaman, motif batik modern ini biasanya memiliki warna-warna yang cerah. 

Dengan memadukan pola batik modern yang unik dan warna-warna yang segar, mukena ini memberikan kesan yang elegan dan modis saat digunakan. Mukena dengan pola batik modern cocok untuk menunjukkan kecintaan terhadap budaya Indonesia sambil tetap tampil fashionable. 

Model mukena ini jadi salah satu trend mukena tahun 2023, karena selain desain batik yang modern juga dapat memberikan kesan yang lebih dinamis dan mengikuti perkembangan fashion yang ada.

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki, mukena dengan pola batik modern merupakan pilihan yang menarik bagi para muslimah yang ingin tampil trendi, memancarkan keindahan budaya, dan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan.

BACA JUGA: Inspirasi Style Hijab untuk Wanita Karir yang Bisa Kamu Contek

7.  Kombinasi Warna Pastel

Dara Luxury

Kombinasi warna soft pink, mint, lavender, atau baby blue memberikan kesan yang lembut dan anggun. Mukena dengan warna pastel ini sangat cocok digunakan saat acara-acara formal seperti pernikahan atau acara religius lainnya. 

Warna-warna pastel memberikan nuansa yang tenang dan elegan, sehingga mukena terlihat lebih mewah dan modis. Dalam trend mukena tahun 2023, warna pastel juga dapat dikombinasikan dengan aksen atau bordir yang membuat mukena semakin menarik dan unik. Kombinasi warna pastel pada mukena memberikan tampilan yang feminin dan manis, sehingga pengguna dapat tampil cantik dan anggun saat beribadah.

Mukena dengan warna pastel juga mudah untuk dikombinasikan dengan aksesori atau perhiasan lainnya. Sedulur dapat memadukannya dengan kerudung yang memiliki motif atau warna yang serasi, atau menambahkan aksesoris seperti bros atau kalung yang sesuai dengan warna pastel pada mukena. Hal ini memberikan fleksibilitas dalam mengkreasikan tampilan yang unik dan sesuai dengan selera Sedulur.

Mukena kombinasi pastel merupakan bagian dari tren fashion terkini. Kombinasi warna pastel seringkali menjadi favorit dalam dunia fashion, termasuk dalam busana muslim. Dengan menggunakan mukena kombinasi pastel, Anda dapat tetap tampil up-to-date dan modis dalam beribadah.

Dengan karakteristik seperti yang disebutkan diatas, tidak heran jika trend mukena 2023 banyak dipilih sebagai bagian bahan-bahan mukena yang cocok untuk digunakan saat beribadah. 

Untuk trend mukena di tahun 2023, arahannya bukan ke pergantian model yang drastis, karena tidak melupakan fungsi dari mukena yang harus menutupi seluruh aurat, jadi untuk dari sisi model bisa terdapat perubahan-perubahan minor, seperti bentuk panjang dari atasan mukena bisa dibuat lebih panjang, dengan bentuk yang lebih melebar.

Dalam memilih trend mukena tahun 2023, penting bagi pengguna untuk tetap memperhatikan nilai-nilai keagamaan dan memilih mukena yang nyaman serta sesuai dengan prinsip agama. Mukena bukan hanya busana ibadah, tetapi juga merupakan simbol dari keanggunan dan kesempurnaan dalam beribadah. Dengan memadukan desain simpel yang anti ribet dan sentuhan modern, trend mukena tahun 2023 menghadirkan busana muslim yang stylish dan cocok untuk berbagai acara.