tips memilih dompet wanita

Dompet merupakan tempat untuk menyimpan uang. Namun bagi wanita dompet bukan hanya sekedar tempat menyimpan uang, namun juga salah satu item fashion yang dapat menunjang penampilan sehari-hari. Maka dari itu, tentu setiap wanita perlu mengetahui tips memilih dompet wanita.

Tujuannya jelas agar tidak salah membeli dompet dan agar dapat menunjang penampilan. Uang yang dimiliki bisa disimpan rapi sekaligus penampilan yang bisa terlihat menawan dengan pemilihan dompet yang tepat. Nah, seperti apa saja tips memilih dompet wanita? Yuk, mari langsung kita simak pembahasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Pilihan Outfit ke Pantai yang Fashionable dan Tips Memilihnya

1. Model dompet

tips memilh dompet wanita
iStock

Tips memilih dompet wanita yang pertama yaitu dengan memilih model dompet. Sedulur juga pasti sudah mengetahui bahwa ada banyak jenis dompet wanita yang dijual di pasaran. Hal ini yang membuat banyak wanita kesulitan memilih dompet.

-->

Bahkan harus meluangkan waktu untuk memilih dompet yang cocok. Dari begitu banyak pilihan, Sedulur bisa memulai dengan memilih model dompet yang disukai dan cocok dengan fashion atau kepribadian Sedulur. Sedulur juga bisa mempertimbangkan model dompet yang timeless dan bisa digunakan untuk kebutuhan apapun.

2. Ukuran dompet

tips memilih dompet wanita
iStock

Tips memilih dompet wanita yang kedua yaitu dengan mempertimbangkan ukuran dompet. Uang kertas, koin, kartu atm dan identitas, merupakan benda yang harus dapat muat dalam dompet. Tentu kapasitas dompet wanita memang bergantung dari kebutuhan itu sendiri.

Semua benda penting tersebut tentu harus masuk dalam kompartemen di dompet yang Sedulur miliki. Ukuran menjadi salah satu faktor esensial dalam memilih dompet wanita karena banyaknya perlengkapan yang harus dibawa.

3. Warna dompet

tips memilih dompet wanita
iStock

Tips memilih dompet wanita selanjutnya yaitu dalam pemilihan warna dompet. Pemilihan warna yang netral akan menghemat waktu Sedulur untuk mix and match dengan outfit yang digunaka karena warna-warna kulit dan warna-warna soft sangat mudah dipadupadankan dengan apa saja.

Jika Sedulur ingin yang lebih menonjol, Sedulur bisa memilih warna dompet kulit dengan nuansa pastel dan warna-warna terang. Beberapa rekomendasi warna tersbeut bisa Sedulur jadikan pilihan yang tepat.

4. Perawatan dompet

iStock

Tentu dompet yang Sedulur beli juga penting untuk dirawat. Maka dari itu, Sedulur bisa mempertimbangkan untuk membeli dompet yang tidak memerlukan banyak perawatan. Karena biasanya dompet akan digunakan setiap hari.

Intensitas penggunaan dompet tentu akan mempengaruhi kondisi dompet itu sendiri, jika dompet dibiarkan tanpa perawatan, tentu dompet akan semakin rusak dan tidak layak digunakan. Satu hal yang harus Sedulur pastikan bahwa perawatan dompet tidak menyulitkan Sedulur di kemudian hari.

5. Kualitas dompet

iStock

Hal yang perlu Sedulur pertimbangkan selanjutnya dalam tips memilih dompet wanita yaitu kualitas dompet itu sendiri. Bagi dalam segi material atau bahan pembuatan dompet hingga konstruksi atau model dompet itu sendiri.

Dompet kulit wanita memiliki tingkat durabilitas yang lebih tinggi dibandingkan dompet yang terbuat dari kulit sintetis atau material fabric. Itulah sebabnya, banyak wanita yang lebih mengutamakan kualitas material demi pemakaian jangka panjang.

6. Dompet yang terpisah dengan kartu

iStock

Tips memilih dompet wanita yang perlu Sedulur perhatikan selanjutnya yaitu dengan memilih dompet yang terpisah dengan kartu-kartu. Hal ini baik untuk membuat Sedulur kerepotan saat mengeluarkan kartu penting. Maka dari itu, penting untuk membedakan dompet khusus dengan kartu.

Apalagi jika Sedulur terbiasa untuk membawa kartu-kartu penting, maka hal ini bisa menjadi solusi. Dengan begitu, dompet wanita yang digunakan untuk menyimpan uang bisa Sedulur pilih yang tidak terlalu besar dan ribet.

7. Dompet dengan kompartemen yang banyak

iStock

Tips terakhir bisa mempertimbangkan dompet dengan kompartemen yang banyak. Mengingat banyaknya model dompet wanita yang dijual, Sedulur bisa memilihnya berdasarkan kompartemen yang tersedia. Kompartemen yang banyak dapat memungkinkan Sedulur menyimpan benda-benda secara rapi dan aman. Sehingga Sedulur tidak perlu khawatir saat membawa dompet.

BACA JUGA: 12 Inspirasi Gaya OOTD Jaket Jeans, Cocok Untuk Street Fashion!

Jenis dompet wanita

iStock

Selain tips di atas, Sedulur juga harus tahu beberapa jenis dompet wanita yang bisa jadi pilihan. Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, bahwa dompet bukan hanya digunakan untuk menyimpan benda namun juga untuk menunjang penampilan.

Adapun beberapa jenis dompet yang bisa jadi rekomendasi pilihan yaitu:

  • Compact wallet: Istilah compact ini mencerminkan desain dompet yang simpel, kokoh, dan dilengkapi resleting di sekelilingnya. Ukuran dompet model ini pun cukup bervariasi, mulai dari yang berukuran panjang atau mini.
  • Flap wallet: Model flap wallet ini biasanya lebih tipis dan hanya muat untuk menyimpan uang kertas beserta kartu-kartu penting di dalamnya. Biasanya model dompet ini menggunakan magnet atau resleting sebagai pengamanan.
  • Wrislet: Model dompet yang satu ini berukuran lebih besar dan mirip dengan handbag. Dengan begitu, Sedulur dapat menyimpan banyak benda-benda kecil di dalamnya sehingga cukup multifungsi saat digunakan.
  • Card wallet: Model dompet ini biasanya khusus untuk menyimpan kartu. Uang kertas bisa disimpan namun harus terlebih dahulu dilipat.
  • Coin wallet: Model terakhir ini khusus untuk menyimpan uang koin. Walaupun uang kertas pun bisa masuk, hanya saja tidak bisa disimpan dengna rapi.

Nah itulah tips memilih dompet wanita dan beberapa rekomendasi model dompet yang bisa jadi pilihan. Semoga penjelasan di atas bisa membantu memudahkan Sedulur agar tidak lagi kesulitan dalam memilih dompet yang sesuai keinginan dan fashion Sedulur.