lip scrub alami

Tentu saja Sedulur ingin mempunyai bibir yang sehat dan terasa lembab, bukan? Nah, salah satu cara untuk bisa mewujudkannya adalah dengan menggunakan lip scrub alami, yang pastinya aman digunakan karena dibuat dari bahan-bahan alami.

Seperti yang telah kita ketahui, perawatan pada bibir menjadi salah satu bagian penting dalam mendukung penampilan. Jadi bagi Sedulur yang ingin tampil lebih sempurna, jangan pernah lupa untuk selalu merawat bibir, salah satunya dengan menggunakan lip scrub alami.

BACA JUGA: Tips Menggunakan Body Scrub yang Benar agar Kulit Cerah!

Manfaat Menggunakan Lip Scrub

Unplash/Ashley Piszek

Hampir sama seperti scrub untuk tubuh atau body scrub, lip scrub atau exfoliator ini bermanfaat untuk mengeksfoliasi sel kulit mati pada bibir. Menggunakan lip scrub bibir secara teratur juga akan memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan dan penampilan bibir.

-->

Kurang lebih, berikut ini beberapa manfaat yang akan Sedulur dapatkan ketika menggunakan lip scrub secara rutin.

1. Menghilangkan sel kulit mati

Lip scrub membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang biasanya menumpuk pada permukaan bibir. Dengan begitu, maka akan membantu membuat bibir terasa lebih halus dan juga lembut.

2. Menyegarkan bibir

Proses eksfoliasi sendiri berarti membantu merangsang sirkulasi darah yang ada di area bibir. Eksfoliasi ini mampu membuat bibir terlihat lebih segar dan memancarkan warna merah yang alami.

3. Memperbaiki penyerapan pelembab

Dengan menghilangkan sel-sel kulit mati, lip scrub akan membantu pelembab bibir untuk bisa menyerap dengan lebih baik. Oleh karena itu, kelembaban diberikan oleh pelembab bisa lebih efektif.

4. Mencegah bibir kering dan pecah-pecah

Manfaat penggunaan lip scrub yang berikutnya, adalah mampu membantu mencegah bibir kering dan pecah-pecah. Hal ini bisa dilakukan dengan merawat dan menjaga kelembaban alami pada bibir.

5. Menghilangkan sisa produk lipstik

Lip scrub dapat membantu membersihkan sisa-sisa produk lipstik atau lip balm yang biasanya menumpuk pada bibir, sehingga menjaga kebersihan dan kesehatan bibir.

6. Mengurangi noda dan pigmentasi

Eksfoliasi akan membantu mengurangi noda atau pigmentasi yang terjadi di bibir, sehingga memberikan tampilan warna bibir yang terlihat lebih merata.

BACA JUGA: Rekomendasi 10 Body Serum Terbaik untuk Mencerahkan Kulit

Bahan Membuat Lip Scrub Alami

lip scrub alami
Pexels/Valeria Boltneva

Sebenarnya terdapat banyak brand skincare yang menyediakan produk lip scrub. Namun tidak ada salahnya jika Sedulur memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar untuk membuat lip scrub alami.

Penasaran apa saja bahan yang dapat dijadikan sebagai lip scrub? Langsung saja, simak penjelasannya lengkap yang ada di bawah ini!

1. Gula merah dan madu

Gula merah dan madu ternyata tidak hanya dapat digunakan untuk bahan makanan, lho. Lebih dari itu, kedua bahan ini dapat Sedulur manfaatkan untuk membuat lip scrub alami. Hal ini karena madu sangat berguna untuk menjaga kelembapan kulit, termasuk juga dengan bibir.

Sementara untuk gula merah alias brown sugar, memiliki kemampuan untuk menjaga kulit bibir dari paparan sinar UV ataupun zat-zat toksin. Nah, cara untuk membuat scrub bibir alami dari gula merah dan madu adalah seperti berikut ini.

  • Campurkan 1 sdt madu dengan 2 sdm brown sugar di mangkuk kecil.
  • Aduk rata, gosok scrub pada bibir sambil pijat perlahan.
  • Diamkan 5 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

2. Gula dan minyak zaitun

Gula mempunyai tekstur yang kasar. Itulah yang membuat gula menjadi bahan yang sangat cocok untuk mengeksfoliasi kulit mati. Di sisi lain, minyak zaitun juga terkenal dengan kemampuannya untuk melembabkan kulit.

Oleh karena itu, Sedulur bisa menggabungkan keduanya untuk menjadi scrub bibir alami! Dijamin, Sedulur akan mendapatkan bibir yang sehat serta lembab. Berikut ini cara membuat scrub bibir alami dari campuran gula dan minyak zaitun.

  • Aduk rata 1 sdt minyak zaitun dan 1 sdm gula pasir.
  • Oleskan pada area bibir, lalu gosok perlahan.
  • Diamkan sekitar 10 menit, bilas dengan air hangat sampai bersih.

3. Lemon dan gula

Ingin membuat warna bibir terlihat lebih cerah? Sedulur dapat memanfaatkan lemon sebagai scrub bibir alami. Air lemon diyakini mampu mempercepat regenerasi sel kulit dan juga menyegarkan permukaan kulit bibir. Adapun gula yang bisa membantu mengeksfoliasi sel-sel kulit mati.

Nah, agar hasilnya lebih maksimal, Sedulur juga dapat menambahkan petroleum jelly. Untuk membuat scrub bibir alami tersebut, berikut ini caranya.

  • Campurkan 2 sdm gula pasir dengan petroleum jelly.
  • Tambahkan perasan lemon, aduk merata.
  • Oleskan scrub pada bibir, kemudian pijat secara perlahan.
  • Diamkan selama 3 menit, baru dibilas menggunakan air hangat.

4. Kulit jeruk dan gula merah

Jika tidak memiliki lemon, maka Sedulur bisa menggunakan kulit jeruk sebagai alternatif. Kedua bahan ini sama-sama memiliki khasiat untuk membuat warna bibir lebih cerah. Selain itu, Sedulur juga dapat mencampurkan kulit jeruk dengan gula merah.

Bahan tersebut dipercaya dapat menjadi eksfoliator alami yang bagus untuk bibir. Nah, jika ingin sekaligus melembabkan bibir, bisa menambahkan minyak almond ke dalam scrub yang dibuat. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut cara membuat scrub bibir alami dari kulit jeruk serta gula merah.

  • Haluskan dulu kulit jeruk kering sampai berbentuk bubuk.
  • Campurkan minyak almond dan gula merah dengan bubuk kulit jeruk, aduk rata.
  • Gosok scrub pada bibir 30 detik, lalu bilas menggunakan air hangat.

5. Stroberi dan kiwi

Buah-buahan memang memiliki khasiat yang bagus untuk tubuh jika dikonsumsi secara langsung. Namun untuk kesehatan bibir, ternyata Sedulur juga bisa memanfaatkannya sebagai scrub bibir alami, lho! Dua buah yang dapat digunakan dalam kebutuhan ini adalah stroberi dan kiwi.

Kedua buah tersebut mengandung vitamin dan mineral yang mampu menyegarkan, menutrisi, dan juga melembabkan bibir. Cara untuk membuat lip scrub bibir dari stroberi dan kiwi sendiri juga sangat mudah, seperti berikut ini.

  • Haluskan 1 buah stroberi bersama ½ buah kiwi dengan blender, sisihkan.
  • Campurkan buah halus dengan 2 sdm minyak zaitun dan 6 sdm gula pasir.
  • Oleskan scrub pada bibir, lalu diamkan selama 1 menit.
  • Bilas menggunakan air hangat.

6. Kopi dan madu

Kopi dan madu memang menjadi kombinasi untuk membuat minuman yang sangat nikmat di pagi hari. Namun tidak hanya itu, kedua bahan ini juga bisa membantu eksfoliasi kulit bibir, lho! Setelah menggunakan scrub bibir alami ini, jangan kaget jika bibir akan terlihat cerah, lembap, dan juga sehat.

Nah, bagi yang penasaran dan ingin coba membuat lip scrub dari campuran kopi dan madu, ikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini.

  • Campurkan 1 sdm bubuk kopi dengan 1 sdm madu sampai rata.
  • Oleskan scrub pada bibir, lalu pijat perlahan selama 1 menit.
  • Diamkan dulu selama 1 menit.
  • Baru dicuci bersih dengan air hangat.

7. Madu dan minyak kelapa

Jika Sedulur memiliki minyak kelapa di rumah, bisa memanfaatkan bahan tersebut untuk dibuat menjadi scrub bibir alami. Banyak yang percaya jika minyak kelapa mengandung antioksidan dan asam lemak yang baik untuk kesehatan kulit, termasuk bibir.

Sementara itu, madu juga memiliki khasiat untuk melembabkan bibir. Nah, Sedulur juga bisa menambahkan gula merah sebagai eksfoliator. Berikut ini cara untuk membuat lip scrub alami dari madu dan minyak kelapa.

  • Campur rata 1 sdm madu dengan 1 sdm minyak kelapa.
  • Tambahkan ½ sdm air hangat serta 2 sdm gula merah. Aduk rata.
  • Gosok scrub ke bibir selama 3 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

8. Coklat dan minyak zaitun

Apakah Sedulur sangat menyukai coklat? Jika iya, maka dapat memanfaatkan bubuk coklat sebagai scrub bibir alami. Jadi sembari menyehatkan bibir, Sedulur juga dapat mencium aroma coklat yang sangat nikmat, bukan? Nah, di bawah ini cara untuk membuatnya.

  • Campurkan 1 sdm bubuk cokelat, 1 sdt ekstrak vanili, 2 sdm gula merah, 2 sdt minyak zaitun, dan juga ¾ sdt madu.
  • Oleskan scrub pada bibir, lalu gosok dengan gerakan memutar.
  • Diamkan sampai 5 menit, baru dibilas dengan air hangat.

9. Cinnamon dan madu

Tahukah Sedulur, jika cinnamon atau kayu manis memiliki khasiat untuk menebalkan bibir secara alami? Nah, jadi kamu ingin menebalkan bibir, maka bisa membuat scrub dari paduan cinnamon, madu, dan juga minyak zaitun. Cara membuat lip scrub tersebut adalah seperti berikut ini.

  • Campurkan ½ sdt bubuk kayu manis (bubuk cinnamon), ½ sdm minyak zaitun, serta ½ sdm madu di dalam wadah. Aduk sampai rata.
  • Oleskan scrub alami ini menggunakan jari, lalu gosok secara lembut agar sel kulit mati terangkat.
  • Terakhir bilas dengan air hangat, dan gunakan lip balm untuk melembapkan bibir.

10. Minyak almond dan gula merah

Sedulur sedang mencari cara untuk membuat scrub bibir alami yang mampu menghilangkan bibir pecah-pecah? Nah, langsung saja buat scrub bibir sendiri dari perpaduan antara minyak almond, gula merah, dan juga madu.

Minyak almond mempunyai khasiat untuk membantu meregenerasi sel kulit serta mencegah bibir pecah-pecah. Dengan begitu, maka bibir Sedulur pun akan senantiasa tampak sehat dan juga merona secara alami. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Ikuti beberapa langkah berikut ini.

  • Campurkan 2 sdm gula merah, 1 sdm minyak almond, dan juga 1 sdm madu.
  • Aduk terus sampai tercampur dengan merata.
  • Oleskan scrub tersebut pada bibir dengan lembut.
  • Diamkan selama 5 menit.
  • Bersihkan scrub dari bibir secara lembut, namun sisakan sedikit minyak almond agar kelembapan bibir tetap terjaga dengan baik.

11. Oatmeal dan madu

Perlu untuk diketahui, bahwa oatmeal tidak hanya menjadi hidangan yang sangat baik untuk sarapan. Akan tetapi, juga berguna untuk membersihkan sisa-sisa kotoran dan juga minyak dari area wajah, termasuk bibir.

Sedulur dapat mencampurkan oat dengan sejumlah bahan yang lain, seperti gula dan minyak kelapa untuk melembabkan sekaligus eksfoliasi bibir. Cara untuk membuat scrub dari oatmeal dan madu adalah sebagai berikut ini.

  • Campurkan dulu ½ cangkir oatmeal, 1/4 cangkir gula, 1 sdm madu, serta 1/4 cangkir minyak kelapa.
  • Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  • Aplikasikan scrub pada bibir, dan diamkan selama 3 menit.
  • Bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

12. Mint dan minyak kelapa

Bahan-bahan untuk membuat lip scrub alami yang terakhir adalah peppermint dan minyak kelapa. Penggunaan dari peppermint essential oil sebagai scrub bibir alami memang diklaim mampu meningkatkan sirkulasi darah, sehingga akan membuat bibir terlihat lebih tebal.

Tidak hanya itu, mint juga memiliki kemampuan untuk menghidrasi bibir yang kering. Untuk itu, ikuti cara membuat lip scrub berikut ini.

  • Campur dan aduk rata 1 sdt minyak kelapa, 1 sdt madu, 1 ½ sdt gula, dan 3 tetes peppermint essential oil.
  • Oleskan lip scrub tersebut pada area bibir, dan diamkan selama 5 menit.
  • Bilas dengan air hangat.

Itu dia beberapa manfaat penggunaan lip scrub dan juga cara untuk membuat lip scrub alami. Bicara tentang penggunaan lip scrub, ada baiknya untuk tidak melakukannya secara berlebihan. Pasalnya, penggunaan yang berlebihan akan menyebabkan iritasi.

Secara umum, sebaiknya scrub bibir hanya digunakan sebanyak 1 sampai 2 kali saja dalam seminggu. Selain itu, pastikan bahan-bahan yang digunakan masih dalam keadaan yang baik, ya!