rekomendasi cushion untuk kulit berminyak

Tidak seperti foundation, cushion memiliki tekstur yang lebih ringan tapi dengan kemampuan pelapisan yang lebih maksimal. Jadi tidak heran jika banyak orang yang akhirnya memilih menggunakan cushion sebagai dasaran sebuah make up. Namun, Sedulur harus memperhatikan rekomendasi cushion untuk kulit berminyak karena penggunaan akan menentukan keberhasilan make up.

Cushion sendiri memang jadi alternatif paling praktis untuk menghindari riasan yang terasa berat, khususnya untuk orang yang memiliki kulit berminyak berlebihan. Sedulur tidak perlu bingung, karena ada cukup banyak rekomendasi cushion untuk kulit berminyak yang bisa digunakan. Penasaran apa saja produk cushion yang dimaksud? Mari simak ulasannya berikut!

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Bedak yang Cocok untuk Kulit Berminyak

Manfaat Cushion untuk Kulit Berminyak

make up remaja
Pexels

Cushion telah menjadi teman setia bagi Sedulur yang menginginkan tampilan wajah  tanpa terbebani oleh riasan berat. Berbeda dari foundation, cushion memiliki tekstur yang lebih ringan namun tetap mampu memberikan coverage maksimal.

Khususnya bagi pemilik kulit berminyak, penggunaan cushion dapat menjadi alternatif praktis untuk menciptakan tampilan yang tidak terasa berat. Manfaat cushion untuk kulit berminyak ini perlu Sedulur ketahui agar Sedulur dapat memaksimalkan kecantikan dan kesehatan kulit wajah.

1. Praktis saat dandan

Bagi Sedulur yang menjalani rutinitas sibuk namun tetap menginginkan penampilan yang cantik, penggunaan cushion memainkan peran yang sangat berarti. Efisiensi dan kemudahan dalam proses dandan adalah salah satu keunggulan utama dari penggunaan cushion. Dengan kemasan yang kompak dan praktis, cushion menjadi solusi yang sangat nyaman untuk merias wajah di mana pun Sedulur berada.

Tidak perlu ribet dengan berbagai alat dan produk make up, karena penggunaan cushion yang simpel sangat sesuai untuk individu dengan jadwal padat dan terbatas waktu untuk berdandan. Apalagi saat sedang bepergian, cushion menjadi pilihan terbaik untuk mendapatkan hasil dandan yang maksimal tanpa perlu membawa banyak perlengkapan make up.

2. Menghidrasi kulit

elain memberikan hasil riasan yang menawan, cushion juga memiliki manfaat penting dalam menjaga kelembapan kulit. Kehadiran humektan dalam formula cushion berperan penting dalam menjaga hidrasi kulit, memastikan bahwa riasan tetap nyaman dan tahan lama bahkan dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Khususnya pada kulit berminyak, cushion memiliki kemampuan khusus untuk mengontrol produksi minyak berlebihan. Hal ini sangat berarti dalam menjaga kesehatan kulit dan mencegah terjadinya kilap berlebihan. Dengan demikian, penggunaan cushion tidak hanya memberikan tampilan yang cantik, tetapi juga menjaga kulit tetap sehat dan lembap sepanjang hari.

3. Meratakan warna kulit

Tantangan dalam meraih tampilan riasan yang merata sering kali dihadapi oleh pemilik kulit berminyak. Make up yang tidak terdistribusi dengan baik dan masalah belang-belang kerap menjadi persoalan. Namun, cushion hadir sebagai solusi efektif untuk mengatasi kendala ini. Dengan perpaduan antara sifat loose powder dan liquid foundation, cushion memiliki kemampuan untuk memberikan hasil riasan yang merata dan alami.

Fungsi cushion sebagai korektor warna kulit juga membantu dalam menyamarkan jerawat, noda, serta menciptakan tampilan yang seragam dalam hal warna kulit. Dengan penggunaan cushion, tampilan riasanmu akan semakin mendekati kesempurnaan yang menarik dan nyaman untuk dipandang.

4. Haluskan kulit

Masalah jerawat dan pori-pori membesar seringkali menjadi tantangan bagi pemilik kulit berminyak. Kondisi ini dapat mengakibatkan kulit memiliki tekstur yang tidak merata dan kehalusan wajah berkurang. Namun, cushion hadir dengan solusi untuk mengatasi masalah ini. Cushion memiliki formula yang lebih ringan dibandingkan dengan foundation, sehingga pengaplikasiannya menjadi lebih mudah dan tidak memberikan beban berat pada kulit.

Penggunaan cushion juga membantu dalam menutupi permasalahan kulit seperti pori-pori besar dan bekas jerawat, menciptakan tampilan yang lebih natural dan terlihat ringan. Dengan demikian, penggunaan cushion dapat memberikan hasil akhir yang halus dan merata, yang pada gilirannya meningkatkan kesan kecantikan dan kesehatan kulit wajah secara keseluruhan. Hasilnya kulit berminyak dapat tampil lebih mulus dan terlihat lebih sehat.

5. Lindungi kulit dari sinar UV

Keistimewaan cushion tidak hanya terbatas pada hasil riasan yang flawless,melainkan juga memberikan manfaat perlindungan ekstra bagi kulit berminyak. Sinar ultraviolet (UV) yang dipancarkan oleh matahari memiliki potensi untuk menyebabkan kulit menjadi kusam dan kering. Terutama bagi kulit berminyak, paparan sinar UV bisa memperparah rasa tidak nyaman dan kilap berlebihan pada wajah.

Cushion hadir dengan formula yang mencakup perlindungan UV yang berfungsi sebagai benteng tambahan bagi kulit. Teknologi perlindungan UV dalam cushion membantu melindungi kulit dari radiasi UVB dan UVA yang mampu merusak jaringan kulit serta mempercepat penuaan kulit. Dengan bantuan cushion, kulit dapat merasa aman dari dampak negatif sinar matahari yang merugikan dan tetap terjaga kesehatannya.

BACA JUGA: 10 Warna Eyeshadow Natural untuk Kulit Sawo Matang

Rekomendasi Cushion untuk Kulit Berminyak

Dalam ulasan utama akan membahas 16 rekomendasi cushion untuk kulit berminyak yang patut Sedulur pertimbangkan pada tahun 2023. Berikut  16 rekomendasi cushion untuk kulit berminyak yang patut di coba pada kulit Sedulur!

1. Looke Holy Flawless BB Cushion

rekomendasi cushion untuk kulit berminyak
Looke

Dari namanya saja, sudah jelas bahwa produk ini bertujuan untuk memberikan tampilan wajah yang flawless. Biasanya, produk make up dapat terasa berat di wajah dan menghasilkan tampilan kulit yang flawless. Namun, produk ini memiliki formula yang sangat ringan, tetapi mampu memberikan hasil yang maksimal dalam menciptakan tampilan kulit yang flawless.

Pengguna tidak akan merasa beban berat di wajah karena formula produk ini sangat cocok. Di dalamnya terkandung ekstrak teh hijau yang dapat melembabkan kulit, memberikan perlindungan dari sinar matahari, dan mengontrol produksi minyak. Produk ini memiliki kemampuan untuk menyamarkan pori-pori yang besar dan meratakan warna kulit sehingga warna yang tidak merata dapat diatasi.

2. The Face Shop Oil Control Cushion

Cushion untuk kulit berminyak berikutnya adalah The Face Shop Oil Control Water Cushion. Salah satu keunggulannya adalah kemampuannya untuk memberikan tampilan make up yang dewy dan alami. Dengan kandungan SPF 50+pa+++, cushion ini memberikan perlindungan yang cukup tinggi untuk aktivitas di luar ruangan. Hasil make up tampak flawless dan memiliki ketahanan yang memadai. Noda pada wajah dapat tertutupi dengan baik.

Shade yang tersedia cenderung cocok untuk Sedulur yang memiliki kulit putih. The Face Shop Oil Control Water Cushion juga mengandung minyak mawar dan lavender yang memberikan kesegaran.

3. Etude House Real Powder Cushion

Salah satu cushion yang patut diperhatikan adalah Etude House Real Powder Cushion. Cushion ini dikenal karena memiliki daya coverage yang cukup variatif, mulai dari medium hingga full coverage, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Terdapat tiga pilihan warna yang disediakan: honey beige, natural beige, dan light beige. Tekstur cushion ini cenderung lebih tebal dan mungkin memerlukan sedikit waktu untuk di-blend dengan baik pada kulit. Namun, hasilnya mampu menutupi berbagai masalah kulit seperti jerawat, flek, dan bekas jerawat dengan baik.

Salah satu keunggulan utama dari Etude House Real Powder Cushion adalah formulanya yang merupakan 5 in 1, yang berarti ini adalah produk serbaguna. Selain sebagai cushion, produk ini juga berfungsi sebagai BB cream, primer, pengendali minyak, powder pact, dan bahkan concealer. Dengan begitu, produk ini menyediakan solusi lengkap untuk tampilan wajah yang rata, flawless, dan bebas dari masalah kulit tertentu. Jika Sedulur menginginkan coverage yang dapat disesuaikan dan manfaat beragam dalam satu produk, Etude House Real Powder Cushion bisa menjadi pilihan yang menarik.

4. Pixy Make It Glow Dewy Cushion

Jika Sedulur mencari cushion dengan tampilan dewy dan perlindungan tambahan, Pixy Make It Glow Dewy Cushion bisa menjadi pilihan yang menarik. Salah satu keunggulannya adalah kandungan SPF 23 pa++ yang memberikan perlindungan dari sinar matahari yang penting. Teksturnya cair dan ringan, cocok untuk menciptakan tampilan wajah yang berkilau dan segar.

Dalam formulanya, terkandung ekstrak yuzu, minyak zaitun, dan jojoba oil, yang memberikan manfaat baik bagi kulit. Yuzu dikenal dengan kandungan vitamin C yang membantu mencerahkan kulit, sementara minyak zaitun dan jojoba oil berperan dalam melembabkan dan menjaga kelembapan kulit. Salah satu keunggulan lainnya dari Pixy Make It Glow Dewy Cushion adalah daya tahan yang baik, mampu bertahan hingga 10 jam.

Dengan begitu, Sedulur tidak perlu khawatir tentang tampilan make up yang luntur sepanjang hari. Selain itu, formulanya juga efektif dalam menyamarkan noda bekas jerawat atau flek pada wajah, sambil memberikan efek pencerahan yang segar dan melembabkan kulit. Pixy Make It Glow Dewy Cushion adalah pilihan yang tepat bagi Sedulur yang menginginkan tampilan dewy dan perlindungan kulit dalam satu produk.

5. Laneige BB Cushion Pore Control SPF 50+ PA+++

Merek Korea, Laneige, dikenal karena produk perawatan kulit yang dapat menghidrasi kulit. Laneige BB Cushion Pore Control SPF 50+ PA+++ memiliki 10 pilihan shade yang cocok untuk kulit Asia.

Cushion ini mampu mengendalikan minyak di kulit wajah sehingga pori-pori tampak lebih terkendali. Kandungan Exclusive Optimal Mineral Water pada cushion ini memberikan kelembapan pada kulit. Dengan SPF 50+ PA+++, cushion ini juga memberikan perlindungan yang baik bagi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari saat beraktivitas di luar ruangan.

6. April Skin Magic Snow Cushion Black

makeup.com

April Skin Magic Snow Cushion Black 2.0 menawarkan tiga pilihan warna yang dapat dipilih sesuai preferensi, yakni natural beige, pink beige, dan light beige. Cushion ini memiliki formula yang tidak hanya memberikan hasil make up, tetapi juga perlindungan bagi kulit.

Dilengkapi dengan SPF 50+ dan PA++, cushion ini mampu melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet yang berbahaya. Cocok digunakan oleh pemilik kulit kombinasi, cushion ini memberikan perlindungan dan hasil make up dalam satu produk.

7. Yves Saint Laurent Le Cushion

Jika Sedulur mencari produk cushion premium dengan berbagai keistimewaan, Yves Saint Laurent Le Cushion Encre De Peau bisa menjadi pilihan yang menarik. Produk ini tidak hanya memberikan hasil make up yang flawless, tetapi juga memiliki beberapa keunggulan lain yang menjadikannya unggul di pasaran. Salah satu keunggulan utama dari Yves Saint Laurent Le Cushion Encre De Peau adalah kemampuannya untuk memberikan hasil make up yang natural.

Selain itu, cushion ini juga dilengkapi dengan kemampuan melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya. Salah satu masalah kulit yang umum terjadi adalah tampilan berkilap akibat produksi minyak berlebih. Dengan Yves Saint Laurent Le Cushion Encre De Peau, Sedulur tidak perlu khawatir tentang hal tersebut. Produk ini memiliki kemampuan untuk melembabkan kulit dan menyempurnakan tampilan kompleksi wajah, memberikan hasil akhir yang bebas kilap sesuai dengan keinginan banyak orang.

Yves juga memberikan tampilan merona dan perlindungan kulit dari sinar UV, Yves Saint Laurent Le Cushion Encre De Peau juga dikenal karena efek melembabkan dan menyempurnakan tampilan wajah tanpa memberikan kesan berkilap yang tidak diinginkan. Produk ini merupakan pilihan yang tepat bagi Sedulur yang menginginkan produk cushion premium dengan hasil make up yang maksimal dan perlindungan kulit yang baik.

8. Lancome Teint Idole Ultra Cushion

Lancome Teint Idole Ultra Cushion merupakan salah satu produk yang terkenal karena ketahanannya yang luar biasa dan kemampuannya dalam menciptakan tampilan make up yang sempurna, tanpa memberikan efek berminyak pada kulit. Produk ini memiliki beberapa keunggulan yang menjadikannya pilihan favorit banyak orang. Salah satu daya tarik utama dari Lancome Teint Idole Ultra Cushion adalah ketahanannya yang luar biasa.

Cushion ini mampu bertahan lama pada kulit tanpa perlu khawatir tentang retak atau luntur. Tampilan make up yang dihasilkan tetap terjaga dengan baik sepanjang hari. Selain itu, teksturnya yang ringan dan nyaman di kulit membuat proses pengaplikasian menjadi lebih menyenangkan. Dengan formula yang tidak terasa berat di kulit, Lancome Teint Idole Ultra Cushion memberikan hasil make up yang flawless dan natural.

Cushion ini juga memiliki keistimewaan lain, yaitu memberikan efek pendinginan saat diaplikasikan. Sensasi segar yang diberikan oleh cushion ini membuat penggunaan menjadi lebih nyaman dan menyegarkan pada kulit.

9. Make Over Powerstay Demi-matte Cover Cushion

Make Over Powerstay Demi-Matte Cover Cushion merupakan pilihan ideal bagi Sedulur yang menginginkan tampilan matte namun tetap ingin memiliki efek berkilau pada kulit. Produk ini memiliki beberapa fitur unggulan yang membuatnya menarik di pasaran. Salah satu keunggulan dari Make Over Powerstay Demi-Matte Cover Cushion adalah kemampuannya untuk memberikan tampilan matte yang tetap memberikan efek berkilau pada kulit. Ini adalah kombinasi yang sempurna bagi Sedulur yang ingin tampil chic namun tetap natural.

Make Over juga merancang pilihan warna dengan baik, sehingga cocok dengan warna kulit orang Indonesia. Selain memberikan hasil make up yang tahan lama, cushion ini juga dilengkapi dengan kandungan SPF yang membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berbahaya. Dengan Make Over Powerstay Demi-Matte Cover Cushion, Sedulur bisa mendapatkan tampilan matte dengan sentuhan berkilau yang cantik dan tahan lama.

10. Purbasari Pore Perfecting BB Cushion

Purbasari Pore Perfecting BB Cushion adalah solusi untuk pemilik kulit berminyak. Dengan formula yang dirancang untuk mengendalikan keluarnya sebum dan minyak di wajah, cushion ini cocok untuk menjaga tampilan matte pada kulit. Selain itu, produk ini juga mampu menyamarkan pori-pori, memberikan hasil semi-matte yang diinginkan. Dengan harga yang terjangkau, cushion ini sangat cocok untuk kalangan muda. Tampilan kemasannya yang elegan dengan warna hitam juga membuatnya mudah dibawa ke mana saja.

11. Wardah Instaperfect Mineralight Matte BB Cushion

rekomendasi cushion untuk kulit berminyak
Pinterest

Wardah, sebagai merek lokal yang dikenal, telah menghadirkan cushion khusus untuk merawat kulit berminyak. Salah satu keunggulannya terletak pada Wardah Insta Perfect Mineralight Matte BB Cushion yang menyediakan empat pilihan shade yang dapat disesuaikan dengan warna kulit masing-masing individu. Ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan hasil yang lebih alami dan cocok dengan kulit Sedulur.

12. YOU Dreamskin Perfect Cushion

Kelebihan dari YOU DreamSkin Perfect Cushion terletak pada kemampuannya mengatur produksi minyak pada wajah. Dengan formula yang ringan, cushion ini dilengkapi dengan puff aplikator yang padat, mempermudah pengaplikasian. Hasil riasan make up dari cushion ini memiliki daya tahan yang lama, sehingga tidak mudah retak atau luntur. Dengan kemampuan ini, make up tetap terlihat segar dan flawless hingga 7 jam lamanya.

13. Maybelline Fit Me Poreless Cushion

Maybelline, selain dikenal sebagai produsen berbagai jenis lipstik, juga telah memperkenalkan cushion khusus untuk kulit berminyak. Maybelline Fit Me Matte & Poreless Cushion memiliki keunggulan dengan kandungan mikro powder yang dapat menyerap kelebihan minyak pada wajah. Dengan formula yang ringan, cushion ini memiliki ketahanan yang luar biasa, mampu bertahan hingga 24 jam, dan memberikan hasil akhir matte. Tidak hanya itu, produk ini juga memiliki kemampuan untuk membuat kulit terlihat tanpa pori-pori, menciptakan tampilan kulit yang halus dan sempurna.

14. Somethinc Breathable Mesh Cushion

Somethinc, merek lokal yang terkenal, telah meluncurkan produk Cushion Copy Paste Breathable Mesh. Dengan kandungan SPF 33 PA++, cushion ini memberikan perlindungan tambahan untuk kulit dari sinar matahari. Tampilannya yang unik berupa kotak mini dengan aksen warna ungu membuatnya menonjol.

Selain itu, cushion ini memberikan hasil coverage alami yang cocok untuk kulit wanita Asia, dengan pilihan beragam shade yang dapat disesuaikan. Produk ini tidak hanya mempercantik tampilan kulit, tetapi juga melindunginya dari paparan sinar matahari yang berbahaya.

15. Innisfree Skinny Coverfit Cushion SPF 41 PA++

Innisfree Skinny Coverfit Cushion SPF 41 PA++ hadir dengan opsi delapan pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan berbagai jenis kulit. Kandungan ekstrak daun camellia dan niacinamide dalam produk ini memberikan manfaat mencerahkan kulit. Keunggulan utama dari cushion ini adalah kemampuannya dalam mengontrol minyak, menjadikannya sebagai pilihan unggulan dari Korea Selatan. Hasil akhirnya tidak hanya mampu bertahan lama, tetapi juga memberikan tampilan bebas minyak dan tidak mudah retak, menjaga riasan tetap tahan lama dan sempurna.

16. Romand Clear Cover Cushion

rekomendasi cushion untuk kulit berminyak
Pinterest

Romand Clear Cover Cushion merupakan solusi yang ideal bagi Sedulur yang ingin tampil cantik tanpa menghadapi masalah tekstur make up yang menggumpal di wajah. Produk ini menghasilkan efek make up semi-glow yang dapat menutup pori-pori dengan baik. Kelembapan kulit tetap terjaga sehingga kulit tidak terasa kering saat produk diaplikasikan. Dengan Romand Clear Cover Cushion, Sedulur akan mendapatkan tampilan make up yang rapi dan halus, sambil menjaga kulit terlindungi dan memberikan pengalaman penggunaan yang nyaman.

Demikian tadi deretan rekomendasi cushion untuk kulit berminyak. Tak hanya memiliki kemampuan untuk menjadi dasar make up, cushion di atas juga bisa mengatasi masalah kulit berminyak dan paparan sinar UV berlebihan. Untuk itu, kulit berminyak bukan lagi masalah besar ketika Sedulur memiliki rekomendasi cushion di atas. Deretan cushion tersebut juga sudah terbukti mampu mengatasi kilap berlebih dan menjaga tampilan make up tetap tahan lama dengan kemampuan coverage yang maksimal. Semoga rekomendasi ini bisa membantu Sedulur menemukan produk terbaik untuk kulitmu ya!