outfit wisuda pria

Wisuda menjadi momen yang sangat penting dalam perjalanan hidup, yang mana merupakan ceremony saat Sedulur menyelesaikan masa belajar. Oleh karena itu, tidak hanya wanita saja, outfit wisuda pria juga harus dipersiapkan sebaik mungkin. Dari atas sampai bawah, harus terlihat sempurna.

Mengingat betapa pentingnya acara tersebut, tentu saja outfit utama yang harus digunakan adalah yang bersifat formal dan juga rapi. Namun selain itu, pastinya Sedulur juga ingin menunjukkan tampilan yang menawan di depan rektor, dosen, dan juga teman-teman, bukan?

BACA JUGA: 35 Rekomendasi Brand Sepatu Pantofel Lokal, Wajib Dimiliki!

Rekomendasi Outfit Wisuda Pria yang Keren dan Menawan

Momen wisuda sendiri juga seringkali diabadikan melalui foto dan video. Jadi jangan sampai momen yang sangat penting ini diabaikan begitu saja. Maka dari itu, berikut ini beberapa rekomendasi outfit wisuda pria yang dapat menjadi referensi.

-->

1. Kemeja jas casual dengan celana kain

Hockerty

Bagi Sedulur yang ingin tampil klasik dalam acara wisuda, maka perpaduan outfit wisuda yang satu ini dapat menjadi pilihan. Kombinasikan antara jas, kemeja, serta celana kain, akan terlihat cocok dikenakan ketika acara-acara formal, terutama wisuda.

Model kemeja yang digunakan, adalah kemeja yang berkerah dengan tambahan aksesoris berupa dasi. Opsi lainnya, Sedulur dapat menggantinya dengan model kemeja band collar, atau yang sering disebut dengan kerah sanghai karena bentuknya yang mirip seperti baju khas Tiongkok.

Kemudian lengkapi outfit tersebut dengan jas hitam dan celana kain hitam. Jika ingin warna lain, bisa memilih jas biru dongker dan kemeja biru muda dengan celana kain biru dongker. Dan untuk alas, gunakan sepatu pantofel hitam untuk menunjukkan kesan formal yang kental.

2. Setelan jas kemeja dengan dasi formal

Outfit pria formal berikutnya ada setelan jas kemeja dengan dasi. Rekomendasi outfit yang satu ini juga seringkali digunakan oleh para pria dalam menghadiri berbagai acara formal. Namun, Sedulur juga perlu menyesuaikan pemilihan setelan jas kemeja serta dasi formal yang akan dikenakan.

Pastinya Sedulur tidak ingin jika di nantinya acara wisuda yang diikuti terlihat terlalu formal dan tampak kaku ketika mengenakan outfit seperti itu, bukan? Nah, jadi pilihlah setelan jas kemeja dan dasi formal dengan warna yang senada.

Misalnya saja seperti perpaduan antara jas dan celana kain berwarna biru dongker, kemudian kenakan kemeja putih berkerah sebagai dalaman, serta dasi model slim berwarna biru atau hitam fit. Dengan begitu, maka tampilan akan jadi terlihat rapi tetapi tetap fashionable.

3. Kemeja simpel berkerah dengan dasi

Ya, penggunaan setelan jas kemeja memang akan membuat penggunanya terlihat menawan. Namun ada juga yang merasa terlalu formal dan terkesan kaku. Jika tidak terlihat kaku dan terlalu formal, maka bisa mencoba rekomendasi outfit wisuda pria yang berikutnya ini.

Tidak usah khawatir, Sedulur bisa tetap tampil secara rapi dan sopan dalam acara wisuda. Jadi coba kenakan kemeja, dasi, dan juga celana berbahan kain katun. Direkomendasikan untuk memilih kemeja polos putih berkerah, dasi slim fit berwarna netral, dan celana berwarna hitam.

Sedulur juga bisa memilih celana yang warnanya senada dengan warna dasi, jika merasa kombinasi pakaian hitam putih terasa terlalu monoton. Dengan begitu, maka akan terlihat tampilan yang terkesan simpel namun tetap rapi.

4. Kemeja batik lengan panjang dengan celana kain

Belum juga menemukan jas atau kemeja yang tepat untuk menghadiri di acara wisuda? Coba kenakan kemeja batik lengan panjang dengan celana kain. Dengan tampilan semacam ini, maka Sedulur juga bisa menghadirkan kesan yang klasik dan unik, loh.

Outfit ini juga akan membuat Sedulur terlihat lebih dewasa dan juga tidak kalah menarik dengan penggunaan setelan jas dan kemeja. Selain itu, kelebihan lain dari penggunaan kemeja batik juga akan membuat penggunanya tidak merasa gerah.

Kemeja batik ini akan terasa cocok dipasangkan dengan celana kain berwarna hitam. Namun pastikan untuk memilih warna dan motif batik yang cenderung gelap.

5. Setelan tuxedo dengan dasi kupu-kupu

Setelan tuxedo dengan dasi kupu-kupu dijamin akan membuat tampilan terlihat lebih menawan. Ya, umumnya outfit tersebut sering digunakan pada acara-acara formal seperti lamaran, pernikahan, maupun pesta lainnya.

Namun jangan salah, setelan tuxedo ini juga cocok dikenakan saat acara wisuda nanti, lho. Coba kenakan setelah tuxedo dengan rompi warna senada. Bila ingin menghindari warna hitam, Sedulur bisa memilih warna abu-abu dengan kemeja warna soft pink untuk dalamannya.

Jangan lupa untuk memadukannya dengan dasi kupu-kupu, sehingga tampilan di acara wisuda pun terlihat benar-benar sempurna.

6. Jas regular fit dengan celana chino

Pinterest

Bagi yang ingin tampil dengan lebih santai tapi tetap terlihat rapi dan sopan, dapat mencoba salah satu outfit simpel yang satu ini. Ya, Sedulur bisa mengenakan jas regular fit dengan dua kantong. Sementara untuk bawahannya, bisa memadukannya dengan celana chino.

Jangan lupa gunakan juga ikat pinggang agar tetap terlihat rapi dan juga menawan saat menghadiri acara wisuda bersama teman-teman nantinya. Soal warna, bisa memilih warna-warna gelap seperti halnya hitam, abu-abu, atau biru dongker.

Dan untuk alas kakinya, Sedulur dapat menggunakan sepatu model pantofel hitam yang bersifat formal. Namun pastikan untuk menghindari penggunaan sepatu pantofel dengan model yang terlalu berlebihan, ya!

7. Setelan jas penuh motif

Untuk rekomendasi outfit wisuda pria yang selanjutnya ini, mungkin lebih cocok bagi Sedulur yang suka dengan sesuai yang lebih unik dan berbeda. Jika memang tidak takut untuk tampil lebih mencolok, tidak ada salahnya untuk memilih setelan jas penuh motif.

Akan tetapi, pastikan jika motif yang pada jas juga selasar dengan celana yang dikenakan. Dengan begitu, maka akan terlihat lebih berestetika. Ya, celana dengan tinggi setumit dapat membuat gaya Sedulur terlihat keren dan kekinian.

Oh iya, jangan lupa pula untuk memilih sepatu berwarna terang untuk menyempurnakan tampilan saat menghadiri acara wisuda.

8. Setelah jas dengan scarf

Kalau merasa penggunaan dasi terlalu kaku dan mainstream, maka Sedulur bisa menggantinya dengan scarf. Tren penggunaan dari scarf sendiri memang sedang banyak diikuti, karena style ala Korea ini mampu membuat penggunanya terlihat lebih elegan.

Nah, agar tampilan terasa lebih effortless, hiasan leher dengan warna netral dapat menjadi andalan. Untuk celananya, tentu saja model celana bahan dengan warna yang senada dengan jas adalah pilihan yang paling tepat.

Sementara untuk alas kaki, bisa memilih antara pantofel maupun boots pendek. Yang penting gunakan alas kaki berwarna gelap seperti hitam atau coklat.

9. Jas klasik dengan kemeja velvet tanpa kerah dan loafer

Tidak ada salahnya untuk menghadirkan tampilan yang benar-benar terasa istimewa dalam acara penting seperti wisuda. Hal ini bisa dilakukan dengan memadukan jas klasik serba hitam dengan kemeja velvet tanpa kerah dan loafer.

Tidak perlu khawatir, Sedulur tanpa perlu repot-repot mengenakan kaus kaki dalam style outfit satu ini. Sehingga sanat pas bagi yang tidak suka ribet. Jangan lupa kenakan beberapa aksesoris pendukung seperti jam tangan untuk menambah kesan mewah yang diperlihatkan.

10. Jas oversized

Beberapa waktu belakangan ini, busana ala oversized memang menjadi tren di kalangan anak muda. Jadi tidak ada salahnya untuk mencobanya saat menghadiri wisuda. Nah, jadi Sedulur bisa mencoba model jas oversized dan kemeja dengan model yang sama.

Sementara untuk bawahan, pilihan celana bahan dengan potongan di atas tumit. Dijamin akan menghasilkan tampilan yang kece dan tentunya kekinian. Untuk warnanya, pilihlah warna-warna yang terkesan soft, namun pastikan warna jas dan celana tetap senada.

11. Kemeja dengan celana putih

outfit wisuda pria
Pinterest

Untuk terlihat kecek tidak hanya selalu dengan celana bahan, chino, maupun jeans saja. Coba saja kombinasikan kemeja putih yang dimiliki dengan celana putih. Ya, seperti yang telah diketahui jika putih merupakan warna netral yang cocok dikenakan di berbagai jenis acara.

Model kombinasi antara kemeja putih dan celana dengan warna senada ini akan memberikan kesan yang gagah dan juga keren. Jangan lupa, tambahkan sepatu pantofel dan aksesoris simpel seperti jam tangan putih agar penampilan semakin keren.

12. Blazer hitam dengan kaos senada

Secara tidak langsung penggunaan blazer hitam akan menciptakan penampilan yang cerdas dan juga bergaya. Oleh sebab itu, blazer juga bisa pilihan yang sangat bagus untuk tampil menawan pada saat menghadiri acara wisuda.

Tidak perlu bingung, Sedulur bisa mengenakan kaus dengan warna hitam senada sebagai inner. Kemudian untuk bawahan, tinggal kenakan celana bahan model slim fit. Lalu kenakan sepatu pantofel hitam untuk alas kaki, dijamin semua orang akan terpana.

Bila ingin tampilan terasa lebih mewah dan terkesan eksklusif, jangan lupa kenakan beberapa aksesoris yang terlihat mencolok. Entah itu jam tangan silver maupun gelang dan cincin.

13. Kemeja dan vest

Untuk style outfit wisuda pria ini, Sedulur dapat mengenakan luaran seperti vest dengan bahan yang lebih tipis. Luaran tersebut dipadukan dengan kemeja polos berwarna putih. Untuk mendukung penampilan, gunakan celana jeans hitam dan sepatu sneaker.

Jika ingin terlihat lebih formal, Sedulur dapat memilih rompi yang biasanya dikenakan bersama dengan jas formal. Namun, cukup dengan menggunakan rompinya saja, kemudian tambahkan dasi agar terlihat lebih rapi.

Untuk style ini, celana bahan akan terasa lebih cocok. Namun jika tidak punya, bisa juga menggantinya dengan celana chino. Tetapi pastikan warna dari celana yang digunakan tetap senada dengan atasan, ya!

14. Kemeja berbahan denim

Sedulur dapat menciptakan kesan yang berbeda dengan mengenakan kemeja berbahan denim. Akan tetapi, kemeja “anti-mainstream” ini hanya digunakan sebagai dalaman saja, sehingga kelihatannya tidak secara menyeluruh.

Kemeja berbahan denim tersebut bisa dikombinasikan dengan setelan jas simple, sehingga terkesan lebih formal pada saat acara wisuda. Perlu untuk diketahui, jika kemeja denim sendiri akan terlihat lebih cocok jika dipasangkan dengan jas dengan motif strip.

15. Suit waistcoat dengan jas lengan panjang

Pinterest

Rekomendasi outfit wisuda pria yang terakhir, yakni dengan mengenakan jas lengan panjang yang dijadikan sebagai outer. Ya, tampilan semacam ini memang tidak hanya cocok untuk acara wisuda saja, namun juga acara formal lain seperti pernikahan hingga pertemuan bisnis.

Ada 3 lapis pakaian yang nantinya digunakan, yakni kemeja, rompi, serta jas. Jika merasa terlalu gerah pada saat acara berlangsung, maka melepas jas bukan lagi menjadi masalah karena Sedulur tetap bisa terlihat keren.

Beberapa rekomendasi outfit wisuda pria yang sudah dijelaskan di atas, bisa Sedulur jadikan sebagai inspirasi untuk tampil keren dan menawan saat menghadiri acara wisuda. Silahkan pilih outfit mana yang sekiranya menarik untuk dicoba.

Acara wisuda sendiri memang terasa sangat istimewa karena biasanya hanya dirasakan sekali seumur hidup. Jadi jangan sampai acara yang sangat penting tersebut terasa kurang hanya karena outfit yang dikenakan terasa tidak cocok.