outfit datang ke wisuda

Wisuda keluarga atau teman dekat memang menjadi salah satu momen yang sangat istimewa. Oleh sebab itu, outfit datang ke wisuda yang dikenakan juga harus maksimal. Dengan begitu, maka secara tidak langsung kita juga memberi dukungan atas apa yang telah mereka capai.

Seperti yang telah diketahui, wisuda sendiri merupakan sebuah momen ceremony atau perayaan kelulusan setelah menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Acara tersebut diadakan untuk merayakan keberhasilan seorang mahasiswa dalam perjalanannya menuntut ilmu.

Nah, datang di momen yang sangat membahagiakan seperti ini, tentu saja harus dirayakan semaksimal mungkin, salah satunya dengan menampilkan outfit yang terbaik. Untuk itu, berikut beberapa mix dam match baju wisuda yang bisa Sedulur coba.

BACA JUGA: 15 Inspirasi Outfit Wisuda Pria, Mulai Batik hingga Tuxedo!

1. Setelan blazer dengan celana panjang

Instagram Faniaelizaa

Rekomendasi OOTD wisuda yang pertama adalah setelan blazer dengan celana panjang. Bagi yang tampil secara lebih formal, perpaduan outfit yang satu ini tampaknya menarik untuk dicoba. Pilihlah model blazer dengan potongan yang pas dan sesuai di tubuh Sedulur.

Kemudian padukan dengan celana panjang dengan warna senada berbahan kain halus yang nyaman. Untuk hijab, Sedulur juga bisa memilih hijab dengan warna yang senada pula. Atau bisa juga menggunakan hijab motif agar terlihat lebih elegan.

Jangan lupa untuk menambahkan tas tangan dan sepatu hak tinggi untuk menunjukkan kesan yang lebih feminin. Penggunaan aksesoris tambahan seperti gelang dan kalung emas juga membuat tampilan lebih sempurna.

2. Maxi dress dengan hijab segi empat

Berikutnya, Sedulur bisa mencoba kombinasi antara maxi dress dengan hijab segi empat. Pilihlah maxi dress dengan warna yang terkesan netral, misalnya saja seperti putih, hitam, abu-abu, atau coklat muda untuk menampilkan kesan yang terasa elegan.

Nah, maxi dress tersebut bisa dipadukan dengan model hijab segi empat yang terkesan simpel, namun tetap menonjolkan kesan yang anggun bagi pemakainya. Kemudian untuk aksesoris, Sedulur bisa menambahkan anting dan kalung sesuai dengan dress yang dikenakan.

Terakhir, tinggal menyempurnakan penampilan dengan tas tangan dan sepatu pantofel warna hitam. Dengan begitu, dijamin orang-orang yang melihat akan langsung terkesan.

3. Dress midi dengan hijab pashmina

Pinterest

Jika Sedulur ingin datang ke wisuda keluarga atau teman dekat dengan tampilan yang lebih feminin, maka penggunaan dress midi adalah pilihan yang sangat tepat. Ya, outfit datang ke wisuda memang tidak harus terlihat resmi, yang penting cocok.

Dalam hal ini, coba kenakan dress midi dengan warna yang cerah atau boleh juga dress dengan motif-motif yang menarik. Lalu untuk hijab, pashmina dapat menjadi opsi yang paling cocok untuk menambahkan sentuhan elegan pada outfit yang dikenakan.

Pilihlah pashmina, sepatu, dan juga tas jinjing dengan warna yang senada dengan dress midi yang dikenakan. Terakhir, gunakan aksesoris seperti cincin atau gelang untuk memberikan sentuhan yang lebih sempurna.

4. Kemeja putih dengan maxi skirt

outfit datang ke wisuda
IDN Times

Perpaduan yang dihasilkan antara kemeja putih dengan maxi skirt, akan membuat Sedulur tampak lebih santai namun pastinya tetap elegan. Seperti yang telah kita tahu, bahwa kemeja putih sendiri sering menjadi pilihan yang klasik dan aman untuk berbagai macam outfit.

Jadi tidak ada salahnya untuk memilih kemeja putih pada saat menghadiri acara wisuda orang-orang terdekat. Nah, Sedulur dapat memadukan kemeja putih klasik dengan maxi skirt dengan warna atau motif yang terlihat menarik.

Namun pastikan motif yang dipilih tetap simpel, agar nantinya tidak mengalihkan perhatian dari kemeja putih yang dikenakan. Setelah itu, lengkapi tampilan dengan hijab yang serasi, dan sandal atau sepatu flat untuk kesan yang lebih nyaman dan santai.

5. Blus dengan rok midi

outfit datang ke wisuda
Net a Porter

Untuk menciptakan tampilan yang terkesan cantik dan anggun, Sedulur dapat memadukan blus yang feminin dengan model rok midi. Coba kenakan blus dengan detail ruffle alias renda untuk menghadirkan sentuhan yang terasa lebih istimewa.

Kemudian untuk rok midi-nya, pilih rok midi dengan warna solid yang kontras ataupun motif yang minimalis. Hal ini akan memunculkan kesan yang elegan, dan sangat cocok dikenakan untuk menghadiri berbagai macam acara penting, termasuk wisuda.

Nah, kenakan hijab dengan gaya favorit Sedulur, misalnya seperti pashmina atau model hijab segi empat. Dengan begitu, maka penampilan akan terlihat lebih sempurna.

6. Jumpsuit dengan hijab turban

Pinterest

Dapat dikatakan bahwa jumpsuit merupakan pilihan outfit yang praktis, namun tetap akan terlihat chic. Akan tetapi, pastikan untuk memilih jumpsuit dengan potongan yang benar-benar pas di tubuh Sedulur. Jangan yang terlalu besar, karena akan memberikan kesan kendor dan kurang enak dilihat.

Untuk warna jumpsuit, alangkah baiknya memilih warna yang bersifat netral supaya lebih mudah untuk dipadukan. Sementara itu, coba gunakan mode hijab turban yang mampu memberi kesan yang terasa edgy dan juga modern.

Jika ingin tampilan yang lebih glamour, Sedulur bisa menambahkan clutch bag dan sepatu hak tinggi dengan warna yang senada. Kenakan pula beberapa perhiasan seperti gelang dan emas atau perak yang terlihat mencolok.

7. Tunik dengan legging dan outwear

Marsha Beauty

Outfit datang ke wisuda yang berikutnya adalah kombinasi dari tunik dengan legging dan outwear. Ya, tampilan yang kasual pun ternyata bisa terlihat rapi jika perpaduan yang dipilih tepat, sama halnya seperti OOTD datang ke wisuda yang satu ini.

Sedulur dapat memilih tunik dengan warna netral ataupun motif yang terlihat cerah, kemudian padukan dengan legging dengan warna yang senada. Tambahkan outwear seperti blazer ataupun jaket jeans untuk memberikan tambahan dimensi pada penampilan.

Tidak hanya itu, Sedulur juga bisa mengenakan hijab warna yang senda dengan tunik. Atau boleh juga menyesuaikan warnanya dengan selera pribadi atau warna favorit.

8. Setelan atasan crop dengan celana lebar

Natalie Yerger

Setelan atasan crop dengan celana lebar bisa menjadi outfit datang ke wisuda yang sangat menarik, karena mampu memberikan tampilan dan lebih modern dan kasual. Pilihlah atasan crop dengan warna atau motif yang sekiranya menarik.

Kemudian padukan crop tersebut dengan mode celana lebar dengan warna senada yang nyaman dikenakan. Untuk hijabnya, Sedulur dapat menggunakan mode hijab segi empat dengan warna senada atau kontras dengan pakaian.

Tambahkan sneakers atau sepatu sandal untuk memberikan kesan yang lebih santai. Jangan lupa tas selempang untuk membuat penampilan terlihat jauh lebih sempurna. Selain keren, sebagian besar orang pasti akan merasa nyaman dengan perpaduan outfit ini.

9. Dress dengan cardigan

outfit datang ke wisuda
IDN Times

Dress dengan cardigan merupakan outfit datang ke wisuda yang menarik untuk Sedulur coba. Perpaduan yang satu ini akan menghasilkan tampilan yang terkesan klasik dan anggun. Coba pilih dress dengan panjang serta potongan yang sesuai dengan preferensi masing-masing.

Setelah itu, tambahkan cardigan yang mampu melengkapi motif dan warna pada dress yang dikenakan tersebut. Sementara untuk hijab, pilihlah hijab dengan model yang sederhana serta warna yang senada dengan dress.

Sedulur dapat memilih flat shoes atau sepatu hak tinggi sesuai dengan kenyamanan. Jangan lupa kenakan aksesoris seperti gelang, kalung, dan hand bag untuk melengkapi penampilan.

10. Gamis dengan hijab syar’i

Pinterest

Rekomendasi outfit datang ke wisuda yang terakhir ini, sangat cocok bagi Sedulur yang ingin tampil lebih anggun dan syar’i. Ya, dalam hal ini, pilihlah gamis dengan desain yang simpel namun tetap elegan. Pastikan potongannya sesuai dengan bentuk tubuh.

Jangan lupa, pilih gamis dengan bahan yang berkualitas karena hal ini sangat berpengaruh pada penampilan. Gamis tersebut kemudian dipadukan dengan model hijab syar’I yang terasa serasi, misalnya seperti model hijab segi empat maupun pashmina dengan detail sederhana.

Lalu untuk sentuhan akhirnya, Sedulur dapat mengenakan ciput atau dalaman hijab yang nyaman, serta flat shoes dengan warna yang senada dengan warna hijab.

Itulah beberapa rekomendasi outfit datang ke wisuda yang dapat Sedulur coba. Silahkan pilih outfit mana yang sekiranya paling sesuai dengan keinginan. Pastikan untuk tidak memaksakan pada satu pilihan tertentu jika memang pilihan tersebut sebenarnya tidak cocok.

Selain itu, jangan pernah melupakan kenyamanan selama menggunakannya. Bagaimana pun juga, kenyamanan tetap menjadi hal utama pada saat mengenakan outfit. Jangan sampai Sedulur rela merasa tidak nyaman ketika mengenakan outfit, hanya demi penampilan yang sempurna!