ootd kebaya wisuda hijab

Sedulur ingin mencari gaya OOTD kebaya wisuda hijab untuk perayaan kelulusan dalam waktu dekat? Tenang, karena kami sudah menyiapkan banyak ide outfit kebaya wisuda berhijab yang menarik dicoba.

Kebaya wisuda sendiri umumnya memiliki tampilan yang terbuka dan ketat sehingga kurang cocok untuk para pengguna hijab. Namun, dengan semakin berkembangnya dunia fashion, banyak sekali muncul jenis kebaya modern yang ramah untuk para hijabers.

Agar Sedulur tidak bingung dan bisa menemukan ide terbaik untuk OOTD kebaya wisuda hijab. Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini!

BACA JUGA: 16 Model Kebaya Modern Hijab untuk Tampil Lebih Cantik

Inspirasi Kebaya Wisuda Hijab Modern Kekinian

Berikut ini ini deretan inspirasi dan ide OOTD kebaya wisuda hijab modern terbaik untukmu!

1. Tunik kebaya brokat

ootd kebaya wisuda hijab
Pinterest

Jika ingin tampil di acara wisuda dengan kesan sopan, maka dapat memilih inspirasi model kebaya brokat tunik ini. Yap, pada dasarnya tunik adalah pakaian yang didesain secara simple dengan panjang hingga betis. Untuk bagian furing dapat berukuran hingga paha, sementara kain kebaya brokat di bagian luar dapat berukuran hingga betis.

Dipadukan dengan rok jarik Jawa juga akan memberikan kesan elegan dan cantik. Pilihlah warna-warna yang kalem alias soft, misalnya pink muda, coklat muda, atau putih tulang. Sebagai alas kaki, gunakan pump heels warna hitam, pasti akan nampak cocok!

2. Kebaya brokat kutubaru dengan manset

Inspirasi lain untuk model kebaya wisuda adalah kebaya brokat kutubaru yang dipadukan dengan selendang di pinggang. Sekilas memang terlihat seperti kebaya kutubaru wanita di Bali. Berhubung acara wisuda itu adalah acara resmi, maka akan lebih baik jika pada bagian lengannya diberikan ukuran panjang.

Untuk bawahannya, gunakan kain batik yang memiliki warna senada dengan kebaya brokatnya. Selendang yang diikat di pinggang itu dapat pula diberi tambahan aksesoris supaya ikatannya tidak terlihat. Ikatan selendang tidak harus diletakkan di sisi sebelah kanan atau kiri, tetapi juga dapat diletakkan di bagian tengah.

3. Kombinasi kemeja kancing dan jarik

Popbela

Untuk kamu yang ingin terlihat anggun dan elegan, dapat memilih model kebaya kancing dan dipadukan dengan jarik jawa. Meskipun biasanya kemeja kancing digunakan di acara pernikahan, tetapi tidak ada salahnya kok jika dipakai pada acara wisuda. Kamu dapat memilih kebaya dengan model panjang dan menutupi panggul.

Padukan juga dengan warna hijab yang netral supaya tidak terlalu mencolok. Jika sudah tampil cantik seperti itu, kamu dapat menambahkan aksesoris lain berupa kalung mutiara. Apabila kamu tidak memiliki high heels, maka pump heels juga dapat membuat kakimu terlihat lebih jenjang.

4. Kebaya brokat warna pastel

Saat ini, penggunaan warna-warna pastel yang soft masih digandrungi oleh muda-mudi, baik itu diterapkan di pakaian, sepatu, bahkan hingga cat dinding. Nah, supaya wajahmu terlihat lebih cerah, ada baiknya menggunakan kebaya brokat dengan warna ungu pastel.

Kamu bebas menentukan apakah bagian lengannya akan berukuran pendek atau panjang. Jika lengannya berukuran panjang, sebaiknya didesain menggunakan model terkini, misalnya bishop sleeve atau slit sleeve. Untuk bawahannya, tidak harus menggunakan kain batik berwarna coklat yang santai dan netral.

5. Kebaya brokat lengan terompet

Dress kebaya brokat dengan lengan terompet juga cocok dipakai ketika acara wisuda. Pada bagian lengan, tidak perlu terlalu panjang, kira-kira tiga per empat saja supaya tanganmu nampak jenjang. Banyak pilihan warna yang dapat digunakan, tetapi jika ingin nampak kalem maka gunakan saja warna-warna pastel.

6. Dress kebaya brokat

ootd kebaya wisuda hijab
Pinterest

Kebaya brokat ternyata dapat dijadikan model dress lho. Nah, untuk kamu yang berhijab, lebih baik pada ukuran panggul ditambahkan sedikit supaya tidak terlalu ketat. Untuk bagian lengan, kamu dapat menggunakan model lengan balon dengan kain kebaya yang transparan tetapi terdapat kain furing.

Warna yang cocok untuk model kebaya ini adalah abu-abu muda, ungu muda, dan warna-warna soft lainnya. Jika ingin terlihat jenjang, dapat menggunakan high heels atau pump heels sebagai alas kaki.

7. Kebaya brokat modern

Inspirasi kebaya wisuda hijab lainnya yang saat ini banyak dipakai adalah kebaya brokat dengan gaya modern. Kebaya jenis ini memiliki bahan yang tipis dan kekinian serta dapat dipadupadankan dengan berbagai bahan lainnya selain batik misalnya satin atau tile.

8. Gamis kebaya brokat

ootd kebaya wisuda hijab
Popbela

Apabila kamu tidak mau repot menggunakan rok batik, dapat diakali dengan menggunakan model gamis kebaya brokat. Pada dasarnya, model kebaya ini terlihat seperti terusan yang membentuk rok. Nah, supaya lebih elegan, maka pada bagian lengan dapat kamu tambahkan juntaian kain dengan warna yang sama.

Pilihan warna yang cocok untuk model kebaya ini adalah abu-abu muda, coklat muda, hingga merah maroon. Supaya tubuhmu terlihat jangkung, gunakan high heels.

9. Kebaya organza

Kebaya dengan jenis organza saat ini tengah hits karena bahan yang satu ini dapat memberikan kesan manis. Sama seperti kebaya brokat, bahan organza tidak perlu disetrika sehingga termasuk simple penggunaannya.

10. Kebaya model kimono

Inspirasi OOTD Kebaya Wisuda Hijab selanjutnya. Saat ini model kebaya sangat beragam, termasuk gaya kimono yang menyerupai pakaian khas Jepang. Mereka terlihat lebih santai karena terdapat ikat pinggang besar di bagian belakang, yang membuat kimono terlihat lebih kalem.

Kebaya model kimono ini cocok dipadukan dengan rok ikat dan songket khas daerah kamu. Perpaduan etnis Jepang dan Indonesia terlihat dari pakaian yang digunakan. Hijab yang dipilih bisa berbahan sifon dengan desain yang simpel karena motif kimononya cukup maksimal.

11. Kebaya brokat lengan balon

Fimela

Kebaya brokat tidak melulu memiliki desain dengan lengan panjang biasa saja, tetapi juga dapat divariasikan pada lengan balon. Namun pada bagian ujungnya, jangan diberikan karet yang terlalu kencang karena nantinya tubuhmu akan terasa gerah.

Jika ingin terlihat elegan, kancing pada kebaya diletakkan di bagian belakang saja supaya bagian depan hanya terdapat brokat dan aksesoris tambahan. Untuk bawahan, kamu dapat menggunakan rok batik yang selaras dengan warna kebaya.

12. Kebaya brokat kombinasi satin

Inspirasi OOTD Kebaya Wisuda Hijab berikutnya. Jika ingin tampil lebih dewasa dengan kebaya, kamu bisa memilih kebaya tradisional yang panjangnya selutut dan berbahan full brokat.

Sedulur bisa menggunakan bahan yang tidak terlalu ramai misalnya motif daun dengan hanya satu warna utama kebaya. Pilih rok satin untuk menyempurnakan penampilanmu. Jangan lupakan stiletto atau wedge heels untuk memanfaatkan momen kelulusan sekali seumur hidup.

13. Kebaya mix rok tie-dye

Pada acara wisuda, kebaya tidak hanya bisa dipasangkan dengan rok batik atau songket saja melainkan melainkan  dengan berbagai rok bermotif tie-dye agar terlihat semiformal.

Rok tie-dye membuat kesan OOTD kebayamu menjadi lebih santai namun tetap formal dengan atasan kebaya. Untuk membuat kebaya dan bawahan selaras, pilihlah satu tone warna kebaya. Hal tersebut dikarenakan rok tie-dye biasanya memiliki motif yang bermacam-macam dan lebih dari satu warna.

14. Kebaya brokat selendang bahu

Inspirasi model kebaya wisuda untuk kamu yang berhijab adalah dengan memadukan kebaya brokat dan selendang bahu. Selendang bahu ini nantinya akan menjuntai di salah satu sisi saja. Supaya tidak terlalu nyentrik, kamu dapat memilih warna kebaya yang soft, misalnya coklat susu, pink pastel, hijau sage, dan lainnya.

Untuk bagian bawahan, kamu dapat menggunakan rok batik dengan warna yang agak gelap. Pemakaian high heels juga disarankan supaya tubuh kamu tampak lebih jenjang.

15. Kebaya renda lengan panjang

Model kebaya renda dengan aksesoris atau dasi cantik di bagian tengah menonjolkan bisa menjadi pemanis pada kebayan yang kamu gunakan. Dengan warna kebaya pastel, penampilan kamu akan terlihat jauh lebih stylish dan elegan saat wisuda digelar.

Ada beberapa warna renda yang bisa dipilih, namun sebaiknya warna dicocokkan atau selaras dengan warna kebaya untuk menghindari kontra dari segi warna. Kamu bisa memilih renda yang lembut agar tidak menimbulkan kerusakkan pada kain kebaya atau bawahannya.

16. Kebaya brokat hitam

ootd kebaya wisuda hijab
Pinterest

Kata siapa warna hitam pada kebaya brokat itu nampak aneh? Justru jika dipadukan dengan rok jarik Jawa, kamu akan terlihat lebih keren sekaligus memukau. Untuk warna hijab, akan lebih keren jika menggunakan warna hitam juga.

Berhubung saat ini penggunaan sepatu boots hitam sedang populer, kamu juga dapat menggunakan itu kok. Jadi makin terlihat kekinian ya!

Nah, itu tadi deretan inspirasi OOTD kebaya wisuda hijab yang bisa Sedulur coba. Tak hanya tetap bisa tampil elegan, Sedulur bisa menutup aurat tanpa mengurangi kesan penggunaan kebaya sebagai busana formal. Jadi selamat mencoba ya!