mix and match outer brokat

Mix and match outer brokat coklat adalah salah satu inspirasi outfit hijab kondangan yang modis. Pakaian ini juga cocok untuk Sedulur yang tidak ingin ribet. Meskipun ada banyak rekomendasi berpakaian yang bisa Sedulur gunakan, outer broker bisa jadi pilihan tepat. Agar Sedulur terlihat lebih menawan, yuk simak mix and match outer brokat coklat di bawah ini. Sebagai rekomendasi untuk tampil elegan.

BACA JUGA: 12 OOTD Inner Dress Hitam Terbaik, Tampil Lebih Stylish!

Apa itu outer brokat?

Pinterest

Outer brokat adalah sebuah pakaian luar (outerwear) yang terbuat dari kain brokat. Brokat adalah kain yang memiliki hiasan atau pola tambahan pada permukaannya, biasanya berbentuk anyaman atau sulaman yang indah dan rumit.

Kain brokat sering digunakan untuk membuat pakaian formal seperti kebaya, baju kurung, dan gaun. Outer brokat sendiri adalah pakaian luar yang dapat dikenakan di atas pakaian lain, seperti dress atau blouse, sebagai tambahan gaya dan perlindungan tambahan dari cuaca dingin.

-->

Outer brokat seringkali dihiasi dengan detail yang lebih mewah dan bisa digunakan sebagai pakaian formal atau semi-formal.

1. Outer brokat midi kerah tegak

Outer brokat
Outer brokat

Jika kamu ingin tampil lebih rapi dengan outer brokat, kamu bisa memilih model outer midi dengan kerah tegak. Outer ini memiliki potongan yang lurus dari atas sampai bawah dengan panjang 3/4 hingga betis.

Selain itu, outer ini dilengkapi dengan detail kerah tegak dan dua kancing di bagian bawahnya, memberikan kesan yang lebih rapi pada tampilanmu. Untuk menambahkan sentuhan khas, outer ini juga memiliki aksen ruffle dan mutiara di bagian lengannya.

Model outer seperti ini cocok dipadukan dengan gamis panjang polos dengan warna senada. Untuk aksesori kerudung, kamu bisa memilih warna yang lebih cerah satu tingkat di atasnya untuk menciptakan kesan yang harmonis.

2. Outer brokat a-line lengan balon

mix and match outer brokat cokelat
Popbela

Model outer brokat dengan lengan balon dan potongan a-line cocok dipadukan dengan gamis. Outer ini memiliki perbedaan dengan outer lainnya yang biasanya memiliki belahan di bagian depan, karena outer ini dibuat memanjang seperti gamis.

Outer ini bisa dilepas dan dipasang kembali dengan mudah, sehingga bisa dipadukan dengan berbagai macam gamis. Contohnya, kamu bisa memadukannya dengan inner gamis berwarna hijau toska yang menawan.

Untuk menambahkan sentuhan elegan pada tampilanmu, kamu bisa memadukan outer tersebut dengan hijab, high heels, dan tas yang sesuai dengan acara yang akan kamu hadiri.

3. Outer brokat midi model crossover

mix and match outer brokat coklat
Popbela

Untuk tampil kekinian dengan outer brokat, kamu bisa memilih model crossover berpotongan midi yang akan membuatmu terlihat modis. Outer ini memiliki desain unik dengan perpaduan dua jenis kain brokat yang berbeda.

Selain itu, outer ini juga memiliki potongan kerah v-neck yang menambah kesan elegan, dilengkapi dengan tali di bagian pinggang untuk memberikan siluet yang lebih indah. Untuk membuat tampilanmu semakin mewah, kamu bisa menambahkan aksen mutiara di bagian perpotongan outer.

Untuk memadukan outer tersebut, kamu bisa memilih gamis polos dengan warna senada dan hijab yang serasi. Kamu juga bisa menambahkan aksesori high heels untuk menambah kesan glamor.

4. Outer brokat pendek kombinasi tille coklat

Pinterest

Salah satu contoh outer brokat untuk gamis adalah model pendek tanpa kancing di bagian depan, namun dilengkapi dengan tille pada lengan dan ujung outer. Model ini kemudian diubah dengan menambahkan lengan yang lebih panjang sampai pergelangan tangan, dihubungkan dengan kain tille pada ujungnya. Pada bagian badan outer, juga dilengkapi dengan kombinasi tille dan ruffle pada ujungnya.

Outer brokat ini cocok Sedulur padukan dengan gamis berpotongan lurus yang dihiasi dengan kerutan atau aksen lainnya. Kamu juga dapat menambahkan hijab dan aksesori yang serasi, seperti warna senada atau warna netral seperti hitam, untuk menciptakan tampilan yang elegan.

5. Outer brokat panjang lengan kelelawar

Grid ID

Outer brokat berikutnya memiliki desain yang terlihat menyatu dengan gamis, namun sebenarnya itu adalah outer panjang yang menyerupai gamis. Outer ini memiliki lengan kelelawar yang lebar dan aksen mutiara di bagian kerahnya, menambahkan sentuhan mewah dan elegan.

Untuk memadukannya, kamu dapat mengenakan inner gamis dengan warna senada seperti hitam dan memadukannya dengan hijab berwarna cerah atau netral, seperti cokelat. Kamu juga bisa menyesuaikan aksesori lainnya dengan warna-warna tersebut untuk menciptakan kesan yang serasi dan elegan. 

6. Outer brokat maxi aksen lipat

Popbela

Outer brokat untuk gamis berikutnya memiliki desain yang simpel namun memukau. Kamu dapat membuat outer berpanjang maxi yang mencapai kaki dengan detail lipatan di bagian atas yang menyerupai kerah yang memanjang.

Model outer brokat ini akan cocok dipadukan dengan gamis bermodel maxi dengan warna pink yang sama. Kamu bisa memilih gamis polos dengan bahan yang mengilap seperti satin untuk menambah kesan mewah pada tampilan.

7. Outer brokat v-neck model kelelawar

Popbela

Model outer brokat untuk gamis kali ini memiliki desain yang memanjang hingga ke mata kaki dan dilengkapi dengan potongan model kelelawar yang mencakup seluruh bagian outer. Selain itu, outer ini juga memiliki kerah potongan v-neck dengan tambahan aksen manik-manik mengelilingi leher.

Untuk memadukan outer ini, kamu bisa memilih inner gamis polos dengan warna apa saja. Namun, pastikan untuk memilih aksesori yang tidak terlalu ramai agar tampilanmu tetap elegan.

8. Outer brokat maxi kombinasi tille

mix and match outer brokat coklat
Grid ID

Outer brokat yang terbuat dari kain tille bisa diaplikasikan pada bagian ujung outer saja, seperti yang tampak pada model outer ini. Outer berpotongan midi ini memiliki detail ruffle di bagian ujung yang membuatnya semakin menarik.

Untuk penampilan yang stylish, kamu bisa memadukannya dengan gamis panjang berwarna pastel seperti biru muda. Namun, pastikan gamis tersebut polos dan memiliki bahan yang memiliki kesan mengilap.

Tambahan aksesori yang cocok untuk mempercantik penampilanmu adalah clutch dengan warna senada atau nude, dan juga high heels berwarna putih.

9. Outer brokat midi lengan lonceng

mix and match outer brokat coklat
Pinterest

Jika kamu memiliki gamis dengan aksen tali atau lipatan, outer brokat dengan potongan lebar seperti ini dapat menjadi pilihan. Outer ini memiliki panjang midi yang mencapai lutut dengan potongan yang longgar.

Selain itu, lengan outer dibuat dengan model lengan berlonceng yang terdiri dari beberapa lapisan kain. Hal ini membuat kamu tidak perlu khawatir saat mengenakan gamis dengan lengan balon yang lebar.

Untuk tampilan yang elegan, kamu bisa memadukan outer dan gamis dengan hijab yang memiliki warna yang sama. Aksesori yang bisa kamu tambahkan adalah sepatu hak tinggi dan tas tangan dengan warna netral, seperti putih

10. Outer brokat midi model terusan

Flores Editorial

Outer brokat yang terakhir ini memiliki model tunik yang lebar dengan panjang yang mencapai lutut. Bagian lengan outer dibuat pendek dengan panjang 3/4 hingga siku sehingga lebih fashionable.

Outer ini dapat dipadukan dengan gamis polos dengan model apa pun karena motif brokat yang indah akan menampilkan kesan elegan pada gaun yang kamu kenakan.

Lengkapi penampilanmu dengan aksesori seperti sepatu hak terbuka, tas selempang, dan hijab yang serasi dengan warna gaun. Dengan penampilanmu yang menawan, kamu akan siap untuk menghadiri pesta atau acara lainnya.

11. Padukan outer dan satin dress

IDN Times

Untuk tampil anggun saat menghadiri acara kondangan, padukan dress satin dengan cape brokat dan lengkapi dengan pasmina serta open toe heels.

12. Outer aksen transparan

mix and match outer brokat coklat
Heaven Sent

Sedulur bisa kenakan outer brokat beraksen transparan. Luaran ini juga bisa jadi pilihan yang sesuai dengan bersama mini dress bahan satin yang mewah

13. Outer brokat panjang dengan motif floral

mix and match outer brokat coklat
HIJUP

Outer brokat panjang dengan motif floral juga bisa menjadi pilihan elegan yang harmonis dengan atasan satin dan rok tutu

14. Paduan dengan dress biru muda

Beautynesia

Jika ingin tampil matching, padukan dress biru muda dengan outer brokat berwarna serupa dan masker kain yang modis.

15. Padukan dengan rok lilit polos

Dansmedia

Apabila kamu ingin tampil simpel namun tetap cantik saat menghadiri acara pesta kebun, kamu dapat memadukan outer brokat coklat dengan rok lilit polos.

Outer brokat coklat dengan aksen transparan bisa memberikan kesan elegan dan anggun pada penampilanmu, sedangkan rok lilit polos memberikan kesan yang santai dan menyenangkan. Selain itu, paduan warna coklat dan polos memberikan kesan yang cocok untuk suasana outdoor pada pesta kebun.

Tips

Daftar rekomendasi berpakaian di atas bisa jadi pilihan untuk Sedulur agar tampil elegan. Namun, satu tips ketika ingin menggunakan gaya brokat ini, yaitu Sedulur harus berani tampil percaya diri dan kreasikan outer brokat dengan berbagai macam model fashion yang sesuai dengan karakter Sedulur. Apalagi outer brokat seperti ini tidak akan pernah fail dan akan selalu memberikan kesan mewah pada penampilan.

Itu tadi beberapa model mix and match outer brokat coklat. Semuanya bisa jadi kamu jadikan referensi saat ingi menghadiri suatu acara, terutama ke kondangan. Dengan berbagai model mix and match outer brokat coklat ini, kamu dapat menyesuaikan penampilanmu sesuai dengan jenis acara yang akan kamu hadiri. Selamat mencoba!