membesarkan baju yang kekecilan

Baju kekecilan merupakan masalah yang dialami banyak orang. Hal ini tentu membuat kesal, apalagi jika baju tersebut merupakan baju kesayangan ataupun baju baru. Jika masalahnya adalah terlalu besar atau terlalu panjang, tentu Sedulur bisa dengan mudah memotongnya sehingga menjadi pas saat dikenakan. Lantas, bagaimana dengan baju yang kekecilan? Adakah cara untuk membesarkan baju yang kekecilan?

Jawabannya ada! Terdapat beberapa trik yang bisa Sedulur coba untuk membesarkan baju yang kekecilan. Ingin tahu bagaimana cara membesarkan baju yang kekecilan? Berikut sudah dirangkum beberapa trik mengatasi baju yang kekecilan.

BACA JUGA: Jangan Dibuang! Ini Cara Benerin Baju Melar yang Pasti Ampuh!

Cara membesarkan baju yang kekecilan

Dihimpun dari berbagai sumber, ada 5 cara atau trik yang bisa Sedulur coba untuk membesarkan baju yang kekecilan. Di antaranya adalah merendam baju dalam larutan kondisioner dan menambahkan bahan. Berikut informasi selengkapnya.

-->

1. Rendam baju dalam larutan kondisioner

membesarkan baju yang kekecilan
iStock

Cara pertama yang bisa Sedulur coba untuk membesarkan baju yang kekecilan adalah merendamnya dalam larutan kondisioner. Produk yang biasa digunakan untuk menghaluskan rambut itu memiliki kandungan yang dapat membantu melembutkan pakaian sekaligus membuat serat baju menjadi kendur. Dengan begitu baju yang kekecilan bisa menjadi lebih longgar saat digunakan.

Berikut langkah-langkah merendam baju dengan kondisioner.

  • Pertama, campurkan dua sendok makan kondisioner dengan 1 liter air hangat di dalam baskom atau ember.
  • Masukkan baju yang kekecilan dan rendam selama 15-30 menit. Dalam tahap ini, Sedulur tidak perlu mengucek atau menggosok baju.
  • Selanjutnya, pindahkan baju yang sudah direndam tadi ke dalam ember lain yang sudah diisi air hangat. Kemudian peras baju hingga tidak berbusa.
  • Angkat baju dengan cara memegang pada bagian bahu dan gerakkan ke atas serta ke bawah.
  • Kemudian gantung baju di ruangan yang berventilasi dan jauh dari sinar matahari.
  • Setelah kering, setrika baju dengan memberikan pewangi dan pelicin. Panas dari setrika dapat membantu mempertahankan ukuran baju sehingga tidak mengkerut kembali.

2. Membesarkan baju dengan kondisioner dan handuk

membesarkan baju yang kekecilan
iStock

Masih menggunakan larutan kondisioner, pada cara yang kedua ini ada sedikit perbedaan langkah untuk membesarkan baju yang kekecilan. Adapun selain menyiapkan kondisioner dan air hangat, Sedulur juga perlu menyiapkan 2 buah handuk serta 4 buah penjepit pakaian. Berikut langkah-langkah selengkapnya.

  • Pertama-tama, rendam baju yang kekecilan ke dalam campuran 1 sdm kondisioner dan 1 liter air hangat.
  • Setelah kurang lebih 30 menit, peras baju tanpa membilasnya dengan air bersih. Hal ini dimaksudkan agar kondisioner tetap bertahan di dalam serat kain.
  • Selanjutnya, rentangkan baju di atas handuk dan gulung. Diamkan selama 10 menit.
  • Kemudian buka gulungan baju dan handuk tadi, lalu pindahkan baju ke atas handuk yang masih kering.
  • Tarik baju hingga ke bagian ujung handuk dan jepit keempat ujungnya menggunakan penjepit baju.
  • Jemur baju dan handuk hingga kering.

BACA JUGA: Cara Memilih & Merawat Baju Rajut supaya Tetap Cantik

3. Permak baju dengan menambah renda

iStock

Trik berikutnya untuk membesarkan baju yang kekecilan adalah menambahkan renda. Cara satu ini terutama bisa Sedulur coba untuk mengatasi bagian lengan baju yang kekecilan atau menggantung. Dengan menambahkan renda pada ujung lengan, maka lengan baju akan menjadi lebih panjang.

Selain itu masih ada cara lain untuk permak baju dengan renda. Trik ini bisa dicoba sebagai solusi untuk pakaian yang terlalu sempit. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama, potong bagian kiri dan kanan baju dengan arah dari bawah ke atas hingga menyentuh bagian bawah lengan.
  • Kemudian potong renda dengan ukuran sesuai seberapa besar Sedulur ingin memperlebar pakaian.
  • Berikutnya, pasang renda dengan cara menjahitnya di bagian baju yang tadi dipotong.

4. Tambahkan kain di bagian samping dan belakang

iStock

Hampir sama dengan cara sebelumnya, Sedulur bisa membesarkan baju yang kekecilan dengan cara menambahkan bahan kain di bagian samping maupun belakang. Penambahan material kain ini dapat menambah ukuran baju menjadi lebih besar dan lebar. Adapun Sedulur bisa menambah bahan berupa kain polos maupun motif sesuai dengan desain baju yang akan dipermak. 

Berikut langkah-langkah yang bisa Sedulur ikuti.

  • Pertama-tama, gunting bagian samping kiri dan kanan atau bagian belakang baju yang kekecilan.
  • Setelah itu, ukur bahan tambahan sesuai dengan lebar baju yang ingin ditambahkan. Lalu satukan bahan dan baju dengan cara menjahitnya.

5. Pindahkan kancing agar menjadi lebih longgar

iStock

Dalam beberapa kondisi, masalah baju kekecilan juga bisa terjadi pada celana, misalnya celana jeans sehingga kancingnya tidak bisa dikaitkan. Untuk mengatasi hal itu, Sedulur dapat memindahkan posisi kancing agar celana menjadi lebih lebar.

Namun perlu diperhatikan bahwa tips ini hanya berlaku apabila hanya bagian perut atau pinggang yang kekecilan. Sementara jika celana kekecilan ini terjadi di bagian paha, kemungkinan cara tersebut tidak cukup efektif.

Itu dia 5 trik membesarkan baju kekecilan yang bisa Sedulur coba di rumah. Penting diperhatikan bahwa cara-cara di atas hanyalah solusi alternatif sehingga tidak bersifat mutlak dapat mengatasi masalah baju kekecilan.

Sementara itu, untuk mendapatkan penampilan yang memukau Sedulur tidak hanya perlu mengenakan baju yang rapi dengan ukuran sesuai. Melainkan perlu untuk merawat diri termasuk kulit wajah.

Nah, Sedulur bisa membeli kebutuhan perawatan diri, seperti skin care dan make up dengan harga murah di Aplikasi Super. Cara belanja di Aplikasi Super pun mudah. Sedulur cukup melakukan pemesanan lewat aplikasi dan barang pesanan akan langsung dikirim sampai depan rumah. Yuk, segera unduh Aplikasi Super dan lengkapi kebutuhan make up dan skin care-mu!