Banyak orang yang bingung dalam mencari masker untuk kulit kombinasi yang tepat. Pada kulit kombinasi sendiri, biasanya ada beberapa bagian pada wajah yang kulitnya cenderung berminyak, dan sebagian lagi kondisi kulitnya kering.  Ya, kondisi ini mungkin akan menyulitkan Sedulur untuk memilih produk perawatan.

Namun tidak perlu khawatir, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai masker untuk kulit kombinasi yang bisa dicoba. Untuk lebih jelasnya, simak dulu penjelasan yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: Cara Mengatasi Rambut Kusut Menggumpal dengan Mudah

Apa itu Kulit Kombinasi?

rekomendasi peeling body gel
Pexels/Yan Krukau

Seperti yang dikatakan sebelumnya, kulit kombinasi berarti jenis kulit yang merupakan kombinasi antara kulit berminyak dan kulit kering. Biasanya kulit kombinasi memiliki pori-pori cukup besar dan bagian T-zone yang berminyak.

Namun pada area lain seperti jawline atau pipi terasa lebih kering. Jika menggunakan skincare untuk kulit kering, bagian T-zone jadi semakin berminyak. Namun ketika memilih perawatan khusus untuk kulit oily, kulit juga menjadi terasa sangat kering.

Perawatan untuk Kulit Kombinasi

Pexels/Anete Lusina

Dengan kondisi kulit semacam ini, maka kulit kombinasi memerlukan perawatan khusus. Hal ini karena kulit tersebut memiliki beberapa karakteristik yang berbeda di bagian-bagiannya. Misalnya saja seperti bagian T-zone yang berminyak dan bagian pipi serta jawline yang berminyak.

Nah, salah satu cara untuk melakukan perawatan yang terbaik untuk kulit kombinasi, adalah dengan menggunakan masker secara rutin. Pemilihan masker wajah sendiri juga harus dilakukan secara tepat, agar dapat membantu menjaga keseimbangan dan juga kesehatan kulit.

BACA JUGA: 12+ Masker Wajah Lokal Organik Terbaik untuk Semua Tipe Kulit

Masker untuk Kulit Kombinasi

jenis perawatan di salon
Pexels/Arina Krasnikova

Bicara soal masker untuk kulit kombinasi, untuk saat ini ada beberapa merek ternama yang telah menyediakan produk perawatannya. Bagi Sedulur yang sedang mencari, berikut ini beberapa masker wajah yang direkomendasikan.

1. Innisfree Jeju Volcanic Pore Clay

Innisfree Jeju Volcanic Pore Clay Mask biasanya direkomendasikan untuk kulit kombinasi karena kandungan tanah liat vulkanik dari pulau Jeju di Korea Selatan yang dapat membantu mengatasi beberapa masalah yang sering dihadapi oleh kulit kombinasi.

Meskipun masker tanah liat, banyak pengguna melaporkan bahwa Innisfree Jeju Volcanic Pore Clay Mask tidak membuat kulit terlalu kering setelah digunakan. Kandungan tanah liat vulkanik Jeju dapat membantu mengontrol produksi minyak pada area wajah yang cenderung berminyak, seperti dahi, hidung, dan dagu.

Tanah liat vulkanik Jeju juga mengandung mineral yang dapat memberikan efek penyegaran dan membantu mencerahkan kulit.

2. GlamGlow Powermud Dualcleanse Treatment

Rekomendasi masker untuk kulit kombinasi selanjutnya adalah GlamGlow Powermud. GlamGlow Powermud Dualcleanse Treatment adalah masker wajah yang dirancang untuk membersihkan sekaligus merawat kulit kombinasi.

GlamGlow Powermud juga diklaim sebagai masker pembersih dua tahap yang dapat membersihkan dan merawat kulit secara intensif. Kandungan minyak argan yang ada di dalamnya, mampu memberikan kelembapan dan nutrisi pada kulit.

Kandungan minyak argan dapat memberikan kelembaban pada area kulit yang cenderung kering. Sementara kandungan tanah liat vulkanik nya, dapat membantu mengontrol minyak dan membersihkan pori-pori.

Kandungan tanah liat ini akan membantu mengontrol kelebihan minyak pada area yang cenderung berminyak pada kulit kombinasi.

3. Vichy Normaderm 3 in 1 Scrub Cleanser & Mask

Vichy Normaderm 3 in 1 Scrub Cleanser & Mask adalah produk perawatan kulit multifungsi yang diklaim dapat membersihkan, mengelupas, dan memberikan efek masker pada kulit. Produk perawatan kulit Vichy Normaderm ini mengandung glycolic acid.

Kandungan tersebut dapat membantu eksfoliasi kulit dan meningkatkan tekstur kulit. Glycolic acid juga akan memberikan eksfoliasi ringan yang membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, cocok untuk area yang cenderung kering dan berminyak pada kulit kombinasi.

Kemudian ada kandungan mineral clay, yang dapat membantu mengontrol minyak dan membersihkan pori-pori. Kandungan mineral clay ini efektif dalam mengontrol minyak pada area yang berminyak pada kulit. Dengan begitu, masalah minyak yang membandel bisa diatasi dengan baik.

4. Kiehl’s Calendula & Aloe Soothing Hydration Masque

Kiehl’s Calendula & Aloe Soothing Hydration Masque adalah masker wajah yang dirancang untuk memberikan kelembaban dan efek smoothing pada kulit. Kandungan bunga calendula didalamnya, dikenal memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan kulit yang sensitif atau teriritasi.

Produk ini dirancang untuk memberikan kelembapan pada kulit, yang dapat bermanfaat terutama untuk area kulit yang cenderung kering pada kulit kombinasi. Lalu ada

Selain itu, kandungan calendula dan aloe vera bertujuan untuk memberikan efek menenangkan pada kulit, cocok untuk mengatasi kemerahan atau iritasi. Formulanya yang ringan dan mengandung bahan soothing membuatnya cocok digunakan pada area kulit yang cenderung kering dan berminyak.

5. Freeman Renewing Cucumber Peel-Off Gel Mask

Freeman Renewing Cucumber Peel-Off Gel Mask adalah masker wajah yang dipercaya dapat membantu menyegarkan dan meremajakan kulit. Masker untuk kulit kombinasi ini mengandung cucumber, yang dikenal memiliki sifat menenangkan dan dapat memberikan hidrasi pada kulit.

Cucumber extract dapat memberikan hidrasi ringan, cocok untuk menjaga keseimbangan kelembaban pada kulit kombinasi. Masker ini juga diklaim dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran saat diangkat.

Formula peel-off dapat membantu membersihkan pori-pori dan mengangkat sel-sel kulit mati, sesuai untuk kulit yang cenderung berminyak. Ya, Freeman Renewing Cucumber Peel-Off Gel Mask memang diakui sebagai salah satu masker yang cocok untuk kulit yang membutuhkan penyegaran.

6. Laneige Water Sleeping Mask

Untuk kulit kombinasi, Laneige menawarkan pilihan masker yang dapat membantu menjaga keseimbangan kulit. Nah, produk yang bisa Sedulur pilih untuk merawat dan mengatasi permasalahan pada kulit kombinasi adalah Laneige Water Sleeping Mask.

Laneige Water Sleeping Mask dirancang untuk memberikan kelembaban ekstra pada kulit saat Sedulur tidur, menyajikan efek menenangkan dan meredakan kulit yang lelah atau stres, dan juga menyediakan teknologi Moisture Wrap untuk membantu mengunci kelembaban.

Formulanya yang ringan cocok untuk kulit kombinasi tanpa memberikan efek berat atau berminyak. Masker untuk kulit kombinasi ini juga dirancang untuk tidak menyumbat pori-pori, sehingga sangat cocok untuk area kulit yang cenderung berminyak.

7. Neutrogena Hydro Boost Hydrating Overnight Gel Mask

Rekomendasi masker untuk kulit kombinasi yang terakhir, adalah Neutrogena Hydro Boost Hydrating Overnight Gel Mask. Masker yang satu ini, memang dirancang untuk memberikan kelembaban yang intensif pada kulit selama Sedulur tidur dan beristirahat.

Hyaluronic acid yang ada di dalamnya, merupakan molekul yang dapat menarik dan mengunci kelembaban pada kulit. Masker ini juga memiliki tekstur gel yang ringan dan tidak menyebabkan rasa berat pada kulit, cocok untuk area kulit yang cenderung kering pada kulit kombinasi.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi masker untuk kulit kombinasi yang bisa Sedulur coba. Perlu untuk diketahui, sebelum menggunakan masker baru, lakukan uji coba kecil terlebih dahulu pada bagian belakang telinga atau pergelangan tangan untuk memastikan tidak ada reaksi alergi.

Selain itu, pastikan untuk selalu mengikuti petunjuk penggunaan pada kemasan produk. Jika Sedulur memiliki kekhawatiran atau kondisi kulit yang spesifik, alangkah lebih baik untuk berkonsultasi dulu dengan dermatologis untuk saran yang lebih terarah.