cara mengatasi rambut kusut menggumpal

Tidak hanya keramas secara teratur, aktivitas lain yang sering dilakukan untuk merawat rambut adalah menyisir. Akan tetapi, proses menyisir akan terasa susah jika cara mengatasi rambut kusut menggumpal. Parahnya lagi, banyak yang belum tahu bagaimana cara mengatasi rambut kusut menggumpal.

Padahal, rambut kusut menggumpal akan terasa sakit ketika tersangkut pada sisir. Bahkan dapat berisiko rontok jika Sedulur menariknya secara paksa dengan sisir. Jika hal ini terjadi secara terus menerus, bukan tidak mungkin masalah-masalah rambut yang lainnya akan muncul.

Oleh sebab itu, jangan biarkan masalah rambut kusut ini mengganggu kesehatan dan juga kenyamanan Sedulur. Mari kenali penyebab sekaligus cara mengatasi rambut kusut menggumpal. Dengan begitu, rambut Sedulur bisa selalu rapi dan mudah ditata.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Conditioner Terbaik untuk Rambut Kering

-->

1. Menggunakan jenis sisir yang tepat

cara mengatasi rambut kusut menggumpal
Pexels/Nataliya Vaitkevich

Pemilihan jenis sisir yang tepat sangat penting untuk mengatasi rambut kusut dan menggumpal. Sedulur bisa memilih sisir bergigi lebar untuk menyisir rambut yang basah setelah keramas. Gunakan sisir bergigi lebar ini untuk menyisir rambut dengan lembut, mulai dari ujung dan secara perlahan naik ke atas.

Selain itu, pastikan sisir tersebut juga terbuat dari bahan yang sifatnya ramah, seperti kayu atau bahan plastik yang lembut. Sisir dengan gigi dan permukaan yang berbahan halus akan membantu mengurangi kerusakan yang terjadi pada rambut.

Salah satu hal yang dapat membuat rambut kusut adalah gaya listrik statis. Untuk itu, direkomendasikan untuk menggunakan sisir anti statis dari bahan yang tidak menghasilkan statis. Kemudian untuk rambut kering, pertimbangkan menggunakan sisir yang dirancang khusus untuk rambut keriting.

2. Membagi rambut menjadi beberapa bagian sebelum menyisir

Cara mengatasi rambut kusut menggumpal yang berikutnya adalah membagi rambut menjadi beberapa bagian sebelum menyisir. Sedulur bisa membasahi rambut terlebih dahulu. Rambut yang basah lebih mudah diatur dan tidak rentan terhadap kerusakan saat penyisiran.

Oleskan conditioner atau krim pelembab pada rambut, terutama bagian ujung yang cenderung lebih kering. Ini membantu membuat rambut lebih licin dan mudah diatur. Gunakan jari-jari untuk membagi rambut menjadi beberapa bagian. Ini membantu membuat penyisiran lebih terkontrol.

Setelah itu, mulailah menyisir dari ujung rambut, bukan dari akar. Sisir lembut dari ujung dan secara perlahan naik ke atas, untuk menghindari kekusutan. Jika menemui titik yang kusut atau susah disisir, berhenti sejenak dan sisir secara perlahan untuk menghindari rambut patah.

3. Mencuci rambut dengan sampo dan kondisioner yang tepat

Pilih sampo yang sesuai dengan jenis rambut Sedulur, entah itu rambut kering, normal, berminyak, atau rambut yang diwarnai. Sampo yang sesuai dengan kebutuhan rambut akan membantu memperbaiki masalah kusut menggumpal.

Sedulur juga bisa memilih shampo yang dirancang khusus untuk rambut kusut. Biasanya shampo tersebut mengandung bahan pelembab seperti gliserin atau minyak alami. Selain itu, pastikan kondisioner yang digunakan mengandung pelembab yang dapat membantu mengatasi rambut kusut dan menggumpal.

Kemudian gunakan kondisioner secara mendalam dan juga rutin, sekali atau dua kali dalam seminggu untuk memberikan kelembaban ekstra pada rambut. Namun jangan gunakan kondisioner terlalu banyak, karena dapat membuat rambut terasa lembek dan sulit diatur.

4. Menggunakan hair oil ketika menyisir rambut usai keramas

Menggunakan produk hair care seperti hair oil, menjadi salah satu cara mengatasi rambut kusut menggumpal yang perlu dilakukan. Sedulur bisa memilih minyak rambut sesuai dengan jenis rambut yang dimiliki. Yang paling penting, gunakan minyak rambut secara teratur, terutama setelah keramas.

Hal ini akan membantu menjaga kelembaban rambut dan membuatnya lebih mudah diatur. Jadi setelah keramas ketika rambut masih basah, aplikasikan minyak rambut dari pertengahan rambut hingga ujung. Hindari mengoleskan langsung ke akar jika Sedulur memiliki rambut yang cenderung berminyak.

Selain itu, hindari mengoleskan minyak rambut langsung ke akar rambut, terutama jika memiliki rambut yang cenderung cepat berminyak. Fokus saja pada pertengahan hingga ujung rambut, lalu biarkan minyak rambut meresap ke dalam rambut selama beberapa menit sebelum menyisir.

5. Memotong rambut secara rutin

Memotong rambut secara rutin merupakan langkah yang penting untuk menjaga kesehatan rambut dan mengatasi masalah rambut kusut serta menggumpal. Rambut yang rusak, kering, atau bercabang dapat menambah beban pada rambut, membuatnya lebih rentan terhadap kekusutan dan masalah lainnya.

Nah, memotong rambut secara rutin membantu mengurangi beban tersebut. Jika hal ini dilakukan secara teratur, maka akan membantu mencegah terjadinya ujung rambut bercabang yang dapat menyebabkan rambut terlihat kusut dan lebih sulit diatur.

Bagian ujung rambut cenderung lebih kering karena cenderung lebih tua dan telah terpapar lebih lama terhadap faktor-faktor yang dapat merusak rambut. Dengan begitu, maka memotong ujung rambut secara teratur membantu menjaga kelembaban rambut.

6. Merawat rambut dengan hair mask secara teratur

cara mengatasi rambut kusut menggumpal
Pexels/Cottonbro Studio

Sedulur bisa menggunakan hair mask secara teratur untuk merawat rambut, mengatasi rambut kusut, dan mencegah masalah rambut menggumpal. Penggunaan hair mask yang ideal adalah sekali dalam satu atau dua kali seminggu, tergantung pada kondisi rambut.

Penggunaan yang rutin dapat membantu memberikan kelembaban tambahan dan nutrisi yang dibutuhkan rambut. Aplikasikan hair mask pada rambut yang telah dibersihkan dan masih basah setelah keramas. Pastikan rambut tidak terlalu basah, namun masih lembab.

Kemudian gunakan hair mask dengan jumlah yang sesuai dengan panjang dan ketebalan rambut. Terlalu banyak produk justru akan membuat rambut terasa lepek. Terakhir biarkan rambut kering secara alami atau bisa juga dengan pengering rambut bersuhu rendah untuk menghindari kerusakan panas berlebihan.

7. Membuat masker alami untuk mengatasi rambut yang sering kusut

Ada banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk membuat masker rambut, yang mengandung nutrisi penting seperti vitamin, mineral, dan asam lemak sehat. Nutrisi ini dapat memberikan kelembaban tambahan pada rambut dan membantu mencegah kekeringan serta kekusutan.

Beberapa bahan alami seperti madu, minyak zaitun, dan alpukat mempunyai sifat yang dapat membantu menghidrasi rambut secara intensif. Penggunaan masker alami secara teratur dapat meningkatkan kelembaban rambut dan mencegahnya menjadi kusut.

Tidak perlu khawatir, masker alami cenderung tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya atau tambahan sintetis yang bisa merusak rambut dan juga kulit kepala. Hal ini menjadikan masker tersebut sebagai pilihan yang lebih aman dan tentu saja lebih ramah lingkungan.

8. Membilas rambut dengan air dingin

Membilas rambut dengan air dingin memberikan beberapa manfaat untuk kesehatan rambut, termasuk membantu mengatasi masalah rambut kusut dan menggumpal. Air dingin membantu menutup kutikula rambut, yakni lapisan luar rambut yang melindungi batang rambut.

Dengan menutup kutikula, maka rambut menjadi lebih halus dan kurang rentan terhadap kekusutan. Air dingin juga dapat mengurangi kusut pada rambut dan menjaga kelembaban alami pada rambut. Kelembaban adalah kunci untuk menghindari kekeringan dan kekusutan pada rambut.

Air dingin membantu mengurangi kerusakan yang biasa disebabkan oleh panas. Suhu pada air dingin akan membantu mendinginkan rambut setelah terkena paparan panas dari pengering rambut maupun alat styling yang menghasilkan suhu panas.

9. Mengeringkan rambut dengan benar

Setelah mencuci rambut, perlahan-lahan tekan rambut dengan handuk yang lembut untuk menghilangkan kelebihan air. Hindari menggosok rambut dengan kasar, karena ini dapat menyebabkan kerusakan dan kekusutan.

Akan lebih baik jika menggunakan jenis handuk microfiber lebih lembut dan kurang dapat menyebabkan kekusutan daripada handuk biasa. Gunakan jenis handuk ini untuk membantu mengeringkan rambut setelah keramas dilakukan.

Jika Sedulur menggunakan pengering rambut atau alat styling panas, hindari suhu yang terlalu tinggi. Gunakan pengatur suhu rendah atau sedang, dan jaga jarak yang cukup dari rambut. Lalu bagi pemilik rambut keriting atau bergelombang, gunakan diffuser pada pengering rambut untuk membantu menjaga pola alami rambut dan mengurangi risiko kekusutan.

Biarkan rambut sebagian kering secara alami sebelum menggunakan pengering rambut. Hal ini akan membantu mengurangi paparan panas yang berlebihan pada rambut. Jadi jangan lupa untuk selalu mengeringkan rambut dengan benar.

10. Hindari pemanasan berlebih

Panas yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada struktur rambut, membuatnya lebih rentan terhadap kekusutan dan kekeringan. Jika Sedulur menggunakan alat styling seperti pengering rambut, catok, atau curling iron, atur suhu pada tingkat yang lebih rendah.

Hindari penggunaan suhu maksimum agar rambut tidak terpapar panas berlebihan. Sebelum menggunakan alat styling panas, oleskan produk pelindung panas pada rambut. Produk ini membentuk lapisan pelindung yang membantu mengurangi dampak panas langsung pada rambut.

Jangan mendekatkan alat styling terlalu dekat dengan rambut. Jaga jarak yang cukup agar panas tidak terlalu intens dan merusak struktur rambut Kurangi penggunaan alat styling panas sebanyak mungkin. Biarkan rambut mengering secara alami jika memungkinkan, terutama pada suhu udara yang lebih hangat.

BACA JUGA: 13 Pilihan Shampo untuk Rambut Tebal Mengembang

11. Gunakan bahan kain lembut pada bantal

Unsplash/Kelly Sikkema

Cara mengatasi rambut kusut menggumpal berikutnya adalah menggunakan bantal dengan bahan kain yang lembut. Pilih sarung bantal yang terbuat dari satin atau sutra karena keduanya dikenal sebagai bahan yang lebih lembut dan memiliki gesekan yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis kain lainnya.

Selain itu, ganti sarung bantal secara berkala untuk memastikan bahwa kainnya tetap lembut dan tidak mengalami kekasaran akibat pemakaian yang berlebihan. Akan lebih baik jika Sedulur memilih sarung bantal yang terbuat dari bahan yang menyerap kelembaban untuk membantu menjaga kelembaban rambut dan mencegah kekeringan.

Pastikan ukuran bantal cukup besar untuk memberikan lebih banyak ruang bagi rambut dan mengurangi tekanan pada setiap helai rambut. Terakhir ketika mencuci sarung bantal, hindari penggunaan pelembut pakaian yang bisa meninggalkan residu dan membuat bahan kain menjadi kasar.

12. Hindari menggunakan produk beralkohol tinggi

Produk perawatan rambut yang mengandung alkohol tinggi dapat menyebabkan kekeringan, kekusutan, dan kerusakan pada rambut. Hal ini karena alkohol memiliki sifat menarik kelembaban, sehingga produk dengan kandungan alkohol tinggi dapat mengurangi kelembaban alami rambut.

Dengan begitu, maka bisa menyebabkan rambut menjadi kering, kusut, dan sulit diatur. Alkohol juga dapat merusak lapisan pelindung alami pada batang rambut yang disebut kutikula. Nah, kutikula inilah yang rusak membuat rambut lebih rentan terhadap kerusakan, kekusutan, dan kekeringan.

Pemakaian produk beralkohol tinggi secara berlebihan dapat menyebabkan rambut menjadi rapuh dan mudah patah. Rambut yang patah akan terlihat lebih kusut dan sulit diatur. Parahnya lagi, alkohol dapat membuat rambut kehilangan kilau alami. Rambut yang tampak kusam kurang menarik dan sulit diatur.

13. Lindungi rambut saat berenang

Pexels/Lola Russian

Berenang memang menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan. Akan tetapi air klorin atau air laut dapat menyebabkan kerusakan pada rambut, membuatnya lebih kusut dan menggumpal. Jadi sebelum masuk ke kolam renang atau laut, basahi dulu rambut Sedulur dengan air bersih.

Rambut yang telah diselimuti oleh air bersih, akan lebih sedikit menyerap air klorin atau garam laut. Selain itu, Sedulur juga perlu menggunakan topi renang adalah cara efektif untuk melindungi rambut dari paparan langsung terhadap air klorin atau garam laut.

Topi renang membentuk lapisan pelindung yang dapat mengurangi jumlah air yang menyentuh rambut. Jika Sedulur mengikat rambut, hindari membuat kuncir terlalu ketat. Kuncir yang terlalu ketat dapat menyebabkan kekusutan dan kerusakan rambut.

Demikian tadi beberapa cara mengatasi rambut kusut menggumpal yang dapat Sedulur lakukan. Kombinasi dari beberapa hal yang   ada di atas, akan membantu dalam mengatasi rambut kusut dan menggumpal secara efektif.

Akan tetapi, jangan lupa untuk selalu menyesuaikan perawatan rambut dengan kebutuhan khusus dan konsultasikan dengan penata rambut jika memang diperlukan. Dengan begitu, nantinya Sedulur akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal tentunya!