make up simple untuk pemula

Bagaimana make up simple untuk pemula yang benar? Bagi yang baru belajar make up, pertanyaan semacam itu mungkin seringkali ada di benak. Ya, penggunaan make up sendiri harus sesuai dengan urutan yang tepat, agar terhindar dari kesalahan yang justru merusak tampilan wajah.

Dalam rangkaian make up, terdiri beberapa tahapan yang akan membuat wajah cantik Sedulur semakin indah. Jadi selain menentukan riasan wajah yang tepat, melakukan tahapan-tahapan make up sesuai urutan juga sangat diperlukan.

BACA JUGA: 7 Cara Membersihkan Make Up Pouch Kotor Dengan Mudah!

Urutan Make Up yang Benar untuk Pemula

Bagi Sedulur yang masih bingung, tidak usah khawatir. Di bawah ini akan dijelaskan langkah-langkah make up simple untuk pemula. Jadi, ikuti penjelasan yang diberikan berikut dengan seksama, ya!

-->

1. Menggunakan skincare

detox facial wajah
Better Me

Tahapan atau langkah pertama yang harus dilakukan sebelum mulai menggunakan make up adalah mempersiapkan kulit wajah. Yang dimaksud dengan mempersiapkan kulit wajah dalam hal ini, yakni dengan mengaplikasikan skincare.

Dimana Sedulur dianjurkan untuk menggunakan pelembap terlebih dahulu, agar kulit wajah bisa terhidrasi dan siap untuk diaplikasikan berbagai macam produk make up. Khususnya di pagi hari, Sedulur dapat mengaplikasikan tabir surya atau sunscreen.

Hal ini dilakukan untuk melindungi kulit terutama kulit wajah dari sinar matahari. Tahapan yang satu ini sebaiknya jangan dilewatkan, karena benar-benar penting untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

2. Mengoleskan primer

skincare untuk menghilangkan milia
Freepik

Mungkin ada banyak orang yang melewati tahapan dalam menggunakan make up satu ini karena mereka merasa penggunaan primer tidak terlalu penting. Padahal, primer tersebut akan membuat tekstur dari wajah menjadi halus.

Primer juga berfungsi dalam melembapkan dan menyamarkan tampilan pori-pori kulit yang besar. Dengan begitu, maka kulit wajah layaknya akan menjadi kanvas yang sempurna untuk aplikasi berbagai make up.

Nah, mungkin banyak yang tidak sadar jika primer bisa membantu untuk mendapatkan hasil make up yang lebih lama. Jadi tidak hanya sekadar melembapkan kulit saja, primer juga akan membuat make up lebih tahan lama dan tentu saja tidak mudah luntur.

3. Mengaplikasikan foundation

cara menentukan shade cushion
Femina

Foundation atau yang biasa disebut dengan alas bedak, merupakan produk yang wajib untuk Sedulur gunakan berikutnya. Produk ini berfungsi untuk menyeragamkan dan juga membuat warna kulit menjadi lebih merata.

Bukan hanya itu, alas bedak juga berperan penting dalam menyamarkan pori-pori dan noda hitam yang ada di wajah. Akan tetapi Sedulur harus berhati-hati saat memilih produk foundation. Pilihlah produk yang cocok dan sesuai dengan warna kulit.

Jika dirasa penggunaan foundation dalam make up simple untuk pemula terlalu berat, maka dapat diganti dengan pilihan yang lain, seperti halnya BB cream atau cushion.

4. Memakai concealer

Rekomendasi blush on
Pexels

Concealer adalah produk berikutnya dalam proses make up yang sebaiknya tidak dilewatkan. Concealer sendiri memiliki peranan untuk menyelesaikan beberapa masalah kulit. Contohnya saja seperti noda hitam, jerawat, atau bahkan bekas luka.

Dengan begitu, secara tidak langsung jenis produk ini juga akan membuat warna kulit lebih rata. Nah, Sedulur dapat mengaplikasikannya pada beberapa titik saja pada wajah. Apabila mempunyai lingkar mata yang gelap, maka dapat diaplikasikan di area bawah mata.

5. Melakukan contour wajah dengan bronzer

Pexels

Bagi Sedulur yang merasa masih seorang pemula, alangkah baiknya untuk mulai belajar menggunakan produk kontur. Penggunaan dari produk ini bertujuan untuk menciptakan kontur wajah yang terlihat lebih sempurna.

Untuk penggunaannya sendiri, hanya cukup dengan mengaplikasikan di beberapa bagian wajah. Mulai dari pinggiran wajah, pinggiran tulang hidung, hingga tulang pipi, untuk menambah dimensi dari wajah. Dengan begitu, tampilan wajah yang lebih sempurna bisa diciptakan.

6. Menggunakan bedak

Glam

Penggunaan bedak menjadi tahapan yang sangat penting. Bisa dibilang jika tahapan ini akan mengunci concealer dan foundation supaya tidak bergeser. Bedak juga akan akan membuat riasan tahan lama dan juga menyamarkan garis-garis halus pada wajah.

Manfaat lain dari pemakaian bedak yang akan didapatkan, yakni membantu menyerap minyak berlebih di wajah, terutama pada area dahi, hidung, dan dagu. Sedulur dapat memilih produk bedak tabur maupun bedak padat, kemudian bubuhkan tipis-tipis di seluruh area wajah dengan kuas bedak.

Dengan begitu, maka make up yang digunakan terlihat lebih sempurna. Namun jangan lupa untuk menggunakan bedak yang sesuai dengan kebutuhan serta warna kulit.

7. Menambahkan blush-on

warna eyeshadow natural untuk kulit sawo matang
Jones Road

Fungsi dari blush-on sendiri yakni untuk membuat kulit wajah terlihat lebih berwarna. Biasanya blush-on digunakan pada area pipi yang lebih menonjol. Sedulur juga dapat menambahkannya di area hidung dan pelipis secara tipis-tipis.

Ya, produk make up yang satu ini mampu membantu wajah terlihat segar dan juga merona. Maka dari itu, jangan lupa untuk melakukan tahapan yang satu ini, yaitu mengaplikasikan blush on di area tulang pipi sampai ke arah pelipis. Kemudian ratakan dengan kuas besar supaya tampak natural.

8. Mengaplikasikan highlighter

Byrdie

Tahapan berikutnya dalam proses make up simple untuk pemula adalah dengan mengaplikasikan highlighter. Ini adalah produk yang berfungsi untuk memberikan kesan highlight pada kulit wajah, sehingga efek glowing ketika terkena cahaya akan tercipta.

Sedulur dapat mengaplikasikan produk highlighter pada area hidung, mata, bibir, atau bahkan pada bagian tulang pipi. Setelah itu, dijamin tampilan wajah akan semakin menawan.

Pastikan untuk melakukan semua tahapan make up simple untuk pemula yang di atas secara runtut dan benar. Setelah itu, baru Sedulur bisa mengaplikasikan riasan wajah yang lain, seperti lipstik, riasan mata, dan lain sebagainya.