kostum anti mainstream untuk halloween

Menjelang Halloween, kostum unik selalu banyak dicari jutaan orang di dunia. Hal ini agar bisa memberikan penampilan yang menarik untuk menyemarakkan pesta Halloween yang ada di kota-kota. Beruntung kostum anti mainstream untuk Halloween sekarang ini bisa sangat beragam.

Sedulur tak hanya bisa mengambil dari karakter-karakter hantu atau karakter horor dari sebuah film. Tapi juga sosok fenomenal dari sebuah kejadian, anime, atau karakter dari majalah buku yang cukup ikonik.

Namun, agar Sedulur tidak bingung dan menemukan kostum anti mainstream untuk Halloween terbaik. Simak beberapa ide berikut ini!

BACA JUGA: 35 Ide Kostum Unik 17 Agustus yang Anti Mainstream dan Lucu

Fakta Halloween

Greenvelope

Namun, sebelum kita melihat deretan ide kostum anti mainstream untuk Halloween. Sedulur sebaiknya mengetahui tentang fakta dan trivia acara yang dilakukan oleh orang seluruh dunia ini.

Ada beberapa fakta menarik yang tentunya bisa membuat Sedulur semakin memahami makna dalam perayaan Halloween. Berikut ini beberapa diantaranya:

  • Bermula dari budaya kaum pagan

Awal mula tradisi Halloween dapat ditelusuri dari sejarah kaum Kelt, kelompok pagan yang mendiami wilayah Inggris Raya dan Perancis Utara sekitar 2.000 tahun lalu. Menurut kalender Gael yang mereka pakai, tahun baru jatuh pada 1 November, sementara pada 31 Oktober, kaum Kelt merayakan perayaan Samhain Calan Gaeaf.

Samhain yang berarti “Akhir Musim Panas” menandakan akhir kehangatan musim panen dan awal dinginnya musim salju yang juga dianggap sebagai musim “kegelapan dan kematian”. Oleh karena itulah, Halloween memiliki perpaduan warna oranye (yang menggambarkan musim panen) dan hitam (yang melambangkan kematian).

Agar tidak diganggu para orang mati, mereka memakai kostum dari kulit dan kepala hewan dan meninggalkan makanan sebagai sesajen di depan pintu. Kini kostum tersebut sudah berubah jadi hal-hal unik dan sesajen diganti dengan permen.

  • Identik dengan labu Jack-O-Lantern

Labu Jack-O’-Lantern adalah simbol Halloween yang paling terkenal. Legenda menyebutkan tentang seorang pria nakal bernama Jack yang menipu setan dan enggak diizinkan masuk ke surga maupun neraka saat dia meninggal. Namun, roh jahat memberinya bara api yang dia letakkan dalam labu.

Sejak itu, Jack harus berkeliaran di malam Halloween dengan bara api itu dalam labunya. Orang-orang mulai memotong labu untuk membuat wajah-wajah menyeramkan dan meletakkan lilin di dalamnya untuk menakut-nakuti roh-roh jahat.

  • Adanya permen trick or treat

Salah satu ciri khas terbaik dari perayaan Halloween adalah permainan Trick or Treat. Para anak-anak atau remaja yang sudah mengenakan kostum Halloween biasanya mulai berkeliling ke rumah-rumah tetangga mereka dan berkata, “Trick or Treat!” 

Mereka berharap untuk mendapatkan permen dari orang dewasa. Ini berasal dari tradisi memberi makanan untuk merayakan roh-roh leluhur. Jadi, saat kalian mendapatkan permen di Halloween, itu adalah hadiah manis dari masa lalu!

BACA JUGA: 10 Film Horor yang Berlatar di Rumah Sakit Jiwa, Mencekam!

Rekomendasi Ide Kostum Halloween

Berikut ini beberapa karakter dan ide kostum untuk Halloween yang bisa Sedulur coba.

1. Karakter One Piece

kostum anti mainstream untuk halloween
YT Nardio

Wah, siapa sih cowok yang tidak menyukai One Piece? Serial manga ini bahkan memiliki penggemar dari berbagai umur. Jika kamu bingung ingin memakai kostum apa untuk perayaan Halloween kantor, kamu bisa mengambil salah satu karakter di One Piece, lho.

Setiap karakternya everlasting dan banyak yang mengenalnya, mulai dari Luffy, Zoro, Shanks, Sanji, Koby, dan lainnya.

2. Kostum buah-buahan

Apa kamu pernah kepikiran untuk datang ke perayaan Halloween sebagai nanas, apel, pisang, dan aneka buah-buahan lain? Jika belum, coba di perayaan Halloween besok kamu menggunakan kostum buah-buahan. Kamu akan menjadi sosok yang mencuri perhatian deh pastinya!

3. Gaya pemain Squid Game

Film asal Korea yang sempat viral di banyak negara ini bisa menjadi inspirasi kostum Halloween lho. Pasalnya film ini memiliki beberapa karakter yang ikonik dan menarik banyak orang. Misalnya, kostum penjaga di game ini yang identic dengan baju warna merah atau patung anak kecil yang ada di episode awal film Squid Game.

Kostum Halloween ala Squid Game ini gampang dan praktis banget untuk digunakan. Kamu bisa menambah aksesoris topeng ala Squid Game agar tampilan Sedulur semakin menyerupai karakter di film ini.

Kostum ini bisa digunakan untuk laki-laki maupun perempuan saat menghadiri perayaan Squid Game. Ide ini juga bisa digunakan sebagai kostum Halloween anak laki dan perempuan.

4. Jadi t-rex

‍“Badannya besar! Tangannya kecil! Kalau mengaum, yang lain langsung mundur!” Apakah kamu familier dengan lirik lagu tersebut? Itu adalah lagu tentang T-Rex. Dan dengan booming-nya lagu itu, kamu bisa jadikan sebagai inspirasi ide kostum Halloween lucu, lho.

5. Karakter film Money Heist

Money Heist adalah serial yang booming di tahun 2021. Namun, meskipun itu serial tahun lalu, tetapi setiap karakternya masih banyak dikenang oleh penonton. Dan siapa pun yang melihatnya pasti tahu itu karakter dari Money Heist. Nah, karakter-karakter dari serial tersebut bisa kamu jadikan referensi sebagai ide kostum Halloween.

6. Coba inspirasi anime Spy X Family

Reddit

Serial Spy X Family sedang booming di tahun 2022 ini. Kamu bisa menggunakan karakter seperti Anna Forger, Loid Forger, atau Yor Forger sebagai ide kostum Halloween yang mudah dan simple.

Karakternya sangat sederhana dengan hanya memakai baju kerja seperti biasa saja. Misalnya untuk karakter Loid, kamu bisa menggunakan sarung tangan hitam, wig pirang, hingga menggunakan pistol mainnya sebagai aksesoris tambahan.

7. Two Face and the Riddler

Penggemar Batman pasti hafal banget sama karakter Two Face dan The Riddler, penjahat yang menyamar dengan topeng iblis dan berhasil membodohi kepala pelayan Bruce Wayne. Kalau diperhatikan, kostum Halloween yang mereka gunakan memang cukup unik dan tidak seperti penjahat pada umumnya. Jadi, pantas saja kalau banyak yang tertipu karena penampilan mereka.

8. Karakter Ali dari The Karate Kid

Dalam film yang rilis 1984 ini, ada scene pesta Halloween yang meriah. Nah, di acara tersebut orang-orang berkompetisi dengan menonjolkan penampilan mereka unik, salah satunya adalah sekelompok gadis yang menggunakan gaun berwarna putih dengan topeng menutupi wajahnya. Kostum ini terlihat simpel, bukan? Oh ya, jika ingin menirunya Sedulur bisa menggunakan warna lainnya.

9. Sosok Velma dari Scooby Doo

Salah satu kostum Halloween anti ribet yang dapat menjadi pilihan selanjutnya adalah berpakaian seperti Velma, yang berperan sebagai Ruth Bader Ginsburg. Dengan dress berwarna monokrom bergaya klasik dan kerah bulat besar seperti bunga yang merekah, Sedulur bisa tampil menawan.

10. Yoda Star Wars

Kalau menyukai kostum Halloween yang unik, Sedulur bisa mencoba salah satu karakter menggemaskan dari film Star Wars bernama Master Yoda. Karakter satu ini memiliki rupa seperti alien dengan warna hijau yang menggemaskan. Untuk karakter Halloween, tentu Yoda bisa jadi pilihan kostum yang menarik untukmu!

11. Film Nightmare Before Christmas

kostum anti mainstream untuk halloween
Pinterest

Selanjutnya, daftar kostum yang cukup menyeramkan dimenangkan oleh tiga anak buah Oogie Boogie yang berpakaian, seperti iblis, skeleton, dan penyihir. Bisa jadi ide lucu dan unik di malam Halloween, nih!

12. Gaya gadis berkurudung merah

Kisah gadis berkerudung merah dapat menjadi salah satu alternatif untuk Sedulur yang ingin tampil elegan. Ya, bisa dikatakan kostum ini sudah menonjol dari warnanya yang memberikan kesan bold, seksi, dan misterius. 

13. Sosok Cruella de Vil

Siapa sih yang nggak tahu tokoh Cruella yang diperankan oleh artis ternama Emma Stone? Tampilannya yang nyentrik dan unik bisa jadi inspirasi kostum Halloween lho. Kamu bisa menambahkan mig berwarna setengah hitam dan setengah putih agar penampilanmu semakin mirip dengan tokoh Cruella.

Selain itu, kamu bisa menggunakan dress yang anggun dan make up yang agak teball sesuai dengan karakter Cruella. Cosplay menjadi Cruella tentu lebih praktis dan simpel sebagai ide outfit saat menghadiri festival Halloween. Gimana, tertarik untuk menggunakan ide ini?

14. Makeup Harley Quinn ala Margot Robbie

Buat yang sudah menonton film ini, pasti tahu banget kalau Margot Robbie, yang menjadi Harley Quinn, memiliki gaya mencolok, terlihat dari model pakaianny yang selalu eye catching. Belum lagi, warna rambut merah dan biru, yang menjadi ciri khas dari karakter ini. Tidak ada salahnya bila Sedulur menggunakan kostum satu ini saat Halloween nanti.

15. Beth Harmon di film The Queen’s Gambit

Ide kostum Halloween selanjutnya adalah dari serial Queen’s Gambit. Sosok Beth Harmon akan menjadi karakter yang pas untuk kamu tiru dari segi pakaian hingga riasan wajah dan rambutnya.

16. Inspirasi film Black Swan

Pinterest

Penampilan aktris yang berperan sebagai balerina ini mudah untuk ditiru, lho. Sedulur cukup menggunakan korset lace up berwarna hitam, rok tutu, mahkota, dan celana balet. Tentunya, gaya satu ini akan membuat Sedulur terlihat glamor dan elegan.

17. Jadi Ghostbuster

Film yang diangkat dari kartun ini menonjolkan seragam penangkap hantu yang terbilang cukup unik. Mereka memakai jumpsuit berwarna coklat, yang dipadukan sempurna dengan sepatu boots setinggi lutut. Kostum ini akan semakin lengkap jika Sedulur menambahkan peralatan penangkap hantu yang sering digunakan dalam film ini. Tentunya, kostum ini bisa membuat Sedulur bermain peran dengan teman atau keluarga layaknya di film. 

18. Ambil tokoh The Wizard of Oz

Baju khas Dorothy yang bergaya klasik, membuat Judy Garland di film The Wizard Of Oz  terlihat sempurna. Pasalnya, film jadul yang menceritakan seorang anak perempuan bertemu dengan para makhluk unik di masa lampau ini,  bisa membuat Sedulur tampil dengan gaya kuno, tetapi tetap menawan.

19. Gaya bintang La La Land

Aktris cantik Emma Stone tampil menawan dalam film La La Land. Tidak hanya karena aktingnya, tapi juga busana yang dikenakan olehnya. Gaya pakaian ini cocok untuk Sedulur yang ingin menggunakan kostum Halloween sederhana.

20. Menjadi Zoro ala Antonio Banderas

Meskipun sudah lama tayang di televisi, film The Mask of Zorro mampu meninggalkan kesan mendalam buat para penontonnya. Bukan saja dari aktingnya yang keren, tapi juga baju yang ia kenakan. Jika Sedulur suka bergaya seperti karakter pahlawan yang satu ini, cukup gunakan topi, cape, dan pedang. Sudah mirip, bukan?

21. Kostum vampire

CNN

Jika kita kembali menelusuri history of Halloween, nggak lengkap rasanya kalau belum menggunakan kostum Vampire. Pasalnya, sejak dulu karakter ini banyak digunakan sebagai ide kostum Halloween di berbagai negara di dunia.

Nah, Sedulur juga bisa menggunakan ide ini sebagai inspirasi kostum Halloween wanita agar tampilan lebih totalitas dalam Halloween ini.

22. Gaya minions yang mudah

Siapa yang nggak familiar sama Minions? Makhluk kuning menggemaskan dari film Despicable Me ini selalu menunjukkan tingkah laku yang lucu dengan warna kuningnya yang mencolok. Ide baju untuk datang ke festival Halloween bukan hanya cosplay karakter yang menyeramkan saja.

Sedulur juga bisa menggunakan kostum ala minions yang lucu dan menggemaskan. Dengan menggunakan kostum ini, kamu bisa tampil berbeda dan unik dibandingkan kostum-kostum lainnya. Selain itu, kostum ini simpel untuk digunakan saat mengikuti festival Halloween.

Karakter Minions bisa jadi ide kostum Halloween yang unik buat party sama pacar ataupun teman satu geng. Soalnya, kamu hanya perlu kaus kuning dan overall kodok denim untuk meniru penampilannya. Sebagai aksesoris tambahan, kamu juga bisa memakai sarung tangan hitam, sepatu boots atau kaus kaki hitam selutut, dan membuat bingkai kacamata bundar ala Minions.

23. Sosok Annabelle

Ingin terlihat seram dengan kostum Halloween simple wanita? Kamu bisa cosplay menjadi bonek Annabelle yang seram. Siapa sih yang nggak kenal dengan karakter yang cukup menakutkan ini?

Nah, ternyata kamu bisa menggunakan ide kostum Halloween dengan cosplay tokoh ini lho. Untuk cosplay menjadi tokoh ini kamu nggak perlu ribet dalam mempersiapkan kostum.

Cukup menggunakan dress warna putih dengan hiasan pita merah, maka kamu sudah bisa cosplay karakter menyeramkan ini. Jangan lupa untuk mengikat dua dan mengepang rambutmu agar terlihat makin mirip dengan Annabelle. Kamu bisa menambah aksesoris boneka annabelle agar tampilan makin sempurna dalam cosplay karakter ini.

24. Maleficient

Inspirasi lain tentang kostum Halloween yang bisa kamu gunakan saat perayaan pesta Halloween adalah kostum Maleficent. Karakter ini sudah dikenal banyak orang melalui film Maleficent 1 dan 2 yang terkenal di seluruh dunia. Gaya kostum yang sesuai dengan karakter Maleficent adalah gaun hitam dengan jubah yang panjang serta tanduk tajam di kepalanya.

Ide tersebut bisa kamu manfaatkan sebagai Halloween costume ideas yang unik tapi juga menyeramkan. Pastinya, kostum dengan tema Maleficent ini cocok banget dengan tema Halloween. Nah, untuk bajunya, kamu bisa menggunakan dress warna hitam pekat yang panjang. 

25. Ala penyihir

kostum anti mainstream untuk halloween
Yahoo

Kostum dengan tema penyihir ini bisa banget menjadi ide kostum Halloween untuk wanita. Pakaian dengan tema Halloween akan membuat tampilan terlihat misterius, sehingga cocok digunakan saat perayaan Halloween. Apalagi jika kamu menambahkan aksesoris pendukung lainnya, seperti tongkat sihir, topi kerucut, dan menggunakan make up khas penyihir.

Ide kostum penyihir ini sangat praktis untuk Sedulur gunakan. Kamu hanya perlu menggunakan dress hitam dengan aksesoris pendukung lain agar sesuai dengan tema penyihir.

Nah, ide ini cocok buat kamu yang berhijab tapi ingin tampil di perayaan Halloween. Selain itu, ide baju dengan tema penyihir ini juga bisa dilakukan untuk semua umur, mulai dari anak kecil hingga dewasa.

Demikian tadi deretan ide kostum anti mainstream untuk Halloween yang menarik untuk kamu coba. Sedulur bisa mengkombinasikan warna dari karakter dengan tampilan makeup yang tajam dan on point.

Semoga ide dan inspirasi kali ini bisa membantumu untuk menemukan kostum anti mainstream untuk Halloween yang terbaik dan memukau banyak orang ya!