jika warna cat rambut tidak keluar

Kenapa warna cat rambut tidak mau keluar? Apa yang harus dilakukan jika warna cat rambut tidak keluar? Tidak perlu panik, simak dulu informasi yang ada di bawah ini!

Mewarnai rambut menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan jika memang sudah merasa bosan dengan warna rambut asli, sekaligus ingin mencoba sesuatu yang baru. Akan tetapi, tidak jarang proses hasil pewarnaan rambut terasa kurang memuaskan karena warna yang tidak dapat keluar.

Padahal kita sudah membaca dengan baik dan mengikuti petunjuk yang ada pada kemasan pewarna rambut, namun tetap saja warna yang dihasilkan tidak seperti yang diinginkan. Tenang saja, masalah semacam ini tidak terjadi hanya pada satu atau dua orang, namun banyak yang mengalaminya.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Serum Penumbuh Rambut Terbaik, Ampuh!

Kenapa Cat Rambut Tidak Keluar?

cara menghaluskan rambut secara alami pria
Pexels/Ron Lach

Pastinya akan terasa sangat mengecewakan jika Sedulur sudah lelah mewarnai rambut, namun hasilnya tidak memuaskan dan tidak sesuai dengan ekspektasi. Kendala seperti ini memang termasuk salah satu risiko yang sering terjadi dalam proses pewarnaan rambut.

Seperti yang tadi dikatakan, masalah warna cat rambut yang tidak keluar ini sering dialami banyak orang, terutama mereka yang baru pertama kali mencoba mewarnai rambut sendiri. Lantas, apa penyebab warna cat rambut tidak mau keluar? Berikut ini penjelasannya!

1.  Jumlah produk pewarna yang diaplikasikan tidak cukup

Saat Sedulur akan menimpa warna rambut natural dengan warna yang lain, maka pastikan benar-benar menggunakan produk pewarna rambut dengan jumlah yang cukup. Terlebih lagi jika warna asli rambut gelap, tebal, dan juga panjang.

Pastinya dibutuhkan produk pewarna dalam jumlah yang banyak, supaya bisa mencapai hasil warna yang diinginkan. Jadi jika Sedulur berniat menyemir rambut, jangan ragu untuk membeli produk pewarna rambut dengan jumlah yang lebih banyak agar hasilnya dapat sesuai dengan keinginan.

2. Proses pewarnaan yang terlalu cepat

Perlu untuk diketahui, bahwa proses pewarnaan rambut membutuhkan waktu yang tidak sebentar, hingga warna benar-benar menyerap ke batang rambut dengan sempurna. Waktu yang dibutuhkan tersebut, kurang lebih yakni sekitar 30 sampai 45 menit.

Banyak orang merasa jika waktu untuk mengecat rambut terlalu lama, sehingga mereka sering tergesa-gesa dan tidak sabar untuk menunggu sampai 30 sampai 45 menit. Akhirnya mereka pun langsung membilas rambut, dan hasilnya warna tidak keluar.

3. Salah dalam memilih produk pewarna rambut

Warna cat rambut yang tidak keluar juga dapat disebabkan terjadi karena Sedulur memilih produk yang sebenarnya tidak cocok dengan rambut yang dimiliki. Bagi orang yang memiliki warna rambut alami gelap, tentu membutuhkan bantuan produk developer dengan tujuan untuk mematikan dulu pigmen rambut.

Akan tetapi, produk developer yang digunakan juga harus ‘keras’ agar hasilnya bagus. Jika produk developer yang Sedulur pilih kurang kuat, maka hasil warnanya tidak akan terlalu kelihatan. Dan Sedulur pun perlu mengulangi pewarnaan sampai beberapa kali sampai mendapat warna yang diinginkan.

4. Rambut yang terlalu berminyak

Kondisi rambut sendiri ternyata juga dapat mengganggu proses pewarnaan rambut. Rambut yang terlalu berminyak dapat menghalangi kutikula rambut dalam menyerap produk pewarna. Hal ini karena sebum akan membentuk lapisan yang fungsi aslinya untuk melindungi kulit kepala serta batang rambut.

Apabila jumlah sebum di batang rambut terlalu banyak, maka produk pewarna justru akan luntur karena tidak dapat terserap dengan baik. Walau Sedulur dianjurkan untuk tidak keramas sebelum mulai proses mewarnai rambut, namun lebih baik pastikan dulu rambut dalam keadaan bersih dan terbebas dari sebum.

5. Kandungan air yang terlalu keras

Jika Sedulur sudah mengikuti proses pewarnaan rambut sesuai instruksi yang terdapat di bagian kemasan namun hasilnya belum juga memuaskan, bisa jadi masalah ini berasal dari air yang digunakan. Bisa jadi air tersebut mengandung kaporit dan mineral yang cukup tinggi.

Air dengan kandungan kaporit dan mineral yang tergolong cukup ‘keras’, akan menghambat produk pewarna rambut menyerap hingga ke struktur rambut paling dalam. Jadi coba cek dulu apakah air yang digunakan benar-benar aman dari kaporit dan mineral atau tidak.

BACA JUGA: 15+ Inspirasi Model Rambut Tipis Poni, Beri Kesan Manis!

Cara Agar Warna Cat Rambut Keluar

jika warna cat rambut tidak keluar
Pexels/Anna Shvets

Tanda-tanda jika proses pewarnaan rambut yang berhasil, yakni hasil warna yang keluar sesuai dengan klaim produk yang digunakan. Tetapi jika warna cat rambut tidak keluar, cobalah lakukan beberapa hal yang ada di bawah ini!

1. Mengulangi proses pengecatan

Jika warna rambut yang keluar tidak sesuai dengan harapan, Sedulur bisa mencoba mengulangi proses pengecatan. Nah, cobalah untuk mengulangi waktu pengecatan yang lebih lama. Tunggu selama 30 sampai 40 menit dulu, baru dibilas sampai bersih.

Apabila warna yang diinginkan tidak juga keluar, tidak usah ragu untuk mengulangi lagi. Oleh sebab itu, disarankan untuk menyediakan dua hingga tiga paket warna rambut. Dengan begitu, maka proses pengecatan bisa dilakukan secara maksimal.

2. Menggunakan shampo anti-residu

Shampo anti-residu memang dirancang secara khusus untuk menghilangkan sisa-sisa produk perawatan rambut. Mulai dari sisa-sisa kondisioner, serum, maupun styling produk yang biasanya menumpuk pada rambut Sedulur.

Jenis sampo yang satu ini, akan membantu membersihkan minyak yang berlebih dari kulit kepala dan juga batang rambut. Nah, pembersihan grime dan minyak berlebih tersebut dapat memberikan tampilan rambut yang lebih bersih dan lebih mudah untuk dicat alias diberi warna.

3. Memberikan perawatan rambut

Hal yang harus dilakukan berikutnya jika warna cat rambut tidak keluar, yakni dengan memberikan perawatan tambahan pada rambut Sedulur. Perawatan tambahan yang dimaksud, seperti penggunaan kondisioner intensif atau masker rambut.

Tujuan dari melakukan perawatan rambut tambahan ini adalah untuk membantu meremajakan rambut yang rusak dan meningkatkan kelembapan. Dengan begitu, maka proses pengecatan rambut bisa dilakukan dengan lebih maksimal.

4. Tunggu dulu selama beberapa hari

Biasanya warna cat rambut baru akan memudar secara alami seiring dengan berjalannya waktu. Ketika warna alami rambut sudah mulai memudar, barulah warna cat yang baru akan muncul. Oleh sebab itu, tunggu dulu selama beberapa hari sebelum akhirnya mengambil tindakan yang lebih lanjut.

5. Konsultasi dengan ahli kecantikan

Jika berbagai upaya di rumah sudah dilakukan dan Sedulur telah menunggu beberapa hari namun tidak juga berhasil, sebaiknya berkonsultasi dengan ahli kecantikan maupun penata rambut profesional. Tentu saja mereka bisa memberikan solusi terbaik yang paling sesuai dengan situasi Sedulur.

Nah, itulah informasi mengenai apa yang harus dilakukan jika warna cat rambut tidak keluar dan juga penyebabnya. Silahkan pahami dengan betul informasi yang ada di atas, dan selalu ikuti petunjuk yang ada di bagian kemasan produk cat rambut yang digunakan.

Apabila Sedulur benar-benar ragu untuk melakukan pengecatan warna sendiri di rumah, disarankan untuk meminta bantuan yang ahli seperti di salon kecantikan. Akan tetapi, tetap pastikan salon kecantikan yang dipilih jangan sembarangan dan benar-benar sudah terpercaya, ya!