cara mewarnai rambut tanpa bleaching

Tren mewarnai rambut memang masih bertahan. Bahkan, semakin banyak warna-warna rambut baru yang berhasil diciptakan dan membuat dunia fashion di Indonesia makin berwarna. Apabila Sedulur ingin tahu cara mewarnai rambut tanpa bleaching, maka wajib banget untuk menyimak ulasan kali ini ya.

Bleaching sendiri merupakan salah satu kegiatan yang umumnya wajib dilakukan sebelum melakukan pewarnaan pada rambut. Namun, ada beberapa trik yang bisa dilakukan agar bisa melakukan cara mewarnai rambut tanpa bleaching. Simak selengkapnya berikut ini!

BACA JUGA: Cara Mengatasi Rambut Kusut Menggumpal dengan Mudah

Apa itu Bleaching Rambut?

cara mewarnai rambut tanpa bleaching
Pexels/Maria Geller

Bleaching rambut adalah proses mencerahkan rambut dengan bahan kimia tertentu, sehingga warna rambut lebih terang. Langkah ini biasanya dilakukan sebelum mewarnai rambut agar pigmen pewarna rambut bisa menyerap dan menghasilkan warna rambut yang indah.

Produk bleaching rambut biasanya mengandung amonia dan hidrogen peroksida. Amonia mampu membuka kutikula rambut, yaitu bagian terluar dari batang rambut. Sementara itu, hidrogen peroksida memecah pigmen gelap pada rambut sehingga rambut menjadi lebih terang.

Bahaya Bleaching Rambut

Pexels/Cottonbro Studio

Penggunaan bahan kimia yang terkandung dalam zat bleaching rambut memang tidak selamanya aman. Seperti bahan kimia lainnya, ada dampak atau efek samping dari penggunaan bleaching yang berlebihan atau terlalu sering. Berikut ini beberapa bahaya dari penggunaan bleaching rambut yang perlu Sedulur ketahui.

1. Rambut mudah rusak

Bahan kimia yang terkandung dalam krim bleaching rambut bisa merusak batang rambut, bahkan mengubah struktur rambut. Rambut bisa menjadi lebih kering, kasar, dan bercabang, apalagi jika Sedulur tidak merawat rambut dengan baik setelah menjalani bleaching.

2. Rambut menjadi rontok

Tidak hanya menjadi lebih kering dan kasar, bleaching rambut juga bisa membuat rambut menjadi mudah patah dan rontok, apalagi jika Sedulur terlalu sering melakukannya. Risiko mengalami penipisan rambut pun makin besar.

3. Keratin rambut hilang

Bleaching rambut juga mampu mengikis keratin pada rambut, sehingga membuat rambut menjadi rapuh, mengembang, dan sulit diatur. Keratin merupakan protein yang melapisi kulit, kuku, dan rambut. Pada rambut, keratin berfungsi untuk menjaga rambut tetap sehat, halus, dan berkilau.

4. Kulit kepala menjadi sensitif

Bahan kimia yang terkandung dalam krim bleaching rambut, seperti hidrogen peroksida, bisa membuat kulit kepala rentan mengalami iritasi. Risiko terkena kondisi ini akan lebih besar jika kadar bahan kimianya cukup tinggi.

5. Reaksi alergi

Selain iritasi, kandungan tertentu di dalam krim bleaching rambut juga bisa menyebabkan reaksi alergi pada sebagian orang. Reaksi alergi yang dapat muncul meliputi kulit gatal serta muncul ruam pada wajah, kelopak mata, telinga, dan leher.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Minyak Gel Rambut Pria Terbaik yang Anti Lengket!

Tips Mewarnai Rambut Tanpa Bleaching

Unsplash/Engin Akyurt

Dengan cukup banyaknya bahaya penggunaan bleaching pada rambut, tentu Sedulur merasa khawatir bukan. Beruntung sekarang ini ada cara mewarnai rambut tanpa bleaching yang bisa dilakukan.

Cara aman ini memang tidak menghasilkan warna rambut yang sempurna, tapi tetap efektif memberikan kesan perubahan pada rambutmu. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan. 

1. Hindari keramas sebelum mewarnai rambut

Maksud hati ingin membuat rambut lebih bersih agar produk cat rambut bisa meresap secara optimal, tetapi keramas dengan shampo sesaat sebelum mewarnai rambut justru akan membuat produk cat rambut sulit meresap. Kalau Sedulur ingin melewati proses bleaching, sebaiknya hindari keramas sesaat sebelum mewarnai rambut.

Apabila rambutmu terlalu kotor dan berminyak, keramas lah terlebih dahulu kemudian 2-3 hari sesudahnya Sedulur bisa melakukan pengecatan. Ketimbang produk catmu gagal meresap ke rambut, maka sebaiknya hindari keramas sesaat sebelum mewarnai rambut.

Tak hanya itu saja, kandungan minyak alami pada rambut ternyata bisa melindungi rambutmu dari paparan bahan kimia pada produk pewarnaan rambut. Jadi, minyak alami rambut ini sangat efektif mencegah kerusakan rambut akibat paparan bahan kimia di cat rambut yang Sedulur pakai.

2. Pilih produk cat rambut yang berkualitas

Kualitas produk cat rambut yang Sedulur pakai ternyata sangat mempengaruhi hasil warna rambut setelah proses pewarnaan selesai. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, sangat disarankan untuk memilih produk cat rambut yang berkualitas. Jangan tergiur dengan cat rambut yang harganya sangat murah jika Sedulur tidak ingin gagal mewarnai rambut.

Produk cat rambut berkualitas tentunya akan lebih mudah meresap ke dalam rambut meskipun Sedulur tidak melakukan proses bleaching sebelumnya. Meskipun harga cat rambutnya mungkin lebih mahal dibanding produk sejenis lainnya.

Tapi toh Sedulur bakal mendapatkan hasil berupa warna rambut yang diinginkan meskipun Sedulur melewatkan proses bleachingnya!

3. Gunakan jenis warna rambut pekat

Sebagian orang merasa kurang puas dengan hasil pewarnaan rambut yang tidak menerapkan bleaching sebelumnya. Ya, untuk beberapa jenis warna cat rambut memang akan susah menyatu dengan warna rambu asli tanpa melalui proses bleaching. Jika Sedulur tetap konsisten ingin menghindari bleaching, sebaiknya pilih warna cat rambut yang pekat.

Beberapa warna cat rambut bisa menyatu dengan mudah ke warna rambut hitam (warna rambut umum orang-orang Indonesia). Adapun warna cat yang bisa masuk tanpa bleaching, adalah cokelat atau burgundy.

Ada juga beberapa produk cat rambut yang menyediakan warna terang seperti merah, biru, atau ungu pekat yang bisa diaplikasikan di rambut hitam tanpa melalui proses bleaching sebelumnya.

Sebagai saran, jika ingin warna cat rambutnya masuk tanpa bleaching, pilih warna yang 2-3 tingkat lebih terang dari warna yang memang Sedulur inginkan. Bahkan, jika Sedulur menginginkan warna seperti light brown, Sedulur bisa mengakali dengan mencampur warna cat rambut (2-3 tingkat lebih terang dari warna yang Sedulur inginkan) dengan warna blonde.

4. Lakukan pewarnaan rambut secara berlayer

Tak banyak yang tahu kalau ini adalah salah satu cara agar warna cat rambut lebih terang tanpa bleaching. Cara ini bisa dicoba, bahkan untuk mendapatkan warna rambut blonde tanpa bleaching!

Triknya adalah mewarnai rambut secara berulang dan bertahap, dalam jarak yang dekat. Gunakan warna rambut yang kira-kira 3 tingkat lebih terang dari warna aslimu dan ulangi prosesnya setiap minggu atau 2 minggu sekali.

Cara ini bisa berhasil karena krim developer pada cat rambut permanen sudah mengandung hidrogen peroksida seperti krim bleaching, tapi dengan kadar yang lebih rendah.

Kadar hidrogen peroksida inilah yang biasanya menentukan tingkat oksidasi pada rambut dalam level dengan kelipatan 10. Makin tinggi levelnya, makin keras ‘obatnya’ dan makin cepat rambutmu kehilangan pigmen warna. Umumnya, cat rambut memiliki volume 10, atau volume terendah.

Dengan cara ini, rambutmu memiliki jeda istirahat dan pemulihan yang panjang setelah ‘dirusak’, karena proses oksidasi yang cukup ringan dan berkala. Cara warna rambut tanpa bleaching ini hanya cocok untuk Sedulur yang ingin punya rambut berwarna terang tapi tak cocok menggunakan bleaching.

5. Rawat rambut secara rutin

Rambut dengan kondisi alami dan belum pernah diwarnai sebelumnya bisa membuat warna yang akan diaplikasikan lebih terlihat dengan lebih baik. Namun, dalam proses mewarnai rambut dari hitam ke warna-warna terang biasanya didahului tahap bleaching, yaitu tahap pengelupasan pigmen untuk membuat warna asli rambut hilang.

Nah, karena proses bleaching ini cukup ‘keras’ dan berisiko mengurangi kualitas rambut, sebaiknya Sedulur menghindari proses bleaching untuk membantu menjaga kualitas helaian rambut Sedulur. Selain itu, rawatlah rambut dengan benar agar selalu sehat sehingga bisa lebih mudah melakukan pewarnaan di kemudian hari.

6. Campurkan pewarna dengan krim developer

Kami hanya menyarankan cara ini untuk yang punya warna rambut hitam pekat, atau pemilik virgin hair dengan kondisi rambut yang sangat sehat. Untuk Sedulur yang mewarnai rambut di rumah, Sedulur bisa membeli krim developer dengan volume 40 yang dijual di salon atau e-commerce.

Trik mencampur krim developer level tinggi dengan cat rambut biasa akan membuat proses pewarnaan jadi lebih singkat. Dengan bantuan krim developer level tinggi, kutikula akan terbuka dan pigmen warna bisa masuk.

BACA JUGA: 20 Model Rambut yang Cocok untuk Muka Oval Terbaik!

Rekomendasi Warna Rambut Terbaik Tanpa Bleaching

cara mewarnai rambut tanpa bleaching
Unsplash/Toa Heftiba

Nah, apabila Sedulur penasaran jenis warna apa saja yang bagus untuk dicoba tanpa harus melakukan bleaching. Berikut ini beberapa rekomendasi yang cocok untukmu.

1. Deep brown

Ada banyak tren warna rambut yang mencuri perhatian banyak orang, salah satunya adalah pink atau hijau yang biasa dipakai untuk membuat rambut ombre. Namun, deep brown juga tetap mendapat tempat di hati banyak orang, terlebih lagi warna ini memang tidak membutuhkan bleaching untuk bisa menyatu dengan warna rambut.

Deep brown sendiri warna cokelat tua yang hampir sama dengan warna hitam. Warna ini tidak akan mencolok jika tidak terpapar sinar matahari atau lampu. Jadi, kamu yang merasa kurang percaya diri dengan warna rambut yang terang bisa memilih warna deep brown ini.

2. Deep dark gold

Gold yang dimaksud di sini bukan blonde karena untuk menghasilkan warna rambut blonde, kamu harus melakukan bleaching terlebih dahulu. Deep dark gold adalah sentuhan warna cokelat kekuningan yang dihasilkan dari produk cat rambut yang tidak memerlukan bleaching.

Warna emas yang dimaksud di sini gelap dan nyaris seperti warna cokelat. Hanya saja jika terkena sorotan lampu atau sinar matahari, sekilas warna rambut deep dark gold ini seperti sedikit blonde. Namun, jika tidak terkena sinar, warna rambut akan terlihat cokelat muda dan tidak terlalu pekat.

3. Blue black

Nah, yang satu ini juga warna rambut yang bisa dicoba untuk pewarnaan tanpa bleaching. Blue black hair adalah kombinasi antara warna biru tua dengan hitam. Jangan berekspektasi warna birunya akan terlihat terang seperti yang biasa diaplikasikan pada rambut ombre.

Pada dasarnya warna ini lebih cenderung ke hitam dan warna birunya tidak terlalu terlihat. Blue black hair adalah jenis warna yang bisa kamu peroleh dari produk cat rambut yang biasa dijual di supermarket. Kamu bisa memiliki rambut berwarna hitam kebiruan ini tanpa perlu melalui proses bleaching rambut.

4. Dark auburn

Bukan merah dan bukan cokelat juga. Yes, itulah warna auburn. Warna cokelat kemerahan ini memang jadi favorit banyak orang, karena terkesan hangat dan pas untuk berbagai warna kulit.

5. Dark ash gray

Warna keabuan ini bisa banget kamu dapatkan tanpa bleaching. Namun, pilih variasi warna ash grey yang gelap. Hasilnya sekilas terlihat seperti warna rambut hitam, dengan kontras warna yang seolah ‘turun’. Warna ini bagus untuk mencerahkan wajah juga, lho.

 

Demikian tadi deretan tips dan trik cara mewarnai rambut tanpa bleaching. Sedulur bisa mencoba langkah-langkah di atas dengan mudah di rumah. Khususnya, untuk Sedulur yang ingin mencoba mewarnai rambut tanpa harus menggunakan bahan-bahan kimia.

Oia, agar rambut Sedulur tetap sehat meskipun habis melakukan pewarnaan. Sedulur bisa mencoba beberapa jenis shampo dan conditioner terbaik yang bisa dibeli dengan mudah di toko kelontong sekitar rumah dan di  SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.