cara merapikan kumis

Apakah Sedulur orang yang suka memiliki dan memelihara kumis? Maka perlu mengetahui cara merapikan kumis supaya penampilan bisa selalu maksimal setiap saat. Apalagi kumis merupakan salah satu simbol maskulinitas yang membuat seorang pria terlihat menjadi lebih dewasa.

Perawatan kumis perlu dilakukan saat kumis mulai tumbuh memanjang dan lebat. Jika dibiarkan kumis tak hanya membuat muka lusuh, tapi juga mudah masuk ke dalam mulut. Sedulur sendiri bisa melakukan perawatan kumis secara mandiri di rumah maupun datang langsung ke barber shop. Namun, jika Sedulur ingin melakukan perawatan sendiri di rumah. Ada beberapa hal yang mungkin perlu Sedulur ketahui terkait cara merapikan kumis yang benar.

Penasaran seperti apa caranya? Yuk simak langkah, tips, dan trik agar kumis bisa rapi dan penampilanmu bisa ganteng maksimal!

BACA JUGA: 17 Cara Menumbuhkan Kumis Tipis Secara Alami dan Cepat

-->

1. Pangkas kumis dengan arah diagonal 

cara merapikan kumis
iStock

Ketika kumis sudah lebat, Sedulur tentunya langsung ingin memangkasnya. Tapi, ada baiknya Sedulur jangan memangkasnya secara sembarangan. Sebaiknya ketahui terlebih dulu teknik memangkas yang benar. Jika kumis dipangkas secara asal, maka akan tumbuh secara tidak beraturan.

Sedulur, tentu ada teknis dalam memangkas kumis ketika kumis Sedulur sudah dirasa memanjang serta tumbuh tidak beraturan. Salah satu cara merapikan kumis, yaitu dengan membungkusnya secara diagonal mengikuti garis luar bibir.

Jadi, Sedulur jangan asal-asalan dalam memangkas kumis, Sedulur perlu memperhatikan cara merapikan kumis dengan baik dan benar. Sehingga kumis akan tampak lebih rapih dan tidak berantakan karena menyisakan helaian bulu kumis yang horizontal, serta penampilan Sedulur pun akan lebih enak di pandang.

2. Meratakan panjang kumis secara rutin

cara merawat kumis
iStock

Cara merapikan kumis ini adalah cara agar kumis tumbuh merata paling umum yang bisa Sedulur lakukan dengan mudah. Perlu Sedulur sadari, bahwa kumis tidak tumbuh secara bersamaan. Ada yang tumbuh lebih cepat, ada juga yang lebih lambat tumbuhnya, sehingga Sedulur perlu memahami cara merapikan kumis, karena kalau tidak tahu cara merapikan kumis rentan tumbuh berantakan.

Oleh karena itu, alangkah baiknya Sedulur rutin merapikan kumis yang dirasa sudah memanjang untuk tampak rata kembali.

Lakukan secara rutin, ratakan panjang bulu kumis Sedulr agar panjang setiap helainya sama. Sedulur bisa menggunakan gunting kecil khusus untuk perawatan kumis agar setiap bagian kumis bisa terpangkas dengan baik.

3. Gunakan produk perawatan kumis yang tepat

Maaz Grooming

Kumis bisa menciptakan tampilan klasik pada pria. Namun, lama-kelamaan, kumis bisa tumbuh memanjang dan tampak berantakan. Jika ingin merawat kumis dan membuatnya tampak rapi, Sedulur membutuhkan beberapa produk perawatan dasar. 

Dalam perawatan kumis, tentu tidak bisa dipungkiri apabila Sedulur menginginkan pertumbuhan kumis yang baik akan memerlukan bantuan produk-produk perawatan khusus. Produk perawatan kumis, brewok, dan jenggot ini bisa membantu Sedulur untuk melembabkan kumis, sehingga lebih mudah diatur saat Sedulur merapikannya, dan tidak membuat penampilan berantakan.

Selain itu produk perawatan kumis juga bisa membantu cara merapikan kumis Sedulur, dan mempercepat pertumbuhan bagian kumis yang pertumbuhannya lambat, sehingga kumis Sedulur akan tumbuh dengan merata.

Berbagai produk perawatan kumis bisa Sedulur pilih, brand yang beredar di pasaran pun cukup banyak, tinggal Sedulur tentukan mana produk yang diminati untuk membantu cara merapikan kumis Sedulur.   

4. Sisir kumis secara rutin

Dazed

Menyisir kumis kadang menjadi hal yang disepelekan banyak orang, lantas bagaimana dengan Sedulur? Cara merapikan kumis yang seperti apa sering dilakukan? Sisir kumis ternyata salah satu cara merapikan kumis yang ampuh agar kumis tumbuh merata.

Saat Sedulur rutin menggunakan sisir kumis, maka arah tumbuh kumis kearah yang sama dan merata akan terjadi, sehingga kumis tidak tumbuh berantakan seenaknya kesana kemari dan akan membuat perawatan kumis nantinya lebih susah.

Selain itu, gesekan sisir kumis ke pori-pori dapat merangsang bagian kulit yang pertumbuhan bulu kumisnya lambat menjadi lebih cepat. Jadi Sedulur jangan anggap remeh cara merapikan kumis menggunakan sisir, sederhana tapi ampu. 

Menyisir seperti ini akan membantu meluruskan bulu-bulu kumis sehingga mudah dipotong dengan rata. Agar lebih nyaman, gunakan sisir kecil khusus kumis. Sisirlah kumis dalam keadaan kering sehingga Sedulur bisa mengetahui panjang sebenarnya.

Jika Sedulur ingin bulu-bulu kumis lebih halus dan lebih mudah diatur, cucilah terlebih dahulu dengan sampo dan gunakan kondisioner sebelum mulai memotongnya. Sampo khusus jenggot lebih bagus digunakan jika ada, tetapi Sedulur boleh saja menggunakan sampo biasa. Hanya saja, pastikan untuk mengeringkan wajah Sedulur dengan sempurna setelahnya.

5. Gunakan sisir kumis yang berkualitas

iStock

Cara merapikan kumis dengan sisir, tentu Sedulur harus menggunakan sisir kumis yang berkualitas. Pilihlah sisir kumis dengan gigi yang halus dan rapat agar dapat merapikan setiap helai kumis dengan lebih mudah. 

Gunakan sisir ini secara teratur setiap hari, terutama setelah mandi atau saat Sedulur menggunakan produk perawatan kumis. Sisirlah kumis dari akar hingga ujung secara lembut dan perlahan.

6. Rutin gunting kumis 

iStock

Helai kumis yang terlalu panjang atau tidak teratur dapat membuat kumis terlihat tidak rapi. Guntinglah helai-helai kumis yang berlebihan atau tidak beraturan dengan hati-hati menggunakan gunting kumis yang tajam. 

Pastikan Sedulur memotongnya secara perlahan dan sesuai dengan bentuk yang Sedulur inginkan. Mulailah dengan memotong ujung kumis, lakukan cara merapikan kumis ini secara bertahap.

Menggunting kumis tidak secara bersih ternyata juga membuat pertumbuhannya tidak merata. Karena pada dasarnya, untuk bisa menghasilkan efek kumis yang penuh maka Sedulur juga harus memangkasnya secara bersih. Setelah memangkas habis, maka kumis akan tumbuh lebih tebal dan mengesankan.

7. Gunakan minyak kumis 

iStock

Minyak kumis dapat membantu menjaga kelembaban dan kekuatan kumis, sehingga Sedulur akan lebih mudah untuk merapikannya. Oleskan beberapa tetes minyak kumis pada tangan Sedulur, gosokkan di antara jari-jari Sedulur, lalu usapkan secara merata ke kumis. 

Minyak kumis juga dapat membantu cara merapikan kumis, sekaligus dapat mencegah kumis kering dan kusut. Pastikan Sedulur menggunakan minyak kumis yang mengandung bahan alami dan tidak membuat kumis terlihat berminyak.

8. Rutin memijat area kumis

iStock

Cara merapikan kumis agar tumbuh merata bisa dilakukan juga tanpa Sedulur harus menggunakan peralatan atau produk untuk perawatan kumis Sedulur. 

Sedulur bisa melakukan pijatan pada area kumis untuk melancarkan peredaran darah di area tersebut agar pertumbuhan kumis lebih merata. Lakukan pijatan secara lembut dan perlahan, disarankan Sedulur melakukannya setelah mandi.

BACA JUGA: 12 Manfaat Kumis Kucing, Daun Herbal yang Kaya Akan Manfaat

9. Gunakan balsem kumis 

iStock

Balsem kumis adalah produk perawatan yang sangat berguna untuk merapikan kumis. Balsem ini membantu menenangkan kumis yang kusut dan membuatnya lebih mudah untuk disisir. 

Oleskan sedikit balsem kumis pada kumis Sedulur dan ratakan dengan menggunakan sisir kumis. Pastikan Sedulur memilih balsem kumis yang tidak membuat kumis terlihat berminyak. Balsem kumis juga dapat memberikan kilau alami pada kumis.

10. Rutin potong ujung kumis 

iStock

Ujung kumis yang kering dan bercabang dapat membuat kumis terlihat tidak rapi. Oleh karena itu, pastikan Sedulur rutin memotong ujung kumis setiap beberapa minggu sekali. Gunakan gunting kumis yang tajam dan hati-hati untuk memotong ujung kumis dengan rapi, sehingga kumis tetap terlihat segar dan terawat. Mulailah dengan memotong sedikit demi sedikit agar tidak terlalu pendek.

Rutin memotong ujung kumis, selain menjadi salah satu cara merapikan kumis juga tentu untuk menjaga kebersihan. Selain itu, Sedulur juga bisa mencucinya secara teratur dengan sampo khusus kumis atau sabun lembut, lalu bilas dengan air hangat. 

Setelah mencuci, pastikan untuk mengeringkan kumis dengan lembut menggunakan handuk bersih atau kertas tisu. Hindari menggosok kumis secara kasar agar tidak merusak helai-helai kumis. Setelah mengeringkan, oleskan sedikit minyak kumis atau balsem kumis untuk menjaga kelembapan.

Lakukan tips cara merapikan kumis ini secara rutin dan teratur, dan dalam waktu tidak lama, Sedulur akan mendapatkan kumis yang terlihat lebih rapi, merata, dan tentunya membuat Sedulur tampil lebih percaya diri dengan penampilan yang ganteng!

Merapikan kumis agar merata dan rapi membutuhkan waktu dan kesabaran. Jangan berharap hasil yang instan, tetapi tetaplah konsisten dalam merawat dan merapikan kumis Sedulur. Selain itu, cara merapikan kumis agar merata dan rapi membutuhkan perawatan serta perhatian yang tepat. Semoga tips diatas tips diatas bisa membantu Sedulur yang sedang bingung karena kumisnya tumbuh tidak merata dan terlihat berantakan