cara mengeriting rambut

Rambut keriting merupakan jenis rambut yang cukup eksotis dalam dunia fashion. Sayangnya tidak semua orang memiliki jenis rambut ini. Beruntung, perkembangan teknologi membuat cara mengeriting rambut lebih mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang walaupun mereka memiliki rambut lurus.

Biasanya orang-orang akan datang ke salon untuk bisa mendapatkan perawatan terbaik untuk mendapatkan rambut keriting yang bagus. Tapi, Sedulur ternyata bisa melakukannya sendiri di rumah dan harganya menjadi jauh lebih murah lho.

Penasaran bagaimana cara mengeriting rambut sendiri yang mudah dan alami? Simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Serum Rambut Anti Rontok Terbaik 2023

Jenis Rambut Wanita

cara mengeriting rambut
Unsplash/Khaled Ghareeb

Sebelum kita membahas cara mengeriting rambut yang mudah dan alami tanpa harus ke salon. Sedulur perlu memahami terlebih dahulu jenis rambut yang dimiliki. Hal ini penting, karena bisa membantu memilih perawatan yang dilakukan untuk bisa mendapatkan rambut keriting yang bagus.

Dilansir dari laman All Things Hair, ada setidaknya empat jenis rambut yang ada di dunia ini. Mulai dari jenis rambut lurus hingga keriting. Rambut-rambut tersebut akan dibedakan berdasarkan tingkat keikalannya, berikut penjelasannya ya.

1. Straight hair

Berdasarkan tingkat keikalan, rambut lurus atau straight hair dapat dikategorikan sebagai rambut ikal tipe 1. Jenis rambut di tipe ini memiliki kelurusan dari pangkal hingga ujung rambut dan hampir tidak memiliki tingkat kelengkungan sama sekali.

Meskipun terlihat monoton, jenis rambut ini paling banyak diminati oleh sebagian orang terutama kaum hawa karena lebih mudah diatur dan terlihat rapi. Tak heran jika banyak orang rela menghabiskan banyak uang untuk membuat rambutnya menjadi lurus.

2. Wavy hair

Model rambut ikal tipe kedua adalah yang biasa kita sebut sebagai rambut bergelombang atau wavy. Rambut di tipe ini memiliki jenis percampuran antara rambut lurus dan keriting. Biasanya, bagian pangkal hingga sebagian rambut berjenis lurus dan sisanya merupakan rambut keriting.

Sama seperti namanya, jenis rambut bergelombang akan terlihat seperti gelombang lautan yang tidak rata. Wavy hair sendiri memiliki 3 tingkatan berbeda seperti:

  • Wavy tipe A

Jenis rambut gelombang tipe A memiliki karakteristik rambut yang lebih mudah diatur dan ditata. Jenis rambut ini dapat diatur dengan mudah untuk dijadikan rambut lurus atau keriting. Tingkat keikalannya kurang dari 10% dan cenderung terlihat lurus karena bagian bergelombang hanya ada di beberapa titik saja.

  • Wavy tipe B

Model rambut ikal tipe B memiliki karakteristik yang sedikit sulit ditata dan lebih mudah kusut. Meski begitu, jenis rambut ini masih bisa dikategorikan mudah diatur dibandingkan rambut keriting lainnya.

Bagi Sedulur yang memiliki jenis rambut ini, ada baiknya selalu memastikan kelembapannya terjaga. Sebab, rambut tipe B ini cenderung mudah mengembang dan tampak berantakan jika tidak dirawat dengan baik.

  • Wavy tipe C

Rambut tipe C memiliki karakteristik bergelombang yang cenderung tebal. Lekukan atau aksen ikal yang ada juga tampak semakin rapat dan penuh. Jika tidak dirawat dengan benar, jenis rambut yang memiliki tekstur ringan ini akan mudah mengembang. Karena itu, Sedulur yang memiliki tipe rambut C disarankan selalu menggunakan kondisioner setelah keramas.

3. Curly hair

Masyarakat biasa menyebut rambut ikal tipe 3 dengan sebutan rambut keriting atau curly. Tingkat keikalan rambut di tipe ini melebihi 50% dan cenderung sulit untuk ditata. Jenis rambut ini lebih mudah kusut sehingga memerlukan kehati-hatian saat hendak disisir. Hampir sama dengan wavy hair, rambut curly juga memiliki beberapa kategori seperti berikut:

  • Curly tipe A

Jika dibandingkan tipe rambut keriting lainnya, tipe curly A lebih mudah untuk diatur. Tipe rambut ini merupakan tipe rambut gabungan antara rambut keriting dan bergelombang. Bedanya, rambut keriting tipe A umumnya memiliki keikalan dimulai dari pangkal rambut.

Ciri-ciri lain dari model rambut ikal tipe ini adalah bentuk lengkungan atau aksen keriting yang biasanya cenderung besar. 

  • Curly tipe B

Tipe rambut keriting tipe B memiliki karakteristik rambut berbentuk spiral namun bervolume lebat. Jenis rambut ini kini semakin banyak diminati oleh beberapa orang, terutama pemilik rambut tipis.

Hal ini karena rambut tipe curly B dapat memberikan kesan penuh padah wajah, namun juga cenderung masih cukup mudah diatur. Penggunaan vitamin sangat disarankan bagi pemilik rambut jenis ini untuk menghindari munculnya tekstur kasar yang juga rawan menyebabkan rambut bercabang. 

  • Curly tipe C

Rambutmu bisa dikategorikan termasuk tipe curly C apabila memiliki ciri-ciri spiral yang lebih kecil dan rapat. Lekukan yang ada pada rambut pun sudah dimulai dari pangkal rambut hingga bagian ujung.

Rambut tipe C juga memiliki sifat ringan dan melayang sehingga mudah kusut apabila tertiup angin. Masalah lain yang sering dihadapi pemilik rambut tipe ini adalah mudah terbentuk simpul saat sedang disisir.  

4. Coily hair

Tipe rambut ikal selanjutnya adalah coily atau biasa kita sebut dengan rambut afro atau kribo. Rambut jenis ini memiliki tingkat keikalan sangat rapat dan memiliki volume cenderung lebat.

Secara umum, model rambut ikal tipe 4 juga mudah terlihat mengembang menyerupai topi atau helm besar apabila berada dalam kondisi kering. Sama seperti tipe-tipe sebelumnya, rambut tipe ini dibagi menjadi beberapa jenis:

  • Coily tipe A

Rambut jenis ini masih memiliki tingkat kerapatan yang tidak terlalu padat. Meski begitu, lekukan atau keikalan rambut sudah terlihat sangat signifikan. Sedulur bisa menandai rambutmu berada di tipe ikal A apabila tekstur lekukan atau keikalannya menyerupai bentuk huruf S yang lebat.

Banyak orang juga menyebut rambut di tipe ini memiliki keikalan menyerupai helai benang renda atau benang rajut. Ketika berada dalam kondisi kering, rambut tipe A ini biasanya akan tampak menggumpal ke atas sehingga tampak lebih pendek dibandingkan ukuran aslinya. 

  • Coily tipe B

Pada tipe ini, tingkat kerapatan rambut sudah tergolong sangat padat. Aksen spiral yang ada pun tampak semakin mengecil hingga menyerupai pilinan. Apabila dibiarkan memanjang, rambut tipe ini biasanya justru akan tumbuh melebar dan mengembang alih-alih memanjang ke bawah.

Apabila pandai menatanya, model rambut ikal tipe B dapat dibentuk dan ditata dengan berbagai kreasi menarik yang dapat menonjolkan tekstur wajah. 

  • Coily tipe C

Rambutmu dapat dikategorikan masuk dalam tipe C apabila memiliki tingkat keikalan yang sudah sangat rapat dan padat. Bahkan, saking rapatnya, bentuk spiral yang biasanya menonjol dari rambut keriting hampir tak terlalu tampak lagi. Apabila dipangkas pendek, rambut tipe ini dapat membentuk tekstur menyerupai zigzag yang sangat padat.

Rambut jenis ini juga beresiko mudah menyusut jika tidak dirawat dengan baik dan kurang terhidrasi. Bahkan, dalam kondisi normal, tekstur rambut C dianggap paling rentan mengalami penyusutan hingga mencapai angka 75 persen.

BACA JUGA: 20+ Rekomendasi Catokan Curly Terbaik 2023!

Cara Mengeriting Rambut yang Mudah

Unsplash/Pouriy Kafaei

Nah, jika sudah mengetahui karakter rambut yang Sedulur miliki maka akan semakin mudah untuk menerapkan teknik mengeriting rambut yang mudah. Kira-kira apa saja cara yang bisa dilakukan ya? Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Coba dengan mengepang rambut

Cara buat rambut curly alami ini cenderung disukai karena tak merusak rambut dan memang mudah. Hasil keriting akan tampak lebih nyata jika Sedulur mengepangnya saat rambut masih sedikit lembab (bukan basah ya).

  • Pastikan rambutmu tidak basah atau 90% kering.
  • Bagi rambut menjadi dua, kepang tiap bagian.
  • Lepaskan kepangan di pagi hari.
  • Sisir dengan jari.

2. Roll rambut jadi kunci keriting badai

Cara mengeriting rambut tanpa catokan yang paling mudah dan telah dikenal sejak zaman dahulu adalah menggunakan rol rambut. Cara ini mungkin sudah sering Sedulur lihat ada di film-film ataupun digunakan ibu-ibu di rumah.

Menggunakan rol rambut ini dapat menghasilkan gelombang keriting yang lebih halus dan rapi. Selain itu, cara mengeriting rambut dengan rol rambut ini juga tidak membuat rambut menjadi rusak. Sedulur bisa memilih bahan rol rambut yang sesuai dengan keinginan.

3. Gunakan stick roll aja

Cara membuat rambut keriting selanjutnya adalah dengan stick roll. Alat ini terbuat dari busa silikon yang bisa dibengkokkan atau dipelintir sesuai keinginan. Bahannya juga melekat erat pada rambut, sehingga tak akan copot saat tidur pada malam hari.

Hasil keriting dengan stick roll cenderung lebih ‘nyata’ dan awet ketimbang rol rambut biasa. Tekstur gulungan rambut juga lebih rapat. Nah, stick roll ini bisa menjadi salah satu cara membuat rambut keriting gantung alami tanpa alat yang murah dan praktis!

4. Manfaatin bobby pins

Cara mengeriting rambut tanpa catokan yang satu ini makan waktu yang cukup lama, tapi hasilnya adalah efek curly yang bervolume.

  • Siapkan bobby pins atau jepit rambut hitam yang cukup banyak.
  • Ambil segenggam rambut dan gulung sedikit demi sedikit, sebelum dijepit. Pastikan gulungannya tidak terlepas.
  • Ulangi hal sama pada seluruh rambut.
  • Jika seluruh rambut sudah tergulung sempurna, semprotkan hairspray untuk mempertahankan hasil keriting pada rambut.

5. Sedulur bisa pakai jedai lho

Cara mengeriting rambut tanpa catokan selanjutnya adalah dengan menggunakan jedai atau jepitan badai. Seperti yang telah banyak diketahui, jedai dapat membuat rambut tampak lebih bervolume dan bergelombang secara alami.

Selalu sedia jedai di dalam tas agar Sedulur bisa menggunakannya kapan saja. Cukup dengan menggulung rambut dengan rapi, lalu terapkan cara menggunakan jedai, Sedulur bisa mendapatkan rambut yang keriting.

6. Cepol rambutmu

Unsplash/Vlah Dumitru

Mencepol rambut juga bisa dilakukan sebagai cara mengeriting rambut tanpa catokan. Menerapkan cepol rambut juga tidak sulit dilakukan. Cukup dengan memelintir dan cepol longgar bagian rambut yang ingin dibuat keriting.

Setelah itu, Sedulur tinggal mengikatnya dengan karet, kemudian diamkan beberapa jam. Untuk membuat hasil keriting lebih awet, Sedulur bisa menyemprotkan hairspray. Rambut akan terlihat lebih gaya dan modis.

7. Atur dengan hair scrunchie

Tak hanya meluruskan rambut, Sedulur juga bisa mengeriting rambut dengan scrunchie. Sedulur tinggal mencepol atau memelintir rambutmu untuk selanjutnya diikat dengan scrunchie.

Agar gelombang rambut terlihat alami, pilih scrunchie dari bahan satin yang lembut. Permukaan satin yang halus juga tak akan menggores kutikula dan bikin rambut patah. Dijamin aman!

8. Alat mutakhir bernama laverag hair rollers

Fungsinya mirip dengan stick roll, hanya saja laverag berbentuk per spiral yang elastis. Nantinya, rambutmu akan dimasukkan ke dalam per laverag dan ditarik menggunakan stick yang disediakan. Hasil curly akan lebih tight ketimbang stick roll.

Laverag tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari pendek, sedang, hingga panjang. Bisa digunakan juga kok untuk Sedulur yang berambut pendek. Memakai laverag hair rollers juga termasuk cara mengeritingkan rambut pendek yang mudah Sedulur lakukan sendiri di rumah!

9. Kaus kaki bisa bantu keriting rambut

Ingin membuat rambut keriting gantung alami? Jika tidak ada rol rambut atau jedai, Sedulur bisa kok menggunakan kaus kaki yang ada di rumah sebagai salah satu cara membuat keriting gantung alami tanpa alat catokan. Ketika rambut tergulung kaus kaki dalam waktu lama, rambut akan mengikuti bentuk tersebut sehingga terlihat lebih keriting.

  • Siapkan beberapa pasang kaus kaki tergantung ketebalan rambut.
  • Pastikan rambut dalam keadaan kering.
  • Letakkan kaus kaki secara melintang pada ujung rambut.
  • Gulung kaus kaki ke atas, tekuk, dan ikat ujungnya hingga membentuk huruf ‘U’ hingga mendekati akar rambut.
  • Diamkan semalaman, lalu buka dan sisir acak menggunakan jari.

10. Keriting rambutmu pakai bandana

Cara keriting rambut tanpa catokan selanjutnya adalah dengan headband atau bandana. Memang sedikit aneh, tapi cara mengeriting rambut tanpa catokan yang satu ini juga efektif. Pastikan Sedulur pilih bandana dengan bahan lembut dan elastis yang bisa melingkari seluruh bagian kepala, sehingga memudahkan saat melilitkan rambutmu.

  • Pasang bandana pada rambut yang sedikit lembab.
  • Ambil rambut di bagian depan, lalu tarik dan selipkan ke dalam headband.
  • Lakukan cara ini sampai semua rambutmu tergulung.
  • Pasang beberapa bobby pins untuk menjaga agar tak mudah lepas.
  • Diamkan semalaman dan lepas keesokan paginya.

11. Tisu gulung bisa jadi alternatif roller

Unsplash/Jonas Svidras

Tisu toilet memang bisa menjadi cara curly rambut tanpa catokan yang bisa Sedulur coba di rumah. Bahkan, cara membuat rambut keriting ini pernah viral di TikTok!

  • Sediakan tisu gulung dan lipat sepanjang 3cm.
  • Gulung rambut dengan tisu toilet dari bagian ujung hingga ke akar rambut.
  • Rekatkan dengan karet atau tali, biarkan semalaman.

12. Pakai harispray untuk keriting yang tahan lama

Jika ingin hasil instan tanpa harus bersentuhan dengan catokan, hairspray juga bisa memberi tekstur tambahan pada rambutmu. Ini juga bisa menjadi salah satu cara agar curly rambut tahan lama.

  • Pelintir rambut dan semprotkan hairspray ke seluruh rambut.
  • Diamkan beberapa menit.
  • Sisir dengan jari dan acak rambut agar menghasilkan keriting yang alami.

13. Coba keriting rambut pakai kertas

Jika Sedulur tidak memiliki curling tool, manfaatkan saja benda-benda di sekitar untuk menciptakan gaya rambut keriting gantung. Salah satu barang paling mudah yang bisa digunakan adalah kertas.

Dalam hal ini, Sedulur bisa menggunakan kertas koran, HVS, atau jenis kertas apapun yang berukuran kurang lebih sesuai dengan volume rambutmu. Semakin tebal rambutmu, gunakan pula kertas yang semakin lebar. Ini cara mengeritingkan rambut bagian bawah dengan kertas yang bisa Sedulur coba:

  • Siapkan kertas yang akan digunakan dan potong dengan ukuran panjang kurang lebih 10 cm dan lebar 5-7 cm. Apabila rambutmu tebal, siapkan semakin banyak potongan kertas dengan ukuran tersebut.
  • Gulung atau pilin semua kertas yang sudah dipotong memanjang untuk bisa dijadikan sebagai tali. Setelah kertas siap, sisir terlebih dahulu rambutmu agar tidak kusut. Sedulur juga bisa menggunakan pelembab untuk menjadikan rambut lebih mudah diatur.
  • Setelah rambut rapi, ambil beberapa helai rambut dan ambil kertas yang telah dipotong-potong memanjang untuk menggulung rambut dari ujung hingga ¾ atau ½ bagian. Kemudian, ikatkan kertas roll sehingga rambut menjadi bulatan.
  • Lakukan hal yang sama di semua helai rambut hingga tidak ada rambut terurai yang tersisa. Diamkan semalaman, Sedulur juga bisa menggunakannya untuk tidur.

14. Pakai curling iron agar hasil maksimal

Membuat model rambut keriting gantung dengan curling iron bisa menjadi pilihan yang tepat apabila Sedulur ingin memiliki rambut keriting gantung yang bisa bertahan lebih lama. Dengan panas yang dihasilkan, curling iron akan membuat efek keriting yang lebih permanen pada rambut. Langkah-langkahnya pun sangat mudah, tak jauh berbeda dengan saat Sedulur menciptakan rambut keriting biasa. Berikut ini caranya:

  • Panaskan terlebih dahulu curling iron sampai suhunya dirasa cukup. Sembari menunggu, Sedulur bisa menata rambut terlebih dahulu. Sisir rambut hingga tidak ada bagian yang kusut agar tidak sulit saat ditata. 
  • Meski bisa membuat model keriting gantung bertahan lebih lama, efek panas dari curling iron juga lebih berisiko merusak rambut. Karena itu, lindungi dulu rambutmu dengan menyemprotkan pelembab lambut atau pelindung rambut. Heat protectant tersebut dapat melindungi rambut dari efek panas alat yang bisa mencapai suhu 232 derajat celcius. 
  • Setelah itu, ambil sedikit demi sedikit bagian rambut, dan gulung menggunakan curling iron yang sudah panas. Sedulur bisa menyesuaikan besar spiral sesuai dengan preferensi. Apabila ingin tampil dengan rambut keriting gantung yang memiliki spiral kecil, gulung rambut dengan lebih lilitan lebih banyak pula. 
  • Lakukan langkah yang sama pada semua bagian rambut, dan Sedulur pun siap mencuri perhatian dengan model rambut keriting gantung yang cantik!

Demikian tadi deretan cara mengeriting rambut yang bisa Sedulur lakukan. Semoga cara dan tips-tips singkat di atas bisa membantumu mendapatkan rambut keriting yang mudah dan alami ya. Selamat mencobanya Sedulur!