cara menentukan shade cushion

Shading atau pembuatan bayangan wajah dalam makeup sangatlah penting. Namun, untuk membuat bayangan agar terlihat natural maka perlu menemukan cushion yang tepat. Dimana cara menentukan shade cushion sebenarnya cukup mudah.

Jika Sedulur seorang pemula dan masih bingung untuk menentukan shade cushion. Kami sudah menyiapkan beberapa tips dan trik makeup agar penampilanmu tidak fail. Seperti apa sih caranya? Simak berikut ini ya!

BACA JUGA: 10 Tips dan Cara Make Up Natural untuk Pemula, Nggak Ribet!

1. Kenali undertone kulitmu

cara menentukan shade cushion
Accent Singapore

Cara menentukan shade cushion yang pertama adalah dengan mengenali jenis undertone kulitmu. Perlu kamu ketahui, undertone kulit wajah dengan skin tone berbeda itu dua hal yang berbeda ya. Undertone adalah warna dasar kulit wajah yang tidak akan berubah walaupun terkena paparan sinar matahari.

Cara mengetahui undertone kulit wajah adalah dengan amati urat nadi di pergelangan tangan. Undertone kulit wajah ada tiga macam, warm, neutral dan cool. Berikut ini penjelasan singkatnya:

  • Warm undertone. Jika pembuluh nadi terlihat berwarna hijau, maka dipastikan kamu memiliki warm undertone. Undertone seperti ini, cocok menggunakan cushion dengan sentuhan warna kuning. 
  • Cool undertone. Sementara itu kalau pembuluh nadi terlihat berwarna biru atau ungu, berarti kamu termasuk lady with cool undertone. So, cushion yang cocok untuk kamu adalah yang memiliki sentuhan warna pink.
  • Neutral undertone. Kalau pembuluh nadi cenderung berwarna campuran antara biru dan hijau, maka kulitmu termasuk kategori neutral undertone, dan cushion yang cocok untuk kamu adalah yang memiliki warna netral (tidak terlalu kuning dan tidak terlalu pink).

2. Gunakan cushion dengan coverage penuh dan sedang

lip balm murah untuk remaja
Makeup Muddle

Salah satu trik memilih shade cushion adalah melihat tingkat coverage cushion. Sebaiknya Sedulur memilih cushion dengan coverage medium to full. Teknik ini tak hanya memudahkanmu, tapi juga menciptakan hasil makeup yang flawless dan bebas dempul.

Sebab, cushion dengan tipe ini memiliki kemampuan meratakan warna kulit wajah, menyamarkan pori-pori, dan menutupi imperfection kulit wajah seperti noda hitam.

Sedulur bisa mencoba coverage medium to full yang sudah banyak dijual di pasaran. Umumnya, produk ini akan dilengkapi dengan kandungan skin care Hyaluronic Acid dan ekstrak Green Tea. 

Agar makeup makin maksimal jangan lupa untuk gunakan skincare didalam cushion yang membuat kulit menjadi tidak kering dan tetap lembab tanpa membuat wajah berminyak.

3. Coba pilih cushion yang lebih terang

The Statesman

Riasan pada wajah pastinya akan digunakan selama kamu melakukan aktivitas sehari-hari. Ketika digunakan selama satu hari penuh, cushion biasanya akan berubah warna menjadi gelap. Hal ini dikarenakan base makeup mengalami oksidasi karena terkena panas.

Oleh karena itu agar makeup tidak rusak, disarankan menggunakan cushion dengan shade yang lebih terang dari warna kulit.

4. Terapkan di sekitar leher, rahang dan bahu

cara menentukan shade cushion
Femina

Warna kulit di bagian tangan dan wajah sangat jauh berbeda. Akibatnya bisa membuat hasil makeup jadi abu-abu karena tidak sesuai dengan undertone kulit wajah kamu. Sebaiknya memilih shade cushion dengan cara aplikasikan di leher, rahang atau bahu.

Trik ini akan membantumu menemukan shade cushion yang paling mendekati dengan kulit wajah.

Demikian tadi deretan tips dan cara menentukan shade cushion yang tepat untukmu. Sedulur bisa menggunakan berbagai macam produk kecantikan yang sudah dijual bebas dan bahkan bisa dijumpai di toko kelontong dan Aplikasi Super. Aplikasi Super adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah.

Bagaimana menarik sekali ‘kan? Semoga informasi tentang cara menentukan shade cushion kali ini bermanfaat dan membuatmu bisa menemukan makeup terbaik ya!