cara creambath sendiri

Bagi para perempuan, tentu saja menyukai perawatan rambut seperti creambath. Aktivitas ini merupakan pilihan yang tepat untuk mengatasi berbagai masalah rambut, terutama rambut rontok dan rusak akibat sering memakai styling tools. Beruntung, tak harus ke salon, ada cara creambath sendiri yang bisa Sedulur lakukan dengan biaya murah meriah.

Pada umumnya proses creambath ini dilakukan di salon. Akan tetapi, untuk pergi ke salon tentu membutuhkan lebih banyak waktu dan biaya. Belum lagi bagi yang rumahnya jauh dari salon, maka akan kerepotan jika harus bolak-balik ke salon selama beberapa waktu sekali untuk melakukan perawatan.

Namun tidak usah khawatir, Sedulur dapat melakukan proses creambath ini sendiri di rumah, lho! Untuk itu, simak cara creambath sendiri dan juga manfaatnya berikut ini!

BACA JUGA: Lakukan Hal Ini Jika Warna Cat Rambut Tidak Keluar!

Cara Creambath Sendiri dengan Mudah

cara creambath sendiri
Pexels/Sora Shimazaki

Bagi yang tertarik untuk melakukan proses creambath di rumah sendiri, tentu tidak boleh melakukannya secara asal-asalan. Hal ini karena treatment sembarangan, bukan tidak mungkin justru akan merusak rambut yang dimiliki.

Oleh sebab itu, pastikan untuk menyimak dengan betul dan mengikuti setiap tahapan dalam cara creambath sendiri di bawah ini dengan benar! Pastikan untuk meminimalisir kesalahan agar hasilnya lebih maksimal, ya!

1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan

Tahapan pertama, Sedulur perlu siapkan alat dan juga bahan yang dibutuhkan. Silahkan menyiapkan wadah khusus untuk krim, dua handuk kecil, sisir aplikator, shower cap, jepit rambut, serta dan air panas (untuk steaming).

Selain itu, pastikan krim khusus creambath yang digunakan berasal dari brand yang kualitasnya sudah terjamin. Jangan lupa bahwa brand tersebut telah mengantongi izin BPOM. Pastinya produk yang sudah berizin memiliki risiko yang minimal akan terjadi efek samping ketika produk krim digunakan pada rambut.

2. Keramas hingga bersih

Untuk proses creambath, diawali dengan keramas. Keramas ini dilakukan untuk membersihkan rambut dari kotoran serta sel-sel kulit mati. Dan keramas ini perlu dilakukan sebelum creambath, supaya krim dapat meresap pada kulit kepala, termasuk rambut.

Namun, pastikan Sedulur keramas dengan sampo yang sesuai jenis rambut, tanpa perlu menggunakan kondisioner. Jika sudah keramas, hindari menggosok rambut dengan handuk terlalu keras. Cukup dengan menepuk-nepuk lembut handuk di rambut, supaya tidak ada gesekan yang merusak rambut.

3. Bagi rambut menjadi beberapa bagian

Setelah itu, bagi rambut saat creambath untuk membantu proses pelapisan krim. Dengan cara ini, krim creambath bisa lebih hemat dibanding mengoleskan ke seluruh rambut tanpa dibagi dulu. Selain boros krim, cara ini berpotensi membuat bagian rambut yang lain tidak terlapisi dengan sempurna.

Bagi Sedulur yang mempunyai rambut panjang, alangkah baiknya bagi menjadi 4 hingga 6 bagian. Sementara untuk rambut pendek, cukup 2 sampai 3 bagian. Jangan lupa pastikan setiap bagian rambut dijepit menggunakan penjepit rambut longgar dengan ukuran yang sama.

4. Mengoleskan krim pada rambut secara merata

Berikutnya tuang krim creambath pada wadah, kemudian dengan sisir aplikator. Nah, pada tahapan ini, Sedulur perlu mengoleskan krim secara hati-hati, mulai dari kulit kepala, pangkal rambut, sampai dengan ujung. Lakukan secara merata pada semua bagian rambut tersebut.

Jika Sedulur tidak memiliki sisir aplikator, maka tidak perlu khawatir. Sedulur juga bisa menggunakan telapak tangan untuk meratakan krim secara langsung pada setiap helai rambut. Namun pastikan tangan dalam keadaan bersih sebelum melakukannya, ya.

5. Lakukan pijatan ringan di kepala

Apabila krim telah dioleskan dengan benar, Sedulur juga perlu memijat rambut supaya krim creambath semakin meresap ke dalam rambut. Pijatan ringan di kepala dan rambut ini, akan membantu menutrisi rambut serta melancarkan aliran darah.

Nikmati saja proses memijat secara perlahan. Tidak perlu terburu-buru, karena semakin rileks Sedulur memijat, maka semakin banyak efek relaksasi yang nyaman dan menenangkan yang didapatkan. Setelah memijat selama beberapa saat, satukan dan gulung rambut ke arah atas.

6. Lakukan hair steaming

Biasanya proses steaming di salon dilakukan dengan alat khusus. Namun jika creambath dilakukan di rumah, Sedulur cukup perlu memakai handuk panas saja. Caranya juga cukup mudah, kok. Siapkan dulu dua lembar handuk kecil yang sudah direndam di dalam air panas.

Setelah itu, tutupi rambut dengan handuk panas tersebut secara hati-hati. Jangan lupa jepit handuk supaya tidak terlepas. Setelah tertutup handuk panas, gunakan plastik atau shower cap untuk menutup keseluruhan handuk. Lakukan dan diamkan proses rambut streaming ini selama 10 hingga 15 menit.

7. Bilas dengan air

Untuk mengakhiri proses creambath di rumah, Sedulur bisa membilas rambut dari sisa-sisa krim sampai benar-benar bersih. Ya, air dingin akan membantu mengecilkan pori-pori usai proses steaming dilakukan. Pastikan air dingin yang digunakan untuk membilas juga bersih, ya.

Nah, Sedulur bisa melakukan creambath ini secara rutin paling tidak 1 kali dalam seminggu untuk mengatasi rambut rapuh dan juga kering. Sementara untuk rambut yang berminyak, Sedulur bisa melakukan 1 hingga 2 kali dalam sebulan.

BACA JUGA: 30+ Inspirasi Gaya Rambut Ikal Panjang, Bikin Makin Kece!

Manfaat Creambath di Rumah

cara creambath sendiri
Pexels/Bennie Lukas

Mungkin sebelumnya Sedulur tidak terlalu memikirkan pentingnya creambath di rumah. Padahal hal ini akan membuat rambut terlihat lebih bagus dan juga sehat. Nah, bagi yang belum tahu, berikut ini ada beberapa manfaat jika Sedulur rutin melakukan creambath di rumah.

1. Menghidrasi rambut

Creambath yang dilakukan sendiri di rumah, mampu membantu menghidrasi rambut Sedulur. Hal ini dilakukan dengan cara memberikan kelembaban tambahan kepada helai rambut yang kering dan rusak.

Bahan-bahan aktif dalam masker rambut yang digunakan, akan meresap ke dalam helai rambut dan menjaga kelembaban alami rambut Sedulur, membuatnya terasa menjadi lebih lembut dan juga halus.

2. Memperbaiki kerusakan rambut

Proses creambath juga bisa membantu memperbaiki kerusakan rambut, seperti ujung rambut bercabang dan rambut yang rapuh akibat seringnya penataan atau pewarnaan rambut.

Bahan-bahan dalam masker rambut yang kaya akan nutrisi, akan memberikan nutrisi tambahan kepada rambut Sedulur dan juga membantu memperkuat struktur pada rambut.

3. Mengurangi ketombe dan kulit kepala kering

Jika Sedulur mempunyai masalah rambut seperti ketombe atau kulit kepala kering, maka creambath dapat menjadi solusi yang baik. Pijatan lembut pada saat proses pengaplikasian masker rambut juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah yang ada di kulit kepala.

Hal ini dinilai cukup efektif dalam mengurangi ketombe serta membantu menjaga kulit kepala agar tetap sehat.

4. Menghilangkan kekusaman rambut

Rambut yang kusam dan kering, tentu saja akan membuat penampilan Sedulur terlihat kurang menarik, bukan? Nah, dalam hal ini, creambath dapat memberikan kilau dan kelembutan tambahan kepada rambut.

Jika Sedulur melakukan creambath secara rutin paling tidak 1 minggu sekali, maka akan membuat rambut terlihat lebih sehat dan juga bercahaya.

5. Relaksasi dan pemulihan

Tidak hanya memberikan manfaat secara fisik bagi rambut, creambath ternyata juga dapat memberikan waktu relaksasi yang sangat baik untuk Sedulur, lho.

Prosesnya yang melibatkan pijatan lembut pada kulit kepala, dinilai dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan perasaan rileks. Sementara aroma bahan-bahan alami yang ada pada produk masker rambut yang digunakan, mampu memberikan efek yang menenangkan.

Itulah penjelasan mengenai cara creambath di rumah dan juga beberapa manfaat yang akan didapatkan jika Sedulur rutin melakukannya. Dengan melakukan creambath di rumah secara teratur, maka Sedulur dapat merawat rambut dengan baik.

Selain itu, proses creambath juga akan membantu Sedulur untuk menjaga kesehatan dan kecantikan rambut secara menyeluruh. Namun yang paling penting, jangan lupa pastikan produk yang digunakan aman serta berkualitas, ya!