brand jaket lokal

Industri fashion lokal tanah air semakin berkembang pesat. Tak hanya berhasil mencuri perhatian di dunia fashion internasional, beberapa brand jaket lokal juga mampu menyaingi brand luar negeri di tanah sendiri. Bahkan, dengan harga yang jauh lebih murah, brand jaket lokal berhasil memberikan kualitas setara jaket-jaket mahal.

Jika Sedulur sedang mencari brand jaket lokal terbaik, maka berada di tempat yang tepat. Kami akan membahas secara lengkap deretan rekomendasi brand fashion yang memiliki produk jaket terbaik di Indonesia. Kira-kira ada siapa saja? Mari simak ulasannya berikut ini!

BACA JUGA: Ini 5 Tips Memilih Jaket yang Cocok untuk Pria Gemuk!

Varian Jaket Produk Lokal

Pexels/Roman Phorecki

Ketika membicarakan jaket, maka kita bisa menyebutkan banyak sekali ragamnya. Namun, bagi Sedulur yang belum mengetahui jenis varian jaket yang umum dibuat oleh produsen fashion lokal di Indonesia, mari simak beberapa ulasan tentang jenis berikut ini.

  • Jaket windbreaker

Jaket ini cukup populer dikalangan produsen fashion tanah air. Memiliki fungsi sebagai pelindung dari angin dan cuaca dingin. Jaket ini memiliki ciri khas adanya karet di bagian pergelangan dan kerah yang tebal di bagian leher.

Terkadang, jaket windbreaker juga dilengkapi hoodie sebagai penutup kepala. Semua detail ini bukan hanya hiasan, tapi agar jaket tersebut bisa mencegah angin dan udara dingin untuk masuk ke dalam jaket sehingga pengguna merasa hangat selama memakainya.

Buat Sedulur yang suka beraktivitas outdoor, seperti bersepeda atau berolahraga lari, jaket ini bisa menjadi pilihan.

  • Jaket varsity

Selanjut ada varsity. Jaket jenis ini merupakan jaket yang sedang hype ala anak kuliahan. Pada awalnya, jaket ini populer sebagai jaket almamater Universitas Harvard, yang selanjutnya ikut diadopsi oleh universitas-universitas lainnya.

Bahkan, kini banyak kalangan telah mengikuti tren memakai jaket varsity ini. ciri khasnya adalah adanya detail bordiran pada sisi kiri depan jaket.

  • Jaket parka

Jaket ini sangat fungsional dan memiliki tampilan yang keren. Jaket parka awalnya digunakan oleh orang Eskimo untuk menghangatkan badan. Lambat laun, jaket parka menjelma menjadi salah satu model jaket yang sedang tren.

Bagi Sedulur yang ingin melindungi badan dari udara dingin hingga tetesan hujan, jaket parka bisa menjadi pilihan keren buatmu.

  • Jaket kulit

Jika Sedulur ingin mengusung gaya maskulin dan trendy, maka jaket kulit busa jadi jawabannya. Jaket ini memang erat dengan fashion item buat pria, terutama anak motor atau geng moge. Jaket yang terlihat macho ini umumnya dibuat dari kulit asli atau kulit sintetis.

Jika dilihat dari segi harga, jaket dari kulit asli tentu lebih mahal daripada jaket kulit sintetis. Namun, jika dilihat dari segi kualitas, tentu jaket kulit asli dari hewan akan lebih awet dan nyaman daripada jaket kulit sintetis, meski keduanya tampak sangat mirip jika dilihat secara kasat mata.

  • Jaket bomber

Memiliki konsep casual dan keren. Jaket ini pada awalnya muncul dari pemakaiannya oleh profesi tertentu, yaitu pilot. Maka, tidak heran jika jaket ini mempunyai nama lain yaitu flight jacket.

Jaket bomber memiliki ciri khas desain bulky atau menggembung dengan penutup resleting. Di bagian depan kanan dan kiri biasanya dilengkapi saku dengan posisi miring.

BACA JUGA: 8 Rekomendasi Jenis Bahan Jaket Parasut Terbaik 2023

Rekomendasi Jaket Lokal

Setelah mengetahui beberapa jenis jaket yang ada di Indonesia. Sedulur bisa mencoba beberapa rekomendasi brand fashion ternama dengan lini koleksi jaket terbaik berikut ini.

1. Dreambirds

brand jaket lokal
Unsplash/Dmitry Spravko

Terkenal dengan logo burung hantunya yang iconic, jaket lokal merek Dreambirds juga recommended untuk Sedulur yang gemar dengan gaya streetwear. Dreambirds memiliki koleksi jaket yang cukup beragam, sehingga bisa Sedulur pilih sesuai selera. Produk yang ditawarkannya selalu memiliki sentuhan artsy.

Meski identik dengan burung hantu, akan tetapi terdapat pilihan desain lain yang tak kalah menarik dari Dreambirds ini. Desain tersebut salah satunya adalah karakter animasi yang dibuat dengan sentuhan warna menarik. Pilihan warna yang disematkan pun cukup eye catching, sehingga terkesan tidak membosankan.

Terdapat beberapa jenis jaket yang bisa Sedulur pilih diantaranya yaitu pullover dan hoodie. Harga yang ditawarkan rata-rata hanya sekitar 350 ribuan saja, lho!

2. Thanksinsomnia

Thanksomnia menjadi merek jaket lokal yang tak diragukan lagi popularitasnya. Bahkan tak heran banyak orang mengantri demi bisa mendapatkan jaket lokal dengan kualitas terbaik ini. Jaket Thanksomnia memiliki gaya vintage dengan dua saku depan yang khas serta gambar-gambar yang keren.

Pilihan warna dan desainnya cukup kece dengan tiga pilihan ukuran mulai dari S, M, hingga L. Jaket Thanksomnia dibanderol dengan harga 250-400 ribuan saja. Dengan harga yang cukup terjangkau, Sedulur sudah bisa mendapatkan jaket keren yang cocok untuk dipadu padankan dengan berbagai outfit

3. Erigo

Mungkin brand yang satu ini sudah tak asing lagi terdengar di telinga. Hal ini karena baru-baru ini Erigo menjadi brand terlaris No. 1 di Indonesia pada salah satu e-commerce, lho! Erigo menawarkan berbagai jenis pakaian dengan kualitas yang patut diacungi jempol.

Salah satu produk andalannya adalah jaket. Jaket Erigo dibuat dengan desain yang variatif dan futuristik sehingga akan membuat penampilanmu semakin keren. Jenisnya juga cukup banyak mulai dari bomber, hoodie, varsity, hingga pullover dengan pilihan warna yang super kece!

4. SCH

Ada lagi brand Sch yang menyediakan banyak pilihan untuk jaketnya. Semuanya punya desain dan warna menarik, sehingga dapat disesuaikan dengan selera. Kerennya lagi, pada merek ini juga terdapat pilihan jaket untuk wanita juga. 

5. Roughneck 1991

Pexels/Sindre Fs

Roughneck 1991 Denim Jacket cocok untuk Sedulur yang gemar memakai jaket denim sebagai teman bergaya sehari-hari. Dengan bahan denim 13,5oz yang nyaman, jaket ini cocok untuk aktivitas indoor maupun outdoor.

Penutup depannya menggunakan kancing, membuat jaket ini juga akan cocok untuk bergaya semiformal. Jaket ini menawarkan banyak pilihan ukuran dan pilihan warna yang bisa Sedulur pilih, lho!

6. Queenbeer

Bagi Sedulur yang suka dengan gaya ala-ala hip-hop, maka wajib rasanya menjadi seorang kolektor produk-produk dari Queenbeer, khususnya jaket. Queenbeer menyediakan berbagai macam jenis jaket yang up to date dan keren. Beberapa jenis jaket yang bisa Sedulur temukan di Queenbeer diantaranya adalah hoodie dan tracktop.

Tak kalah komplit, Queenbeer juga punya banyak koleksi menarik dengan warna-warna yang variatif. Ukuran yang bisa dipilih juga sangat lengkap mulai dari ukuran S hingga XL. Motif dan desainnya yang keren ini dijamin akan membuat Sedulur semakin percaya diri dan elegan seperti anak skate yang kekinian.

7. Wellborn

Tak kalah menarik, Sedulur juga wajib melirik Wellborn ketika hendak membeli jaket lokal dengan kualitas terbaik. Wellborn menyediakan banyak sekali pilihan jaket dengan desain sederhana namun tetap terkesan elegan. Sangat cocok untuk Sedulur yang suka dengan gaya simple.

Wellborn merupakan brand lokal asal Bandung, Jawa Barat. Pada produknya biasanya disematkan logo “W” sebagai inisial dari “Wellborn” atau tanda pengenal lain yang sederhana. Pilihan warna hitam dan abu-abunya cukup menarik, sehingga cocok bagi Sedulur yang gemar warna-warna monokrom yang anti nyentrik.

8. Screamous

Brand lainnya yang menyediakan jaket adalah Screamous. Di sini kalian bisa menemukan aneka ragam jaket dengan banyak model dan warna. Kalau masalah harganya juga bermacam-macam, lho. Ada yang dibanderol Rp420 ribu-an. Itu semua tergantung dari model dan bahan yang kalian pilih. 

9. Eiger

brand jaket lokal
Unsplash/Kal Visuals

Selanjutnya ada Eiger, brand lokal yang sangat legendaris dan terkenal akan produknya yang super high quality. Bagi Sedulur para pencinta kegiatan outdoor, pasti tak asing lagi dengan produk lokal yang satu ini. Eiger menyediakan berbagai peralatan serta perlengkapan penunjang aktivitas outdoor, termasuk jaket.

Kualitas yang ditawarkan tak perlu diragukan lagi, sehingga sangat worth it dan recommended untukmu. Tersedia banyak pilihan tipe dan warna yang super kece. Produknya didesain khusus untuk berkegiatan di luar ruangan seperti bersepeda, naik gunung, dan jenis olahraga lainnya.

Meski demikian, jaket Eiger juga tetap cocok dikenakan ketika hangout ataupun jalan-jalan.

10. Kamengski

Ada lagi merek yang banyak dikenal oleh kalangan milenial. Yaitu Kamengski yang terkenal dengan logo-logo nyeleneh di setiap produknya. Semua logonya berasal dari brand terkenal dan dijadikan pelesetan olehnya, sehingga tampak menarik.

Begitu juga dengan jaketnya yang punya motif mengesankan. Untuk harganya, kalian bisa merogoh kocek mulai dari Rp350 ribu-an. 

11. Maternal Disaster

Kemudian ada juga Maternal Disaster yang punya jaket berkualitas. Dengan bahan yang bagus, kalian akan nyaman menggunakannya. Selain itu, modelnya yang kece bisa membuat penampilan kalian jadi lebih keren lagi. Kalian bisa membelinya mulai dari harga Rp350 ribu-an. 

12. Bloods

Bloods ini menjadi salah satu merek jaket lokal yang sangat terkenal di Indonesia. Selain harganya yang cukup murah, jaket Bloods dapat dengan mudah Sedulur temukan di berbagai tempat, baik online maupun offline storenya. Pilihan jaketnya cukup lengkap dan beragam, sehingga Sedulur bisa bebas memilih sesuai selera.

Beberapa jenis jaket yang ditawarkan Bloods diantaranya adalah tracktop, windbreaker, jaket outdoor, hingga yang tak kalah keren, jaket denim. Biasanya, jaket Bloods dilengkapi logo iconic di bagian depan. Tentu saja logo ini didesain menarik, sehingga terlihat keren dan tak membosankan.

13. Evernext

Pexels/Yuri Manei

Evernext Jaket Parasut Pria wajib untuk Sedulur miliki karena siapa yang tidak butuh jaket parasut? Terutama untuk Sedulur yang gemar berkendara dan beraktivitas outdoor, jaket ini adem dan nyaman namun tetap bisa melindungimu dari panas, angin dan cipratan air hujan.

Meski bagian luarnya menggunakan parasut jenis Taslan, bagian dalam jaket ini terasa lembut karena dibuat dengan lapisan kain Fleece. Jaket ini juga dilengkapi banyak saku, ditambah hoodie yang akan menambah perlindungan saat Sedulur memakainya.

Demikian tadi deretan rekomendasi brand jaket lokal terbaik yang wajib Sedulur miliki. Selain memiliki kualitas bahan yang nyaman, mode dan gaya jaket ciptaan produsen lokal ini juga sangat kekinian dan fashionable. Jadi tidak rugi kalau Sedulur memasukkannya ke dalam koleksimu!