Pernah mendengar istilah bahan wolfis? Dalam dunia fashion, bahan ini banyak diminati untuk bahan pakaian. Bahan ini biasanya jadi bahan utama dalam untuk membuat pakaian muslimah yang biasa digunakan sehari-hari.

Banyak orang mengira jika bahan wolfis merupakan bahan kain yang dibuat dari campuran serat sutra, katun, serta serat sintetis.  Namun sebenarnya, pendapat tersebut tidak benar. Sebab, pada kenyataanya bahan wolfis terbuat dari 100% polyester. Nah, masih penasaran dengan bahan utama pembuatan kain muslimah ini, lalu kelebihan dan kekurangan bahan wolfisnali ciri, karakteristik, kelebihan, dan kekurangan? Yuk simak ulasan di bawah ini.

BACA JUGA: 6 Jenis Pakaian Adat Sulawesi Selatan Beserta Gambarnya

1. Apa itu bahan wolfis?

bahan wolfis
kumparan

Bahan wolfis adalah bahan yang kerap dipakai dalam pembuatan baju muslimah dan bahan yang satu ini terbuat dari 100% serat polyester lho Sedulur. Wolfis bahan yang nyaman dipakai sebab bahan ini memiliki ketebalan kain lebih rendah dibanding bahan jersey. Sehingga membuatnya terasa nyaman dikenakan oleh para muslimah. Tidak hanya itu, bahan kain wolfis juga tidak mudah diterawang ketika dipakai.

-->

Sebagai bahan yang kerap digunakan membuat pakaian muslimah, bahan wolfis mempunyai beragam variasi warna printing yang lebih hidup. Meski punya variasi warna yang mencolok, namun bagi penduduk di timur tengah, mereka kurang begitu suka. Masyarakat di timur tengah malah lebih memilih memakai pakaian warna hitam sebagai bahan baku pembuatan baju gamis dan abaya (busana khas penduduk Timur Tengah).

Di Indonesia bahan wolfis biasa dinamakan sebagai bahan wolfis premium. Meski menyandang predikat premium namun sebenarnya kain ini dijual dengan harga murah. Alhasil, jangan heran bila di pasaran tekstil di Indonesia bertebaran produk-produk pakaian khususnya untuk wanita muslimah yang memakai bahan yang satu ini. Seperti kulot, gamis, jubah, khimar, rok, celana dan lain sebagainya.

Buat kamu yang mencari wolfis bahan untuk keperluan membuat baju muslimah seperti gamis atau pakaiannya lain, biasanya para pedagang akan menjual bahan ini dalam hitungan per meter. Namun bila beruntung, ada pula pedagang yang menjual bahan yang satu ini dengan hitungan per kilogram. 

2. Karakteristik bahan wolfis

bahan wolfis
qudafata

Kita sudah mengetahui penjelasan rinci mengenai bahan ini dan apa saja kegunaan kain ini. Maka berikutnya  mengetahui seperti apa karakteristik kain yang satu ini. Bila ingin menciptakan sebuah produk yang berkuallitas dan diminati pasar, maka mau tidak mau kita harus memakai bahan berkualitas premium. Salah satu bahan yang bisa digunakan membuat pakaian adalah bahan wolfis premium. Nah, buat kamu yang penasaran dengan bahan kain yang satu ini, yuk simak ulasan selengkapnya.

Memiliki sifat ringan

Bila kamu memilih bahan kain wolfis untuk keperluan membuat pakaian muslimah, maka pastikan bahwa kain yang kamu gunakan memiliki sifat ringan. Wolfis bahan pakaian yang sangat nyaman dikenakan. Sebab, adanya sifat ringan yang dimiliki pada bahan ini, sebenarnya berasal dari serat kainnya yang rapat dan halus. Dengan begitu, bahan kain ini tidak akan mudah terkena tempelan debu dan partikel lain di udara

Tidak mudah kusut

Selain sifatnya yang ringan, wolfis bahan yang tidak mudah kusut. Ini bukan tanpa alasan mengapa bahan ini tidak mudah kusut. Sebab, bahan yang satu ini terbuat dari 100% serat polyester, sehingga tidak mudah kusut. Apabila kain menjadi kusut pun bahan yang satu ini akan kembali ke bentuk yang semula. Perlu Sedulur ketahui, bahwa sifat polyester sangat breahtable, ringan, mudah kering. dan pastinya sangat mudah menyerap keringat. Sehingga menjadikan bahan wolfis premium tidak cepat lusuh dan kusut.

Tidak menerawang

Berikutnya bahan wolfis apakah bagus? Karena bahan ini memiliki sifat yang tidak tembus pandang. Selain nyaman dan ringan saat dipakai, bahan kain ini juga aman untuk dikenakan. Sebab sifat kainnya yang rapat sehingga tidak mudah untuk diterawang. Karena keunggulan inilah, membuat para desainer fashion memilih kain ini untuk membuat pakaian-pakaian muslimah khususnya gamis dan abaya.

Memiliki permukaan kain yang tidak licin

Karakteristik bahan kain wolfis selain tidak tembus pandang adalah kain ini mempunyai permukaan yang halus namun tidak licin. Bisa dibilang bahan ini mempunyai permukaann yang cenderung bertekstur. Sehingga bahan ini sangat ampuh dalam menyerap keringat berlebih dari badan kamu.

Tidak tahan panas

Meski dianggap kain yang ringan dan rapat, tampaknya bahan wolfis memiliki kekurangan. Sebab, bahan yang satu ini ternyata memiliki sifat yang tak tahan dengan panas. Maka dari itu, apabila kamu mempunyai pakain berbahan dasar wolfis, maka sebaiknya hati-hati saat menyetrikanya.

Bila kamu sedang menyetrika bahan kain wolfis, pastikan jangan menyetrikanya dengan suhu yang terlalu panas. Mengapa demikian, sebab bisa merusak kain dan tak bisa lagi dikenakan untuk keperluan lain. Sebaiknya gunakan suhu yang tak terlalu tinggi alias rendah sampai sedang. Jangan lupa agar menghindarkan pakaian berbahan wolfis dari pancaran sinar matahari langsung ya Sedulur. Supaya pakaianmu awet dan tetap nyaman dikenakan untuk keperluan sehari-hari.

Fashionable dan memiki varian warna

Meski dianggap kain yang tak tahan panas, namun bahan wolfis tetaplah bahan berkuallitas premium. Sebab, bahan ini memiliki beragam motif dan warna. Sehingga tidak monoton dan tidak membosankan bagi para pemakainya. Karena kaya akan motif dan punya corak warna, membuat wolfis bahan yang fashionable dan bisa mengikuti perkembangan zaman.

Mudah disetrika

Setiap orang menginginkan pakaian rapi dan nyaman dikenakan. Maka dari itu harus dilakukan penyetrikaan agar pakaian tak kusut dan nyaman dipakai. Hal ini pula berlaku untuk bahan kain wolfis. Bahan ini perlu disetrika meski populer karena anti kusut namun perlu perawatan khusus. Hanya saja saat akan menyetrika bahan kain ini, kamu perlu hati-hati. Sebab, wolfis tidak tahan akan suhu yang panas dan gunakanlah suhu pada kisaran rendah hingga sedang saja ya Sedulur.

Punya kain serat yang halus dan rapat

Jangan bandingkan bahan ini dengan bahan lain yang lebih dominan halus dan berbulu. Sebab, wolfis mempunyai tingkat kerapatan yang baik dan permukaan halus. Untuk kamu yang mengenakan pakaian gamis berbahan wolfis, maka jangan khawatirkan kenyamanan. Sebab bahan wolfis apakah panas, tentu saja tidak karena permukaan pada bahan ini bertekstur lembut dan halus. Sehingga tak akan ada rasa khawatir untuk mereka yang memakainya. Hanya saja berlaku untuk mereka yang tidak punya mobilitas yang tinggi. 

BACA JUGA: 15 Jenis Kain Katun Best Seller, Keunggulan & Karakteristiknya

3. Kelebihan bahan kain wolfis

bahan wolfis
aminama

Seperti ulasan sebelumnya yang mengatakan kain ini sangat lembut dan rapat. Namun sejatinya masih banyak kelebihan yang akan dirasakan oleh pemakainya. Sehingga kain ini pantas dikatakan sebagai kain fashionable dan mengikuti trend zaman.  Lantas seperti apa  kelebihannya? Yuk simak dan pahami ulasan di bawah ini.

Memiliki sifat halus dan lembut

Kelebihan pertama setelah menggunakann kain ini, kamu akan merasakan kain yang halus dan lembut. Tidak hanya halus dan lembut, wolfis bahan yang lentur dan tidak kaku. Sehingga menjadi poin plus dibandingkan bahan kain yang lain. Karena alasan tersebut, banyak desainer pakaian lebih menggunakan wolfis untuk memproduksi pakaian sehari-hari.

Tidak transparan

Keunggulan lainnya bila memakai bahan kain wolfis adalah sifatnya yang tidak transparan. Karena rapat dan tak tembus pandang, membuat banyak orang menggunakan bahan ini untuk keperluan pembuatan pakaian muslim. Seperti gamis, baju koko, jilbal dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, bahan yang tak tembus pandang membuat para muslimah akan lebih nyaman dalam melakukan beragam aktivitas dan hal paling penting tidak akan menampakan auratnya.

Harga relatif murah

Selain bahan kain tak tembus pandang adalah bahwa bahan kain wolfis  dijual murah. Di Indonesia bahan wolfis premium dijual mulai harga berkisar Rp 27.000 sampai dengan Rp 30.000 saja per meter. Sehingga tidak banyak menguras kantong Sedulur. Nah, buat kalian yang sedang mencari wolfis, bisa mencari di toko tekstil.

Punya beragam corak warna

Selain murah dan berkualitas, kamu akan dimanjakan dengan variasi warna yang ditonjolkan oleh kain ini. Ya, bahan kain wolfis diketahui memiliki aneka ragam warna pilihan. Sehingga  tidak monoton dan membuat pembeli bosan. Untuk kamu yang suka berkreasi, keberadaan aneka ragam warna membuat pakaian wolfis terkesan lebih nyaman dan enak dikenakan. Inilah yang menjadi kelebiha kain wolfis dibandingkan dengan kain pada umumnya.

Mudah didapatkan

Selama ini kita tahu  bahan yang murah dan berkualitas pasti akan sulit didapatkan. Sebab dengan harga  murah dan berkualitas, maka banyak orang akan langsung memborongnya. Nah, untuk kain yang satu ini, sepertinya kamu tak akan kesulitan dalam mendapatkannya lho Sedulur. Hampir disetiap toko baik online atau offline pasti akan menemukan bahan kain yang satu ini. Tapi ingat, hanya toko pakaian dan tekstil saja yang menjual bahan wolfis.

Punya tekstur kain yang flowy

Kelebihan lain yang ada pada kain wolfis adalah kain ini mempunyai sifat flowy. Sifat flowy artinya adalah jatuh dan mengikuti bentuk tubuh saat dikenakan. Tidak hanya itu, wolfis terkenal punya sifat kain yang ringan dan memberikan efek jatuh sehingga nyaman dipakai. Bahkan saat kamu ketika aktif dalam bergerak sekalipun.

BACA JUGA: Kain Bahan Rayon, Kenali Karakteristik Jenis & Cara Merawatnya

4. Kekurangan bahan wolfis

bahan wolfis
pinhome

Bila tadi membahas mengenai kelebihan bahan ini, maka berikutnya mengulas apa saja kekurangan bahan ini. Perlu diingat tidak ada bahan kain yang terlihat sempurna. Pasti ada saja kekurangan dan kelebihan yang akan dirasakan oleh pemakainya. Termasuk salah satunya bahan kain wolfis. Nah, supaya tak berlama-lama yuk simak ulasan di bawah ini.

Tidak tahan panas

Hal yang sangat disayangkan dari bahan kain wolfis adalah kain ini dianggap tidak tahan akan  panas. Sehingga untuk kamu yang  memilih bahan ini, perlu melakukan perawatan yang tak boleh sembarangan. Khususnya saat menyetrika, pastikan jangan menggunakan  suhu yang tinggi. Sebab menggunakan suhu tinggi saat menyetrika bisa membuat kain cepat rusak. Tidak hanya itu, kamu disarankan untuk menghindaran pakaian berbahan wolfis dari panas terik matahari secara langsung.

Memiliki tingkat ketebalan yang rumit

Tak hanya sifatnya yang tak tahan panas, wolfis bahan yang termasuk rumit. Mengapa rumit, karena bahan ini hadir dengan aneka macam tingkat ketebalan yang berbeda. Sehingga berbeda dengan kain lain yang hanya punya satu ketebalan saja. Bila kamu cermati, ketebalan bahan ini tersusun mulai dari yang paling tebal, paling tipis, bahkan ada yang mendekati sifat transparan. Akibatnya para pembeli kebingungan dan merasakan kerumitan yang luar biasa. Sebab dengan begini, para pembeli harus teliti saat akan membeli kain wolfis demi mendapatkan tingkat ketebalan yang diinginkan.

Cukup panas saat dipakai

Kekurangan lainnya dari bahan wolfis apakah panas, cukup panas ketika dipakai. Khususnya saat cuaca sedang panas dan matahari berada di atas kepala kita. Meski punya kelebihan menyerap panas, namun kamu perlu tahu, bahwasannya daya serap kain ini kurang bagus. Sehingga pakaian dengan bahan kain ini kurang layak dipakai oleh mereka yang punya mobilitas tinggi.

Demikian ulasan tentang bahan kain wolfis, mulai dari kegunaan, kelebihan hingga kekurangannya. Semoga menambah wawasan Sedulur dan menjadi opsi dalam membuat pakaian sehari-hari .

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.