Dalam industri tekstil, terdapat berbagai macam bahan dan kain yang bisa ditemukan. Masing-masing kain memiliki ciri-ciri, material, dan tekstur yang berbeda. Salah satu jenis bahan yang kerap ditemukan dalam dunia tekstil adalah bahan rayon viscose atau lebih dikenal dengan rayon.

Ciri dari bahan ini adalah lembut dan ringan, sehingga cocok digunakan sebagai pembuatan jilbab atau baju. Jika kain yang terbuat dari sintetis adalah polyester, maka yang berbahan semi sintetis salah satu contohnya adalah rayon. Ketahui lebih lengkap mengenai bahan rayon viscose, mulai dari pengertian, kelebihan, hingga kekurangannya berikut ini.

BACA JUGA: Kain Polyester: Jenis, Kelebihan & Kekurangannya

Sejarah bahan rayon viscose

bahan rayon viscose
Kaos Kerah

Sebenarnya, rayon viscose seperti apa sih? Bahan dalam industri tekstil ini sudah banyak ditemukan pada berbagai negara. Banyaknya alat industri yang modern telah mendorong berbagai perusahaan untuk mampu membuatnya sesuai dengan kebutuhan ekspor maupun lokal. Akan tetapi, bahan yang satu ini ternyata memiliki sejarah yang cukup panjang. Awalnya, jenis kain ini ditemukan dan dikembangkan pada benua Eropa. 

-->

Nama penemunya adalah Hilaire de Chardonnet, yaitu seorang warga negara Perancis yang berprofesi sebagai seorang ilmuwan. Beliau dilahirkan pada tahun 1839 dan meninggal pada 1942. Dalam catatan sejarah, beliau disebut sebagai manusia yang berhasil menciptakan serat viscose untuk pertama kalinya. 

Menyadari akan potensi yang dimilikinya, Hilaire de Chardonnet pun terus mengembangkannya supaya bisa dijadikan sebagai kain yang mirip dengan sutera.

Penelitian lebih lanjut terus dilakukan oleh Hilaire de Chardonnet. Beliau juga melakukan perbaikan karena pada saat itu, sutera adalah sebuah jenis yang harganya sangat mahal. Jadi, tidak semua orang bisa dan mampu untuk membelinya. 

Penemuan yang dilakukan Hilaire de Chardonnet masih belum sempurna. Alasannya, bahan yang dihasilkan cenderung mudah sekali terbakar. Tentunya, hal itu menjadi salah satu masalah besar apalagi jika dipakai dan digunakan sebagai bahan pakaian atau tekstil. 

Kemudian, pada 1982 terdapat sebuah perusahaan tekstil asal Jerman dan ilmuwan dari Inggris yang mematenkan proses dari produksi jenis ini di tahun 1905. Ketiga ilmuwan tersebut adalah Charles Frederick Cross, Clayton Beadle dan Edward John Bevan. Semenjak itulah jenis yang satu ini mulai dikenal di pasaran.

Pengertian bahan rayon viscose

bahan rayon viscose
Medium

Kain viscose adalah salah satu jenis yang banyak diminati di masa kini. Salah satu manfaatnya adalah untuk membuat kaos baik pria maupun wanita. Jenis ini merupakan sebuah serat yang cukup ramah lingkungan dan mempunyai konsep sustainable fashion. Sama halnya seperti sutera, jenis ini juga memiliki tampilan yang berkilauan. Berbeda dengan rayon yang umumnya tidak memiliki kilapan. Perbedaan rayon viscose dan rayon premium sendiri adalah mempunyai daya tahan yang rendah terhadap sinar matahari, jamur, asam, temperatur yang terlalu panas, serta rendaman air dalam jangka waktu lama.

Karakteristik bahan viscose

bahan rayon viscose
Sustain Your Style

Banyak yang bertanya-tanya mengenai bahan rayon viscose panas tidak. Bahan ini merupakan pilihan yang bagus apabila sedang mencari hasil akhir yang berkilau dengan tekstur yang yang jauh lebih rendah. Selain itu, jenis ini juga menyatu dengan baik bersama dengan serat lain seperti polyester, katun, serta spandeks. Berikut adalah beberapa karakteristiknya.

  • Lembut. Bahan dari jenis yang satu ini terlihat seperti sutra dan terasa seperti kapas. 
  • Bernapas. Kain ini merupakan jenis yang sangat ringan serta tidak menempel di tubuh, sehingga sangat cocok untuk dipakai di cuaca hangat.
  • Menyerap. Jenis ini tidak memerangkap panas, namun juga menyerap air dan keringat dengan baik. Hal ini bisa membuatnya bagus sebagai bahan kaos oblong dan pakaian olahraga.
  • Ringan. Jenis ini bukan merupakan bahan yang membuat Sedulur gerah, jadi cocok untuk blus serta gaun musim panas.
  • Tak cepat pudar. Bisa digunakan untuk menahan pewarna tanpa memudar, bahkan setelah penggunaan dan pencuciannya dalam jangka panjang.
  • Mempertahankan bentuk. Kainnya memang tidak elastis, namun bisa dicampur dengan tekstil lain, seperti spandeks untuk menambah regangan.

BACA JUGA: 15 Jenis Kain Katun Best Seller, Keunggulan & Karakteristiknya

Kelebihan dan kekurangan bahan viscose

bahan rayon viscose
Orami

Bahan viscose adalah salah satu pilihan terbaik ketika Sedulur sedang mencari bahan ringan dengan detail yang mewah. dan yang ramah di kantong. Jenis ini cocok untuk dipadukan dengan bahan lainnya, seperti katun, polyester, dan spandex. Tidak hanya itu saja, masih banyak kelebihan dari jenis ini yang perlu ketahui, yaitu:

1. Harga terjangkau

Celebrities

Jika Sedulur ingin tampil dengan menggunakan gaun atau blus yang mewah namun tidak mau merogoh kocek yang dalam, maka bahan viscose merupakan pilihan yang tepat. Kesan berkilauan dan mengkilap yang diberikan pada kain ini ketika sudah berubah menjadi pakaian akan memberikan sentuhan yang mewah seperti kain sutera. Tak hanya itu saja, kain ini juga bisa menyerap keringat yang berlebihan. Sehingga, sangat nyaman ketika digunakan saat musim kemarau. 

Namun, lain halnya dengan rayon viscose premium yang memiliki harga lebih mahal. Jenis yang satu dijadikan pilihan berbagai brand yang terkenal seperti Uniqlo, Zara, H&M, serta masih banyak brand besar yang lainnya. 

Jika telah melalui berbagai brand ternama tersebut, tentunya harga produknya sudah tidak semurah seperti yang banyak dijual di pasaran. Alasannya, pengolahannya sudah berbeda sehingga bisa menghasilkan kualitas yang berbeda pula. 

2. Tidak gampang pudar dan cocok digunakan untuk musim panas

Orami

Kelebihan selain harga kain rayon viscose yang cukup terjangkau adalah tidak mudah pudar serta cocok untuk digunakan pada musim panas. Tak hanya memberikan kesan yang mewah, jenis yang satu ini juga bisa digunakan untuk menahan pewarnaan walaupun sudah lama digunakan. Alasannya, warna tidak akan mudah pudar dan terlihat kusam.

Selain itu, jenis yang satu ini mudah untuk penyerapannya. Sehingga, tidak mudah menempel pada tubuh. Tentunya, hal ini membuatnya semakin sempurna apalagi jika digunakan ketika cuaca sedang panas. Pakaian yang terbuat dari bahan ini juga akan cepat menyerap air dan keringat. Sehingga, sering digunakan untuk pakaian olahraga.

BACA JUGA: Kain Bahan Rayon, Kenali Karakteristik Jenis & Cara Merawatnya

3. Mudah menyusut dan terkena noda

Bandung Kaos Polos

Sebenarnya, bahan rayon viscose tebal atau tipis sih? Jawabannya, jenis yang satu ini tidak terlalu tebal namun juga tidak terlalu tipis. Kekurangan dari jenis yang satu ini adalah mudah menyusut, terutama ketika dicuci menggunakan air panas. Selain itu, kualitas jenis ini bisa memudar dengan cepat apabila dijemur di bawah sinar matahari secara langsung.

Apabila Sedulur tidak mengeringkannya dengan sempurna, maka jenis ini akan mudah terkena jamur dan seratnya bisa menjadi lemah dan mudah kusut. Kemudian, sifatnya yang mudah menyerap air membuatnya gampang untuk terkena noda. Jadi, Sedulur harus berhati-hati ketika menggunakannya. 

Apalagi, ketika sedang mengonsumsi makanan tertentu karena bisa meninggalkan noda permanen pada pakaian. Lebih lanjut, kain ini juga termasuk yang kurang sederhana karena tidak ramah pada cara kerja mesin cuci. Maka dari itu, dianjurkan untuk menggunakan tangan ketika mencucinya. 

4. Tidak ramah lingkungan

FJB Kaskus

Kekurangan yang dimiliki bahan viscose berikutnya adalah tidak ramah lingkungan. Alasannya, proses pembuatannya menggunakan bahan kimia dan melepaskan asap beracun. Hal ini sudah menjadi banyak perhatian dari berbagai pihak. Apalagi, beberapa peneliti mengungkapkan bahwa ketika proses pembuatannya berlangsung, kesehatan para pekerjanya terganggu. 

Demikian informasi singkat mengenai bahan rayon viscose yang kerap digunakan di industri tekstil. Walaupun jenis yang satu ini terbuat dari bahan yang cenderung alami, namun justru kurang ramah lingkungan. Alasannya terletak pada cara pembuatannya yang menggunakan berbagai bahan kimia. Semoga bisa membantu Sedulur dalam pemilihan kain, ya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!