website loker terbaik

Di era digital saat ini, berbagai informasi bisa didapatkan dengan mudah. Termasuk informasi lowongan kerja atau loker. Saat ini terdapat beberapa website loker terbaik yang bisa jadi rujukan untuk Sedulur dalam mencari lowongan kerja.

Dari sekian banyak website yang tersedia, tentu ada beberapa website loker terbaik yang terbukti bisa memberikan pekerjaan kepada setiap pelamar yang mencari kerja. Dalam kesempatan kali ini, sebagai referensi bagi Sedulur, akan diulas beberapa website terbaik untuk mencari lowongan kerja. Lantas apa saja daftar website loker terbaik yang dimaksud? Yuk mari langsung kita simak!

BACA JUGA: Contoh Soal dan Tips Menjawab Soal Psikotest agar Lolos Kerja

1. LinkedIn

website loker terbaik
Launch

Rekomendasi website loker terbaik yang paling terkenal adalah LinkedInd, selain sebagai website loker terbaik, LinkedIn juga merupakan media sosial yang berfungsi dalam memberikan berbagai informasi seputar karir dan pekerjaan.

Tidak hanya sebagai aplikasi sosial media saja, LinkedIn juga berperan sebagai website lowongan kerja yang ramai digunakan. Ribuan bahkan jutaan para profesional memiliki akun LinkedIn dan tak jarang juga para perusahaan atau tempat kerja lainnya mencari pekerja melalui LinkedIn.

Dalam fiturnya, LinkedIn juga memberikan notifikasi pekerjaan yang cocok dan sesuai dengan Sedulur karena sebelumnya Sedulur harus mengisi data diri Sedulur mengenai skill Sedulur. Pengguna LinkedIn pun dapat menulis artikel yang kemudian akan dibagikan dan juga dibaca oleh para pengguna LinkedIn lainnya bahkan mungkin dibaca oleh perusahaan yang membutuhkan skill Sedulur.

2. Indeed Job Search

Rekomendasi website lowongan kerja yang menyediakan pekerjaan baru di berbagai Negara selanjutnya adalah Indeed Job Search. Website ini menyiapkan berbagai macam fitur untuk memudahkan para pencari kerja dengan lebih dari 200 juta pekerjaan baru.

Selain itu, lebih dari 60 Negara dan 28 bahasa berbeda terdapat pada pencarian kerja Indeed ini. Untuk Sedulur yang tidak ingin mendapatkan pekerjaan yang terlalu jauh, Sedulur bisa mencari pekerjaan di daerah dekat dengan rumah Sedulur dengan menggunakan fitur GPS yang ada pada smartphone.

Tidak hanya pekerjaan tetap saja, bahkan pekerjaan untuk mahasiswa magang pun ada di dalam daftar pencarian kerja Indeed. Tertarik mencari pekerjaan lewat Indeed? Unduh Indeed di Google PlayStore.

3. Pintarnya

Pintarnya adalah satu website lowongan kerja yang bisa Sedulur gunakan. Saat pertama memakai website ini, Sedulur harus registrasi dulu. Masukkan data diri sesuai dengan KTP yang Sedulur punya. Setelah itu, pilih sekitar 8 pekerjaan menarik yang ingin ditekuni.

Jangan lupa juga lengkapi profil Sedulur di CV Pintar yang disediakan website ini. Nah, jika sudah, website Pintarnya akan mencarikan lowongan pekerjaan yang cocok. Tentu, sesuai dengan bidang yang dipilih, juga domisili Sedulur saat mendaftar.

Seperti kebanyakan website lowongan kerja lainnya, ada deskripsi yang cukup lengkap mengenai setiap pekerjaan. Hebatnya, Sedulur bisa langsung melamar pekerjaan dari website Pintarnya.

4. JobStreet

Rekomendasi website loker terbaik kedua adalah JobStreet yang merupakan salah satu website pencari kerja yang terkenal dan banyak memberikan pekerjaan bagi masyarakat di Indonesia. JobStreet merupakan salah satu website lowongan kerja terbaik di Indonesia.

Lebih dari 230 ribu pekerjaan bisa Sedulur lamar melalui website satu ini. Untuk Sedulur yang menginginkan kerja di luar negeri, Sedulur juga bisa mencarinya di JobStreet. Pasalnya, JobStreet tidak hanya menyediakan lowongan dari Indonesia saja, namun juga Negara lainnya seperti Singapura, Malaysia, Vietnam juga Filipina.

Fitur yang tersemat pada website lowongan kerja JobStreet ini pun memudahkan para job seeker dengan hadirnya mobile notification. LiNa JobStreet akan memberikan notifikasi pekerjaan terbaru setiap harinya melalui email dan Sedulur bisa langsung melamar pekerjaan tersebut hanya melalui ponsel Android.

5. Kormo Jobs

Kormo Jobs adalah website pencarian kerja terpercaya yang dimiliki oleh Google. Sejauh ini Kormo Jobs sudah diunduh lebih dari 10 juta kali di Play Store dan bisa menjadi cara mudah untuk mendapatkan pekerjaan impian.

Ada jutaan pekerjaan yang telah diposting di Kormo Jobs. Kormo Jobs mengkhususkan diri dalam industri ritel, logistik, layanan IT & admin, dan perhotelan dan menawarkan pekerjaan seperti rekanan penjualan ritel, pengiriman dan operasi gudang, dan perwakilan layanan pelanggan.

6. KitaLulus

Dollar Sprout

KitaLulus memiliki fitur yang cukup lengkap. Bahkan, ketika Sedulur masuk ke dalam website, Sedulur dapat langsung melihat daftar pekerjaan yang beragam, bahkan dipisah ke dalam beberapa kategori yang berbeda.

Sedulur bahkan dapat langsung melamar pekerjaan dari dalam websitenya. Sebelum melamar, pastikan dulu Sedulur sudah masuk atau mendaftar ke dalam website.  Tak hanya bisa melamar kerja, di dalam website ini Sedulur dapat menambah ilmu dengan mengerjakan latihan-latihan soal, juga bergabung dengan komunitas yang ada di dalam website.

7. TopKarir

TopKarir adalah situs dan website pencarian lowongan kerja yang cukup populer. Di Play Store, lebih dari 100 ribu orang telah mengunduh website ini ke perangkat mereka. TopKarir memiliki sejumlah fitur. Selain pencarian kerja dari berbagai perusahaan mulai dari start up sampai perusahaan besar untuk fresh graduate maupun berpengalaman, Sedulur juga bisa menemukan lowongan magang.

Lowongan informasi magang dapat dimanfaatkan oleh para mahasiswa yang membutuhkannya agar bisa mendapatkan pengalaman sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja. Selain itu, Sedulur juga bisa mencari pekerjaan paruh waktu di TopKarir. Bahkan ada fitur yang memungkinkan Sedulur untuk melakukan tes minat dan bakat serta fitur yang berisi informasi beasiswa terbaru.

8. Jora

Jora juga bisa Sedulur  manfaatkan untuk mencari pekerjaan. Saat pertama masuk ke website, Sedulur akan diminta untuk memilih lokasi tempat di mana Sedulur ingin bekerja. Setelahnya, akan tampil beberapa lowongan pekerjaan.

Jika ingin mencari loker yang lebih spesifik, Sedulur dapat memanfaatkan search bar yang ada di bagian tengah atas layar. Website ini sangat praktis. Sedulur dapat langsung melamar pekerjaan dari website, dan akan diarahkan ke web resmi perusahaan.

9. Kalibrr Job Search

Website pencarian kerja Kalibrr Job Search merekomendasikan pekerjaan kepada Sedulur berdasarkan keahlian, pengalaman, dan minat Sedulur. Sedulur bisa menemukan peluang untuk bekerja di perusahaan-perusahaan besar lewat website ini.

Selain menjadi tempat untuk mencari pekerjaan, Kalibrr Job Search juga menawarkan serangkaian fitur untuk mempermudah Sedulur membuat resume yang bagus dalam hitungan menit. Dengan demikian, Sedulur tidak perlu repot-repot membuat resume dengan susah payah.

10. Freelancer

Jika sebelumnya website lowongan kerja yang lebih banyak dikhususkan untuk para pekerja tetap, berbeda dengan website Freelancer ini. Sesuai dengan namanya, website Freelancer merupakan sebuah website pencari kerja untuk Sedulur yang mencari lowongan kerja paruh waktu.

Sedulur hanya perlu untuk mendaftarkan data diri Sedulur untuk melakukan Sign Up. Sedulur juga bisa mengajukan proposal untuk lebih dipercaya oleh para perusahaan meskipun Sedulur hanya seorang freelance. Sedulur bisa tunjukan profesionalisme Sedulur di sini. Siap? Unduh Freelancer di Google PlayStore.

11. Glints

website loker terbaik
Medium

Selanjutnya, ada website yang memberikan lowongan kerja bernama Glints. Website Glints menawarkan ragam jenis lowongan pekerjaan dari berbagai bidang yang berbeda. Selain menyediakan lowongan pekerjaan, di Glints Sedulur juga dapat mengakses informasi seputar pekerjaan secara general.

Ada grup yang membagikan informasi seputar lowongan kerja, ada kursus-kursus yang bisa Sedulur ikuti, dan masih banyak lagi. Website ini sangat mudah digunakan, dan informasi seputar lowongan kerja yang ada juga terbilang lengkap. Tertarik untuk menggunakan Glints?

12. Panggilin

Panggilin adalah website lowongan kerja yang cocok untuk freelancer. Di website ini, penggunanya dapat membuat penawaran jasa di berbagai bidang dan menentukan tarif yang sesuai. Atau, ada pula yang langsung ingin mengerjakan ‘tugas’ dan pekerjaan tertentu, sesuai dengan bidangnya.

Salah satu bidang pekerjaan populer di Panggilin adalah penulisan dan penerjemahan. Di sini, akan ada job owner yang mencari jasa pengetikan, penulisan artikel, ataupun penerjemahan. Tarifnya beragam, tergantung tingkat kesulitan pekerjaannya.

13. JobsDB

Sama halnya dengan JobStreet, JobsDB merupakan sebuah website penyedia lowongan pekerjaan yang masih satu induk dengan JobStreet. JobsDB pertama kali didirikan pada tahun 1998, setahun setelah JobStreet berdiri.

Yang membedakan antara JobsDB dengan JobStreet yaitu wilayah operasional JobsDB jauh lebih luas yang melingkupi seluruh Asia. Website JobsDB telah diunduh dan digunakan oleh 1 juta lebih pengguna di Asia. Terdapat sekitar 120 ribu lowongan pekerjaan yang ditawarkan melalui website JobsDB.

14. Sampingan

Website loker terbaik selanjutnya yaitu Sampingan. Belum lama ini, Sampingan mengubah namanya menjadi StaffinJobs. Website ini dikembangkan oleh developer PT Sampingan Mitra Indonesia.

Di dalam website ini menawarkan beberapa program pekerjaan lepas, mulai dari pengumpulan data, kerja harian dan juga reseller. Memiliki antar muka yang simple dan praktis, Sedulurbisa menambah pundi-pundi keuangan sebagai penghasilan sampingan lewat website pekerjaan sampingan ini. Untuk saat ini website Sampingan baru tersedia di di Google Play Store untuk pengguna Android.

15. Karir

Rekomendasi website loker terbaik selanjutnya yaitu Karir. Karir adalah website pencari kerja yang lebih dahulu dikenal melalui situs website bernama karir.com. Portal ini dikembangkan oleh PT Karir Komunika Pratama yang berada di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Karir.com merupakan portal pencari kerja pertama di Indonesia, yang didirikan pada tahun 1999. Saat ini, website Karir telah dipercaya oleh lebih dari 5 juta pencari kerja di Indonesia. Website Karir memiliki fitur menarik berupa layanan tes pengembangan diri yang dapat diakses secara gratis. Tes tersebut meliputi tes bahasa Inggris, tes minat, serta tes gaya komunikasi.

16. Fiverr

Rekomendasi website loker terbaik yaitu Fiverr. Kelebihan website ini yaitu sangat ringan dan mudah dibukan lalu juga dapat digunakan sebagai website untuk menjual jasa. Namun, website ini juga memiliki potongan biaya dalam pencairan honor dengan waktu yang cukup lama.

Namun website ini memberikan berbagai program pekerjaan lepas seperti programming, desain grafis, penulis, dan lain-lain, bisa Sedulur dapatkan di website ini. Sedulur juga bisa mendapatkan pekerjaan dari luar negeri. Fiverr menyediakan metode pembayaran yang aman dan cepat bagi freelancer dan perusahaan

BACA JUGA: Apa itu Side Hustle? Berikut Definisi, Perbedaan dan Tipsnya!

Tips Mencari Kerja di Internet

website loker terbaik
INC Magazine

Selain daftar website loker terbaik yang telah dijelaskan di atas, terdapat beberapa hal yang perlu Sedulur pahami ketika mencari kerja di internet. Ada beberapa hal yang perlu Sedulur siapkan dan beberapa tips lainnya.

Dalam kesempatan kali ini, kita bahas tuntas seperti apa saja tips mencari kerja di internet agar Sedulur bisa mendapatkan kerja dengan lancar. Yuk, mari langsung kita simak daftarnya:

1. Cari informasi lowongan kerja di mesin pencari

Buat Sedulur yang masih awam dalam urusan mencari lowongan kerja di internet, dan bingung dimana harus mencari, Sedulur bisa memulainya dengan mencari informasi lowongan di mesin pencari seperti Google. Sedulur tinggal mengetikkan jenis pekerjaan yang ingin Sedulur cari.

Nantinya, mesin pencari akan bekerja untuk menemukan lowongan yang sesuai dengan kata kunci yang Sedulur ketik. Supaya hasilnya lebih akurat, Sedulur bisa mengetikkan kata kunci yang lebih spesifik.. Tidak butuh waktu lama, mesin pencari akan menampilkan daftar lowongan kerja customer service terbaru dari berbagai perusahaan di Jakarta.

2. Menggunakan jasa situs pencari kerja

Selain mencari di mesin pencari, Sedulur juga boleh banget mencari informasi seputar lowongan kerja di situs lowongan kerja terbaik di Indonesia seperti LinkedIn, Jobstreet, Glints, atau KarirHub Kemenker. Selain lebih terpercaya, informasi lowongan kerja di situs seperti ini juga lebih beragam dan lengkap.

Setiap lowongan yang muncul akan disertai dengan informasi seputar kriteria yang dibutuhkan, domisili yang dibutuhkan, plus gaji yang ditawarkan kepada para pelamar jika diterima nanti. Sedulur tinggal mendaftar, mencari lowongan yang sesuai, dan mengirimkan CV Sedulur ke perusahaan tersebut.

3. Manfaatkan sosial media

Saat ini, semua orang memiliki sosial media, baik itu Twitter, Instagram, atau Facebook. Nyatanya bukan hanya manusia saja yang punya sosial media, para perusahaan besar ternyata juga memilikinya.

Menariknya, tidak jarang para perusahaan ini memposting informasi seputar lowongan pekerjaan di sosial media mereka, lengkap dengan kriteria, dan link yang bisa diakses oleh para pelamar kerja.

Jadi buat Sedulur yang biasanya hanya menggunakan media sosial untuk ngobrol sama teman-teman atau posting foto, Sedulur bisa banget nih memanfaatkan media sosial untuk mencari pekerjaan.

Mudahnya lagi, pekerjaan yang ditawarkan juga beragam, bukan hanya dari segi bidang tetapi juga posisinya. Mulai dari pekerja penuh, part time, freelance, bahkan banyak akun produk yang membuka lowongan untuk menjadi reseller atau dropship mereka.

4. Mengecek langsung situs perusahaan

Selain media sosial, mayoritas perusahaan besar juga memiliki situs website resmi sendiri. Di sana, perusahaan bukan hanya menampilkan profil mereka, tetapi juga informasi seputar lowongan kerja. Biasanya informasi satu ini berada di bagian bawah website, di tab “Karir“.

Di tab satu inilah perusahaan memberikan informasi lowongan kerja lengkap dengan kriteria yang harus dipenuhi oleh para pelamar, plus email untuk mengirimkan CV. Beberapa perusahaan tertentu bahkan berbaik hati menjelaskan seputar tugas yang akan dikerjakan, dan berbagai keuntungan yang bisa didapatkan oleh para pelamar jika diterima.

5. Mencari pekerjaan sampingan di situs freelance

Mengirimkan lamaran lewat situs perusahaan sudah, begitu juga dengan situs lowongan kerja. Nah sambil menunggu panggilan, tidak ada salahnya kalau Sedulur mencari pekerjaan sampingan di situs freelance seperti Upwork, Freelance Indonesia, atau project.co.id.

Sesuai dengan namanya, di situs ini Sedulur bisa menemukan ribuan lowongan pekerjaan freelance dari berbagai bidang. Tentu saja yang namanya freelance tidak sama seperti bekerja di perusahaan besar, tetapi setidaknya menjadi freelance sambil menunggu panggilan kerja memiliki sejumlah manfaat.

Mulai dari menambah skill, menambah pengalaman sebelum terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya, hingga bayaran yang lumayan untuk setiap proyek yang sudah selesai kita kerjakan. Oh ya, Sedulur juga bisa menambahkan pengalaman kerja freelance ini di CV Sedulur.

Percaya atau tidak, pengalaman sebagai pekerja freelance ini dapat menjadi nilai plus di mata perusahaan untuk mempekerjakan Sedulur sebagai salah satu karyawan mereka.

BACA JUGA: 9 Cara Chat WA Lamaran Kerja yang Tepat Beserta Contoh

Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Melamar Kerja di Internet

website loker terbaik
Better Up

Tidak ada yang instan di dunia ini, termasuk untuk urusan melamar pekerjaan. Sebelum Sedulur memutuskan untuk mulai mencari kerja, pastikan Sedulur sudah menyiapkan segalanya yang Sedulur butuhkan. Berikut hal-hal yang harus Sedulur siapkan sebelum melamar lowongan kerja di internet!

1. Persiapkan dokumen yang dibutuhkan

Sama seperti saat Sedulur melamar kerja offline, melamar kerja secara online di internet juga membutuhkan sejumlah dokumen seperti CV, ijazah, dan transkrip nilai. Nantinya dokumen ini akan menjadi pertimbangan utama perusahaan untuk memilih Sedulur atau tidak.

Hal yang membuat proses lamaran kerja online berbeda adalah, bentuk dokumen yang harus Sedulur kirimkan. Berbeda dengan melamar kerja secara offline yang membutuhkan dokumen secara fisik, ketika melamar kerja online, Sedulur hanya perlu mengirimkan berbagai dokumen ini dalam bentuk file berformat pdf.

Jadi buat Sedulur yang baru lulus sekolah dan mau mencari kerja secara online, Sedulur harus mulai mengumpulkan dokumen yang dibutuhkan, sehingga saat Sedulur sudah menemukan lowongan yang sesuai, Sedulur tinggal mengirimkannya melalui email.

2. Asah skill Sedulur

Nilai yang bagus memang menjadi nilai plus di mata perusahaan. Namun nilai bagus saja tidak cukup untuk membuat perusahaan jatuh hati padamu. Selain nilai, mereka juga menyukai kandidat yang memiliki skill yang sesuai dengan posisi yang dilamar. Untuk mendapatkan skill tersebut, Sedulur bisa mengikuti berbagai kelas di situs pencari kerja atau situs lain di internet.

Misalnya Sedulur ingin menjadi programmer di sebuah perusahaan, maka Sedulur bisa mendaftar kelas coding atau programmer yang tersedia secara online. Selain membuat skill Sedulur makin terasah, mengikuti kelas seperti ini juga akan membantu Sedulur memperluas jaringan.

Bagaimana tidak, disini Sedulur akan berkenalan dengan mentor dan teman-teman baru dari bidang yang sama. Terakhir, kelas seperti ini juga akan memberikan sertifikat di akhir proses belajar yang bisa Sedulur cantumkan di CV.

3. Cari tahu informasi seputar perusahaan yang dituju

Kebanyakan orang hanya semangat untuk mengirimkan lamaran kerja, tetapi malas mencari informasi seputar perusahaan yang mereka tuju. Padahal, sebagai seorang pelamar kerja, Sedulur wajib banget kenalan dengan perusahaan impianmu ini.

Kenapa berkenalan dengan perusahaan tujuan itu penting? Jawabannya adalah karena saat proses wawancara, pihak HRD akan mencari tahu seberapa mengenal Sedulur dengan perusahaan mereka.

Jika Sedulur tidak mengetahui apapun atau menjawab asal-asalan, bukan tidak mungkin pihak HRD akan berpikir kalau Sedulur tidak benar-benar tertarik untuk bergabung bersama mereka, dan memutuskan untuk mencari kandidat lain. Alhasil, lamaran yang sudah Sedulur kerjakan sebaik mungkin itu akan sia-sia karena Sedulur ditolak perusahaan. Jika sudah begitu, yang rugi Sedulur juga kan?

Mencari pekerjaan memang sulit, namun bukan berarti Sedulur tidak akan bisa mendapatkan satu pekerjaan pun. Selain mengirimkan lamaran kerja secara offline dengan mendatangi langsung perusahaan yang dituju, Sedulur juga bisa mencari lowongan kerja di situs lowongan kerja terbaik di atas.

Tentu saja, Sedulur juga tidak boleh lupa mempersiapkan diri beserta dokumen yang Sedulur butuhkan.

Nah itulah beberapa daftar website loker terbaik yang bisa jadi rekomendasi Sedulur. Semoga dari daftar penjelasan di atas, turut dapat memberikan motivasi bagi Sedulur untuk mencari pekerjaan. Semoga juga Sedulur bisa mendapat pekerjaan yang layak.