chat wa lamaran kerja

Di era teknologi informasi yang saat ini berkembang pesat, proses lamaran kerja sudah semakin mudah. Bahkan, banyak perusahaan yang memanfaatkan aplikasi WhatsApp atau WA untuk proses rekrutmen pegawai baru mereka. Alhasil chat WA lamaran kerja yang dahulu dianggap tabu, kini bisa digunakan dan diperbolehkan.

Bagi Sedulur yang belum tahu bagaimana cara chat WA lamaran kerja. Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas beberapa tips dan trik untuk membuat chat lamaran kerja yang baik dan sopan. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kita simak pembahasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Contoh Surat Lamaran Kerja Tutor Bimbel

Cara Melamar Kerja Lewat WA

Freepik

Sebelum masuk ke contoh chat WA lamaran kerja, Sedulur harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara melamar kerja lewat WA. Nah, berikut ini terdapat beberapa hal yang perlu Sedulur ketahui sebagai cara melamar kerja lewat WA.

1. Cari lowongan sesuai dengan kualifikasi

Banyak lowongan kerja yang tersedia di media online maupun portal lowongan kerja. Tugas pertama Sedulur adalah menemukan lowongan kerja yang sesuai dengan kualifikasi. Sebab, masih banyak pelamar yang melamar kerja tanpa memperhatikan kualifikasi persyaratan minimal secara seksama.

Alih-alih diterima, justru beberapa di antaranya mendapat respon yang kurang menyenangkan dari pihak HRD. Hal ini memang tidak bisa diabaikan, bahwa HRD membutuhkan pelamar kerja dan pelamar kerja membutuhkan lowongan kerja.

2. Kenali perusahaan yang dilamar

Setelah dirasa kualifikasi lowongan kerja tersebut sesuai dengan Sedulur, maka kamu bisa mencari informasi selengkap mungkin tentang perusahaan yang bersangkutan. Mulai dari informasi alamat perusahaan, nomor WhatsApp, atau review perusahaan.

Sedulur bisa menemukan informasi tersebut di Google, Google Maps, situs resmi perusahaan, maupun informasi dari teman. Hal ini bertujuan untuk menghindari penipuan lowongan kerja.

3. Siapkan berkas untuk melamar kerja

Salah satu bagian yang paling penting terkait cara melamar kerja lewat WA adalah mempersiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk melamar kerja. Sebagai gerbang masuk di dunia kerja, perusahaan membutuhkan beberapa berkas dari para pelamar untuk diseleksi.

Berkas yang digunakan pun tidak berbeda jauh dengan syarat administrasi rektrutmen kerja lainnya. Berikut ini beberapa berkas yang perlu dikirim saat melamar kerja lewat WA.

  • Surat lamaran kerja atau teks melamar kerja lewat WA
  • Scan transkrip nilai
  • File CV berformat pdf
  • Scan SKCK
  • Scan ijazah pendidikan terakhir
  • Scan pas foto
  • Berkas pendukung (Scan SIM, scan setifikat, scan surat pengalaman kerja, dan lain-lain, tergantung kebutuhan perusahaan yang dijelaskan di deskripsi pekerjaan).

4. Format berkas

Pada poin ini, Sedulur juga harus memperhatikan format berkas yang dibutuhkan untuk melamar kerja. Berkas harus dikirim dalam format PDF, JPG/ JPEG, doc, maupun format lainnya. Selain itu, perhatikan berapa ukuran maksimal dari berkas-berkas tersebut.

Sebab, jika ukurannya terlampau besar, Sedulur juga akan mengalami kesulitan saat mengirimkan lamaran. Bahkan dari awal pemberkasan, Sedulur akan kesulitan untuk diterima.

5. Kirim lamaran kerja lewat WA tepat waktu

Langkah selanjutnya dari cara melamar kerja lewat WA adalah mengirim berkas-berkas sekaligus mengirim teks pengantar sesuai kebutuhan. Isi teks pengantar ini lebih singkat dan hampir mirip dengan surat lamaran kerja Sedulur . Kirimlah di waktu yang tepat, yaitu di jam kerja.

6. Perhatikan deadline pengumpulan berkas

cara mengetahui hp disadap
Freepik

Jika memang dalam deskripsi lowongan kerja sudah memberikan informasi secara jelas mengenai deadline pengiriman lamaran kerja, Sedulur bisa langsung mengirim berkas dan teks pengantar untuk mengajukan lamaran.

Sebaliknya, jika memang dalam deskripsi lowongan kerja tidak ada informasi secara jelas mengenai deadline pengiriman lamaran kerja, Sedulur bisa menanyakan terlebih dahulu mengenai “masih dibutuhkan atau tidak posisi lowongan kerja yang tersedia tadi”. Tentunya dengan bahasa dan etika yang sopan ya.

7. Gunakan foto profil WA profesional

Nah, karena media yang digunakan untuk mengirim lamaran adalah aplikasi WA, tentu Sedulur perlu menggunakan foto profll WA yang profesional. Usaha gunakan foto diri yang baik, hindari terlebih dahulu memasang foto profil WA yang alay dan lebay.

Jika begitu, Sedulur malah akan dilewat oleh HRD dan dianggat tidak serius untuk melamar. Bahkan Sedulur juga akan dianggap tidak profesional sebagai pelamar

8. Aturan profil WA yang baik

Untuk melamar lewat WA kamu wajib menggunakan foto profil yang profesional, berikut beberapa tips yang bisa dicoba.

  • Pilih foto yang menampilkan wajahmu dengan jelas, pose sopan, dan tidak terlalu banyak efek atau filter.
  • Pastikan latar belakang foto tidak mengganggu perhatian atau membingungkan.
  • Foto yang jelas dan terang akan memberikan kesan yang positif dan profesional.
  • Pastikan ukuran foto yang kamu gunakan sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh perusahaan.
  • Jangan gunakan foto yang sama dengan media sosial.

Dengan mengikuti tips di atas, kamu dapat mengunggah foto profil yang profesional saat melamar kerja lewat WhatsApp. Ingatlah bahwa foto profil yang baik dapat memberikan kesan yang baik dan meningkatkan peluangmu untuk diterima bekerja.

9. Jangan spam chat ke perusahaan

Meskipun chat WA lamaran kerja efektif saat ini, namun pasti persaingannya juga tinggi. Besar kemungkinan chat Sedulur saling bertumpuk dengan pelamar lain.

Sedulur harus lebih bersabar untuk mendapat respon dari pihak perusahaan tempat Sedulur melamar kerja. Jangan pernah melakukan spam, apalagi mengawali chat dengan mengirim huruf “P”, karena hal tersebut sangatlah tidak sopan.

BACA JUGA: 10 Contoh Surat Lamaran Dosen yang Baik dan Benar

Contoh Chat WA Lamaran Kerja

Berikut ini adalah contoh teks chat WA lamaran kerja yang bisa jadi contoh Sedulur, yuk kita simak!

Selamat Pagi,

Berdasarkan informasi yang saya dapat dari portal lowongan kerja tipkerja.com tertanggal 10 Januari 2023, PT Aplikasi Super  membuka lowongan pekerjaan untuk divisi Marketing dan Pemasaran.

Perkenalkan, saya:

  • Nama: nama_lengkap_gelar
  • Alamat: alamat_rumah
  • Pendidikan: gelar_universitas

Ingin menanyakan detail lowongan pekerjaan tersebut. Mohon kiranya agar Bapak/Ibu dapat memberikan penjelasan terkait lowongan pekerjaan divisi Marketing dan Pemasaran, sekaligus persyaratan yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan tersebut. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Nah itulah daftar rekomendasi chat WA lamaran kerja yang bisa jadi referensi serta rekomendasi Sedulur. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur dan terutama memudahkan Sedulur untuk melamar kerja.