Agar CV kita dilirik HRD, kita harus membuat cover letter yang berkelas untuk menarik perhatian. Berikut ini daftar contoh cover letter yang bisa Sedulur tiru!

Baik baru lulus SMA atau lulus kuliah, babak baru kehidupan akan mulai kita hadapi. Kita akan memasuki dunia kerja dan memikirkan tentang jenjang karir di masa depan. Namun, untuk mendapatkan pekerjaan saat ini bukan suatu hal yang mudah. Banyaknya pesaing dan terbatasnya lowongan merupakan tantangan yang harus kita hadapi.

Salah satu trik agar kita mudah diterima kerja adalah dengan membuat CV dan cover letter yang menarik. Maka dari itu, dalam kesempatan kali ini, yuk kita telisik beberapa contoh cover letter sebagai referensi untuk Sedulur tiru. Sebelum masuk pada daftar contoh cover letter, pertama-tama kita simak dulur pengertian cover letter di bawah ini.

Apa itu Cover Letter?

Apa itu Cover Letter?
berkarir.id

Dalam setiap contoh cover letter fresh graduate, kita bisa melihat betapa menariknya kata dan kalimat yang ditulis. Hal tersebut disebabkan karena penulisnya mengetahui pengertian dan arti dari cover letter itu sendiri. Cover letter merpakan surat pengantar ketika kita mengirimkan berkas lamaran kerja.

-->

Bisa juga dikatakan bahwa cover letter memiliki peran yang sangat sederhana, sebagai gerbang awal agar berkas kita diterima dengan baik oleh HRD perusahaan dan agar CV dan portofolio kita bisa dibaca oleh HRD. Usahakan, isi di dalam cover letter merupakan isi yang relevan dengan posisi yang dilamar.

Terdapat beberapa contoh cover letter yang jadi referensi Sedulur, mulai dari contoh cover letter lulusan SMA hingga contoh cover letter bahasa Inggris. Langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: 8 Contoh CV Lamaran Kerja Menarik yang Bikin Dilirik HRD

Contoh Cover Letter yang Berkelas

1. Cover letter fresh graduate

1. Cover letter fresh graduate
humanresourcesonline.net

Contoh pertama merupakan contoh cover letter singkat bagi para lulusan kuliah yang masih baru dan segar. Usahakan untuk mencantumkan IPK, pengalaman dan pencapaian lainnya. Sedulur bisa simak dalam contoh di bawah ini:

Dengan hormat Bapak/Ibu Manager HRD [nama Perusahaan],

 Melalui email ini saya bermaksud melamar pekerjaan untuk posisi Social Media Staff di [nama Perusahaan] sebagaimana yang diiklankan di website (nama website). Saat ini saya adalah fresh graduate dari Universitas Gadjah Mada jurusan Komunikasi dengan nilai IPK 3,7.

Ketika kuliah, saya pernah magang sebagai staf sosial media di (nama perusahaan) untuk posisi yang sama selama kurang lebih tiga bulan. Selain itu, saya juga sempat bekerja sebagai Pembuat Konten selama 2 tahun semenjak awal kuliah.

Harapan saya pengalaman tersebut dapat menjadi bekal untuk bekerja di [nama Perusahaan] nantinya.

Bersama email ini juga terlampir beberapa dokumen sebagai syarat kelengkapan administrasi, yakni:

  1. Curriculum Vitae terbaru
  2. FC Ijazah Terakhir
  3. FC Transkrip Nilai
  4. Surat Keterangan Selesai Magang
  5. Surat Keterangan Freelance
  6. Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat untuk Anda pertimbangkan lebih lanjut.

Jika Bapak/Ibu membutuhkan detail lebih lanjut mengenai portofolio atau informasi lainnya, Bapak/Ibu dapat menghubungi saya di nomor kontak 0812345679.

Saya berharap dapat bertemu langsung dengan Bapak/Ibu pada sesi wawancara untuk membahas kualifikasi saya lebih lanjut dan menjelaskan bagaimana saya akan menjadi aset bagi [nama Perusahaan].

Terima kasih atas waktu dan pertimbangan Bapak/Ibu. Saya menantikan kabar dari Anda.

 

Hormat Saya,

(Nama Pelamar)

2. Contoh cover letter lamaran kerja yang berpengalaman

2. Contoh cover letter lamaran kerja yang berpengalaman
resumewriter.sg

Bagi Sedulur yang berpengalaman kerja, menulis cover letter juga bukan perkara mudah. Karena jarang melakukan hal tersebut, maka diperlukan contoh cover letter email sebagai pengantar untuk mengirim berkas lamaran. Contoh tersebut bisa Sedulur lihat di bawah ini:

Dengan hormat Bapak/Ibu Manager HRD [nama Perusahaan],

Melalui email ini, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan sebagai Manager Penjualan di [nama Perusahaan] seperti yang diiklankan di website (nama website).

Saat ini saya bekerja di (nama perusahaan) sebagai Koordinator Penjualan Area dalam dua tahun terakhir. Sepanjang 3 tahun bekerja di bidang Penjualan, saya telah banyak terlibat dalam beberapa proyek profesional dan mampu mencapai target penjualan perusahaan.

Sepanjang karier saya sebagai koordinator, saya pernah:

  • Meningkatkan penjualan sebesar 25% pada tahun 2019.
  • Mendapatkan predikat Koordinator Area dengan performa terbaik 10 besar nasional.
  • Memegang kendali perubahan alur penjualan area karena perubahan besar branding
  • Sebagai tambahan, saya pernah mengikuti pelatihan Internasional Sales Management 2020 sebagai cara memperdalam ilmu strategi penjualan.

Saya yakin pengalaman dan keahlian yang saya miliki bisa membawa manfaat untuk perusahaan Anda. Terlampir adalah salinan resume, portofolio proyek dan sertifikat saya yang selanjutnya menjelaskan latar belakang dan keterampilan teknis saya.

Saya dapat dihubungi kapan saja melalui ponsel saya, 08287383783 atau melalui email di name@email.com.

Terima kasih atas waktu dan pertimbangan Anda. Saya berharap dapat berbicara dengan Anda lebih banyak tentang kesempatan ini.

 

Salam,

(Nama Pelamar)

3. Cover letter pindah pekerjaan

3. Cover letter pindah pekerjaan
thebalancecareers.com

Berikut ini juga merupakan contoh cover letter doc yang bisa menjadi rujukan bagi Sedulur, terutama yang ingin pindah kerja dengan suasana dan tantangan yang baru. Simak contohnya di bawah ini:

 

Dengan hormat Bapak/Ibu [Jabatan] [Nama Pimpinan]

[Alamat Perusahaan]

Saya ingin menyampaikan ketertarikan saya pada posisi [posisi pekerjaan] di PT [Nama Perusahaan]. Pekerjaan ini di luar dari pengalaman dan prestasi saya yang tercantum dalam CV yang saya lampirkan. Namun saya akan sangat senang untuk menjelaskan langsung informasi yang Bapak/Ibu butuhkan.

Sebelumnya saya bekerja di [nama perusahaan] dengan posisi [nama posisi] dimana saya bertanggung jawab untuk [tanggung jawab pekerjaan sebelumnya]. Selama saya bekerja, saya melakukan tanggung jawab dengan baik hingga mendapatkan beberapa pencapaian. Namun tujuan saya mengisi posisi [posisi pekerjaan] di PT [Nama Perusahaan] adalah karena saya saat ini adalah merubah arah karir saya sesuai passion saya selama ini yaitu : [bidang passion yang relevan].

Selama ini saya banyak belajar dan mengikuti kelas-kelas berkaitan [bidang passion yang relevan]. Saya juga juga bisa menerapkan kemampuan (daftar skills) dari pekerjaan sebelumnya yang masih relevan untuk posisi baru ini. Dengan kombinasi kedua hal tersebut saya yakin bahwa bekerja sebagai [posisi pekerjaan] di PT [Nama Perusahaan] akan menjadi kesempatan terbaik untuk mengembangkan kemampuan dan memberikan kemajuan bagi perusahaan.

Saya berharap dapat melakukan wawancara dan berbincang secara langsung dengan Bapak/Ibu. Terlampir adalah salinan resume, portofolio proyek dan sertifikat saya yang selanjutnya menjelaskan latar belakang dan keterampilan teknis saya. Saya dapat dihubungi kapan saja melalui ponsel saya, 08287383783 atau melalui email di name@email.com.

Terima kasih atas waktu dan pertimbangan Anda. Saya berharap dapat berbicara dengan Anda lebih banyak tentang kesempatan ini.

 

Salam,

[Nama Lengkap]

Cara Membuat Cover Letter

1. Pembuka

1. Pembuka
careerimprovement.club

Setelah mengetahui beberapa cover letter example di atas, Sedulur juga harus tahu cara membuat surat lamaran, agar jika tidak ada contoh cover letter yang relevan dengan Sedulur, Sedulur bisa membuatnya sendiri tanpa harus khawatir salah. Paling pertama adalah kalimat pembuka, Pada bagian ini, cover letter harus berisi tentang pengenalan diri.

Tulis tentang siapa kita, apa keahlian kita dan bagaimana kita bisa menemukan lowongan pekerjaan tersebut. Jangan lupa juga tulis kenapa kita menginginkan pekerjaan tersebut. Akan lebih baik jika Sedulur menyebutkan bahwa Sedulur merupakan orang yang cocok untuk posisi pekerjaan tersebut. Lalu jelaskan dengan pengalaman di bagian selanjutnya

2. Isi

2. Isi
recruiter.com

Pada bagian kedua, Sedulur wajib menjelaskan tentang pengalaman kerja Sedulur, dan bagaimana keterampilan Sedulur dapat mengatasi setiap permasalahan dan solusi yang Sedulur temui di tempat kerja sebelumnya. Pertegas kembali dengan meyakinkan perekrut bahwa Sedulur merupakan person yang cocok untuk posisi lamaran pekerjaan tersebut.

Sampaikan juga pencapaian-pencapaian Sedulur, lebih baik dituliskan dengan menggunakan pointer dan jika ada pencapaian yang signifikan, Sedulur bisa menyampaikannya dengan persentase. Cantumkan juga setiap pencapaian dalam portofolio Sedulur.

3. Penutup

3. Penutup
bryan-armstrong.com

Bagian terakhir adalah penutup. Pada bagian ini, Sedulur harus membuat tulisan sebagaimana para copywriter bekerja. Karena tujuan dari kalimat penutup adalah ajakan agar HRD bergerak dan bertindak untuk cek berkas pekerjaan kita. Dalam istilah copywriter marketing dikenal CTA (Call to Action). Setelah itu, jangan lupa ucapkan rasa terima kasih atas waktu yang telah diluangkan dalam membaca cover letter dan CV Sedulur.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Agar Lolos Wawancara Kerja

Tips membuat cover letter

Tips Membuat Cover Letter
nytimes.com

Agar pembahasan kali ini lebih sempurna, berikut ini tips dalam membuat cover letter yang bisa Sedulur perhatikan. Disarankan untuk mengikuti tips di bawah ini ya:

  • Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • To the point, jangan bertele-tele
  • Tulis subject email dengan tepat atau sesuai persyaratan.
  • Ketahui siapa yang kamu kirimi cover letter, dalam hal ini nama rekruter atau HRD.
  • Apabila tak bisa menemukannya, awali dengan sapaan seperti: “Dear Hiring Manager” atau “Yth. Bapak/Ibu Manaher HRD [Nama Perusahaan]”.
  • Manfaat paragraf pembuka untuk menyatakan minat dan ketertarikanmu atas posisi yang dilamar.
  • Jelaskan bagaimana pengalamanmu dapat membantu perusahaan.
  • Tonjolkan kelebihan, pencapaian, dan rekam jejak kariermu.
  • Tunjukkan hasil kerjamu dengan angka, misalkan jumlah client.
  • Tinggalkan pesan dan kesan yang kuat bagi rekruter, misalkan “Saya harap mendengar kabar baik dari Anda”.
  • Pastikan tidak ada typo.

Cukup sekian pembahasan mengenai contoh cover letter dan tips membuat cover letter yang baik. Semoga dapat membantu Sedulur yang tengah mencari pekerjaan. Satu hal pasti yang harus terus Sedulur lakukan adalah pantang menyerah dan terus yakin bahwa akan ada pekerjaan yang Sedulur dapatkan.

Pekerjaan menarik lain yang bisa Sedulur coba yaitu menjadi Super Agen, partner kerja Aplikasi Super. Banyak benefit dan keuntungan yang bisa Sedulur dapatkan dengan menjadi Super Agen. Mulai dari penghasilan tetap bulanan, bonus menarik, dan keuntungan lainnya. Sedulur bisa klik di sini bagi yang tertarik lebih lanjut mempelajari Super Agen. Jangan lupa juga download Aplikasi Super terlebih dahulu dengan klik di sini. Selamat mencoba, ya!