Membuat CV tak semudah yang dibayangkan. Dalam selembar resume, Sedulur harus bisa membuat semua informasi penting tentang Sedulur. Mulai dari pendidikan, pengalaman, riwayat pekerjaan sebelumnya, hingga informasi data diri atau tentang saya di CV.

Tentang saya di CV perannya cukup krusial dalam melamar pekerjaan. Sebab, perusahaan tidak bisa asal merekrut karyawan, tanpa melihat daftar riwayat si calon karyawan. Tidak hanya itu, perusahaan pasti punya kriteria calon karyawan yang hendak dicari, sehingga si calon karyawan wajib mengikuti segala persyaratan yang dibutuhkan. Nah, buat kamu yang penasaran tentang deskripsi diri yang menarik, maka yuk simak penjelasan detail di bawah ini.

BACA JUGA: Panduan Membuat CV ATS Friendly agar Lolos Screening HRD

1. Apa itu CV

tentang saya di cv
Ekrut

Ulasan di atas hanyalah gambaran umum mengenai pengertian CV. Sebenarnya, masih banyak penjelasan secara rinci apa itu CV dan bagaimana menceritakan tentang saya di CV. CV adalah sebuah deskripsi atau gambaran tentang diri saya. Lalu dari situlah HRD atau bagian di perusahaan yang bertugas merekrut karyawan mencoba mencari tahu layak atau tidaknya calon karyawan tersebut bekerja di perusahaanya.

Namun perjuangan seorang HRD tak hanya mengecek kecocokan si pelamar dengan kriteria perusahaan, HRD juga memiliki tugas dalam melihat bagaimana si pelamar kerja melakukan deskripsi diri yang menarik. Misalnya saja saat diundang interview di mana si pelamar harus pandai menceritakan dirinya sendiri dan apa yang disampaikan harus sesuai dari selembar CV. Bila dalam penyampaiannya menarik dan isi konten CV juga bagus, maka besar kemungkinan si pelamar kerja dapat berlanjut ke tahap berikutnya. 

Dikutip dari laman Glints.com, deskripsi diri adalah profil diri sendiri yang terdiri dari satu sampai dua kalimat singkat yang ada dalam CV. Tujuan deskripsi ini adalah untuk menggambarkan tentang diri kamu sendiri. Biasanya berisi tentang pengalaman dan ketrampilan kamu yang paling berharga. Bagian ini adalah ringkasan profil diri, deskripsi diri harus dirancang agar bisa menonjolkan fitur-fitur terbaikmu.

Itulah penjelasan detail mengenai deskripsi diri yang menarik. Sebab, biasanya pelamar yang baru lulus sering kebingungan saat akan masuk ke perusahaan. Nah, supaya kamu yang lulusan SMK, SMA atau kuliah alias  Fresh Graduate tidak kesulitan saat melamar pekerajaan, mari simak tips menulis deskripsi diri.

2. Tips menulis deskripsi diri

tentang saya di cv
Hotliputan6

Ada empat poin utama dalam menulis deskripsi yang menarik dan bagus dalam selembar CV. Empat poin itu adalah fokus pada ketrampilan dan prestasi, lebih selektif dalam memberikan informasi, gunakan angka dan simbol lalu terakhir tekanan pencapaian. Untuk lebih jelasnya mengenai empat poin tersebut, yuk simak ulasan di bawah ini.

Fokus pada ketrampilan dan prestasi

Poin pertama yang ada pada deskripsi diri yang menarik adalah fokus pada ketrampilan yang menarik. Pernyataan yang dibuat dalam deskripsi diri harus memberikan dampak, namun juga tetap dibuat singkat. Supaya terlihat ringkas, kamu tidak usah menuliskan semua ketrampilan atau prestasi yang dimiliki. Pilihlah ketrampilan yang dapat dikuasai dan prestasi yang paling dibanggakan.

Namun usahakan saat membuat deskripsi diri yang singkat, padat namun jelas informasinya. Sebab, dalam CV masih ada bagian lain yang perlu dicantumkan. Jangan lupakan pula membuat kalimat dengan kata yang bermakna positif untuk menggambarkan dirimu ya.

Lebih selektif dalam memberikan informasi

Selain fokus padan ketrampilan, poin yang tak boleh dilupakan selanjutnya adalah lebih selektif dalam memberikan informasi. Pada poin deskripsi diri kamu dapat menuliskan segala informasi yang relevan sesuia dengan info pekerjaan yang sedang dilamar oleh kamu. Berikutnya saat menulis CV kamu tidak perlu menuliskan semua riwayat pekerjaan yang sudah dilalui. Apalagi menuliskan semua job description pada setiap jabatan.

Gunakan angka dan simbol

Poin yang tak boleh dilupakan adalah penggunaan angka dan simbol. Penggunaan dua hal ini, supaya bagian deskripsi diri yang menarik. Tidak hanya itu, penggunaan angka dan simbol supaya lebih mudah dibaca oleh rekruter. Misalnya menuliskan kalimat “Berhasil menaikan traffic setiap bulan.” Bisa menjadi “ Berhasil menaikkan traffic sampai 35% setiap bulan”.

Tekankan pencapaian

Poin terakhir yang ada pada selembar CV  kamu harus memberikan penekanan pada pencapaian. Sebab, rekruter akan lebih tertarik jika kamu menjelaskan tentang apa saja pencapaian yang sudah diraih pada pekerjaan sebelumnya. Apalagi jika pencapaian memang sangat relevan dengan posisi pekerjaan yang sedang dilamar. Maka CV kamu akan punya peluang diincar HRD atau staf rekruter perusahaan.

BACA JUGA: Template CV Menarik yang Disukai HRD dan Cara Membuatnya

3. Contoh deskripsi profil diri

tentang saya di cv
KoinWorks

Setiap pekerjaan yang dilamar pastinya tertera poin deskripsi diri dalam selembar CV. Hanya saja dalam setiap deskripsi diri, tak bisa disamakan. Mengingat deskripsi diri harus berkaitan dengan posisi lowongan yang akan dilamar. Maka dari itu, supaya kamu tak kebingungan atau punya gambaran tentang apa yang perlu diisi dalam deskripsi diri, maka simak terlebih dahulu ulasan di bawah ini.

4. Contoh deskripsi diri dalam CV mahasiswa

tentang saya di cv
Ekrut

Mahasiswa memang diproyeksikan agar dapat bekerja jika sudah lulus kuliah. Namun ada pula yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan S2 ataupun S3. Hanya saja mayoritas keberadaan institusi pendidikan di pendidikan kampus mengarahkan para mahasiswanya  siap terjun ke dunia kerja. Sebab, di masa kuliah, mahasiswa diberikan bekal berupa ilmu dan praktek agar siap bekerja di perusahaan besar. Namun sering kali mahasiswa merasa kurang siap dan belum mengetahui apa saja hal yang harus disiapkan saat bekerja nanti.  Mengingat mahasiswa termasuk pelamar yang kategorinya masih fresh graduate, alias belum pernah merasakan dunia kerja profesional. Meski adapula juga yang telah merasakan pekerjaan profesional.

Nah, untuk kamu mahasiswa yang baru lulus kuliah, maka harus tahu bagaimana tips dan trik dalam melamar pekerjaan menggunakan selembar CV. Mengingat CV adalah kunci pertama menuju gerbang pekerjaan yang sesungguhnya. Untuk itu kamu harus mengetahui poin-poin yang ada dalam CV, salah satunya adalah deskripsi tentang saya di CV. Yuk simak contoh perkenalan diri buat kamu Mahasiwa yang baru lulus kuliah.

Contoh tentang saya di CV fresh graduate (1)

Lulusan S1 Ekonomi Universitas Gadjah Mada. Memiliki pengalaman magang di salah satu digital agency di Jakarta selama setahun. (Nama) adalah orang yang bertanggung jawab dan dapat diandalkan. Mencari kerja untuk semakin berkembang dan bertumbuh bersama (nama perusahaan).

Contoh tentang saya di CV fresh graduate (2)

Lulusan S2 Programming Universitas Multimedia Nusantara dengan pengalaman magang di salah satu Fintech Indonesia. Memiliki beberapa projek pembuatan software untuk bisnis pengiriman uang. (Nama) adalah seorang yang dapat diandalkan, suka bekerja sama dengan tim dan selalu tepat waktu.

Contoh tentang saya di CV fresh graduate (3)

(Nama kamu) adalah lulusan S1 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta jurusan Ilmu Komunikasi. Selama kuliah, (nama kamu) aktif dalam organisasi Komakom sebagai ketua organisasi serta pernah menjuarai lomba film dokumenter tingkat nasional. Memiliki passion dalam video editing dan fotografi. 

BACA JUGA: 8 Contoh CV Lamaran Kerja Menarik yang Bikin Dilirik HRD

5. Contoh deskripsi diri untuk melamar pekerjaan

tentang saya di cv
IDN Times

Setelah mengetahui contoh deskripsi diri singkat dari mahasiswa, maka berikutnya adalah untuk kamu yang sudah profesional. Biasanya pelamar yang dikategorikan sebagai pelamar profesional telah mempunyai riwayat pengalaman minimal 2 tahun sampai tak terhingga. Deskripsi diri untuk mereka yang berpengalaman perlu mencantumkan poin-poin. Seperti pengalaman, lama pengalaman dan tanggung jawab selama bekerja di perusahaan sebelumnya. Sementara untuk pendidikan boleh tidak perlu dicantumkan. Bila semuanya sudah terisi maka berikutnya tinggal cara penyampaiannya saja.

Namun sering kali pelamar yang berpengalaman lupa bagaimana cara mengisi bagian deskripsi diri. Mengingat mereka sudah terlalu sibuk dengan pekerjaan sebelumnya, sehingga tidak ada waktu membuat deskripsi diri yang singkat dan menarik. Untuk mengingat kembali apa yang harus ditulis di bagian deskripsi diri yang menarik, maka bisa menyimak contoh-contohnya di bawah ini.

Contoh deskripsi diri untuk melamar pekerjaan profesional

Projek Manajer Senior dengan 15+ tahun pengalaman di bidang (bidang). Telah mengajukan projek dan solusi baru yang meningkatkan 20% pendapatan tahunan. Sedang mencari posisi projek manajer untuk meningkatkan keuntungan dan pendapatan perusahaan (nama perusahaan).

Contoh deskripsi diri pada CV Guru

Guru yang telah mengajar lebih dari 10 tahun. Selalu menggunakan hati dan empati untuk mengajar. Mendengar keluh-kesah dari murid untuk menciptakan suasana belajar yang efektif dan sesuai dengan setiap kebutuhan dan kemampuan anak-anak.

Contoh ringkasan profil diri pada CV Analis Data

Data Analis yang selalu termotivasi dan dapat bekerja sama dalam tim. Teliti dan terstruktur rapi saat mengerjakan segala hal. Berpendidikan tinggi dengan gelar sarjana, master dan sertifikat profesional dalam analitik bisnis.

Contoh deskripsi diri singkat pada CV Akuntan

Accounting manager dengan 5 tahun pengalaman akuntasi di industri real estate dan marketing. Menguasai pengetahuan akuntansi umum, payroll, budgeting, dan pembukuan. Mahir dalam menerapkan praktik dan prosedur akuntansi yang inovatif untuk meningkatkan efisiensi.

Contoh deskripsi diri yang menarik pada CV Digital Marketing

Digital Marketing Specialis yang telah memiliki pengalaman meningkatkan laba perusahaan sebesar 40% dalam 6 bulan. Selalu mengambil keputusan berdasarkan data dan mengalokasikan dana marketing dengan tepat.

Contoh deskripsi diri singkat pada CV Customer Service (CS)

Customer Service Specialis dengan pengalaman kerja lebih dari  4 tahun. Mampu menghandle volume telpon yang tinggi dan memiliki skil interpersonal yang kuat. Berhasil membangun program retensi pelanggan baru yang meningkatkan kesetian pelanggan hingga 25%.

Contoh deskripsi diri untuk posisi admin

Saya adalah seorang admin dengan pengalaman 2 tahun bekerja di perusahaan (xxxxxxx). Sanggup mengurus berkas, membuat laporan, pengaturan arsip, pengaturan keuangan dan menginput data-data perusahaan. Serta cekatan, teliti dan mampu beradaptasi dengan lingkungan perusahaan dengan baik.

Contoh deskripsi diri singkat pada CV Content Writer

Seorang penulis konten dan jurnalis yang berpengalaman bekerja di industri media online dan cetak. Memiliki kemampuan penulisan dalam berita, penulisan kreatif, editing, dan komunikasi. Bersemangat dan mandiri untuk mempelajari hal-hal baru seperti studi media dan digital marketing.

Contoh deskripsi diri sendiri Software Engineer

Product Software Engineer yang produktif menghasilkan produk baru untuk perusahaan X, memiliki kemampuan dalam teknologi pengembangan terbaru, selalu memecahkan masalah dengan solusi terbaik, mengurangi pengerjaan ulang sebesar 30% dan biaya 19%, dengan cepat mempelajari hal-hal baru yang dibuktikan dengan menguasai kerangka kerja baru hanya dalam 3 minggu dan menerapkan mereka ke dalam proyek.

Contoh ringkasan profi diri pada CV seorang HRD

Sedang mencari perusahaan untuk mengaplikasikan pengalaman 9 tahun sebagai HRD. Berpengalaman dalam pemecahan masalah, penempatan karyawan, kolaborasi dan kemampuan evaluasi yang mendetail. Punya kemampuan berkomunikasi dan empati yang tinggi.

Contoh ringkasan profil diri pada CV Teknik Mesin

Lulusan Magister dari Universitas Indonesia dengan gelar termodinamika. Memiliki lisensi profesiona dengan pengalaman 8 tahun di bidang pemeliharaan mesin. Sedang mencari kesempatan bekerja di (nama perusahaan) untuk membantu operasi perusahaan lebih efektif.

Itulah contoh ringkasan profil diri dari setiap posisi yang akan kamu lamar. Berikutnya penggunaan bahasa dalam isi di CV. Kita tahu penggunaan bahasa sangat berpengaruh dalam proses pemanggilan oleh HRD di perusahaan. Bila perusahaan membuka lowongan memakai bahasa Inggris, maka pastikan isi dalam CV kamu memakai bahasa Inggris. Namun bila lowongan kerja yang diumumkan tak ada anjuran menggunakan bahasa Inggris maka pakailah bahasa Indonesia.

6. Contoh deskripsi diri dalam CV bahasa Inggris

tentang saya di cv
Wartanusa

Saat ini banyak perusahaan mengisyaratkan setiap pelamar mempunyai toefl atau ketrampilan berbahasa asing khususnya bahasa Inggris. Sehingga mau tidak mau kamu pun harus mengubah bahasa di CV kamu memakai bahasa Inggris. Buat kamu yang bingung seperti apa isian konten CV khususnya di  bagian profil diri memakai bahasa Inggris, maka simak dahulu contoh di bawah ini.

Contoh deskripsi diri singkat pada CV Desain Grafis

Highly creative and experienced graphic designer with more than 2 years of experience in managing design campaigns and projects by creating Facebook ad creatives, social media conceptualization, and more. I am passionate about working in a digital marketing agency where I can be involved in a team to deliver the best result for clients in all fields.

Contoh ringkasan profil diri Marketing Manager

(Name) is a multi-talented influencer marketing manager who has worked in the F&B industry for over 3 years. (Name) is able to communicate effectively with a result-driven approach to marketing strategies. (Name) also has proven leadership record focused on achieving success through collaboration.

Itulah ulasan mengenai deskripsi diri pada selembar CV, lengkap dengan contoh-contohnya. Dunia kerja tidak semudah yang dibayangkan. Hanya saja perlu persiapan yang matang dan memiliki ketrampilan yang memadai. Supaya pekerjaan yang kamu idam-idamkan dapat diraih. Semoga lancar dan sukses meraih pekerjaan impian mu ya Sedulur.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.