waktu yang tepat untuk upload video di youtube

Sebagai content creator tentu Seduur harus tahu waktu yang tepat untuk upload video di YouTube. Tentu saja kamu harus menghindari peak hour alias jam sibuk. Pasalnya di jam ini biasanya orang tidak banyak yang sedang aktif atau mengakses YouTube. Jadi, jam-jam tersebut bukan waktu terbaik Sedulur untuk mengunggah video.

Sebenarnya, kamu bisa saja mengunggah video kapan saja sesuai keinginan kamu. Tapi, hasil yang didapatkan mungkin tidak seperti yang diharapkan. Apabila ingin mendapatkan hasil yang maksimal, tidak ada salahnya mengikuti jam prime time Youtube, di mana platform ini biasanya sering diakses.

Untuk itu, berikut ini waktu yang tepat untuk upload video di YouTube sekaligus dengan penjelasan lengkapnya.

BACA JUGA: Ini Sederet Manfaat Youtube Sebagai Alat Promosi Bisnismu!

Bagaimana Waktu Posting Mempengaruhi Performa Video?

waktu yang tepat untuk upload video di youtube
Unsplash/Paige Cody

Pertama, kamu harus memahami apa yang ingin dicapai oleh YouTube sebagai sebuah platform. Tidak seperti sebelumnya, YouTube juga menghadapi persaingan yang semakin tinggi dari platform lain. Secara khusus TikTok, adalah salah satu saingan terberatnya. 

Jadi, monopoli kini telah hilang, tetapi apa yang telah dan terus dilakukan oleh YouTube adalah apa yang harus menjadi perhatian kamu. itulah kenapa sampai sekarang YouTube masih menjadi pilihan utama bagi banyak baik untuk membuat konten maupun mencari informasi.

Apa Tujuan Utama dari Sebuah Platform Video?

Seperti yang diungkapkan oleh beberapa insinyur yang mengembangkan algoritma YouTube, tujuan utama berbagi platform dengan konten video termasuk TikTok ini mencakup dua. Beberapa di antara seperti yang dijelaskan di bawah ini:

  • Memberikan jawaban yang paling relevan kepada pengguna atas pertanyaan mereka.
  • Memastikan pengguna tetap berada di platform selama mungkin.

Beberapa sumber menyatakan bahwa YouTube menggunakan dua jaringan saraf untuk mencapai tujuan ini. Apa saja itu? Berikut di antaranya:

  • Jaringan saraf pertama adalah yang merekomendasikan video kepada pengguna. 
  • Jaringan saraf kedua secara konstan mengevaluasi video di platform dan menyediakan data yang menjadi dasar rekomendasi. 

Seberapa baru sebuah video, juga merupakan salah satu dari sekian banyak metrik yang digunakan algoritma untuk memutuskan apakah akan merekomendasikan video kepada pengguna tertentu. Jadi, konten yang paling fresh dan paling baru maupun terupdate akan menjadi prioritas algoritma YouTube.

BACA JUGA: 15 Ide Konten Youtube Mudah & Menarik, Cocok untuk Pemula!

Mengenal Algoritma YouTube

bisnis wifi rumahan
Unsplash

Algoritma YouTube adalah sistem kompleks yang digunakan oleh platform ini untuk memilih video apa yang akan ditampilkan kepada setiap pengguna. Jadi, bukan kebetulan jika video tertentu sering muncul di beranda kamu.

Sistem ini berdasarkan sejumlah faktor yang mencakup preferensi pengguna, riwayat penelusuran, dan interaksi sebelumnya. Dengan kata lain, algoritma ini dirancang untuk memberikan pengalaman menonton yang paling relevan dan menarik bagi kamu.

Algoritma YouTube menggunakan machine learning dan analisis data besar-besaran untuk memahami perilaku pengguna. Misalnya, jika kamu sering menonton video tentang masak-memasak, algoritma akan cenderung menampilkan lebih banyak video tentang resep masakan.

Ini semua bertujuan untuk membuat pengalaman menonton kamu lebih personal dan memuaskan.

Cara Kerja Algoritma YouTube

Algoritma YouTube menggunakan berbagai faktor untuk menentukan performa video, termasuk tanggapan dari penonton, durasi tontonan, dan interaksi dengan video. Algoritma juga mempertimbangkan kapan video diterbitkan dan mempromosikan video terbaik dalam hasil pencarian dan rekomendasi.

Sekarang, mari kita bahas lebih lanjut tentang bagaimana algoritma YouTube bekerja:

  • Pengumpulan data: Algoritma YouTube mengumpulkan data tentang kamu, seperti riwayat penelusuran, video yang pernah kamu tonton, dan seberapa sering kamu mengklik video dari channel tertentu.
  • Analisis data: Setelah mengumpulkan data, algoritma akan menganalisisnya untuk memahami preferensi dan minat kamu. Ini termasuk menganalisis kata kunci, tag, dan metadata video.
  • Peringkat Video: Algoritma YouTube memberi peringkat video berdasarkan seberapa relevan dan menariknya video tersebut bagi kamu. Faktor-faktor seperti jumlah like, komentar, dan durasi penonton juga mempengaruhi peringkat video.
  • Rekomendasi Video: Setelah peringkat video ditentukan, algoritma akan merekomendasikan video kepada kamu. Video-video ini akan muncul di beranda kamu atau dalam daftar rekomendasi di sisi kanan layar.
  • Evaluasi dan Penyesuaian: Algoritma YouTube terus-menerus memantau interaksi kamu dengan video-video yang direkomendasikan. 

Pentingnya Algoritma YouTube

Algoritma YouTube sangat penting karena memengaruhi apa yang kamu tonton dan bagaimana kamu menghabiskan waktu di platform ini. Tanpa algoritma yang efektif, kamu mungkin akan kesulitan menemukan video yang sesuai dengan minat kamu di tengah jutaan video yang ada di YouTube.

Selain itu, algoritma YouTube juga berdampak pada para pembuat konten. Video yang mendapat peringkat tinggi oleh algoritma cenderung mendapatkan lebih banyak penonton, like, dan berlangganan.

Oleh karena itu, pemahaman tentang cara kerja algoritma YouTube dapat membantu para kreator untuk meningkatkan visibilitas konten mereka dan membangun audiens yang lebih besar.

BACA JUGA: Cara Monetisasi YouTube dan Daftar Google Adsense di 2023

Banyaknya Pengguna Mencari Informasi di YouTube

bisnis wifi rumahan
Unsplash

Sebagian besar orang mengandalkan internet untuk mendapatkan informasi. Informasi ini juga sangat dinamis dan berubah seiring berjalannya waktu seiring dengan terbukti atau tidaknya hipotesis.

Mengingat banyaknya pengguna internet yang beralih ke YouTube untuk mendapatkan informasi, jelas mengapa platform ini menganggap mata uang informasi sebagai sesuatu yang vital.

Metrik waktu memiliki efek bola salju. Ketika kamu memposting pada waktu yang optimal, algoritma dapat memeriksanya, mengujinya dengan beberapa pengguna, dan merekomendasikannya kepada orang-orang yang kemungkinan besar menyukai konten kamu.

Jika kontennya bagus, penonton akan memberikan nilai positif, yang kemudian dijadikan algoritma sebagai isyarat untuk merekomendasikan video tersebut kepada lebih banyak orang.

Itulah cara kamu mendapatkan lebih banyak penayangan untuk video kamu, dan jika kamu telah melakukan semuanya dengan benar sesuai dengan pedoman konten YouTube, kamu akan melihat peningkatan langganan saluran kamu.

Perbedaan YouTube dengan Platform Lain

Perbedaan utama terletak pada format konten dan alasan pembentukannya. Menurut para pendiri YouTube, tujuan utama mereka adalah untuk memudahkan orang berbagi video. Klaim lain mengatakan bahwa situs ini dimaksudkan untuk menjadi situs kencan tetapi dengan berbagi video yang disematkan di dalamnya.

Jadi secara teknis, idenya bukanlah untuk menjadi situs media sosial. Meskipun ada upaya untuk meningkatkan interaksi antar pengguna, komponen sosialnya relatif lebih sedikit dibandingkan dengan platform lain.

Selain itu, platform media sosial seperti Twitter, Facebook, dan Instagram mendukung lebih banyak variasi konten, yaitu foto, teks, dan video.  Konten utama yang ditampilkan di YouTube adalah video, dan meskipun mungkin ada jumlah data foto atau teks yang lebih kecil, namun relatif lebih sedikit daripada yang lain.

Dengan data pengguna yang relatif lebih sedikit dan variasi untuk mengevaluasi kesesuaian konten dengan pengguna individu, fokus algoritma lebih pada konten yang diunggah ke platform. Pengguna dapat mengunggah video di Twitter, Facebook, atau Instagram, dan video tersebut akan langsung muncul di feed atau linimasa mereka.

Sebaliknya, YouTube harus mengurai konten dan kemudian melakukan A/B testing dengan beberapa pengguna untuk mendapatkan gambaran tentang siapa yang paling cocok dengan konten tersebut.

Tujuan Pengunjung YouTube Lebih Terbatas

Pada platform lain, sebanyak pengguna yang ada di sana untuk konten, mereka juga ingin berinteraksi dengan orang lain. Kasus YouTube berbeda. Orang-orang mengunjungi platform ini dengan tujuan penggunaan yang terbatas. 

Entah itu untuk mencari informasi, mendapatkan hiburan, atau keduanya. Jadi, YouTube memiliki beban yang lebih besar untuk segera membuktikan kepada pengguna mengapa mereka harus tetap berada di platform ini.

BACA JUGA: Penasara Gaji Youtuber? Begini Cara Hitungnya, Bikin Melongo!

Kapan Hari dan Waktu Terbaik untuk Posting Video?

Unsplash

Tiga hari menjelang akhir pekan adalah waktu terbaik untuk memposting video di YouTube. Biasanya, orang memiliki lebih sedikit pekerjaan dan lebih aktif di YouTube pada hari-hari ini. Dari semua itu, hari Minggu adalah yang terbaik.

Ada waktu posting optimal yang berbeda untuk hari-hari ini juga. Pada hari Jumat, waktu yang ideal adalah antara jam 12 dan 9 malam, yang masuk akal karena sebagian besar orang sedang tidak bekerja, sekolah, atau melakukan aktivitas lainnya.

Waktu terbaik adalah antara pukul 9 pagi dan 9 malam pada hari Sabtu, sementara pukul 12 hingga 6 sore adalah waktu terbaik untuk hari Minggu. Hal ini berlaku untuk penonton yang tinggal di negara-negara dengan budaya kerja standar Senin hingga Jumat. Dengan demikian, waktu yang ideal mungkin berbeda dengan sistem yang berbeda.

Daftar Waktu Terbaik Setiap Hari

Umumnya, waktu antara pukul 14.00 hingga 18.00 adalah waktu terbaik untuk memposting video di YouTube. Namun, ini hanya berlaku untuk hari kerja. Selama akhir pekan, jam 9 pagi hingga 6 sore adalah waktu yang ideal. Berikut ini adalah ringkasan waktu terbaik untuk memposting video di YouTube untuk setiap harinya:

  • Senin: Rentang Waktu Ideal 12 – 9 Malam dan Waktu Terbaik 3 – 6 Sore
  • Selasa: Rentang Waktu Ideal 12 – 9 Malam dan Waktu Terbaik 3 – 6 Sore
  • Rabu: Rentang Waktu Ideal 12 – 9 Malam dan Waktu Terbaik 3 – 6 Sore
  • Kamis: Rentang Waktu Ideal 12 – 9 Malam dan Waktu Terbaik 3 – 6 Sore
  • Jumat: Rentang Waktu Ideal 6 Pagi – 9 Malam dan Waktu Terbaik 12 – 9 Malam
  • Sabtu: Rentang Waktu Ideal 9 Pagi – 9 Malam dan Waktu Terbaik 9 Pagi – 9 Malam
  • Minggu: Rentang Waktu Ideal 6 Pagi – 9 Malam dan Waktu Terbaik 12 Siang – 6 Sore

Perhatikan Momen Tidak Posting Video

Senin berada di urutan teratas, diikuti oleh Selasa dan Rabu. Idenya adalah bahwa ketiganya adalah hari yang paling padat pekerjaan atau sekolah dalam seminggu. Hal ini mungkin selalu terjadi pada merek B2B di YouTube karena sebagian besar konten mereka kemungkinan besar berhubungan dengan pekerjaan, dan mereka mungkin memiliki lebih banyak penayangan pada hari-hari ini.

Dini hari dan larut malam juga merupakan waktu terburuk untuk mengunggah video YouTube kamu. Masalahnya, YouTube memproses unggahan konten setiap dua detik sekali.

Setelah video diindeks dan ditayangkan, video tersebut harus mendapatkan beberapa penayangan agar dapat direkomendasikan kepada pengguna lain. Jika tidak, prinsip kemutakhiran berlaku, dan konten baru lainnya yang diposting pada waktu yang tepat akan diprioritaskan.

BACA JUGA: Cara Picture in Picture Youtube di Berbagai Perangkat

Cara Menemukan Waktu Terbaik untuk Posting

tugas bisnis konsultan
Unsplash

Jawaban yang tepat untuk kapan waktu terbaik bagi kamu untuk memposting di YouTube ada di data kinerja saluran kamu. Semua statistik yang disebutkan di atas juga akurat dan didukung dengan data faktual. Tetapi mereka juga merupakan generalisasi.

Sebagai kreator YouTube, kamu memenuhi kebutuhan ceruk tertentu. Meskipun beberapa data umum mungkin berlaku sampai batas tertentu, kamu lebih baik memiliki wawasan yang berlaku secara khusus untuk saluran kamu. Untungnya, YouTube memiliki fitur untuk membantu kamu dalam hal ini.

Untuk menentukan waktu terbaik memposting video di YouTube sebenarnya ada dua langkah. Apa saja itu? Berikut ini penjelasannya:

1. Mengakses laporan audiens

Pertama, kamu harus masuk ke akun Google yang terkait dengan saluran YouTube kamu. Setelah kamu masuk, klik ikon profil kamu di sudut kanan atas halaman beranda, lalu pilih studio YouTube dari menu tarik-turun. Cari opsi analisis di sebelah kiri kamu, tepat di bawah ikon profil dan nama saluran, lalu klik di atasnya.

Semua tab dipenuhi dengan informasi berguna yang dapat kamu gunakan untuk menyempurnakan pengalaman pemirsa di saluran kamu. Namun, fokus kami adalah pada waktu orang paling banyak berinteraksi dengan konten kamu. Pilih opsi pemirsa.

2. Menganalisis laporan dan membuat kesimpulan

Jika kamu mengikuti langkah-langkah di atas, sekarang kamu akan melihat sebuah grafik. Gulir ke bawah secara perlahan, dan di bawah grafik, ada “Saat pemirsa kamu berada di YouTube”.

Perlu juga disebutkan bahwa fitur ini mungkin tidak tersedia di saluran kamu karena dua alasan utama, yaitu jika kamu tidak mendapatkan jumlah penayangan yang cukup pada video kamu selama 28 hari terakhir karena jarang memposting, atau saluran kamu baru.

Namun demikian, ada cara untuk menentukan waktu terbaik kamu sendiri tanpa laporan audiens, jadi teruslah membaca. Jika kamu tidak terbiasa menafsirkan grafik, ikhtisar singkat ini akan membuat kamu menarik kesimpulan yang dapat ditindaklanjuti dalam waktu singkat.

Yang perlu Sedulur cari adalah bagian grafik dengan warna yang lebih pekat. Semakin banyak warna yang dimiliki, semakin banyak orang yang menonton video kamu pada waktu tertentu. Kebalikannya juga benar; warna yang lebih terang berarti lebih sedikit orang yang menonton video Sedulur.

BACA JUGA: Ini Cara Blokir Channel dan Video di Youtube Kids

Ilustrasi Hipotesis Melihat Performa Video Tiap Waktu

waktu yang tepat untuk upload video di youtube
Unsplash/Nubelson Fernandes

Pada hari Jumat, kamu mungkin akan melihat grafik memiliki warna yang relatif lebih terang pada pagi hari, kemudian menjadi lebih gelap sebelum tengah hari dan redup pada sore hari.

Ini berarti aktivitas penonton lebih sedikit pada jam-jam awal, yang meningkat dan mencapai puncaknya pada sore hari, dan aktivitas perlahan-lahan menurun pada sore hingga malam hari.

Dalam kasus hipotesis ini, waktu terbaik untuk memposting adalah tepat sebelum momentumnya meningkat. Itu adalah jam-jam pagi tetapi tidak terlalu pagi. Waktu tersebut juga tidak boleh terlalu dekat dengan saat penayangan paling tinggi karena kamu perlu memberikan algoritma waktu untuk mengindeks konten Sedulur, sebaiknya dua jam.

Cara Identifikasi Waktu Posting Tanpa Laporan Pemirsa

Hanya karena kamu baru di platform ini atau video kamu belum mendapatkan banyak penayangan, bukan berarti kamu tidak boleh mengoptimalkan waktu posting kamu. Lihat kembali petunjuk tentang cara masuk ke YouTube Studio.

Setelah Sedulur masuk, pilih bagian ikhtisar dan cari metrik berlabel real-time. Metrik ini akan menunjukkan jumlah penayangan video kamu dalam setiap interval 48 jam. 

Kamu bisa mengoptimalkan waktu posting kamu berdasarkan pengamatan minggu pertama kamu, tetapi memantau aktivitas setidaknya selama satu atau dua bulan adalah yang terbaik. Bermain-mainlah dengan skenario pencarian sasaran; siapa tahu apa yang akan kamu temukan!

Waktu Terbaik untuk Memposting Video Pendek YouTube

Algoritma yang digunakan YouTube untuk menentukan peringkat video reguler dan video pendek idealnya sama, jadi secara teknis, waktu terbaik harus sama dengan video reguler.

Namun, akan lebih baik jika kamu menganalisis performa video pendek YouTube kamu dari waktu ke waktu dan menentukan waktu terbaik berdasarkan situasi spesifik dan audiens kamu.

Seberapa Sering Kamu Harus Memposting di YouTube?

Frekuensi kamu memposting di YouTube dapat sangat bervariasi tergantung pada audiens kamu. Jika kamu memiliki sedikit pengikut, memposting lebih sering adalah ide yang bagus karena akan membantu membangun minat pada saluran kamu dan mendorong lebih banyak penayangan.

Namun, memposting lebih jarang mungkin lebih baik jika kamu memiliki banyak pengikut karena pemirsa tidak akan merasa terbebani dengan konten baru setiap satu atau dua hari.

Apakah Perlu Kamu Menjadwalkan Video di YouTube?

waktu yang tepat untuk upload video di youtube
Unsplash/Sebastian Pandelache

Ya. Setelah kamu mengidentifikasi hari dan waktu terbaik untuk memposting video di YouTube, sebaiknya kamu memiliki struktur yang jelas untuk mendukung upaya kamu. Untuk menjaga agar tetap konsisten dan mudah dikelola.

Sedulur harus menjadwalkan setiap tanggal publikasi video ke dalam salah satu dari tiga kategori: harian/mingguan/bulanan, atau bulanan dengan jeda di antara setiap cicilan dalam satu bulan.

Cara Menjadwalkan Publikasi Konten di Youtube

Melihat perkiraan waktu yang tepat untuk upload video di Youtube tersebut, kamu pasti sudah memiliki bayangan kapan waktu terbaik untuk mengunggah video kamu. Untuk memudahkan pengunggahan, Seduur bisa memanfaatkan fitur penjadwalan yang disediakan oleh platform berbagi video gratis ini.

Cara mengatur jadwalnya sangat mudah dan dilakukan dengan mengakses akun Youtube sebagaimana biasanya akan mengunggah video. Setelah itu pilih video yang akan diunggah, isi detail, tag, kategori dan lain sebagainya. Kemudian, pada “Visibility” atur waktu yang tepat untuk upload konten kamu di “Schedule”.

Di bagian “Schedule”, kamu bisa menentukan jam dan tanggal kapan video tersebut akan rilis di kanal. Jangan lupa pilih zona waktu yang sesuai dengan tempat tinggal supaya tidak salah jadwal. Apabila sudah diatur, video kamu akan berada di “daftar tunggu’ dan akan langsung rilis pada jam dan tanggal yang sudah ditetapkan.

Itulah tadi waktu yang tepat untuk upload video di YouTube. Jadi sekarang kamu sudah gak bingung lagi kan? Semoga artikel ini bisa memberi wawasan baru ya.