ide konten youtube

Seiring dengan perkembangan teknologi, ladang untuk mencari uang pun juga semakin banyak. Salah satunya adalah YouTube, dimana orang-orang bisa mendapat penghasilan dengan membuat konten di dalamnya. Namun sebelum itu, Sedulur harus bisa menentukan ide konten YouTube yang tepat.

Banyak sekali ide konten YouTube yang bisa dicoba, tetapi tidak serta-merta membuat para pemula cukup percaya diri untuk menjalankannya. Banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut, padahal sejatinya konten apapun mampu menjaring banyak penonton asalkan digarap dengan sungguh-sungguh.

Jika Sedulur bingung, maka bisa memulai dari hobi atau rutinitas yang biasa dilakukan. Setelah itu, gunakan konsep yang relevan dengan niche yang tepat untuk mengembangkan channel. Jika belum juga menemukan yang tepat, mungkin beberapa ide konten di bawah ini bisa menjadi inspirasi.

BACA JUGA: Cara Monetisasi YouTube dan Daftar Google Adsense di 2023

1. Daily vlog

Neal Schaffer

Daily vlog umumnya menceritakan tentang kegiatan harian dari content creator. Sedulur bisa membagikan rutinitas sehari-hari, seperti sarapan, beres-beres rumah, rutinitas kecantikan, dan berbagai kegiatan lainnya yang selalu dilakukan setiap harinya.

Berikan pandangan di balik layar mengenai kegiatan yang dilakukan. Jelaskan tugas harian, tantangan yang dihadapi, dan juga momen-momen menarik. Agar video vlog tidak monoton, coba ciptakan sesuatu yang berbeda di setiap video. Sesuatu yang sifatnya eksklusif dan hanya muncul pada satu video saja.

Coba terapkan tantangan harian yang terkesan unik. Misalnya saja seperti tantangan olahraga, kuliner, maupun tantangan lainnya yang melibatkan audiens. Jika memungkinkan, Sedulur bisa menciptakan vlog harian selama perjalanan atau petualangan di tempat-tempat tertentu.

2. Kecantikan

Ada banyak ide konten YouTube di bidang kecantikan yang bisa Sedulur eksplorasi. Yang paling simpel adalah tutorial makeup sehari-hari, dengan cara memberikan tutorial langkah demi langkah untuk tampilan makeup sehari-hari yang cepat dan tidak ribet.

Selain itu, bagikan rutinitas perawatan kulit yang dilakukan, termasuk produk-produk favorit dan cara mengatasi masalah kulit tertentu. Jangan lupa untuk menunjukkan transformasi makeup Sedulur, mulai dari tampilan natural sehari-hari sampai tampilan glam untuk acara-acara khusus.

Agar lebih lengkap, berikan juga tutorial untuk gaya rambut yang berbeda sesuai dengan jenis atau tipe make up yang digunakan. Terakhir dan yang banyak dicari adalah review produk make up. Beri ulasan secara jujur mengenai produk kecantikan yang banyak digunakan atau yang terbaru di pasar.

3. Unboxing

ide konten youtube
Printify

Ide konten YouTube yang berikutnya adalah unboxing. Genre konten yang satu ini terus menjadi populer di YouTube karena memberikan pandangan secara langsung mengenai sebuah produk, dan mampu memberikan pengalaman seolah-olah penonton membuka kotak bersama content creator.

Dalam hal ini, Sedulur bisa unboxing barang yang disukai atau dikuasai. Misalnya gadget seperti ponsel pintar, laptop, atau kamera. Kemudian review gadget tersebut secara mendetail termasuk dengan fitur-fitur yang dimilikinya. Selain gadget, biasanya barang yang unboxing adalah pakaian brand dan juga make up.

Jika ingin sesuatu yang berbeda pada konten, Sedulur bisa unboxing paket misterius dari perusahaan atau pihak ketiga untuk mengungkap isinya. Selain itu, unboxing produk yang tengah populer di media sosial juga bisa menjadi ide konten yang sangat menarik, lho!

4. Video prank

Belakangan ini, konten video prank memang sedang diminati banyak penonton. Keseruan dalam menjahili orang lain memang cocok dijadikan bahan candaan bersama. Tentu saja hal itu bisa Sedulur manfaatkan sebagai konten utama pada channel YouTube yang dimiliki.

Contoh prank sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan menjahili sahabat atau anggota keluarga. Coba prank panggilan telepon palsu dengan skenario yang lucu. Atau bisa juga dengan mengganti pasta gigi dengan mayones atau warna cat kulit yang aman.

Kendati banyak mengundang penonton, perlu diingat untuk selalu memastikan jika prank tersebut tidak berbahaya dan tidak menyakiti orang lain. Pasalnya untuk saat ini banyak prankster yang hanya peduli dengan konten mereka, tanpa memikirkan perasaan target yang di-prank.

5. How to video

Jika Sedulur sedang mencari ide konten YouTube yang bermanfaat bagi banyak orang, maka pilihan yang paling tepat adalah dengan membuat konten How to Video. How to Video sendiri adalah jenis video yang menunjukkan tentang bagaimana cara untuk melakukan suatu hal tertentu.

Yang paling sederhana, yakni seperti tutorial cara menggunakan alat atau penggunaan aplikasi. Selain itu, Sedulur juga bisa membagikan keterampilan yang dimiliki, misalnya keterampilan kuliner, keterampilan fotografi, keterampilan musik atau seni, keterampilan kerajinan, dan lain sebagainya.

Jika menguasai, bisa coba membuat konten yang sifatnya lebih luas, seperti tips dan cara memulai bisnis online. Nah, dalam konten tersebut, jelaskan secara rinci tahapan-tahapan untuk memulai bisnis online dari nol sampai bisnis tersebut bisa berjalan.

6. Memasak

OFFEO

Bagi Sedulur yang suka atau hobi memasak, manfaatkan hobi tersebut sebagai ide konten YouTube yang akan menambah penghasilan. Ya, jenis konten video memasak sendiri merupakan salah satu yang populer di YouTube karena banyak orang yang mencari resep, panduan masak, dan juga inspirasi kuliner.

Konten tersebut bisa dimulai dengan membagikan resep-resep sederhana yang cocok untuk pemula dalam memasak. Berikan tutorial tentang teknik memasak tertentu, misalnya saja seperti membakar, mengukus, menggoreng, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, menciptakan resep makanan baru yang sehat dan bergizi untuk pemeliharaan kesehatan juga sangat menarik. Atau boleh juga coba membuat resep dengan bahan-bahan yang terbatas atau bahan-bahan yang tidak biasa.

7. Game

Masih seputar hobi yang bisa menghasilkan, kali ini ada ide konten YouTube yang cocok bagi Sedulur yang suka bermain game. Nah, silahkan buat konten video yang berkaitan dengan aktivitas saat memainkan game-game favorit.

Konten bisa dimulai dengan berfokus pada permainan dengan cerita menarik maupun gameplay yang unik. Setelah itu, berikan panduan langkah demi langkah untuk bisa menyelesaikan sebuah level atau misi yang ada di dalam game yang sedang dimainkan.

Jangan lupa untuk membagikan tips dan trik agar bisa menjadi lebih baik dalam permainan. Agar lebih seru, cobalah berbagai tantangan dalam permainan dan dokumentasikan reaksi Sedulur. Ajak teman atau anggota keluarga juga untuk ikut berpartisipasi ke dalam tantangan game tersebut.

8. Tips kesehatan

Menciptakan konten YouTube mengenai tips kesehatan dapat menjadi cara terbaik untuk memberikan informasi yang bermanfaat kepada para audiens. Coba berikan tips kesehatan sehari-hari, seperti cara menjaga pola makan yang seimbang dan menjaga waktu tidur.

Selain itu, bagikan pula rutinitas latihan yang dapat dilakukan sehari-hari di rumah tanpa peralatan khusus. Lengkapi latihan tersebut dengan tips agar tetap termotivasi untuk selalu berolahraga secara teratur. Berikan juga saran untuk menjaga terus kesehatan mental, seperti teknik meditasi atau relaksasi.

Yang tidak kalah penting adalah membuat forum diskusi dengan ahli mengenai cara menjaga tubuh sehat dan mengatasi stres atau kecemasan. Dengan begitu, maka para audiens akan terbantu dengan channel Sedulur.

9. Digital marketing

Jika Sedulur memiliki pengetahuan dan pengalaman di bidang industri digital marketing, maka bisa memanfaatkannya untuk membuat konten YouTube yang menarik dan banyak diminati. Buatlah seri video yang menjelaskan konsep dasar digital marketing seperti SEM, SEO, dan media sosial.

Ajarkan pada audiens mengenai analisis studi kasus dari kampanye digital marketing yang sukses, baik itu dari bisnis kecil maupun perusahaan besar. Kemudian tinjau dan bahas berbagai alat digital marketing yang ditemui saat ini seperti SEMRush, Google Analytics, atau alat manajemen media sosial.

Kemudian bagikan strategi konten yang efektif untuk meningkatkan visibilitas dan keterlibatan online. Diskusikan tren terkini dalam dunia digital marketing yang mencakup live streaming, pemasaran influencer, hingga pengalaman pelanggan.

10. Edukasi anak

ide konten youtube
PC Mag

Edukasi anak menjadi ide konten YouTube yang cukup menjanjikan. Namun untuk membuat konten semacam ini, dibutuhkan pendekatan yang kreatif dan juga menyenangkan. Sedulur bisa coba menciptakan lagu atau cerita pendek yang membantu anak-anak belajar abjad dan angka.

Gunakan karakter atau animasi lucu untuk membuat pembelajaran lebih menarik. Jangan lupa sertakan kegiatan kreatif, seperti membuat seni sederhana dengan memadukan warna dan bentuk tertentu. Dengan begitu, audiens yang merupakan anak-anak akan mengikuti konten dengan semangat.

Selain itu, ciptakan permainan edukatif yang melibatkan pertanyaan sederhana, teka-teki, atau tantangan kognitif. Pastikan permainan yang diciptakan tersebut terasa menyenangkan bagi anak dan tentu saja berisi unsur pembelajaran.

BACA JUGA: 6 Cara Download Playlist Youtube, Video Banyak Sekaligus!

11. Video sketsa

Jika Sedulur memiliki banyak waktu luang untuk menggarap konten video YouTube, maka salah satu yang bisa dipilih adalah video sketsa. Buatlah video film pendek dengan cerita yang menarik, dan banyak disukai dan sesuai dengan target audiens.

Misalnya jika target audiens channel yang dimiliki adalah anak-anak muda, maka bisa membuat video sketsa yang mengusung kejadian terkini atau tren populer dengan unsur-unsur komedi di dalamnya. Pastikan para penonton mampu menangkan jokes yang diselipkan dengan baik.

Sementara untuk target audiens orang-orang dewasa, bisa memilih tema yang lebih serius. Misalnya saja film pendek yang menceritakan kehidupan orang dewasa sehari-hari lengkap dengan intrik dan masalah yang terjadi. Selipkan moral-moral yang membuat penonton bisa mengambil hikmah dari kejadian tersebut.

12. Travel vlog

ide konten youtube
Cosmopolitan

Membuat travel vlog menjadi cara yang menyenangkan bagi Sedulur yang suka traveling sambil berbagi pengalaman perjalanan dengan penonton. Jelajahi berbagai destinasi wisata yang belum banyak diketahui atau dijelajahi orang.

Beri tantangan selama perjalanan pada diri sendiri, seperti mewawancarai penduduk lokal dan ceritakan kisah mereka dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Agar lebih menarik, bisa mencoba berbicara dengan penduduk setempat dalam bahasa lokal.

Dokumentasikan setiap pengalaman perjalanan, termasuk cara mengemas dan juga mengatasi tantangan perjalanan dengan anggaran yang terbatas. Bagikan pula tips dan trik perjalanan, seperti cara mencari akomodasi terbaik dan menemukan makanan enak dengan harga terjangkau.

13. Challenge atau tantangan

Konten berupa challenge atau tantangan ternyata juga memiliki tempat tersendiri di hati para penonton YouTube, lho. Sedulur bisa mengajak keluarga atau teman-teman terdekat untuk ikut andil dalam konten video YouTube yang dibuat.

Buatlah tantangan-tantangan mulai dari yang sederhana seperti menyusun kartu remi paling tinggi, hingga yang tergolong sulit seperti berendam di dalam air es dalam waktu yang lama. Tunjukkan kepada penonton jika usaha keras mampu mendatangkan hasil yang memuaskan.

Akan tetapi, Sedulur harus selalu memastikan jika tantangan atau challenge yang diadakan benar-benar aman alias tidak berbahaya. Pasalnya bukan tidak mungkin para penonton akan mengikuti dan mencoba tantangan tersebut di rumah.

14. Podcast

Apabila Sedulur memiliki jaringan atau relasi yang luas terutama dengan para ahli dan orang-orang terkenal, maka bisa memanfaatkannya dengan membuat konten video YouTube podcast. Lakukan riset mengenai apa yang sedang menjadi tren belakangan ini.

Kemudian kembangkan hal tersebut menjadi ide konten yang nantinya akan dieksekusi bersama orang-orang yang memang ahli dalam bidangnya. Dengan begitu, maka para audiens yang merasa penasaran akan terbantu dengan video podcast yang ada di channel tersebut.

Namun Sedulur harus selalu berhati-hati dalam melayangkan pertanyaan kepada narasumber, karena hal ini sangat berpengaruh pada integritas channel yang dimiliki. Ya, sesuatu yang baik tentu saja akan memberikan feedback yang baik pula.

15. Review film

ide konten youtube
Hobby Consolas

Ide konten YouTube yang tidak kalah menarik dari ide-ide yang lainnya adalah review film. Untuk saat ini, banyak orang yang lebih suka melihat review film daripada menontonnya secara langsung di bioskop. Selain lebih hemat biaya, mereka juga bisa lebih paham betul alur dari film yang ditonton.

Nah, dalam hal ini Sedulur bisa coba review film-film terbaru atau film lama yang booming di masanya. Ceritakan secara mendetail alur dan plot cerita dari film tersebut, kemudian berikan review mengenai kelebihan, kekurangan, dan juga berikan pendapat.

Selain itu, Sedulur juga dapat memberikan rekomendasi film yang wajib untuk ditonton. Tidak jarang para audiens justru akan merasa tertarik untuk menonton film tertentu setelah mereka menonton terlebih dahulu review dari film tersebut.

Itulah beberapa ide konten YouTube yang bisa Sedulur gunakan sebagai inspirasi dalam membangun channel YouTube yang dimiliki. Pastikan untuk memilih ide yang paling sesuai dengan kesenangan dan keahlian, agar bisa tercipta konten yang berkualitas.

Agar channel YouTube bisa terus berkembang, pastikan untuk rajin upload konten dengan tema yang sama. Ketika sudah mendapatkan target audiens yang tepat, dijamin mereka akan setia untuk menunggu video terbaru diupload.