untungnya promosi online via youtube

Dalam menjalankan bisnis atau usaha, promosi menjadi bagian penting untuk mendapatkan klien atau pelanggan. Di era modern seperti saat ini, ada banyak media yang bisa dimanfaatkan untuk promosi, salah satunya YouTube. Lantas apa untungnya promosi online via YouTube? Mari kita bahas bersama-sama.

YouTube menjadi salah satu platform yang menyediakan layanan informasi dalam bentuk video. Kehadiran YouTube sendiri disambut gembira oleh banyak orang. Pasalnya, materi yang tersedia dalam video-video di YouTube kerapkali menghibur para audiens dan tidak membuat mereka bosan.

Seiring dengan berjalannya waktu, para pebisnis mulai melirik YouTube sebagai media promosi. Hal ini karena konten yang disediakan tidak hanya berupa kata-kata dan foto saja, namun juga video. Dengan video promosi yang lebih menarik, tentu saja lebih banyak audiens yang bisa diraih.

Membedah secara lebih lanjut mengenai untungnya promosi online via YouTube, kurang lebih berikut ini beberapa keuntungan yang bisa Sedulur dapatkan dengan langkah online marketing tersebut!

BACA JUGA: 50+ Kumpulan Kata-kata Promosi yang Bikin Pembeli Datang

1. Meningkatkan kredibilitas bisnis

Spectrio

Untungnya promosi online via YouTube yang pertama, adalah mampu meningkatkan kepercayaan dari bisnis atau perusahaan. Anda juga dapat menggunakan materi video untuk membangun branding bisnis dan meningkatkan kepercayaan di antara calon pelanggan.

Video yang diupload di YouTube memberikan platform visual yang kuat untuk mendemonstrasikan produk atau layanan dari bisnis. Dengan menunjukkan penggunaan produk secara langsung atau memberikan pandangan mendalam tentang bagaimana layanan berfungsi.

Hal ini akan sangat membantu dalam membangun kepercayaan dari pada calon pelanggan. Dengan video, Sedulur bisa mempresentasikan produk atau layanan secara lebih rinci, memberikan gambaran yang lebih realistis pada pembeli sebelum mereka melakukan melakukan pembelian.

Selain itu, informasi mengenai pemasaran yang berbentuk video biasanya akan lebih mudah terhubung dengan sisi emosional para audiens. Menurut penelitian, pemasaran video mampu memberikan kesan pendekatan secara personal dibandingkan metode-metode lain.

Penelitian tersebut mengatakan jika 57% pembeli mengatakan bahwa melihat gambaran produk dalam bentuk video, akan membuat mereka lebih percaya ketika membeli barang secara online.

2. Kelebihan YouTube sebagai media promosi

Mungkin Sedulur masih bertanya-tanya apa untungnya promosi online via YouTube. Sekarang coba perhatikan, YouTube menjadi sebuah platform dengan banyak keunggulan yang tidak dimiliki oleh platform lain. Keberadaan dari YouTube pun juga tidak bisa disangkal, karena orang menggunakannya setiap hari.

Hampir setiap pengguna ponsel pintar menginstal dan menggunakan aplikasi yang satu ini. Hal ini dikarenakan YouTube telah menjadi media yang mudah untuk memberikan berbagai macam informasi secara lengkap bagi orang-orang.

Dari kepopuleran YouTube tersebut, Sedulur dapat memanfaatkannya sebagai media promosi bisnis yang dijalankan. Coba buat video semenarik mungkin kemudian upload dan iklankan di YouTube. Maka para calon customer akan langsung tertarik dengan produk yang ditawarkan.

Oh iya, jangan lupa untuk menampilkan keunggulan dari produk yang dimiliki, serta apa saja keuntungan yang akan konsumen dapatkan setelah membelinya. Berikan informasi secara lengkap, mulai dari bahan, manfaat, cara penggunaan, dan lain sebagai yang dikemas dalam bentuk video yang menyenangkan.

Perlu untuk diketahui, banyak orang yang mencari ulasan di YouTube terlebih dahulu sebelum membeli suatu produk. Nah, hal itu juga bisa menjadi peluang untuk mendapatkan pelanggan baru.

3. Membantu meningkatkan jumlah pelanggan

Business Insider

Untungnya promosi online via YouTube yang berikutnya berkaitan dengan jumlah pelanggan. Ya, manfaat dari media satu ini memiliki impact yang luar biasa untuk produk yang dijual. Sehingga ketika Sedulur melakukan promosi melalui YouTube, maka jumlah pelanggan bisa meningkat dengan pesat.

Bukan tanpa alasan, YouTube adalah media online terbesar dan mempunyai pengguna yang sangat banyak. Perkenalkan produk Sedulur sesering melalui YouTube, maka para pengguna dari platform tersebut yang melihat video promosi bisa menjadi pelanggan yang potensial.

Kendati demikian, Sedulur juga perlu memastikan untuk mengemas video promosi bisnis dengan baik. Dengan begitu, video tersebut mampu mengajak orang supaya tertarik untuk melihatnya, kemudian memutuskan untuk membeli produk yang diiklankan.

Selain itu, Sedulur juga dapat memanfaatkan fitur iklan pada YouTube untuk bisa menarik minat lebih banyak customer dengan cepat. Iklan biasanya muncul di sela-sela video ketika orang-orang sedang menonton video tertentu.

Ketika iklan produk Sedulur muncul, mereka bisa melihat produk-produk yang disediakan dan lebih mengenal produk tersebut dengan cepat.

BACA JUGA: 15 Cara Promosi Makanan di Sosmed, Raup Omzet Berlipat!

4. Mampu membangun brand awareness

Mungkin untuk yang satu ini menjadi keuntungan secara tidak langsung. Ya, untungnya promosi online via YouTube yang lain adalah membangun brand awareness dengan baik. Bagi yang belum tahu, brand awareness merupakan cara yang sering dilakukan oleh para pemilik bisnis.

Hal ini dilakukan untuk memasarkan produk dengan cara yang mudah, namun dapat membuat para konsumen selalu ingat dengan brand dan produk yang dimiliki. Cara ini dapat berupa desain kemasan yang menarik, logo-logo yang unik, hingga video yang mampu menarik atensi para audiens.

Dari YouTube, Sedulur bisa menampilkan semua komponen-komponen yang penting tersebut dalam bentuk video promosi atau iklan singkat. Buatlah sebuah video yang terkesan unik dan berbeda dari yang lain, sehingga para penonton akan terngiang-ngiang dengan video tersebut.

Mungkin jika mereka baru menonton video tersebut sekali atau dua kali, akan mengabaikannya. Namun jika sudah melihat berkali-kali dan sudah melekat di otak mereka, kemungkinan besar mereka akan merasa penasaran dan membuka iklan untuk mengetahuinya.

Jadi bisa dibilang jika YouTube menjadi media yang sangat efektif untuk membangun brand awareness, dan juga menjamin para customer potensial untuk lebih tau dan membeli produk yang ditawarkan.

5. Membentuk kesan profesional

untungnya promosi online via youtube
PC World

Untungnya promosi online via YouTube yang terakhir, yakni mampu membentuk kesan bisnis yang kredibel dan profesional. Dalam menjalankan usaha dan menjual produk, kredibilitas menjadi hal yang selalu dipertimbangkan oleh para calon konsumen.

Oleh karena itu, kesan kredibel ini pastinya sangat menguntungkan karena dapat membuat pelanggan lebih mengenal dan mengingat produk Sedulur dengan lebih mudah. Bahkan, tidak sedikit dari mereka akan langsung membeli produk yang ditawarkan.

Namun, menumbuhkan kesan profesional pada sebuah produk itu tidak bisa sembarangan. Sedulur harus bisa menciptakan konsep video yang menarik dan juga tepat. Video tersebut tidak hanya memberikan informasi yang mendasar, tetapi juga menjelaskan setiap detail dari produk yang dijual.

Yang dimaksud informasi secara mendetail dalam hal ini, yakni mulai dari kelebihan, informasi formula, manfaat, hingga bentuk penunjang yang lain. Misalnya saja seperti legalitas dan sertifikasi yang memang dibutuhkan.

Terakhir, jangan lupa untuk menggunakan kualitas video yang terbaik. Karena hal itu akan sangat berpengaruh pada tingkat kredibilitas dari produk Sedulur.

Dari penjelasan mengenai untungnya promosi online via YouTube di atas, kini Sedulur bisa mempertimbangkan kehadiran video dalam proses pemasaran produk. Tidak hanya mempunyai komunitas pengguna yang luas, YouTube juga mampu menjangkau semua kalangan.

Sehingga platform tersebut sangat cocok untuk mendistribusikan informasi mengenai produk Sedulur. Tidak perlu takut untuk mencoba promosi melalui media ini, karena banyak yang telah membuktikannya.