ucapan perpisahan kerja

Ketika ada atasan, rekan atau bahkan Sedulur sendiri yang resign dari perusahaan, biasanya Sedulur akan ada ucapan perpisahan kerja sebagai bentuk terima kasih kepad tim dan juga perusahaan. Meski ucapan perpisahan kerja sering dibilang cukup sederhana, akan tetapi bagi Sedulur yang tidak bisa merangkai kata-kata hal ini tentu menjadi sesuatu yang sulit. 

Nah, bagi Sedulur yang bingung dan kesulitan dalam membuat ucapan perpisahan kerja, berikut beberapa referensi yang dapat Sedulur gunakan.

BACA JUGA : 12 Contoh Pertanyaan Interview User dan Cara Menjawabnya

Cara menyampaikan ucapan perpisahan kerja

ucapan perpisahan kerja
Freepik

Terdapat berbagai cara yang biasanya digunakan untuk menyampaikan ucapan perpisahan kerja. Berikut penjelasannya. 

-->

1. Kartu ucapan

Salah satu cara menyampaikan ucapan perpisahan kerja adalah dengan memberi kartu ucapan kepada rekan sesama tim maupun atasan. Lagi pula, kartu ucapan juga bisa menjadi kenang-kenangan bagi rekan kerja yang dapat menjadi pengingat bahwa Sedulur pernah menjadi bagian dari mereka di perusahaan itu.

Berikan kartu ucapan selamat tinggal pada atasan dan juga  rekan kerja untuk menunjukkan rasa terimakasih atas dukungan yang selama ini mereka berikan selama berkarier di perusahaan tersebut. jangan lupa juga untuk menyelipkan doa dan harapan terbaik bagi kesuksesan rekan kerja di masa depan. Cara mengucapkan perpisahan kerja yang satu ini mungkin akan terasa sulit bila harus dilakukan ke setiap karyawan. Oleh karena itu, Sedulur mungkin dapat memberikannya pada rekan kerja yang sudah akrab dengan Sedulur. 

2. Email perpisahan

Mengirimkan email perpisahan kerja di hari terakhir atau sehari sebelum hari terakhir bekerja di perusahaan tersebut merupakan cara lain untuk menyampaikan ucapan perpisahan kerja pada rekan kerja dan perusahaan. Berbeda dengan kartu ucapan, Sedulur dapat dengan mudah mengirimkan ucapan perpisahan kerja dengan email ke jumlah penerima yang lebih banyak. Selain dapat menjangkau lebih banyak rekan kerja, cara ini juga menjadi alternatif lain untuk mendapatkan informasi kontak dari rekan kerja di perusahaan lama tersebut jika agar Sedulur dapat tetap menjaga hubungan dan relasi di masa depan.

3. Menyampaikan secara langsung

Selain mengirimkan email dan kartu ucapan perpisahan, Sedulur juga dapat meluangkan waktu di hari terakhir bekerja untuk berkeliling menyampaikan secara langsung ucapan perpisahan kepada rekan-rekan kerja di perusahaan tersebut. Cara ini tepat untuk Sedulur lakukan terutama kepada rekan-rekan kerja yang memang sudah akrab. 

4. Adakan pesta perpisahan sederhana

Cara lain untuk mengucapkan perpisahan kerja adalah dengan mengadakan pesta perpisahan secara sederhana di kantor. sedulur juga dapat merencanakan acara kumpul-kumpul sederhana dengan memesan makanan untuk disantap bersama di saat makan siang. Di saat itulah dapat  menyampaikan secara langsung ucapan perpisahan kerja kamu kepada mereka.

BACA JUGA : 12 Contoh Surat Tugas Berbagai Jenis dan Cara Membuatnya

Kata-kata perpisahan kerja untuk atasan

ucapan perpisahan kerja
Freepik
  1. Saya ingin mengucapkan terima kasih karena selama ini telah diberikan kesempatan yang luar biasa untuk tim ini berkembang. Semoga sukses di tempat baru ya!
  2. Karier Anda benar-benar sangat cemerlang!  Semoga di tempat baru semakin berkembang dan cemerlang lagi. Sukses terus. 
  3. Terima kasih telah menjadi atasan yang luar biasa sekaligus menjadi mentor yang mengajari saya dalam beberapa tahun ini.
  4. Suka dan duka dalam kerja tim yang kita alami membuatku banyak belajar. Aku senang bisa bertemu dengan kalian. Tapi, setiap pertemuan akan berujung perpisahan. Terima kasih atas segalanya.
  5. Mengucapkan selamat tinggal pada teman sejati benar-benar sulit. Tetapi, saya mengucapkan selamat tinggal dengan harapan bahwa kita akan bertemu lagi suatu hari nanti.
  6. Meski Anda pindah tugas di tempat kerja baru yang lebih bagus untuk karier Anda di masa depan, saya berharap waktu-waktu yang Anda habiskan di tim ini tidak dilupakan. Kami juga tidak akan pernah melupakan Anda.
  7. Jika pengunduran diri ini membawamu lebih dekat ke kesuksesan, aku akan berbahagia karenanya. Kamu pantas mendapatkan yang terbaik karena kamu layak untuk jadi yang terbaik.
  8. Semoga Anda beruntung di tempat kerja baru dan semoga pula karier Anda makin menanjak. Kami berharap Anda tidak akan pernah melupakan tim yang sudah Anda besarkan ini.
  9. Perpisahan memiliki rasa manis pahit. Pahit untuk perpisahan saat ini dan manis untuk kerinduan masa depan. Semoga perpisahan ini hanya bertahan untuk waktu yang singkat..
  10. Ruang pertemuan yang kita duduki sekarang akan terasa lebih dingin karena kehangatan dan bantuanmu tidak akan ada di sana. Aku akan merindukanmu.
  11. Sulit membayangkan tim kami terus berjalan tanpa Anda (nama atasan). Saya berharap agar Anda mendapatkan posisi terbaik untuk posisi Anda yang baru. Semoga kesuksesan dan keberhasilan selalu menyertai Anda.
  12. Terima kasih telah menjadi atasan yang luar biasa sekaligus menjadi mentor yang mengajari saya dalam beberapa tahun ini. Anda adalah tipe orang yang tidak mudah dilupakan oleh tim ini.

BACA JUGA : Etika Mengirim Email yang Harus Diketahui Oleh Professional

Kata-kata perpisahan untuk atasan bahasa Inggris

Freepik
  1. Wishing you much joy & happiness as you begin a new chapter in your life.
  2. Congratulations! May you bloom with success every day!
  3. I’ve really enjoyed working with you. Good luck with your new job.
  4. I’ll miss you and think of you. Thank you for the good times and sweet memories that we shared together.
  5. Thanks for being not just a great colleague, but a better friend. All the best buddy!
  6. Your resignation may have left a small empty cubicle in the office but your departure has left a large empty space in my heart. Congratulations for finding a new job, we will miss you.
  7. It didn’t take long for me to see you as my friend, rather than my colleague. I’m lucky to have worked with you, and I’ll miss you. Let’s keep in touch.
  8. I’ve learned a lot working with you these past years. I know you’ll be successful in your new position. Thank you and farewell, friend.
  9. Don’t mistake it’s an end. Your farewell marks a new beginning in life. Here’s wishing success, happiness, and opportunities!
  10. May God help you in all your endeavors, and always bring success to your doorstep.
  11. While you might no longer work here, let’s keep working on our friendship. I’d love to stay in contact with you.
  12. You’re moving away; this office is going nowhere. However, if you need someone to help proofread your work, don’t hesitate to get in touch with us. Here’s wishing you the best of goodbyes.
  13. Wishing you the best in this next phase of your career. Congratulations, and best of luck!
  14. It has been a pleasure working with a boss like you. Thank you for making the workplace a fun place to be. I hope for your success in your new role. Good luck, and farewell.
  15. You decided to move to greener pastures, but your departure will leave our grounds barren and dry. Farewell.

BACA JUGA : PIC (Person in Charge): Definisi, Tugas, & Skill yang Dibutuhkan

Ucapan perpisahan kerja menyentuh hati

Freepik
  1. Perpisahan memiliki rasa manis pahit. Pahit untuk perpisahan saat ini dan manis untuk kerinduan masa depan. Semoga perpisahan ini hanya bertahan untuk waktu yang singkat.
  2. Terima kasih telah menjadi atasan yang terbaik bagi saya dan tim. Waktu-waktu yang Ibu/Bapak habiskan dengan kami sungguh menjadi pembelajaran terbaik sekaligus telah mengasah kami menjadi pekerja yang lebih baik dari waktu-waktu sebelumnya. Kami berharap agar bisa terus berkomunikasi dengan Ibu/Bapak di waktu mendatang.
  3. Perjalanan yang luar biasa. Misi kita selesai. Dengan itu, kita harus mengucapkan selamat tinggal. Kita orang paling bahagia di dunia saat ini.
  4. Teman kerja yang baik benar-benar sulit ditemukan, sulit untuk ditinggalkan, dan mustahil untuk dilupakan.
  5. Semoga kamu berlayar dengan lancar disertai jalan yang penuh sukacita. Semoga semua mimpimu menjadi kenyataan.
  6. Terima kasih (nama atasan), telah membimbing saya diawal karir saya. Anda telah membantu saya memahami kelemahan dan kelebihan saya sebagai profesional, dan berkembang menjadi kekuatan saya hari ini. Saya berharap anda sukses saat melanjutkan studi anda.
  7. Jika pengunduran diri ini membawamu lebih dekat ke kesuksesan, aku akan berbahagia karenanya. Kamu pantas mendapatkan yang terbaik karena kamu layak untuk jadi yang terbaik.
  8. Mengucapkan selamat tinggal pada teman sejati benar-benar sulit. Tetapi, saya mengucapkan selamat tinggal dengan harapan bahwa kita akan bertemu lagi suatu hari nanti.
  9. Ruang pertemuan yang kita duduki sekarang akan terasa lebih dingin karena kehangatan dan bantuanmu tidak akan ada di sana. Aku akan merindukanmu.
  10. Sulit membayangkan tim kami terus berjalan tanpa Anda (nama atasan). Saya berharap agar Anda mendapatkan posisi terbaik untuk posisi Anda yang baru. Semoga kesuksesan dan keberhasilan selalu menyertai Anda.

Email perpisahan kerja

Search Engine Journal

Sedulur juga dapat mengirim ucapan perpisahan kerja melalui email. Berikut contohnya. 

Contoh 1

Subjek: Terima kasih

Kepada rekan-rekan kerja [nama perusahaan],

Seperti yang mungkin sudah kalian dengar, saya akan meninggalkan posisi saya sebagai [jabatan] di [nama perusahaan], per tanggal [hari terakhir].

Saya selalu bersyukur atas waktu yang saya habiskan di perusahaan ini. Sungguh pengalaman tak terlupakan bisa bekerja dan mengenal kalian semua.

Meski saya sudah tidak di kantor ini lagi, namun saya tetap berharap kita semua bisa selalu menjaga silaturahmi di masa yang akan datang. Kalian bisa menghubungi saya di email [email pribadi] atau di nomor [nomor telepon].

Sekali lagi terimakasih dan sukses selalu untuk kalian semua.

Salam,
[Nama]

Contoh 2

Subject: Thank you

To [company name] colleagues,

As you may have heard, I will be leaving my position as [position] at [company name], as of [last day].

I am always grateful for the time I spend at this company. It was an unforgettable experience to be able to work and get to know all of you.

Even though I am no longer in this office, I still hope that all of us can always maintain good relations in the future. You can contact me at email [personal email] or at number [phone number].

Once again, thank you and good luck to all of you.

Regards,
[Name]

Kata-kata perpisasahan kerja melalui WhatsApp

Pixabay

Tak hanya melalui email, kata-kata perpisahan kerja juga dapat Sedulur kirimkan melalui pesan WhatsApp lho. Berikut contohnya. 

  1. Assalamualaikum, sebelumnya aku meminta maaf jika aku pernah melakukan kesalahan kepada tenan-teman sekantor. Aku izin pamit dari grup WA karena batas waktu kerja sudah habis. Terimakasih atas waktu dan pengalaman yang telah temn-teman berikan kepadaku.
  2. Berhubungan dengan masa kerjaku di perusahaan ini sudah selesai, aku mohon izin keluar dari grup ini, sekian terima kasih.
  3. Sebelumnya aku mengucapkan terima kasih dan memohon maaf jika telah melakukan kesalahan. Aku izin keluar dari grup ini karena aku telah resign dari pekerjaanku.
  4. Selamat malam teman-teman, aku izin keluar dari grup kantor ini karena aku telah mneyerahkan surat pengunduran diriku karena alasan pribadi. Terima kasih atas pengalamannya dan waktu indahnya.
  5. Selamat pagi semuanya, berhubung aku resign dari perusahaan ini, maka aku keluar dari grup ya. Terima kasih atas kerjasamanya selama ini.
 

Demikianlah berbagai ucapan perpisahan kerja yang dapat Sedulur gunakan. Jangan lupa untuk selalu menggunakan bahasa dan kalimat yang sopan ya Sedulur!