Berniat ingin mengundurkan diri dari pekerjaan karena alasan ingin mengembangkan karir di tempat lain, membuka usaha atau ingin melanjutkan studi, semuanya harus perlu proses, ya. Sebab, Sedulur minimal harus membuat surat pengunduran diri sebagai bukti bahwa Sedulur sudah tidak lagi bekerja sama dengan perusahaan.

Membuat surat pengunduran diri merupakan proses umum dalam dunia pekerjaan atau organisasi. Dengan surat ini, maka Sedulur sudah mengikuti segala mekanisme yang berlaku pada perusahaan. Jangan sampai mundur tanpa pemberitahuan dan mekanisme yang tidak sesuai, bisa-bisa Sedulur mendapat reputasi buruk dari perusahaan.

Supaya tidak bingung bagaimana contoh surat pengunduran diri kerja dengan alasannya, berikut ini rangkuman beberapa contoh surat pengunduran diri karyawan dari tempat mereka bekerja. Yuk, simak dan pahami ulasannya.

BACA JUGA: Contoh Penulisan Body Email Lamaran Kerja Benar & Menarik

1. Contoh surat pengunduran diri kerja di Word

surat pengunduran diri
Pexels

Membuat surat ini, bisa memanfaatkan perangkat lunak di komputer bernama Microsoft Word. Umumnya, software ini kerap dipakai untuk keperluan apa pun, mulai dari membuat skripsi, surat undangan, dan surat pengunduran diri. Penasaran bagaimana cara membuat surat pengunduran Word? Yuk simak template tulisan di bawah.

Yogyakarta, 4 Januari 2022

Yang terhormat,
HRD PT Sarana Infomedia
di Tempat

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Bayu Seno Samudra mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri sebagai Senior Content Writer di PT Sarana Infomedia terhitung mulai 4 Januari 2022.

Saya mengucapkan terima kasih karena PT Sarana Infomedia sudah memberikan saya kesempatan untuk bekerja, belajar, dan berkembang dengan ilmu dan pengalaman selama 2 tahun. Selain itu, saya juga ingin mengucapkan banyak terima kasih pada rekan-rekan kerja karena telah banyak bekerja sama untuk mencapai target perusahaan sebagaimana mestinya. Saya mohon maaf jika terdapat banyak kesalahan selama saya bekerja.

Demikian surat ini saya buat, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu.

Hormat saya,

Bayu Seno Samudra

2. Surat pengunduran diri pindah perusahaan

surat pengunduran diri
Pexels

Masih terkait pembuatan surat pengunduran diri di Word, Sedulur bisa menggunakannya untuk berhenti bekerja karena pindah perusahaan. Penasaran bagaimana penulisannya? Langsung cek di bawah.

Yogyakarta, 4 Mei 2022

Yang terhormat,
HRD PT Krakatau Karya Sejahtera
di Yogyakarta

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Ilya Nada Kurnia mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri sebagai Senior Content Writer di PT Krakatau Karya Sejahtera terhitung mulai 4 Mei 2022. Adapun alasannya karena saya mendapatkan kesempatan berkarier di posisi baru yang sesuai dengan tujuan karier saya mendatang.

Saya mengucapkan terima kasih karena PT Krakatau Karya Sejahtera sudah memberikan saya kesempatan untuk bekerja, belajar, dan berkembang dengan ilmu serta pengalaman selama 3 tahun. Selain itu, saya juga ingin ucapkan banyak terima kasih pada rekan-rekan kerja karena telah banyak bekerja sama untuk mencapai target perusahaan sebagaimana mestinya. Saya mohon maaf jika terdapat banyak kesalahan selama saya bekerja.

Demikian surat ini saya buat, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu. 

Hormat saya,

Ilya Nada Kurnia

3. Contoh surat pengunduran diri mahasiswa

surat pengunduran diri
Pexels

Umumnya, mahasiswa yang mundur dari kuliah bisa disebabkan karena alasan ingin mencari kampus lebih baik, atau karena mahasiswa tersebut bermasalah atau terkena DO alias drop out. Namun, sebagai mahasiswa, tidak boleh begitu saja, meninggalkan kampus tanpa prosedur yang berlaku. Sebab, semuanya harus menggunakan proses pengajuan surat mengundurkan diri. Lantas, bagaimana contoh surat undur diri untuk mahasiswa? Simak contohnya di bawah ini.

Kepada:
Yth. Rektor
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
di Yogyakarta

Bersama ini kami ajukan dengan hormat, berkas permohonan pengunduran diri mahasiswa dengan data di bawah ini:

Nama : Yusuf Agustanto
NIM : 2010897652
Program Studi : Ilmu Komunikasi
Fakultas : Ilmu Sosial dan Politik
Aktif Kuliah : Semester 1 sampai dengan semester 4
Alamat : Jl. Bhineka Tunggal Ika 7 RT. 06/RW. 03 No. 112, 11345, Yogyakarta

Mulai bulan September tahun 2022, atas permintaan, mahasiswa di atas mengundurkan diri sebagai mahasiswa.

Program Studi : Ilmu Komunikasi
Fakultas : Ilmu Sosial dan Politik
Alasan : Tidak berminat lagi terhadap jurusan manajemen dan akan pindah ke jurusan lain.

Selanjutnya, saya mohon agar rektor memberikan surat keterangan (SK) pengunduran diri bagi mahasiswa yang bersangkutan, dengan kelengkapan terlampir. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Yogyakarta, 19 Mei 2019
A.n. Dekan FISIP
Pembantu Dekan I,
Dr. Daswan Latif, SH, M.Hum.

4. Surat pengunduran diri bahasa Inggris

surat pengunduran diri
Pexels

Membuat surat resign tak selalu harus menggunakan bahasa Indonesia. Sebab, ada beberapa perusahaan memang mewajibkan karyawannnya menggunakan bahasa Inggris. Apalagi jika Sedulur bekerja di perusahaan asing, sehingga ketika akan resign dari tempat bekerja harus mengikuti prosedur berlaku. Salah satunya penggunaan bahasa inggris. Nah, supaya Sedulur tidak kesulitan bagaimana membuat surat resign bahasa Inggris, berikut contoh lengkapnya.

Yogyakarta, January 4th 2021

Tika panggabean
Head of Finance Infinity Corp.
Bendungan Hilir Street, Jakarta

Dear Mrs. Tika Panggabean,

Please accept this as my formal resignation from Infinity Corp. My last day will be on May 11th 2022, one month from today. I’m grateful for all your support during my time here and deeply appreciate all of the valuable experience I have gained. It has been a sincere pleasure working with you and the team.

Please let me know how I can help during this transition and make it as smooth as possible. I wish you all the best. Best wishes, and thank you for everything.

Sincerely,

Bayu Kuncoro Chandra

BACA JUGA: Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris + Terjemahannya

5. Contoh surat pengunduran diri sekolah

surat pengunduran diri
Pexels

Surat ini bisa dipakai oleh siapa saja termasuk salah satunya jika Sedulur ingin undur diri dari sekolah. Mekanisme pengunduran diri dari sekolah, masih sama dengan pengunduran diri sebagai pekerja kantoran. Bagaimana cara penyusunan surat undur diri yang baik dan benar jika Sedulur bekerja sebagai guru di sekolah? Pahami contoh di bawah ini.

Tangerang, 15 Mei 2020

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Bapak Arifin Azka Abdillah
Kepala Yayasan Angkasa Pura
Cq. Kepala Sekolah SMA Angkasa Pura
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Bimo Aprilanto 
Tempat, Tanggal Lahir : Magelang, 15 Agustus 1991
Jabatan : Guru olahraga
Unit Kerja : SMA Angkasa Pura 
Alamat : Jl. Panglima Polim No. 234, Tangerang

Dengan ini bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari SMA Angkasa Pura, Yayasan Angkasa Pura sebagai guru, terhitung sejak tanggal 15 Juni 2020 mendatang. Adapun alasan pengunduran diri ini saya ajukan dikarenakan saya ingin mencari pekerjaan yang lain.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar–besarnya kepada Bapak Kepala Yayasan dan Bapak Kepala Sekolah yang sudah memberikan kesempatan untuk saya mengajar di sekolah ini.

Tidak lupa, saya juga meminta maaf yang setulus–tulusnya bila pernah melakukan kesalahan selama mengajar di sini. Saya berharap, Yayasan Angkasa Pura, khususnya SMA Angkasa Pura bisa menjadi salah satu sekolah favorit di Tangerang dan semakin maju ke depannya.

Demikian permohonan pengunduran diri ini saya buat dengan sebenarnya, dalam keadaan sadar dan tanpa adanya unsur paksaan dari siapa pun. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Bimo Aprilanto

6. Contoh surat pengunduran diri kerja dengan alasan

surat pengunduran diri
Pexels

Banyak orang atau karyawan merasa bingung ketika akan mundur dari perusahaan alias resign. Bukan karena prosesnya, namun apa alasan yang harus ditulis pada surat pengunduran diri. Sebab, alasan merupakan jawaban logis yang wajib diketahui oleh pihak perusahaan. Sehingga, jangan sampai Sedulur menulis alasan resign karena masalah gaji, urusan kantor, atau persoalan dengan rekan kerja di kantor.

Pakailah alasan logis, sopan dan santun supaya perusahaan dapat melepaskan Sedulur dengan profesional. Agar tidak bingung menentukan alasan yang sopan, logis, dan bisa diterima pihak HRD, berikut contoh surat pengunduran dengan alasan jelas. Simak contoh pembuatan suratnya.

Yogyakarta, 4 Mei 2021

Yang terhormat,
HRD PT Nusantara
Jalan Riang Gembira Yogyakarta

Dengan hormat, 
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Rino Widjoyanto
NIK : 2018050312679
Jabatan : Copywriter
Departemen : Marketing

Melalui surat ini, saya mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri sebagai Copywriter di PT  Nusantara terhitung mulai 4 Mei 2021. Adapun alasannya saya ingin mengembangkan kemampuan di bidang lain.

Saya ucapkan terima kasih karena PT Nusantara sudah memberikan saya kesempatan untuk bekerja, belajar, dan berkembang selama 2 tahun. Selain itu, saya juga ingin ucapkan banyak terima kasih pada rekan-rekan kerja karena telah banyak kerja sama untuk mencapai target perusahaan.

Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya karena memutuskan untuk tidak lagi menjadi bagian dari PT Nusantara. Tidak lupa saya ucapkan mohon maaf atas segala kesalahan yang mungkin sempat saya lakukan dan meninggalkan kesan buruk selama bekerja di PT Nusantara.

Demikian surat ini saya buat dan serahkan dengan sebenar-benarnya, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu.

Hormat saya,

Rino Widjoyanto

BACA JUGA: Kumpulan Surat Resign Pengunduran Diri yang Baik & Benar

7. Contoh surat pengunduran organisasi

surat pengunduran diri
Pexels

Surat ini tak hanya berlaku untuk Sedulur yang menjabat sebagai karyawan perusahaan. Sebab, surat undur diri bisa dipakai siapa saja dan termasuk saat Sedulur harus demisioner dari organisasi. Umumnya, seseorang harus mundur diri dari organisasi karena kesibukan tugas akhir sekolah seperti skripsi, membuat tugas akhir, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, sebelum menyusun surat undur diri, Sedulur bisa menyimak contoh di bawah ini.

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Angga Dini Akbar
Jabatan di BEM : Kepala Departemen SDM
NIM : 294333111222
Angkatan : 2012

Mengajukan surat pengunduran diri dari organisasi dengan alasan menjadi delegasi kampus untuk berpartisipasi dalam lomba debat di Kuala Lumpur, Malaysia yang akan berlangsung selama tiga bulan.

Saya sudah mendapatkan banyak pengalaman dan pelajaran serta menjadi bagian dari berkembangnya organisasi ini. Saya ucapkan mohon maaf apabila saya pernah melakukan hal-hal yang kurang berkenan di hati selama kepengurusan organisasi.

Saya harap rekan-rekan dan dewan pengurus dapat memahami keputusan yang sudah saya buat. Atas kerja sama dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan terima kasih.

Yogyakarta, 21 April 2019
Hormat saya,

Angga Dini Akbar

8. Surat pengunduran diri karyawan

surat pengunduran diri
Pexels

Lebaran adalah waktu paling tepat dalam mencari peluang kerja dengan benefit menjajikan. Namun, sebelum Sedulur mengundurkan diri, ada baiknya Sedulur membuat surat undur dari dari perusahaan. Ini merupakan mekanisme umum dalam setiap kali seseorang akan meninggalkan pekerjaan yang sudah ditekuni. Maka dari itu, sebelum Sedulur menyusun surat ini, bisa simak format di bawah ini.

Surabaya, 15 Februari 2019

Kepada Yth.
HRD PT Karya Sentosa Cipta
di Tempat

Perihal : Pengunduran Diri

Dengan hormat,

Berdasarkan kebijakan perusahaan yang tercantum dalam PKWT (Perjanjian Kerja Waktu Tertentu) mengenai 1 bulan sebelum pengunduran diri, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Azmil N. Noer Hakim
Departemen : Pemasaran
Jabatan : Staf

Bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai karyawan dari PT Karya Sentosa Cipta sebagai staf pemasaran. Terhitung dari 30 hari sejak surat dibuat, yaitu pada tanggal 15 Maret 2019. Adapun alasan saya untuk pengunduran diri adalah karena ingin meneruskan bisnis keluarga.

Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan pengalaman kerja di PT Karya Sentosa Cipta selama ini. Saya mohon maaf kepada jajaran pimpinan dan rekan karyawan PT Karya Sentosa cipta bila ada kesalahan yang disengaja atau tidak.

Demikian surat ini saya buat dan serahkan dengan sebenar-benarnya tanpa paksaan orang lain, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu. Jika ada tutur kata yang kurang berkenan bagi Bapak/Ibu, saya mohon maaf.

Hormat saya,

Azmil N. Noer Hakim

Demikian ulasan mengenai contoh surat pengunduran diri yang bisa menjadi referensi. Semoga ulasan di atas membantu Sedulur yang sedang berencana resign dalam waktu dekat ini.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!