pekerjaan yang gajinya besar

Memiliki gaji besar merupakan salah satu impian sebagian besar orang. Oleh karena itu, banyak orang menempuh pendidikan tinggi untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang gajinya besar. Meski besar kecilnya gaji itu relatif, namun beberapa pekerjaan berikut ini memang memiliki gaji yang besar.

Ada banyak pekerjaan yang bisa Sedulur ambil bila ingin mendapatkan gaji dengan nominal yang menggiurkan. Pekerjaan-pekerjaan ini tentu saja membutuhkan skill yang mumpuni dan tidak bisa dilakukan asal-asalan. Penasaran apa saja pekerjaan yang gajinya besar dan paling diminati di Indonesia? Simak ulasannya berikut ini, ya!

BACA JUGA: Corporate Secretary: Pengertian, Fungsi, dan Kualifikasinya

12 Pekerjaan dengan Gaji Besar di Indonesia yang Paling Diminati

1. C-Suite 

iStock

Posisi pertama diduduki oleh C-Suite atau Corporate Suite. Tak hanya di Indonesia, C-Suite juga menjadi pekerjaan yang memiliki gaji besar di dunia. Hal ini karena jabatan C-Suite merupakan penentu dari kesuksesan suatu perusahaan.  

-->

Pekerjaan sebagai C-Suite ini termasuk beragam, yakni mulai dari Chief Executive Officer (CEO), Chief Financial Officer (CFO), hingga Chief Operating Officer (COO). Kisaran gaji C-Suite bahkan bekisar dari Rp150 juta hingga Rp250 juta per bulan untuk seorang Chief yang memimpin perusahaan dengan level unicorn atau di atasnya.

Besaran gaji CEO, CFO, dan COO ini secara umum akan ditentukan oleh pengalaman kerja atau karier yang dimiliki. Selain itu, skala bisnis yang dipimpin dan dan sektor bisnis perusahaan juga menentukan seberapa besar gaji yang akan diperoleh C-Suite. 

Pekerjaan sebagai CEO, CFO, dan COO ini tidak hanya bisa diduduki oleh laki-laki. Hal ini karena banyak perusahaan yang memiliki pemimpin wanita didalamnya. Oleh karena itu, pekerjaan ini bisa menjadi opsi pekerjaan bergaji tertinggi di Indonesia untuk seorang wanita.  

2. Direktur Risiko

pekerjaan yang gajinya besar
iStock

Pekerjaan dengan gaji yang besar berikutnya adalah Direktur Risiko. Pekerjaan ini bertugas untuk melindungi perusahaan dari risiko di semua tingkatan. Mulai dari risiko keuangan, risiko strategis, hingga risiko kepatuhan di perusahaan. Banyaknya tanggung jawab yang diemban membuat gaji yang menduduki jabatan ini sangat menggiurkan.

Direktur Risiko harus bisa mengambil langkah yang tepat dalam menjalankan tugasnya. Jika tidak, perusahaan bisa saja akan mengalami kerugian yang besar. Jadi, gaji yang besar pada jabatan ini tentu saja untuk membayar keahlian yang mereka miliki untuk menjaga perusahaan.  

Sebagai Direktur Risiko pada sebuah perusahaan, seseorang harus bisa profesional dan harus memiliki gelar serta pengetahuan terkini mengenai peraturan dan regulasi yang terus menerus berubah. Mereka juga harus bisa mengupayakan pencegahan untuk melindungi kepentingan perusahaan.

Secara umum, rata-rata gaji Direktur Risiko di perusahaan besar yang ada di Indonesia berkisar mulai dari Rp150 juta hingga Rp180 juta per bulan. Bahkan, mereka yang bekerja di perusahaan perbankan atau industri jasa keuangan akan memiliki gaji yang lebih besar.

BACA JUGA: Cara Efektif Mempromosikan Diri di Jobstreet dan Contohnya!

3. Direktur Operasi 

iStock

Jabatan direktur lain yang memiliki gaji besar adalah Direktur Operasi. Posisi ini biasanya ada pada perusahaan bidang komoditas dan bidang manufaktur yang memberikan sumbangan besar terhadap perekonomian Indonesia.

Direktur Operasi akan menjalankan tugas berupa operasi proyek dan pabrik. Biasanya, mereka akan mendapatkan gaji yang besar, yakni sekitar Rp140 juta per bulan, terutama di perusahaan manufaktur besar. 

4. Wakil Direktur Bidang Hubungan Pemerintah 

iStock

Pekerjaan yang gajinya besar berikutnya adalah Wakil Direktur Bidang Hubungan Pemerintah. Wakil Direktur yang bergerak di bidang ini memiliki tugas yang sangat penting, yakni membuat negosiasi proyek dari pemerintah dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) semakin mulus. 

Jabatan ini dinilai penting karena proyek yang didapatkan dari pemerintah dan BUMN akan mendatangkan pendanaan yang besar dan stabil. Secara umum, gaji untuk posisi ini dapat mencapai Rp170 juta per bulan.  

5. Wakil Direktur Bidang Ilmu Data

iStock

Disamping Wakil Direktur Bidang Hubungan Pemerintah, posisi sebagai Wakil Direktur Bidang Ilmu Data juga memiliki gaji yang besar. Data Science merupakan jabatan yang memiliki gaji fantastis, yakni mencapai Rp150 juta per bulannya.  

Alasan mengapa jabatan ini penting dan mendapatkan gaji fantastis adalah perkembangan zaman yang membuat data berperan dalam mengembangan perusahaan. Untuk menyukseskan perkembangan perusahaan tersebut, maka dibutuhkan sosok yang mampu menganalisis dan mengolah data hingga siap digunakan untuk mengembangkan bisnis.  

Bila Sedulur tertarik untuk menduduki posisi ini, maka jurusan kuliah yang bisa Sedulur ambil adalah Data Science. Untuk itu, berusahalah semaksimal mungkin karena seleksi di jurusan ini cukup ketat karena tengah populer di dunia perkuliahan. 

BACA JUGA: Merchandiser: Definisi, Tugas, dan Tanggung Jawabnya

6. Kepala Strategi Perusahaan 

pekerjaan yang gajinya besar
iStock

Berikutnya adalah jabatan Kepala Strategi Perusahaan yang memiliki kisaran gaji hingga Rp150 juta per bulan. Jabatan yang sangat penting ini dibutuhkan oleh suatu perusahaan untuk mendukung kinerja kepemimpinan para CEO, CFO, maupun COO dalam mencapai tujuan bisnis perusahaan. Baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang, posisi ini selalu dibutuhkan.

7. Direktur Proyek 

pekerjaan yang gajinya besar
iStock

Posisi dengan gaji besar lainnya di Indonesia adalah Direktur Proyek. Sesuai dengan peran Indonesia yang merupakan negara pengekspor sumber daya alam, maka akan sangat banyak proyek-proyek komoditas yang menggerakkan roda perekonomian bangsa.  

Alasan tersebut akan membuat banyak perusahaan yang bergerak di sektor komoditas harus memiliki sosok Direktur Proyek yang mumpuni. Sebab, merekalah yang akan bertanggung jawab penuh pada kelangsungan proyek komoditas yang akan dijual.

Secara umum, posisi ini akan mengantongi hingga Rp150 juta per bulan, terlebih jika mereka bekerja di perusahaan-perusahaan besar. Gaji tersebut tentunya sebanding dengan pekerjaan dan tanggung jawab yang mereka pegang. Gaji tersebut juga bergantung pada industri, proyek, dan ukuran tim yang dikelola.  

8. Manajer Penjualan di Perusahaan Multinasional

pekerjaan yang gajinya besar
iStock

Selain direktur, jabatan sebagai Manajer Penjualan juga memiliki gaji yang besar. Apalagi jika posisinya berada di perusahaan multinasional. Dalam satu bulan, para manajer ini bisa mengantongi hingga Rp175 juta per bulan.  

Mengapa pekerjaan ini mendapatkan gaji yang besar? Sebab pekerjaan ini memiliki tugas penting untuk memastikan hasil penjualan perusahaan multinasional di sebuah negara bisa meningkat setiap tahunnya. Selain itu, mereka juga harus mencapai target untuk meningkatkan skala bisnis perusahaan. 

Departemen penjualan merupakan salah satu bagian penting yang ada di organisasi manapun. Oleh karena itu, siapapun mereka yang bisa memimpin bagian ini sangat layak mendapatkan imbalan yang besar. Gaji ini biasanya bergantung pada industri, ukuran perusahaan, dan volume penjualan untuk perusahaan.  

BACA JUGA: Script Writer: Pengertian, Tugas, Skill, dan Jenjang Karirnya

9. Direktur Pemasaran

iStock

Hampir sama dengan posisi penjualan, Direktur Pemasaran juga merupakan pekerjaan dengan gaji yang besar. Apalagi, Indonesia merupakan negara yang memiliki sekitar 270 juta penduduk yang sangat cocok dijadikan pasar bagi berbagai produk, baik dari perusahaan lokal maupun internasional.  

Pemasaran juga menjadi salah satu bagian penting yang ada di sebuah perusahaan. Bagian ini bertugas dalam memperoleh klien atau pelanggan baru dan meningkatkan kesadaran akan merk dagang maupun meningkatkan pangsa pasar. Oleh karena itu, jabatan Direktur Pemasaran sangat dibutuhkan untuk menjalankan tugas tersebut.  

Jabatan ini harus diisi oleh seseorang yang memiliki jiwa inovatif dan terbuka dengan hal-hal baru. Selain itu, mereka juga harus bisa memahami bagaimana cara berbicara kepada pelanggan yang baik bilamana di suatu waktu preferensi dan harapan mereka berubah. 

Tanggung jawab dan tugas yang tidak mudah inilah yang membuat Direktur Pemasaran mendapatkan gaji per bulan yang cukup fantastis. Mereka bisa mengantongi mulai dari Rp110 juta hingga Rp150 juta, terutama bila bekerja di industri konsumer, ritel, dan manufaktur.

10. Direktur Teknis

iStock

Jabatan pekerjaan yang gajinya besar berikutnya adalah Direktur Teknis. Pekerjaan ini berhubungan dengan berbagai kebijakan pemerintah untuk menggenjot berbagai proyek infrastruktur yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, posisi ini mendapatkan gaji mencapai  Rp140 juta per bulan.

Tugas Direktur Teknis mulai dari mempekerjakan dan melatih anggota tim baru, hingga mengelola proyek serta merencanakan anggaran teknik. Seorang ahli di bidang teknis ini sangat dibutuhkan terutama untuk memastikan proyek-proyek infrastruktur bisa berjalan dan menggunakan spesifikasi yang baik. Para direktur atau VP of Engineering ini juga memiliki tugas untuk merencanakan dan mengarahkan semua aspek kegiatan teknik. 

BACA JUGA: Jurnalis: Pengertian, Tugas dan Bedanya Dengan Wartawan

11. Digital Marketing Strategist

pekerjaan yang gajinya besar
iStock

Pekerjaan yang gajinya besar berikutnya adalah Digital Marketing Strategist. Pekerjaan ini mulai populer di beberapa tahun terakhir karena adanya disrupsi teknologi yang membuat strategi pemasaran tidak hanya berfokus pada kegiatan offline namun juga secara online. 

Digital Marketing Strategist merupakan posisi umum yang digunakan untuk menyebut seseorang yang berperan dalam membuat strategi marketing digital bagi perusahaan. Baik dalam hal mengelola SEO website, konten media sosial, hingga ads atau periklanan. 

Berbagai tugas dan tanggung jawab yang dipegang oleh seorang Digital Marketing Strategist tersebut membuat pekerjaan ini memiliki gaji yang cukup fantastis. Mereka bisa mengantongi sekitar Rp8 juta hingga Rp100 juta per bulan, tergantung pada industri dan besar perusahaan tempat bekerja. 

12. Direktur Supply Chain

pekerjaan yang gajinya besar
iStock

Pekerjaan dengan gaji besar di Indonesia yang terakhir adlaah Direktur Supply Chain. Posisi ni penting karena rantai pasokan merupakan konvergensi dari berbagai proses yang datang bersama-sama untuk menyelesaikan sebuah tugas. Proses ini tentunya memiliki variasi dalam kompleksitas dan keragamannya, dan juga tergantung pada sektor tertentu maupun ukuran organisasi.

Seorang Direktur Rantai Pasokan biasanya akan mendapatkan gaji sampai Rp103 juta per bulan. Hal ini karena mereka memiliki tanggung jawab yang besar. Ketika industri manajemen rantai pasokan mulai berkembang ke otomatisasi digital yang lebih baik dari sebelumnya, maka seorang direktur harus bisa menavigasi secara strategis agar pendapatan bagi bisnis bisa meningkat. Selain itu, mereka juga harus memberikan jadwal yang lebih ketat, efisiensi yang lebih baik, pemenuhan yang lebih cepat, dan keuntungan yang lebih tinggi bagi perusahaan.

Nah, itulah 12 pekerjaan yang gajinya besar di Indonesia dan paling diminati hingga saat ini. Bagaimana? Apakah Sedulur juga tertarik untuk menduduki jabatan-jabatan di atas? Jika iya, Sedulur bisa mulai berkuliah di jurusan yang sesuai ataupun meniti karir yang sesuai mulai dari sekarang. Semangat, ya!