cara mempromosikan diri di jobstreet

JobStreet merupakan salah satu perusahaan yang berperan sebagai fasilitator antara pencari kerja dengan perusahaan. Dalam mencari kerja, pelamar akan diberikan kesempatan untuk mempromosikan dirinya. Namun, tahukah Sedulur bagaimana cara mempromosikan diri di Jobstreet hanya dengan 300 kata?

Kemampuan dalam mempromosikan diri secara singkat menjadi satu hal penting dalam melamar suatu pekerjaan.  Profil singkat tersebut akan menjadi kesan pertama HRD terhadap pelamar dan akan mempermudah HRD dalam melakukan screening profil.

Nah, bagaimana cara mempromosikan diri di Jobstreet dengan baik dan benar? Simak tips dan contoh berikut ini, yuk!

BACA JUGA: Devops Engineer: Pengertian, Tanggung Jawab & Prospek Karir

-->

Cara mempromosikan diri di Jobstreet

Ada beberapa cara yang bisa diterapkan jika ingin lamaran dilirik oleh HRD perusahaan. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

#1 Tulislah dengan bahasa yang baik dan benar

Jobstreet
iStock

Menulis lamaran kerja dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar akan menarik simpati perekrut untuk memproses lamaran yang diajukan. Selain pemilihan diksi yang tepat, pastikan untuk menggunakan tanda baca yang tepat, serta memastikan tidak ada kesalahan ketik atau typo.

Susunlah kalimat seefektif mungkin agar perekrut lebih mudah untuk memahaminya. Susunan kata yang runtut akan menjadi nilai tambah. Tak hanya itu, karakter dan tingkat intelektual juga bisa diketahui dari cara Sedulur mempromosikan diri secara singkat tersebut. 

Jangan lupa untuk menggunakan huruf kapital sesuai dengan kegunaannya. Jika memungkinkan, Sedulur juga bisa menuliskannya dalam bahasa Inggris dengan grammar yang benar agar menarik perhatian lebih daripada pelamar yang lain. 

#2 Pastikan kemampuanmu sesuai dengan posisi yang dilamar

Jobstreet
iStock

Tips selanjutnya adalah tuliskan kemampuan yang sesuai atau relevan dengan posisi yang dilamar. Untuk itu, penting bagi Sedulur untuk memastikan bahwa kemampuan yang Sedulur miliki memang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Kemampuan ini menjadi hal penting yang diperhatikan oleh perekrut karena mereka tentunya menginginkan kandidat yang sesuai dengan posisi yang dibuka. 

Dalam perkenalan singkat tersebut, Sedulur juga harus menjelaskan keahlian apa yang dimiliki. Misalnya pada lowongan videografer, maka Sedulur bisa menuliskan kemampuan terkait beberapa aplikasi video editor seperti Adobe Premiere Pro dan Windows Movie Maker.

Lalu bagaimana dengan pelamar lulusan baru? Tentu saja, Sedulur dapat menulis kemampuan apapun yang bisa Sedulur lakukan. Misalnya mampu mengedit foto menggunakan Canva ataupun jago menggunakan Ms Excel. Tuliskan saja meskipun kemampuan tersebut juga banyak dikuasai oleh orang lain.

BACA JUGA: Account Executive: Pengertian, Tugas, Gaji & Jenjang Karirnya

#3 Hindari hal-hal generik

cara mempromosikan diri di Jobstreet
iStock

Tips yang berikutnya adalah hindari menuliskan kalimat generik atau umum. Sedulur dapat menghindari kalimat penutup yang bersifat promosi, seperti “Saya yakin dapat bekerja dengan baik untuk memajukan perusahaan ini” ataupun “Saya sangat berharap untuk diterima disini karena saya pasti bisa bekerja dengan sangat baik”.

Penulisan hal umum semacam itu tidak adakan mendapatkan penilaian khusus dari perekrut. Hal ini karena kerja keras dan skill baru bisa dinilai setelah Sedulur mulai bekerja. Dengan begitu, jangan pernah mempromosikan diri tanpa bukti.

Contoh kalimat generik lain yang harus dihindari adalah penggunaan kalimat yang sudah banyak digunakan oleh sebagian besar orang, yaitu: 

  • “Saya berjanji akan berkontribusi untuk perusahaan jika diterima,”
  • “Saya akan bekerja keras untuk kemajuan perusahaan,”
  • “Saya akan berusaha semaksimal mungkin meningkatkan mutu di perusahaan ini,”

Menggunakan hal-hal generik akan membuat promosi yang Sedulur lakukan tidak unik atau sama saja dengan pelamar yang lain. Maka dari itu, pastikan untuk menggunakan kalimat promosi yang langsung pada intinya.

Cukup tutup perkenalan singkat tersebut dengan ucapan terima kasih dan cantumkan alamat email atau nomor telepon untuk memudahkan perekrut dalam menghubungi informasi selanjutnya. 

#4 Tuliskan pengalaman yang dimiliki

cara mempromosikan diri di Jobstreet
iStock

Selain skill atau kemampuan, Sedulur juga bisa menuliskan pengalaman yang dimiliki. Pengalaman kerja atau magang dapat menjadi nilai lebih agar lamaran Sedulur diproses lebih lanjut oleh perekrut.

Jika memungkinkan, tuliskan juga capaian kerja yang pernah dilakukan di tempat kerja terdahulu agar HRD dapat mengetahui performa kerja yang sudah Sedulur lakukan.

Namun, jika Sedulur merupakan lulusan baru tanpa pengalaman kerja atau magang, Sedulur bisa menuliskan pengalaman organisasi yang paling relevan. Tapi jika Sedulur benar-benar tidak memiliki apapun yang bisa ditonjolkan, maka bagian ini bisa dilewati saja dan fokuslah mencari pekerjaan di tingkat entry-level yang tidak membutuhkan pengalaman kerja atau tetap fokus pada penulisan skill saja.

BACA JUGA: Admin Sales: Pengertian, Skill, Jenjang Karir & Tugasnya

#5 Promosi diri secara jujur

cara mempromosikan diri di Jobstreet
iStock

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam menuliskan promosi di Jobstreet adalah kejujuran. Jangan sampai karena ingin menarik perhatian HRD, Sedulur jadi menghalalkan segala cara termasuk berbohong dengan menuliskan informasi yang tidak sesuai dengan keadaan.

Promosi diri yang jujur akan membuatmu diterima apa adanya dan tidak akan menyusahkan diri di kemudian hari. Hal ini karena semua informasi yang diberikan saat melamar kerja harus bisa dipertanggung jawabkan saat sudah memulai kerja. 

#6 Pastikan data yang tercantum sudah benar

cara mempromosikan diri di Jobstreet
iStock

Langkah terakhir yang paling penting untuk dilakukan adalah memastikan data yang tercantum sudah benar. Periksalah semua data yang Sedulur berikan saat melamar kerja sebelum mengirimkannya. Hal-hal yang harus diperiksa contohnya adalah nama, nomor telepon, email, dan skill atau pengalaman yang tertulis.

BACA JUGA: 18 Rekomendasi Situs Freelance Terbaik dan Terpercaya

Contoh kata-kata mempromosikan diri di Jobstreet

Setelah menyimak enam tips menuliskan narasi untuk mempromosikan diri di atas, Sedulur dapat memperhatikan contoh-contoh berikut. Ternyata, penulisan deskripsi diri di Jobstreet tidak perlu dibuat panjang. Melainkan, cukup dengan kurang lebih 300 kata, Sedulur bisa menarik perhatian perusahaan yang dilamar. Berikut beberapa contoh yang bisa menjadi referensi Sedulur.

1. Cara mempromosikan diri di Jobstreet untuk fresh graduate

cara mempromosikan diri di jobstreet
iStock

Berikut adalah cara mempromosikan diri di Jobstreet untuk lulusan baru:

“Saya lulusan baru S1 Sastra Inggris. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang sangat baik secara lisan maupun tulisan. Saya juga bisa mengetik 120 kata per menit, memiliki kemampuan menulis content yang menarik, serta berpengalaman sebagai freelance jurnalis di portal berita online selama 1 tahun.”

2. Cara mempromosikan diri di Jobstreet tanpa pengalaman kerja

cara mempromosikan diri di jobstreet
iStock

Berikut adalah cara mempromosikan diri di Jobstreet yang bisa Sedulur gunakan: 

“Saya lulusan baru S1 Sastra Indonesia. Memiliki kemampuan Bahasa Indonesia yang sangat baik secara lisan maupun tulisan. Saya juga memiliki kemampuan proofreading dan mengetik 120 kata per menit, serta pengalaman di UKM Jurnalistik kampus selama 2 tahun.”

BACA JUGA: Contoh CV Lulusan SMK Lengkap Dengan Cara Membuatnya

3. Cara mempromosikan diri di Jobstreet dalam bahasa inggris

iStock

Berikut adalah cara mempromosikan diri di Jobstreet yang bisa Sedulur gunakan:

“A highly competent IT professional with a proven track record in designing websites, networking and managing databases. I have strong technical skills as well as excellent communication skills, enabling me to interact with a wide range of clients, also mastering PHP, Python, html & CSS as well.”

4. Cara mempromosikan diri sebagai admin

iStock

Berikut adalah cara mempromosikan diri di Jobstreet yang bisa Sedulur gunakan:

“Saya Lulusan S1 Ekonomi yang mempunyai pengalaman magang selama empat bulan di PT Jaya Market. Saya dapat menggunakan Ms Excel dengan cekatan dan memiliki kemampuan untuk mengolah data secara akurat. Selain itu, saya juga bisa bekerja secara individu maupun tim dengan baik.”

5. Cara mempromosikan diri sebagai operator produksi

iStock

Berikut adalah cara mempromosikan diri di Jobstreet yang bisa Sedulur gunakan:

“Saya Lulusan SMK Otomotif. Memiliki pengalaman magang 1 tahun sebagai operator mesin perakitan body mobil di PT Mobile Jaya, kemampuan menggunakan MS Office untuk menyusun laporan, serta ketelitian dalam bekerja sehingga mampu menjaga keselamatan kerja bagi diri sendiri maupun orang lain.”

Nah, itulah cara mempromosikan diri di Jobstreet beserta contohnya yang bisa Sedulur gunakan sebagai referensi. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu Sedulur untuk mendapatkan pekerjaan secepatnya. Semangat, ya!