merchandiser adalah

Merchandiser adalah jenis pekerjaan yang umum dijumpai dalam sebuah bisnis. Posisi atau jabatan tersebut dianggap memiliki peranan penting dalam berjalannya bisnis perusahaan terutama terkait penjualan produk. Merchandiser sendiri terutama banyak ditemukan pada perusahaan yang bergerak di industri retail.

Melihat pentingnya peran merchandiser dalam bisnis perusahaan membuat pekerjaan satu ini terbilang memiliki peluang karier yang cukup menjanjikan. Nah, apakah Sedulur juga tertarik untuk berkarier sebagai merchandiser?

Sebelum mencoba peluang untuk melamar menjadi merchandiser, ada baiknya Sedulur mengenal lebih jauh tentang pekerjaan tersebut seperti yang akan diulas pada artikel kali ini. Mulai dari deskripsi, tugas, tanggung jawab, hingga skill atau keterampilan yang dibutuhkan. Yuk, langsung disimak informasinya berikut ini!

BACA JUGA: Jenis Pekerjaan Berdasarkan Bidang dan Keterampilannya

-->

Definisi merchandiser adalah

merchandiser adalah
iStock

Sebelum masuk ke pembahasan yang lebih mendalam, Sedulur perlu memahami terlebih dahulu definisi atau pengertian dari merchandiser.

Dihimpun dari berbagai sumber, ada beberapa pengertian merchandiser terutama berkaitan dengan tanggung jawabnya dalam bisnis yang dijalankan oleh suatu perusahaan. Menurut The Balance Small Business, merchandiser adalah seseorang yang bertanggung jawab menciptakan tampilan yang menarik untuk memberikan pengalaman visual yang kepada pelanggan saat berbelanja. Dalam hal ini, pekerjaan merchandiser erat dikaitkan dengan strategi penataan produk agar menarik sehingga dibeli oleh pelanggan.

Di sisi lain, Repsly menjelaskan bahwa merchandiser merupakan orang yang bertanggung jawab atas segala sesuatu yang berhubungan dengan produk. Tanggung jawab merchandiser di sini tidak terbatas pada masalah strategi penataan produk di toko, melainkan juga meliputi distribusi produk tersebut hingga sampai ke tangan pelanggan.

Seorang merchandiser juga mendapat tanggung jawab untuk merencanakan, menjaga, dan mengawasi stok produk yang dijual. Selain itu, mereka harus mencatat informasi seputar produk, seperti tanggal kadaluarsa dan daftar produk yang dikenakan promo diskon.

Berdasarkan uraian pengertian di atas, dapat diketahui bahwa seorang merchandiser memiliki peran penting terkait produk yang dijual. Merchandiser sendiri bekerja sebagai bagian dari tim sales yang biasanya ada di perusahaan retail atau supermarket.

BACA JUGA: 18 Rekomendasi Situs Freelance Terbaik dan Terpercaya

Tugas merchandiser adalah

merchandiser adalah
iStock

Telah diketahui bersama bahwa merchandiser adalah jenis pekerjaan yang berhubungan dengan penjualan produk, mulai dari distribusi, pengecekan stok, hingga penataan produk sehingga menarik pembeli. Merujuk pada definisi tersebut, berikut uraian tugas atau pekerjaan yang dilakukan merchandiser, sebagaimana dirangkum dari laman KitaLulus.com.

  • Memastikan distribusi produk hingga masuk ke toko.
  • Membuat strategi promosi produk.
  • Mengecek kondisi dan stok produk yang dijual.
  • Mengatur penataan produk dalam rangka menarik minat pelanggan untuk membeli produk.
  • Melakukan analisis tingkat pembelian produk sebagai dasar untuk penataan produk secara berkala.
  • Melakukan analisis terhadap tren konsumsi masyarakat untuk kepentingan penataan produk di toko.

BACA JUGA: Fantastis! Daftar 16 Gaji Freelance Berdasarkan Jenisnya

Tanggung jawab merchandiser adalah

iStock

Dalam menjalankan tugas-tugas seperti yang sudah diuraikan di atas, terdapat sejumlah beban tanggung jawab yang harus dilakukan oleh seorang merchandiser. Tanggung jawab umum merchandiser terbagi menjadi lima poin dengan penjelasan sebagai berikut.

1. Memeriksa produk yang dipajang

Tanggung jawab merchandiser yang pertama adalah memeriksa produk yang akan dipajang di toko. Pemeriksaan ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa produk yang dipajang dalam kondisi baik dan layak untuk dijual.

Beberapa hal yang perlu diperiksa sebelum suatu produk dipajang meliputi kondisi kemasan, kondisi produk, tanggal kadaluarsa, harga, hingga promo yang berlaku dalam periode tertentu. Melalui pemeriksaan tersebut, produk yang dipajang telah terjamin kualitas dan kelayakannya untuk dijual kepada masyarakat. Selain itu juga tidak ada selisih harga maupun kesalahan informasi yang tertera di display yang berpotensi menyebabkan masalah saat transaksi.

2. Memeriksa stok produk

Pemeriksaan stok produk menjadi tanggung jawab seorang merchandiser yang harus dilakukan secara berkala. Hal ini bertujuan agar stok yang tersedia, baik di display maupun di toko, dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Di samping itu juga menghindari risiko kerusakan akibat stok yang menumpuk dan tak kunjung terjual di gudang penyimpanan.

3. Mengatur tata letak produk yang dipajang

merchandiser adalah
iStock

Tanggung jawab yang berikutnya adalah mengatur tata letak produk yang dipajang. Pengaturan letak produk ini merupakan hal yang penting untuk diperhatikan karena akan menentukan penjualan produk tersebut.

Dalam mengatur display produk, setiap toko biasanya memiliki floor plan ataupun layout tersendiri. Penataan ini didasarkan pada jenis produk, promo yang berlaku, hingga kebiasaan belanja pelanggan.

4. Melakukan analisis tren pasar

Masih berkaitan dengan penataan barang di toko, seorang merchandiser juga perlu melakukan analisis terhadap tren pasar. Hasil analisis tersebut akan menunjukkan jenis barang yang sedang diminati hingga tren konsumsi masyarakat yang menjadi target pasar dalam beberapa waktu terakhir. Nantinya, merchandiser bisa menyesuaikan penataan display produk dengan tren tersebut sehingga bisa memperoleh hasil penjualan yang maksimal.

5. Menjalankan strategi promosi

Berikutnya, seorang merchandiser memegang tanggung jawab untuk menjalankan strategi promosi yang sudah disusun. Dalam hal ini, merchandiser perlu bekerja sama dengan departemen lain yang telah merancang strategi promosi tersebut.

Sebagai contoh, dirancang promosi berupa potongan harga maupun pembelian beli 1 gratis 1 (but one get one) untuk produk mi instan bermerek A. Merchandiser bertanggung jawab untuk menentukan letak produk yang mendapat promosi sehingga bisa dijangkau oleh pelanggan.

BACA JUGA: Gaji Tertinggi Bank BCA Berdasarkan Posisi, Ada Fresh Graduate!

Jenis-jenis merchandiser

iStock

Sebelumnya sudah dipaparkan tugas dan tanggung jawab merchandiser secara umum, yaitu mengurus berbagai hal terkait penjualan produk di toko. Jika diuraikan secara lebih spesifik berdasarkan tugas serta lingkup pekerjaannya, pekerjaan merchandiser dapat dibagi menjadi tiga kategori sebagai berikut.

  • Retail merchandiser

Sesuai namanya, retail merchandiser merupakan seorang merchandiser yang bekerja di industri retail. Mereka memiliki tanggung jawab atas produk eceran yang dijual di toko termasuk mengatur penataannya sehingga bisa sampai ke tangan pembeli.

  • Digital merchandiser

Digital merchandiser adalah jenis merchandiser yang pekerjaannya berada di lingkup toko online. Mereka bertugas untuk mengunggah katalog produk dan menata tampilan toko online sehingga bisa menarik pelanggan untuk membeli produk yang dijual.

Di samping itu, digital merchandiser ikut serta dalam pembuatan konten untuk mempromosikan produk. Mereka terutama dibutuhkan untuk memberikan saran mengenai jenis produk yang akan dipromosikan.

  • Visual merchandiser

Merupakan merchandiser yang bertanggung jawab untuk membuat konsep, merancang penataan, serta mengkombinasikan produk sehingga menarik secara visual. Untuk melakukan pekerjaan tersebut, mereka perlu memiliki keterampilan dalam hal mix and match atau mempadu-padankan produk. Adapun visual merchandiser terutama dibutuhkan dalam industri fashion.

BACA JUGA: Contoh CV Lulusan SMK Lengkap Dengan Cara Membuatnya

Skill yang dibutuhkan merchandiser

iStock

Untuk dapat melakukan pekerjaan dengan baik, seorang merchandiser perlu memiliki sejumlah keterampilan. Di antaranya sebagai berikut.

  • Kemampuan analisis, mulai dari analisis produk hingga analisis pasar.
  • Kemampuan untuk berkomunikasi dengan berbagai pihak.
  • Kreativitas yang tinggi sehingga dapat menggali banyak ide.
  • Pengetahuan atas produk atau product knowledge.
  • Ketelitian yang tinggi.

Itu dia ulasan singkat mengenai pekerjaan merchandiser, mulai dari pengertian, tugas dan tanggung jawab, hingga skill atau kemampuan yang dibutuhkan. Bisa disimpulkan bahwa merchandiser adalah pekerjaan yang bertanggung jawab atas berbagai hal terkait produk yang dijual sehingga bisa menarik pelanggan untuk membelinya. Nah, apakah Sedulur tertarik untuk berkarier sebagai merchandiser?