pekerjaan sampingan online

Memiliki pekerjaan sampingan dapat menjadi alternatif untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Apalagi, bila pekerjaan tersebut sesuai dengan passion dan bisa dilakukan dimana saja. Tak hanya dilakukan oleh para karyawan, pekerjaan sampingan online juga bisa digeluti oleh para pelajar.

Ada banyak pekerjaan sampingan online yang dapat Sedulur coba. Meskipun disebut sampingan, namun uang yang dihasilkan dari pekerjaan ini tidak bisa dianggap sebelah mata. Bahkan, beberapa orang memiliki side job dengan gaji yang lebih tinggi daripada pekerjaan utamanya.

Tertarik untuk memulai kerja sampingan online di rumah? Berikut adalah beberapa rekomendasi pekerjaan yang bisa Sedulur lakukan.

BACA JUGA: Pengertian Sales Admin Beserta Skill, Tugas & Jenjang Karirnya

-->

1. Penerjemah Bahasa Asing

pekerjaan sampingan online
iStock

Seorang penerjemah bahasa asing tentu saja harus memiliki keahlian dalam bidang bahasa. Untuk itu, pekerjaan ini sangat cocok untuk Sedulur yang merupakan lulusan dari Fakultas Bahasa ataupun yang pernah mengenyam pendidikan bahasa asing di lembaga tertentu.

Tak hanya bahasa Inggris saja, pekerjaan ini juga bisa dilakukan oleh Sedulur yang memiliki keahlian bahasa lain, seperti bahasa Mandarin, bahasa Jepang, bahasa Korea, hingga bahasa Arab. Hal ini karena banyak orang yang membutuhkan ahli penerjemah bahasa asing untuk menyelesaikan pekerjaannya. 

Sedulur bisa memulai pekerjaan ini dengan menerjemahkan jurnal ataupun buku-buku asing. Bila Sedulur sudah semakin profesional dalam melakukan pekerjaan ini, gaji yang Sedulur dapatkan juga akan semakin tinggi.

2. Admin Media Sosial 

pekerjaan sampingan online
iStock

Pekerjaan sampingan online berikutnya adalah admin media sosial. Pekerjaan ini bisa dilakukan secara online karena hanya membutuhkan perangkat elektronik, seperti ponsel dan laptop. Meskipun terdengar remeh, namun peran admin dalam mengelola suatu media sosial tentu saja besar.

Di era digital ini, media sosial menjadi salah satu bagian penting dalam menjalankan strategi marketing. Dengan pengelolaan yang baik, jangkauan audiens yang akan mengetahui suatu produk atau layanan akan semakin luas. Hal inilah yang membuat para pebisnis mulai melirik media sosial dan menganggapnya serius dengan menggunakan jasa admin media sosial.

Sebelum mendaftar menjadi admin media sosial, pastikan Sedulur sudah familiar dengan jenis media yang akan digunakan. Baik melalui Instagram, Twitter, Facebook, ataupun TikTok, sebisa mungkin Sedulur mengetahui cara menggunakannya dengan optimal. 

Tak hanya itu, menjadi seorang admin media sosial juga harus aktif dan tanggap menjawab pertanyaan dari para audiens. Hal ini akan membuat reputasi media yang Sedulur kelola semakin meningkat. Mengetahui apa yang sedang trending juga menjadi hal penting yang harus Sedulur pahami agar dapat selalu up-to-date dengan kondisi terkini.

3. Buka Online Shop 

pekerjaan sampingan online
iStock

Selain hanya menjadi admin media sosial milik usaha orang lain, Sedulur juga bisa membuka sendiri toko online di media sosial. Bila Sedulur suka dengan fashion wanita, maka online shop yang menjual berbagai model baju adalah pilihan yang tepat. Sementara bila Sedulur lebih suka merawat diri, maka menjual berbagai produk skin care dan make up adalah jawabannya. 

Tak hanya sekadar menjual, Sedulur juga dapat memberikan informasi kepada para pelanggan dengan baik. Dengan ilmu yang mumpuni, pelanggan tentu akan selalu puas dengan pelayanan yang Sedulur berikan. Jadi, membuka online shop sesuai dengan kemampuan diri adalah pekerjaan sampingan online yang mengasyikkan.

Sedulur bisa membuka online shop di berbagai media sosial, terutama Instagram dan Facebook. Dua media sosial besar ini memang sudah terkenal dengan transaksi jual beli berbagai produk secara online. Satu lagi, selain pelayanan yang baik, jangan lupa memberikan diskon secara rutin untuk menarik lebih banyak pelanggan, ya!

BACA JUGA: Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja & Tipsnya

4. Jadi Reseller 

pekerjaan sampingan online
iStock

Bila belum sanggup membuka online shop sendiri, Sedulur bisa mencoba untuk menjadi seorang reseller. Secara sederhana, reseller adalah seseorang yang menjual barang dagangan milik orang lain, dan mendapatkan uang dari keuntungan barang yang terjual. Oleh karena itu, semakin banyak barang yang bisa terjual, semakin besar pula uang yang akan didapat.

Saat menjadi seorang reseller, Sedulur akan mendapatkan harga dibawah harga pasaran normal. Dengan begitu, saat Sedulur menjualnya dengan harga normal sekalipun, Sedulur tetap akan mendapatkan keuntungan. Besar kecilnya keuntungan tersebut bergantung pada distributor atau supplier yang memiliki produk dan produk apa yang Sedulur jual.

Sistem menjual kembali ini bisa dilakukan oleh para pelajar, mahasiswa, hingga karyawan untuk mengisi waktu luangnya. Caranya juga sangat mudah, cukup menghubungi pihak distributor atau supplier yang sedang open reseller dan Sedulur bisa langsung mulai memasarkannya. Biasanya, bahan promosi juga sudah disediakan, sehingga Sedulur hanya cukup mengiklankannya pada media sosial pribadi saja.  

5. Penulis Lepas 

pekerjaan sampingan online
iStock

Bila Sedulur memiliki hobi menulis, maka menjadi penulis lepas bisa menjadi pekerjaan sampingan online yang menjanjikan. Selain bisa menyalurkan hobi dengan baik, Sedulur juga akan mendapatkan uang untuk setiap tulisan yang dihasilkan. Selain itu, pekerjaan ini juga akan membuat kemampuan menulis semakin meningkat karena terus diasah setiap hari.

Selain mempromosikan jasa menulis kepada teman dan orang-orang di sekitar saja, Sedulur juga bisa menggunakan platform online untuk mendapatkan projects dari berbagai pelanggan. Tak hanya dari Indonesia, pelanggan tersebut juga bisa berasal dari berbagai negara di seluruh dunia. 

Selain itu, Sedulur juga bisa mendaftar sebagai penulis lepas di berbagai agensi penulis yang ada di dalam negeri. Biasanya, Sedulur akan diminta untuk membuat sebuah artikel yang menyesuaikan dengan brief yang diberikan oleh klien. Pekerjaan ini memang terdengar sepele, namun hasil yang didapatkan bisa sangat besar bila dijalani dengan tekun.

6. Menjual Foto 

pekerjaan sampingan online
iStock

Selain hobi menulis, hobi fotografi juga bisa dijadikan ladang untuk mendapatkan penghasilan sampingan. Dengan hasil foto yang bagus dan unik, Sedulur dapat menjualnya kepada orang lain dan perusahaan yang membutuhkan foto tersebut untuk sebuah berita. Akan sangat menguntungkan karena Sedulur seperti menjalankan hobi yang dibayar.

Sedulur bisa menjual hasil foto-foto pada online stock, seperti iStock, ShutterStock, dan masih banyak lainnya. Disini, hasil foto Sedulur akan dihargai dengan dollar, sehingga hasil yang akan didapatkan tidak bisa dianggap sebelah mata. Sangat menggiurkan, bukan?

Tak hanya foto dengan konsep yang serius, Sedulur pun bisa menjual foto hasil jepretan random, seperti tumpukan batu bata saat tetangga sedang membangun rumah, jajaran buah-buahan saat ikut berbelanja ke pasar, maupun foto langit dengan awan-awan yang indah. Semua foto itu akan menghasilkan uang bila dimasukkan sesuai dengan keywords dan kebutuhan pembeli. 

BACA JUGA: Pengertian MC Beserta Tugas, dan Tips Menjadi MC yang Baik

7. Guru Private Online 

pekerjaan sampingan online
iStock

Selain mengajar secara langsung, Sedulur juga bisa membuka jasa guru private secara online yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi video call. Dengan pekerjaan sampingan ini, Sedulur tidak perlu lagi keluar rumah dan mengeluarkan uang bensin untuk mengunjungi rumah siswa satu per satu. 

Tak hanya digeluti oleh mahasiswa, para karyawan juga bisa menjalani profesi sampingan ini bila menyukainya. Tak hanya kerena memiliki waktu yang fleksibel, namun juga karena Sedulur bisa dengan bebas memilih mata pelajaran yang ingin diajarkan. Bila Sedulur sedang menempuh pendidikan di jurusan Matematika, maka membuka les khusus pelajaran tersebut sangat memungkinkan untuk dilakukan.

Bila tidak ingin membukanya Sendiri, Sedulur juga bisa bergabung dengan pihak penyedia les online yang ada. Dengan begitu, pilihan les yang tersedia juga akan semakin beragam. Sedulur bisa fokus mengajarkan satu mata pelajaran kepada siswa, seperti pada anak SMP dan SMA, maupun mengajarkan banyak mata pelajaran kepada siswa, seperti pada anak SD dan TK. 

8. Ojek Online

iStock

Jasa transportasi kini telah mengalami transformasi yang cukup pesat. Bila dulu hanya mengandalkan ojek di pangkalan saja, kini orang-orang bisa menggunakan aplikasi untuk mempermudah aktivitasnya. Oleh karena itu, peluang ini bisa Sedulur manfaatkan juga untuk bergabung menjadi seorang ojek online.

Tak hanya menawarkan jasa ojek untuk orang-orang di sekitar, Sedulur juga bisa bergabung menjadi mitra perusahaan ojek online tertentu. Syaratnya juga tidak terlalu sulit, yakni hanya perlu memiliki kendaraan pribadi yang bisa digunakan dengan baik, seperti motor dan mobil. 

Ketika memutuskan menjadi seorang ojek online, Sedulur bisa menyesuaikan jadwal kerja maupun kuliah dengan jadwal menarik ojek online. Bila tidak memungkinkan melakukannya di pagi atau siang hari, Sedulur juga masih memiliki kesempatan untuk menarik ojek di malam hari. Bila dilakukan dengan rajin, hasil ojek online ini akan sangat cukup untuk membantu mengisi kebutuhan rumah.

9. Jasa Desain Grafis 

iStock

Hampir sama dengan menjual foto di internet pada bahasan sebelumnya, Sedulur yang ingin mendalami bidang desain grafis juga bisa membuka jasa desain secara online. Tak hanya untuk perorangan, biasanya pelanggan jasa desain juga datang dari suatu perusahaan, lho!

Pekerjaan sampingan ini banyak ditekuni oleh orang-orang yang ingin menghasilkan uang dalam jumlah besar dengan waktu yang cukup singkat. Pasalnya, harga untuk setiap desain yang Sedulur hasilnya bisa dihargai hingga jutaan rupiah. Hal ini karena desain yang Sedulur hasilkan biasanya akan digunakan untuk kepentingan komersial, seperti dicetak pada berbagai produk perusahaan. 

BACA JUGA: Etika Mengirim Email yang Harus Diketahui Oleh Professional

10. Mengisi Survey Online

iStock

Pekerjaan sampingan online yang kini sedang naik daun adalah mengisi survey online. Sedulur bisa bergabung di berbagai platform survey online yang terbukti memberikan upah kepada para responden. Selain bisa dilakukan dimana saja, Sedulur juga bisa melakukannya kapan saja. 

Dengan mendaftar sebagai responden di suatu platform, seperti SurveyOn, Nusaresearch, dan Surveytime. Setelah mengisi data diri secara jelas dan lengkap, Sedulur akan diberikan beberapa tugas pengisian survey dari berbagai klien. Bila telah selesai mengisinya, Sedulur bisa akan mendapatkan uang yang dapat ditransfer ke rekening pribadi.  

11. Jual Akun Game

iStock

Bermain game adalah salah satu cara penghilang stres yang paling mujarab. Tak hanya itu, rupanya bermain game juga bisa dijadikan ladang usaha sampingan yang menjanjikan. Sedulur bisa mulai menjual akun-akun games pribadi yang sedang diminati oleh pelanggan dengan harga tinggi. 

Sedulur bisa menjual akun games yang telah dimainkan dan mendapatkan rating tinggi kepada orang lain yang membutuhkannya. Bila permainan yang dilakukan sudah pada tahap advanced, maka harga akun games milik Sedulur juga akan semakin tinggi. Dengan cara ini, Sedulur tidak hanya mendapatkan kesenangan, tapi juga bisa mendapatkan uang.

12. Menjual Sembako Online

iStock

Tak hanya menjual akun game, Sedulur juga bisa menjual sembako secara online untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Bagaimana caranya? Sedulur cukup kulakan barang-barang kebutuhan masyarakat dan mulai mempromosikan ke orang-orang sekitar. Hal ini tentu akan menarik minat tetangga yang malas untuk berbelanja keluar rumah, bukan?

Nah, agar untung yang Sedulur dapatkan bisa semakin melimpah, Sedulur bisa kulakan barang dagangan di Aplikasi Super. Tak hanya lengkap produknya, namun harga yang ditawarkan juga sangat bersaing. Selain itu, ada pula berbagai diskon menarik, cashback, dan gratis ongkir yang bisa Sedulur gunakan. 

Lebih dari itu, proses pengirimannya juga sangat cepat. Sedulur bisa memesan barang pada hari ini dan pesanan akan langsung diantarkan pada hari berikutnya. Bila Sedulur tertarik, segera download Aplikasi Super di PlayStore sekarang juga, yuk!

BACA JUGA: Contoh Application Letter Bahasa Inggris, Dijamin Dilirik HRD!

13. Menjadi Data Entry

iStock

Menjadi data entry bisa menjadi salah satu pekerjaan sampingan online dengan gaji yang cukup besar. Dengan menginput data online, Sedulur akan dibayar berdasarkan berapa data yang berhasil diinput ke dalam sistem. Dengan begitu, pekerjaan ini akan sangat bergantung pada kemampuan Sedulur dan menyesuaikan waktu luang yang Sedulur miliki. 

Tak hanya ditawarkan oleh para perusahaan besar, pekerjaan ini juga banyak ditawarkan oleh para pemilik bisnis digital. Dengan begitu, kesempatan untuk mendapatkan uang dari pekerjaan ini tentu saja sangat besar. Apalagi bila Sedulur juga bergabung dengan platform online, pelanggan setia pasti akan kembali menghubungi Sedulur secara langsung. 

Jenis pekerjaan yang bisa Sedulur lakukan juga sangat beragam. Mulai dari mengetik, melakukan transkrip, hingga merekam suara. Semuanya tergantung pada brief yang diberikan oleh klien. Lebih dari itu, pekerjaan sampingan ini juga tidak membutuhkan skill yang terlalu berat, asalkan Sedulur memiliki kemampuan mengetik dan ketelitian yang baik. 

14. Jual Pulsa dan Listrik

iStock

Menjual pulsa dan listrik secara online bisa menjadi pilihan pekerjaan sampingan yang menghasilkan banyak uang. Pekerjaan ini sangat cocok dilakukan di desa-desa yang akses menuju konter pulsa dan tempat pembayaran listrik cukup jauh. Dengan begitu, Sedulur bisa tampil menjadi pemain utama untuk menyelesaikan masalah mereka.

Selain bisa dilakukan dimana saja, proses transaksi yang dilakukan juga tidak membutuhkan waktu yang lama. Bahkan, cukup beberapa menit saja Sedulur bisa langsung mendapatkan uangnya. Selain itu, Sedulur juga hanya perlu mempromosikan diri dari mulut ke mulut tanpa perlu membuka toko fisik seperti yang banyak berada di pinggir jalan raya.  

Bila sudah terkenal, pelanggan pasti akan langsung datang sendirinya. Jadi, pekerjaan ini bisa menjadi salah satu pilihan yang sangat menguntungkan untuk menambah penghasilan disamping gaji dari penghasilan utama.

15. Membuka Jasa Pembuatan Website

iStock

Semakin tingginya persaingan di bidang pemasaran digital, banyak pengusaha yang mulai melakukan strategi promosi menggunakan website. Bila Sedulur memiliki kemampuan dalam hal ini, cobalah untuk membuka jasa pembuatan website. Selain pasarnya yang sangat terbuka lebar, uang yang dihasilkan juga sangat menjanjikan. 

Hanya berbekal laptop dan koneksi internet yang stabil, Sedulur bisa mulai mempromosikan jasa pembuatan website kepada orang-orang. Baik yang ada di sekitar rumah, teman tongkrongan, hingga melalui media sosial pribadi yang bisa menjangkau ke lebih banyak orang. Bila beruntung, Sedulur juga bisa mendapatkan pelanggan dari luar negeri yang akan membayar dengan dollar. Mantap sekali, bukan? 

Itulah 15 pekerjaan sampingan online untuk mahasiswa dan karyawan yang dapat Sedulur coba di rumah. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat dan gambaran untuk Sedulur yang ingin menambah penghasilan. Semangat, ya!